Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Jasa Email Marketing
Email marketing adalah teknik pemasaran menggunakan email. Dalam hal ini perusahaan menarik pengguna untuk menjadi pelanggan dengan mengirimkan promosi melalui email secara berkala.
20214
page-template,page-template-full_width,page-template-full_width-php,page,page-id-20214,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
 

EMAIL MARKETING

Telepon / 0361-23-8091

Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA

JASA EMAIL MARKETING

Email Marketing Adalah

Email marketing adalah teknik pemasaran menggunakan email. Perusahaan mengirimkan email kepada daftar pelanggan demi mencapai tujuan yaitu menarik pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan lama serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Mail-magazine atau email majalah yang telah ada sejak dulu juga merupakan salah satu bentuk dari email marketing.

Email marketing memiliki sejarah yang begitu panjang, salah satu catatan sejarahnya mengatakan bahwa email marketing pertama kali dilakukan oleh salah satu perusahaan Amerika pada tahun 1978. Setelah 40 tahun berlalu pun, email marketing masih menjadi media pemasaran yang penting bagi banyak perusahaan.

Apakah email marketing itu?

Menentukan tujuan akhir, kemudian hitung mundur dari tujuan akhir tersebut, lalu pikirkan untuk mencapai tujuan tersebut, konten apakah yang harus dikirimkan, konten apa yang layak untuk disarankan ke pelanggan, kemudian diakhiri dengan mendistribusikan konten tersebut dengan beberapa strategi ke pelanggan. Inilah yang disebut dengan email marketing.

Email marketing memerlukan beberapa informasi pribadi pelanggan seperti nama dan alamat email pelanggan.

Informasi pribadi seperti ini diperoleh melalui interaksi dengan pelanggan, entah melalui registrasi berlangganan, atau melalui pertukaran kartu nama.
※ Untuk mengirimkan email, penting untuk mendapatkan izin diperbolehkan atau tidak oleh pelanggan.

Untuk mendapatkan lebih panyak pelanggan, dapat dilakukan dengan memperbanyak pertukaran kartu nama atau membuat banyak registrasi dari pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunggah sebuah berkas ‘material’ yang hanya dapat diunduh apabila telah mendaftar sebagai pelanggan dan mendaftarkan informasi pribadinya. Mari kita incar lebih banyak pengguna yang mendaftar.

Hal penting ketika mengirimkan email pemasaran yaitu, kirimlah konten yang sesuai kepada setiap pelanggan dengan tepat dan waktu yang tepat juga.

Tingkatkan interaksi pelanggan dengan mengirimkan email yang mengkhusus untuk setiap prospek, daripada sekedar mengirimkan konten yang sama kepada semua pelanggan.

Group Email

Email Marketing

Dalam mengirimkan email pemasaran, juga harus diadakan tingkat pengukuran seberapa banyak pelanggan yang berinteraksi dengan URL yang kita sematkan di email.

Jangan mengirimkan email dengan membabi buta, pahami siapa saja yang berinteraksi dengan URL kita dan siapa saja yang mengabaikannya. Dengan begini kita dapat mengindentifikasi pelanggan dengan lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan dari Email Marketing

Apakah kelebihan dari email marketing?

Dapat dimulai dengan biaya yang rendah
Biaya yang dikeluarkan untuk membuat sistem distribusi dan analisis interaksi dapat dimulai dengan harga yang rendah merupakan salah satu keunggulan dari email marketing. Beberapa diantaranya bahkan ada yang dapat digunakan hanya dengan membayar beberapa ratus ribu rupiah saja, dan ini sangatlah mempermudah pebisnis kecil untuk mempromosikan produk mereka.

Memperoleh ROI yang tinggi
Sebagai prasyarat untuk dapat mengirimkan email pemasaran, perlu mendapatkan izin dari pelanggan yang akan menerima email. Ini dapat dilakukan dengan cara yang mudah, dan seperti yang telah dikatakan sebelumnya karena ini dapat dilakukan dengan biaya yang murah tentu saja kita bisa mendapatkan ROI (Return of Investment) tinggi.

Apakah kekurangan dari email marketing?

Salah satu kekurangan dari email marketing yaitu diperlukan waktu operasi jangka panjang sehingga pemeliharaan rutin pada sistem sangat diperlukan agar tetap aman. Singkat kata, pemasaran melalui email memerlukan keuletan dan memakan waktu yang tidak singkat.

Distribusi itu sendiri dapat digunakan otomatis sampai batas tertentu dengan menggunakan alat-alat seperti yang dijelaskan nanti, tetapi tidak demikian untuk pembuatan konten.

Jenis-Jenis Email Marketing

Dalam menerapkan metode pemasaran dengan email marketing, perlu menyesuaikan dengan tujuan akhir yang ingin dicapai.

Step Email

Step mail mengacu pada mekanisme pengiriman email secara otomatis ke beberapa pelanggan dengan narasi yang telah dipersiapkan sebelumnya dan juga telah disesuaikan dengan jenis interaksi yang diberikan dari pelanggan serta waktu yang telah terjadwalkan.
Misalkan ada pelanggan yang mengunduh produk A yang ada di website. Ini berarti pelanggan tersebut tertarik dengan produk A, maka dapat kita simpulkan kedepannya untuk mengirimkan penawaran-penawaran serupa dengan produk A.

Segmented Mail

Email penargetan atau yang biasa juga disebut dengan segmented mail, yang mana ini merupakan ukuran untuk mengkategorikan pelanggan ke dalam kategori yang telah ditetapkan dan mengirimkan email kepada semua pelanggan sesuai dengan kategorinya.

Email ini akan mendistribusikan informasi terkait produk yang telah menerima interaksi dari pelanggan (berarti pelanggan memiliki ketertarikan terhadap produk tersebut), atau email ini akan mendistribusikan konten yang mungkin serupa dengan produk yang dianggap menarik sebelumnya.

Inactive Mail

Email panggilan kepada pelanggan yang tidak aktif ini merupakan metode yang digunakan untuk mendekati pelanggan yang telah tidak aktif selama rentang waktu tertentu dan mendorong mereka untuk memberikan tanggapan terhadap email kita.

Jika pelanggan yang tidak aktif tersebut menanggapi email, mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan pada email yang dikirimkan maka statusnya akan berubah menjadi aktif kembali dan dengan begitu pelanggan tersebut akan kembali menjadi pelanggan aktif.

Alur Pengiriman Email Marketing

Dalam menerapkan metode pemasaran dengan email marketing, perlu menyesuaikan dengan tujuan dan situasi.

No.7

Pengaturan Tujuan

Penting untuk mendefinisikan dengan jelas tentang apa tujuan yang ingin Anda capai dan masalah apa yang ingin ada selesaikan dengan menggunakan metode email marketing.

Kemudian, aturlah profil yang ideal untuk produk atau layanan yang ingin perusahaan Anda promosikan.

No.2

Akuisisi Alamat Email

Persiapkan daftar alamat email yang akan dikirimkan email. Pastikan Anda paham betul selisih jumlah daftar penerima email yang Anda miliki dengan jumlah tujuan yang ingin Anda capai.

Jika Anda masih memiliki jumlah penerima email yang kurang, maka optimalkanlah terlebih dahulu untuk memperoleh lebih banyak lagi penerima email.

No.3

Menulis Email

Jika Anda akan melakukan pemasaran melalui email dengan mendetail, maka siapkanlah alur seperti apa yang harus dilalui pelanggan Anda untuk dapat melakukan pembelian atau konversi produk yang diinginkannya.

Juga disarankan untuk menjadwalkan dan memperhitungkan seberapa banyak email yang akan diterima agar dapat ditingkatkan untuk pengiriman yang selanjutnya.

No.4

Pengiriman Email

Karena email marketing memerlukan pengelolaan lebih terhadap pengiriman dan manajemen pada jumlah email yang tidak sedikit, kami menyarankan sebaiknya Anda menggunakan alat atau sistem khusus untuk melakukannya.

Ada banyak MA Tool (Marketing Automation Tool) yang memiliki fitur yang dikhususkan untuk pengiriman email. Pilihlah tools yang sesuai dengan tujuan akhir Anda.

No.5

Mengukur Hasil

Setelah mendistribusikan email, cobalah ukur seberapa efektif dampaknya dengan fitur analisis yang ada pada MA tool yang Anda gunakan.

Lalu mari analisis dengan nilai angka seperti seberapa banyak email yang diterima, email dibuka, email mendapatkan interaksi, dll. Kemudian tetapkan nilai KPI (Key Performance Indikator) dan KGI (Key Goals Indikator) Anda lalu periksalah lagi apakah tujuan Anda telah tercapai atau justru mengalami penurunan.

No.6

Evaluasi & Peningkatkan Setiap Elemen

Elemen atau poin yang harus ditingkatkan kembali adalah poin yang terlihat kurang dari hasil evaluasi pengukuran hasil. Sangatlah perlu untuk dilakukannya analisis lebih jauh mengenai penyebab kenapa tidak tercapainya rasio email dibuka atau rasio interaksi pada email karena ini akan mengacu pada metode peningkatan yang akan digunakan kedepannya.

Kemudian, setelah dilakukan peningkatan, kembali ke langkah pertama yaitu pengaturan tujuan dan ulangi. Dengan melakukan langkah ini kita akan dapat menciptakan email marketing yang cocok dengan perusahaan kita.

Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk apapun.