APPKEY | Strategi Membangun Tautan Internal untuk Menentukan Peringkat Hasil Pencarian
Ada dua macam tautan, yang pertama adalah tautan internal dan yang kedua tautan eksternal. Tautan internal sendiri merupakan tautan yang dibuat untuk menghubungkan tautan satu dengan tautan lainnya yang berada didalam satu blog. Simak selengkapnya!
20774
post-template-default,single,single-post,postid-20774,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
internal-link

Strategi Membangun Tautan Internal untuk Menentukan Peringkat Hasil Pencarian

Terdapat satu hal yang bisa dikatakan memiliki efek samping yang besar untuk menentukan peringkat hasil pencarian situs Anda di mesin pencari Google. Ya, dengan cara memberikan tautan didalam halaman Anda. Berikut ulasannya.

Artikel Terkait  Apa Itu Marketing Mix? Pelajari Dasar Pelaksanaan Strategi Marketing

Definisi Tautan

 

tautan 

Ada dua macam tautan, yang pertama adalah tautan internal dan yang kedua tautan eksternal. Tautan internal sendiri merupakan tautan yang dibuat untuk menghubungkan tautan satu dengan tautan lainnya yang berada didalam satu blog. Berfungsi untuk memberitahu si pembaca atau mesin pencari bahwa ada keterikatan antar link yang sebelumnya sudah diunggah. Tautan internal memudahkan pengguna kepada informasi yang ingin dicari dan memahami situs pencari memahami situs website Anda.

Sementara tautan eksternal merupakan tautan yang memang sengaja dibuat atau di pasang di sebuah halaman situs Anda yang bisa menghubungkan ke halaman situs lainnya.

Jika dilihat dari keuntungan dari kedua tautan tersebut, tautan internal dirasa lebih menguntungkan dibandingkan dengan tautan eksternal. Karena tautan internal menuju ke halaman lain namun masih di satu blog yang sama. Namun berbeda dengan tautan eksternal, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tautan tersebut akan mengarah ke halaman situs lain, yang bisa saja situs tersebut memiliki peringkat lebih rendah daripada situs Anda sendiri. Sehingga tidak relevan.

Selain itu, fungsi dari tautan internal bisa membentuk struktur website yang baik. Karena suatu halaman yang mendapatkan banyak tautan internal akan dianggap sebagai halaman pokok oleh mesin pencari. Nantinya website Anda menjadi jelas, man konten yang menjadi konten utama dan konten mana yang menjadi konten penjelas.

Strategi Tautan Internal untuk Menaikkan Peringkat Situs

 

strategi-tautan-internal 

Berikut beberapa cara yang akan dipaparkan untuk membantu Anda menaikkan peringkat situs Anda dengan strategi membangun tautan internal.

Kurangi Hierarki Halaman

 
Pada Juni 2018, John Muller dari Google berkata di Hangout Pusat Webmaster “Kedalaman klik, yaitu berapa banyak klik yang diperluka untuk mencapai halaman dari halaman atas, penting untuk SEO”.

Sering kita menemukan halaman website yang terlalu banyak proses. Tidak langsung menuju ke halaman yang kita inginkan. Hindari hal yang seperti itu karena biasanya pengguna terlalu malas menunggu untuk mencapai halaman yang diinginkan. Buatlah halaman yang semakin dekat menuju ke halaman atas supaya memudahkan para pengguna mendapatkan informasi yang diinginkan. Selain itu, Google juga akan bisa mendeteksi hal tersebut dan kesan Google akan semakin positif.

Semakin banyak tautan internal yang ada di halaman situs Anda, maka semakin baik.

Buat Konten Hub

 
Hub sendiri merupakan sebuah halaman atau konten yang ingin Anda naikkan rankingnya dengan baik untuk topik tersebut.

Artikel Terkait  Menjawab Melalui Q&A | Dasar-Dasar Langkah SEO dan Apakah Itu Benar?

Saat ini sudah banyak situs yang sudah menggunakan pemasaran konten di halaman mereka. Strategi pemberian konten internal di satu halaman website sangat membantu meningkatkan kinerja konten mereka. Dilengkapi dengan memperkuat topik di halaman utama dapat membantu situs Anda untuk naik ke peringkat yang Anda inginkan.

Konten hub sendiri sebenarnya bisa membantu Anda meningkatkan peringkat organik Anda untuk kata kunci target.

Sisipkan Link di dalam Konten

 
Bentuk tautan terbaik adalah tautan yang disisipkan di tengah kalimat, atau di antara kalimat. Karena dengan begitu, akan terlihat lebih natural. Dengan peletakan seperti itu, tak jarang pengunjung meng-klik tautan tersebut dan secara tidak sengaja mengunjungi halaman Anda. Selain itu juga bisa memperkaya keyword Anda.

Namun ingat, jangan terlalu banyak meletakkan tautan ditengah-tengah kalimat seperti itu. Karena dikhawatirkan akan menggangu pengunjung. Letakkanlah maksimal 1 tautan yang menuju ke 2 atau 3 halaman yang berbeda.

Gunakan Anchor Text

 
Apakah Anda pernah menemukan teks yang berwarna biru atau teks yang digaris bawahi? Jika iya, itulah yang dinamakan anchor text. Potongan kalimat yang berisi tautan yang dapat di klik menuju ke halaman lainnya. Biasanya bentuknya berbeda dari teks yang lainnya. Teks ini berguna sebagai informasi bagi pengguna.

Hindari Tautan menuju Halaman Berikut

 
Jangan memasang tautan ke dalam homepage website Anda. Karena sudah banyak tautan lainnya yang menuju ke hompag Anda. Selain itu, hindari juga menaruh tautan yang menuju ke kontak, tentang dan pengaturan. Itu dirasa tidak perlu.

Konten Utama

 
Didalam website, Anda pasti memiliki suatu konten utama yang memiliki isi lebih berbobot. Istilahnya konten tersebut memuat informasi lebih lengkap dan lebih bagus dari konten lainnya. Anda bisa memanfaatkan konten utama untuk membangun internal link.

Jika Anda tidak mempunyai konten utama, coba cek terlebih dahulu di Google Analytics halaman mana yang mempunyai tingkat pengunjung yang paling tinggi. Perbaiki konten tersebut, cobalah isi dengan informasi yang lebih.

Kemudian, jadikanlah konten Anda yang lainnya sebagai konten penjelas atau konten turunan. Lalu Anda bisa meletakkan tautan internal di halaman konten utama yang menuju ke halaman lainnya. Ini akan membantu Anda untuk menaikkan peringkat hasil pencarian Anda.

Artikel Terkait  Apa Itu Metode Pengaturan Kata Kunci yang Efisien?

Nantinya konten utama ini akan bisa memiliki peluang yang tinggi untuk muncul di site links Google.

Hubungkan Halaman yang Relevan

 
Jangan pernah sekali-sekali menghubungkan halaman yang tidak memiliki keterikatan antar topiknya. Contohnya di halaman pertama memuat konten cara membersihkan laptop, kemudian Anda menaruh tautan yang menuju ke halaman selanjutnya dengan konten cara memasak ayam goreng. Topik seperti contoh tadi sangatlah tidak berhubungan. Itu sangat buruk.

Usahakan ketika Anda ingin menyisipkan tautan di satu halaman ke halaman berikutnya, pastikan konten kedua halaman tersebut saling berhubungan atau memiliki keterikatan.

Dofollow

 
Merupakan sebuah istilah bagi suatu blog atau website yang memperbolehkan pengunjung menaruh tautan pada bagian komentar di halaman tersebut. Jika kita menaruh tautan di suatu blog maka Google akan menghitungnya sebagai backlink.

Semakin banyak link dofollow maka kemungkinan untuk masuk ke halaman satu pencari semakin besar.

Jangan Mengganggu Kenyamanan

 
Anda boleh melakukan apapun di website Anda. Menambahkan gambar, tautan, dan apapun itu. Namun, perlu dipikirkan juga mengenai kenyamanan pembaca. Terutama mengenai masalah tautan, jika di suatu halaman terlalu banyak tautan, apakah Anda yakin pembaca akan merasa nyaman ketika melihat konten Anda? Maka dari itu, sisipkan beberapa konten saja, jangan terlalu banyak.

Batasi Jumlah Site-Wide Link

 
Link yang sering muncul di semua website Anda itulah yang dinamakan site-wide link. Misalnya link di navigasi header, sidebar, dan footer. Jika Anda menaruh link terlalu banyak didalam satu konten itu akan berdampak tidak baik. Jangan terlalu banyak. Definisi terlalu banyak disini yaitu tergantung dari seberapa panjang artikel Anda. Selain itu juga bisa merusak struktur website Anda. Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Kesimpulan

 

Artikel Terkait  Cara Mengoptimalkan Google Bisnisku dan Mempercepat Penjualan

Itu adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan peringkat hasil pencarian dengan menggunakan strategi memabangun tautan internal. Tentu saja semua butuh waktu, tidak instan. Maka dari itu dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam melakukan ini.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami