APPKEY | Jasa Pemasaran Media Sosial
Pemasaran media sosial mengacu pada kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana utama. Di sini para pengguna terhubung untuk kemudian menjalin hubungan penjual dan pembeli terhadap suatu barang atau jasa.
20107
page-template,page-template-full_width,page-template-full_width-php,page,page-id-20107,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
 

PEMASARAN MEDIA SOSIAL

Telepon / 0361-23-8091

Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA

JASA PEMASARAN MEDIA SOSIAL

Pemasaran Melalui Media Sosial

Medsos (Media Sosial) adalah media yg memiliki konsep dimana sesama penggunanya bisa saling terhubung, dengan saling tukar-menukar informasi di situs WEB yang digunakan oleh antar pengguna.

Sebagian orang seringkali bingung antara media sosial dan blog, namun karena media sosial seringkali merujuk pada ‘media yang digunakan sebagai komunikasi dua arah’, hal ini juga sama dengan blog dan komunikasi dari mulut ke mulut. Tentu saja, blog juga merupakan bagian dari media sosial karena blog juga sarana komunikasi dua arah.

Pemasaran media sosial mengacu pada kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana utama.

Apa tujuan dari pemasaran media sosial?

Meningkatkatkan Brand Awarness

Ketika pengguna melakukan pencarian di media sosial, maka hasilnya akan mudah terlihat, serta dapat mempermudah penyebaran informasi.

Branding

Dapat mengirimkan data apapun yang terkait dengan produk atau layanan Anda. Tidak seperti halnya iklan televisi, media sosial akan memberikan Anda eksposur yang lebih sering namun dengan harga yang jauh lebih murah.

Meningkatkan Loyalitas

Melalui komunikasi langsung dengan pelanggan di media sosial, Anda dapat meningkatkan kepercayaan serta rasa aman kepada pelanggan Anda. Selain itu, hal ini akan mempermudah membuat pelanggan Anda melakukan transaksi lainnya.

Media Sosial Terpopuler dan Karakteristiknya

Melalui media sosial, Anda dapat memantau pelanggan Anda secara langsung, sehingga Anda dapat dengan mudah memahami apa yang sedang dibutuhkan pelanggan. Hal ini menjadi sangat berguna bagi kegiatan pemasaran Anda.

Facebook

Karena Facebook menggunakan sistem pendaftaran menggunakan nama asli, maka banyak yang menggunakannya sebagai media untuk bisnis, dan pengguna aktifnya didominasi oleh kaum usia 30-an hingga 50-an. Tidak hanya dengan teman, komunikasi juga bisa bisa dilakukan dengan kolega atau rekan bisnis tanpa mengesampingkan kesan formal, serta penggunaan Facebook Messenger sebagai media berkomunikasi secara pribadi menjadikan poin plus dari Facebook. Perusahaan BtoB juga semakin banyak yang menggunakan Facebook. Menggunakan postingan pada halaman, beriklan untuk mendapatkan peminat, branding serta prospek bisnis.

Instagram

Instagram merupakan media sosial yang berfokus pada pengunggahan foto sebagai layanan utamanya yang beberapa tahun belakangan mendapatkan banyak perhatian dari anak muda. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Instagram sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup wanita muda usia 10 hingga 20 tahunan. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan, 40% dari responden adalah wanita yang pernah melakukan transaksi pembelian karena tertarik pada produk di Instagram. Baru-baru ini jumlah perusahaan yang memasarkan produknya melalui iklan di Instagram mengalami peningkatan, bisa dikatakan ini merupakan cara baru untuk menjalin komunikasi dengan para pelanggan baru.

Twitter

Banyak penggunanya yang memiliki akun khusus untuk tiap minat atau hobi mereka, sehingga ini memungkinkan satu orang yang menggunakan banyak akun sekaligus. 1 kiriman Twitter (tweet/cuitan) mampu memuat hingga 280 karakter alfabet-numerik menyerupai kalimat sederhana yang dapat dikirim dengan berkala. Dapat di-retweet atau disebarkan oleh follower Anda sehingga informasi di dalamnya juga dapar tersebar ke banyak orang dengan waktu yang singkat.

Poin-Poin dalam Mengelola Media Sosial

Hal terpenting untuk memulai strategi pengggunaan media sosial adalah membuat rancangan konten yang akan dibagikan. Namun untuk membuat perencanaan dengan situasi yang belum terlalu dipahami, bukanlah pekerjaan yang mudah untuk menyusun banyak macam perencanaan konten.

No.1
Menentukan Frekuensi Postingan

Poinnya adalah, apakah nantinya Anda dapat terus-menerus memposting konten di media sosial atau tidak. Jika terlalu memaksakan diawal dan menyebabkan kehabisan konten dalam beberapa bulan saja tentu itu bukan hal yang bagus. Oleh karena itu mari tentukan tujuan yang realistis.
Utamakanlah kualitas daripada kuantitas pada konten. Oleh karena itu, daripada memposting konten yang kurang bermutu secara berulang mari utamakan memposting konten yang berkualitas.

No.2
Tentukan Tema Setiap Harinya

Jika Anda dapat menentukan hari apa saja untuk memposting, dan dapat menentukan tema untuk setiap hari dalam seminggu maka konten Anda tentu akan semakin luas dan perencanaan akan dapat dibuat dengan mudah. Pertama-tama, mari tentukan tujuan umum dari strategi media sosial ini, kemudian tentukan citra dari identitas perusahaan yang ingin Anda bangun, lalu tentukanlah tema konten yang sesuai untuk tiap harinya dalam seminggu.

No.3
Membuat Kalender

Dalam pembuatan kalender tahunan, poin yang perlu diperhatikan ialah hari pertama penjualan produk dan hari jadi perusahaan Anda. Karena hal ini nantinya akan berkaitan langsung dengan penjualan serta dapat berfungsi sebagai indikator awal seberapa banyak pelanggan baru yang Anda peroleh sejak awal mula inisiasi strategi media sosial Anda. Pasti akan menjadi hal yang menarik apabila Anda menentukan promosi tertentu pada hari tersebut.

No.4
Acara dan Libur Tahunan

Selain hari peringatan yang berkaitan dengan perusahaan, ada banyak peringatan tahunan di dunia ini. Misalkan contohnya adalah Natal dan Valentine yang merupakan event global tahunan, dan tak bisa dipungkiri masih banyak lagi event lainnya yang termasuk dalam 365/366 hari dalam satu tahun yang tentu saja akan menarik.
Pilihlah hari peringatan yang sesuai diantara banyak hari peringatan yang ada, kemudian cocokkan dengan tema postingan konten Anda, maka ini akan membuat Anda dapat menyampaikan promosi Anda kepada pelanggan yang sebelumnya tidak bisa dijangkau.

No.5
Membuat Bank Konten

Buatlah konten yang dapat diselesaikan terlebih dahulu, kemudian simpan ke dalam bank konten dan Anda dapat memposting konten tersebut kapanpun Anda mau.
Dengan cara ini, dalam pembuatan kalender tahunan Anda hanya perlu memilih hari peringatan yang menurut Anda menarik satu per satu dan membuatkan kontennya, apabila terjadi suatu masalah Anda juga dapat menanganinya dengan segera.

Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk apapun.