APPKEY | Teknik SEO Tingkat Lanjut yang Memberikan Hasil dalam Waktu Kurang dari 30 Menit
Terdapat fitur baru juga yang ditambahkan oleh Google, yaitu frequently asked question (FAQ) dan kartu jawaban. Tidak membutuhkan waktu lama bagi Google untuk mengidentifikasi FAQ. Berikut teknik yang dapat memberikan hasil kurang dari 30 menit untuk SEO!
21187
post-template-default,single,single-post,postid-21187,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
peningkatan-seo

Teknik SEO Tingkat Lanjut yang Memberikan Hasil dalam Waktu Kurang dari 30 Menit

Kita semua tahu bahwa dalam SEO terdapat banyak langkah-langkah yang harus dilakukan. Setelah banyak langkah yang sudah Anda lakukan dalam SEO kita tidak langsung merasakan efek samping atau hasil dari langkah yang sudah kita lakukan.

Bukan hal yang mengejutkan lagi jika untuk mencapai suatu hasil dalam SEO memakan waktu yang tidak sebentar. Memang membutuhkan kesabaran dalam menjalankan SEO.

Artikel Terkait  Tiga Tindakan untuk Menganalisis Maksud Pencarian Pengguna dan Mengoptimalkan Situs Web

Namun terdapat beberapa ukuran SEO yang tidak sama seperti ukuran SEO lainnya. Ukuran SEO yang satu ini tidak membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan beberapa tahun untuk mendapatkan hasilnya. Anda akan melihat efeknya setelah 30 menit. Ya, hanya 30 menit.

Kabar gembira adalah belum banyak situs yang menggunakan ukuran SEO yang satu ini.

Hasil Pencarian Google yang Terus Berubah

 

google-terus-berubah
 

Google selalu merubah algoritma mereka untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih baik lagi kepada pengguna. Entah itu dari situs yang ditampilkan, desain Google yang mungkin membuat sedikit perubahan.

Contoh sederhananya, ketika Anda melakukan pencarian dengan mengetikkan sebuah keyword “tempat makan daerah Denpasar”, maka yang muncul pastinya tempat makan yang tersedia disekitar daerah Denpasar. Tak hanya nama serta gambar tempat makannya saja, namun Google juga menampilkan peringkat tempat makan tersebut. Tentu Anda pasti sudah sering melihatnya bukan?

Selain itu, Google juga bisa membantu Anda dalam berhitung. Cukup Anda ketikkan misalnya “3+3” maka Google akan menampilkan jawabannya pada hasil pencarian tanpa harus mengklik sebuah situs. Terdapat fitur baru juga yang ditambahkan oleh Google, yaitu frequently asked question (FAQ) dan kartu jawaban.

FAQ sendiri adalah layanan yang akan menginformasikan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung. Google akan menampilkan FAQ dari sebuah situs dan ditampilkan dalam hasil pencarian. Tidak membutuhkan waktu lama bagi Google untuk mengidentifikasi FAQ, hanya kurang dari 1 jam.

Memilih Skema Markup yang Tepat

 

Skema-Markup
 

Skema markup sendiri adalah microdata yang dapat membantu Google untuk memahami isi dari sebuah halaman dan menampilkan ringkasannya pada halaman hasil pencarian Google. Sering kita menemukan sebuah ringkasan singkat dari sebuah halaman yang hanya dengan membaca ringkasan tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan jawaban yang Anda inginkan.

Artikel Terkait  Mengoreksi Judul Sangat Memengaruhi SEO! Apa Resiko dan Manfaatnya?

Skema pada halaman FAQ digunakan untuk halaman pertanyaan yang sering diajukan dan halaman yang sering mendapatkan pertanyaan mengenai produk yang mereka jual. Jika Anda ingin menampilkan FAQ maka tandai kedua hal tersebut dan menu yang dapat dilipat akan muncul di bagian bawah tautan situs web Anda pada hasil pencarian.

Anda juga bisa menggunakan tindakan FAQ ini dalam Google Assistant. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk memberikan jawaban kepada pengguna yang melakukan pencarian melalui pencarian suara.

Jika Anda belum paham betul mengenai penggunaan yang benar dari setiap skema, jangan khawatir. Google telah menerbitkan pedoman terperinci yang menjelaskan kasus penggunaan yang benar dan tidak tepat.

Lihat Pedoman Markup Terstruktur Google

 

Markup Terstruktur untuk Halaman FAQ

 

Skema halaman FAQ hanya dapat Anda gunakan pada halaman yang berisi pertanyaan dan jawaban. Untuk jenis halaman dimana pengguna banyak pengguna bisa menjawab satu pertanyaan gunakan skema Q&A. tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan istilah Q&A.

Salah satu penggunaan yang tepat untuk halaman FAQ ini adalah untuk halaman “Pertanyaan yang sering diajukan” dibuat oleh penerbit dan pengguna tidak bisa mengirimkan jawaban lain.

Lalu jangan sampai Anda menerapkan penggunaan yang tidak tepat seperti halaman forum dijadikan sebagai tempat banyak pengguna dapat mengirimkan jawaban atas satu pertanyaan.

Markup Terstruktur untuk Halaman Q&A

 

Berikut pedoman dari skema tanya jawab. Khusus untuk halaman yang memiliki satu pertanyaan dengan banyak jawaban Anda bisa menggunakan markup pada halaman Q&A. Anda harus memahami betul mengenai perbedaan dari FAQ dan Q&A.

Penggunaan yang tepat untuk halaman Q&A yaitu halaman forum pengguna yang dapat memberikan jawaban lebih dari satu atas satu pertanyaan. Atau dalam kata lain dengan satu pertanyaan bisa dijawab oleh banyak pengguna yang tentunya memiliki jawaban yang berbeda-beda.

Jangan sampai Anda membuat halaman Q&A yang tidak dapat memberikan pengguna mengirimkan jawaban yang beragam.

Bagaimana Cara Mengimplementasikan Skema

 

Cara-Mengimplementasikan
 

Terdapat dua metode pemasangan yaitu JSON-LD dan Microdata. Disarankan Anda memilih salah satu dari kedua metode tersebut dan menggunakannya secara konsisten di seluruh halaman website. Tidak disarankan untuk menggunakan kedua metode tersebut secara bersamaan.

Google merekomendasikan metode JSON-LD. Metode satu ini dapat diimplementasikan dalam header konten dan tentu saja tidak membutuhkan banyak waktu yang lama untuk mengimplementasikannya. Untuk microdata, sebenarnya untuk menerapkan microdata agak sulit.

Jika Anda masih ragu, tenang saja, Google selalu memiliki alat-alat yang dapat mengatasi permasalahan yang ada. Anda bisa menggunakan alat pengujian data terstruktur dari Google.

Artikel Terkait  Halaman Kategori untuk SEO | Hal-Hal yang Harus Diperhatikan hingga Pengaturan yang Diperlukan

Cukup dengan memasukkan cuplikan kode atau URL halaman yang diterapkan, dengan begitu Anda bisa tahu apakah markup sudah dilakukan dengan benar atau belum.

Pastikan Itu Berfungsi dalam 30 Menit

 

Untuk mengetahui apakah markup yang Anda terapkakan sudah berfungsi atau belum, Anda bisa masuk ke Google Search Console dan masukkan URL halaman yang ditandai pada bilah pencarian di bagian atas halaman. Dengan begitu Anda bisa menerima penjelajahan dari Google dan akan di indeks lebih cepat.

Agar ukuran ini berhasil, pilih halaman yang sudah ada di halaman 1 dengan kata kunci tertentu. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik jika menerapkannya pada halaman yang sudah memiliki potensi.

Apakah Implementasi Skema Juga Mempengaruhi Orang Bertanya dan Menekankan Cuplikan?

 

Saat ini, tidak ada korelasi antara markup skema dan tampilan People Also Ask dan cuplikan yang ditekankan. Dengan melakukan pengoptimalan ini untuk konten Anda sendiri, Anda akan memiliki peluang besar untuk meningkatkan tampilan hasil pencarian tanpa efek yang merugikan.

Google terus menguji T&J, FAQ, dan cara-cara untuk mencari hasil. Akan sangat bagus jika Anda membantu Google lebih mudah memahami halaman Anda, dan untuk berpartisipasi dalam eksperimen Google.

Namun apakah itu akan mempengaruhi pencarian suara? Jelas kita tahu bahwa pencarian suara terasa lebih menarik dan mudah, karena mengingat semakin bertambahnya pengguna yang menggunakan mesin pencari melalui smartphone. Bahkan bisa saja setengah dari pencarian menggunakan pencarian suara.

Karena mengingat pengguna yang selalu ingin cepat dan tidak repot dalam menggunakan mesin pencari. Dalam pencarian suara, jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan cenderung dikutip dari cuplikan yang ditekankan.

Kesimpulan

 

Pendekatan markup terstruktur yang sudah dijelaskan diatas merupakan markup yang sederhana, namun bisa membantu Anda meningkatkan eksposur dan otoritas merk Anda.

Jumlah situs yang bisa diimplementasikan masih terbatas karena belum menjadi ukuran utama. Tampaknya hal tersebut akan menyebabkan perbedaan dari situs lain jika diimplementasikan.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami