Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Strategi Dasar Pemasaran SNS (Media Sosial), Ingat 4 Langkah Ini!
Keterlibatan sosial media sangat penting dalam melakukan proses pemasaran, adapun tujuannya adalah untuk menjangkau pembeli lebih banyak. Maka dari itu, dibutuhkan juga keterampilan dalam mengatur media sosial, atau yang sering disebut dengan social media management. Berikut tipsnya!
21459
post-template-default,single,single-post,postid-21459,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
social-media-management

Strategi Dasar Pemasaran SNS (Media Sosial), Ingat 4 Langkah Ini!

Dalam melakukan suatu pemasaran, apakah Anda menyadari betapa pentingnya pengetahuan terkait social media management? Tentu saja hal ini perlu diperhatikan jika Anda melakukan pemasaran melalui media sosial. Social media management adalah teknik yang dilakukan untuk menganalisis hingga mengatur sebagaimana mestinya menggunakan media sosial dengan baik.

Dalam beberapa tahun terakhir, saya merasa bahwa ada beberapa perusahaan yang mencoba mengoperasikan SNS untuk saat ini, karena aliran waktu, biaya untuk memulainya, dan kemudahan operasi. Setiap bisnis memiliki tujuan dan strategi. Pertama-tama, mari kita berhenti dan memikirkan apakah kita benar-benar perlu mengoperasikan media sosial.

Artikel Terkait  Email Marketing Adalah? Perbedaannya dengan Email Magazines, Kasus dan Efek Hingga Alat yang Direkomendasikan

Apa Itu Media Sosial?

 

apa-itu-sosial-media 

Media sosial adalah media yang dirancang untuk menyebar melalui hubungan timbal balik sosial menggunakan berbagai teknologi transmisi informasi yang dapat diikuti oleh siapa saja. Fiturnya adalah komunikasi dua arah dimungkinkan.

Jika Anda mendefinisikan ulang secara luas dari perspektif bisnis, social media adalah “Tempat untuk komunikasi antara produk in-house dan konsumen” Perbedaan dari kegiatan periklanan lainny adalah bahwa ini adalah tempat untuk komunikasi “dua arah”. Memiliki kesadaran ini pertama adalah langkah pertama dalam mengoperasikan media sosial.

Mengapa Anda Membutuhkan Social Media Management

 
Tentunya, dengan perkembangan internet, Sosial media telah menyebar dengan cepat. Tetapi mengapa kita harus menggunakannya dalam bisnis kita? Munculnya Internet telah memungkinkan bagi individu untuk secara bebas menerima dan mengirim informasi.

Akibatnya, komunikasi dua arah antara konsumen dan perusahaan telah diaktifkan, dan dalam pemasaran, telah menjadi perlu untuk secara serius merefleksikan pendapat konsumen dalam produk dan menjualnya. Untuk menanggapi perubahan perilaku konsumsi ini, pemasaran dengan mengoperasikan media sosial diperlukan.

Media Sosial Digunakan dalam Bisnis dan Karakteristiknya

 

karakteristik-sosial-media 

Setelah memahami perlunya, ada berbagai macam media sosial, lalu mana yang akan cocok untuk bisnis Anda? Jawabannya adalah tergantung pada jenis industri dan negara. Berdasarkan asumsi itu, kami akan memperkenalkan media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang-orang.

Facebook

 
Dalam beberapa tahun terakhir, Facebook telah dioperasikan sebagai halaman bisnis yang disebut halaman Facebook oleh banyak perusahaan dan toko, terutama untuk tujuan pemasaran. Tidak seperti halaman pribadi, itu dapat dikelola oleh banyak orang, iklan dapat ditempatkan di Facebook, dan ada banyak keuntungan.

Baru-baru ini, menjadi mungkin untuk dengan mudah membuat BOT dalam sebuah messenger, sehingga di masa depan semakin banyak perusahaan akan menggunakannya untuk beroperasi.

 Instagram

 
Jumlah pengguna Instagram telah meledak di seluruh dunia. Baru-baru ini, di samping fungsi insta stories, fitur-fitur baru telah ditambahkan ke akun bisnis (terutama untuk EC), dan itu menarik perhatian karena akan semakin meningkatkan penggunaan bisnis. Karena ini adalah jenis khusus visual, ia memiliki kesan bahwa itu terutama untuk toC seperti merek, fashion, makanan dan minuman.

Twitter

 
Twitter memiliki kekuatan difusi yang baik dan buruk, jadi tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya, ada peluang untuk mendapatkan pengakuan secara meluas melaui Twitter walau fitur-fitur yang ditawarkan tidak sebanyak 2 sosial meia diatas untuk memasarkan produk Anda.

Artikel Terkait  Masa Depan SEO dan Memahami Perubahan dalam Hasil Pencarian Google

Selain itu, baru-baru ini, formula bisnis YouTube dan LINE juga digunakan, dan di luar negeri, Linkedin dan Google+ juga digunakan. Namun, setiap pengguna memiliki kelompok umur dan tujuan yang berbeda, jadi pilih media sosial yang sesuai dengan perusahaan Anda.

Strategi untuk Operasi Social Media Management

 

strategi-sosial-media 

Setelah Anda memutuskan media sosial mana yang akan digunakan, sama seperti pemasaran lainnya, Anda memerlukan strategi dasar untuk setiap jejaring sosial, mulai dari menetapkan tujuan dan sasaran hingga memposting pedoman. Seperti yang saya katakan di awal, biaya rendah tidak selalu memberikan hasil yang baik hanya dengan memulai.

Biaya bukan hanya biaya operasi, bukan? Misalnya, apakah ada risiko seperti terbakar? Ini karena kehilangan penjualan bisa dikatakan sebagai biaya pengoperasian media sosial. Juga, dari sudut pandang lain, itu bukan biaya rendah tetapi kinerja biaya tinggi. Jika Anda dapat memutar iklan TV tanpa biaya iklan, perusahaan mana pun akan melakukan semuanya, mulai dari strategi hingga eksekusi, bukan?

Sekarang media sosial memiliki banyak pengaruh. Namun, alih-alih uang, itu membutuhkan kesinambungan yang stabil dan kadang-kadang waktu. Dengan pemikiran itu, saya pikir tidak mengherankan bahwa, seperti pemasaran lainnya, Anda perlu merumuskan strategi terlebih dahulu sebelum menjalankannya.

Tentukan Tujuan dan Konsep Operasi Social Media Management

 
Pertama, saya menjelaskan bagaimana pemasaran media sosial digunakan. Kemudian, tentukan tujuan dan konsep operasi untuk perusahaan Anda. Seperti halnya pemasaran, tujuan operasional akan secara spesifik menentukan bagaimana mereka akan berkontribusi pada keuntungan perusahaan Anda.

Misalnya, jika operator situs EC bertujuan untuk meningkatkan jumlah arus masuk baru dari situs sosial, jumlah pengunjung sosial, tingkat pembelian dan harga satuan akan Ini akan menjadi KPI yang terlibat. (Saya akan memperkenalkan pengaturan KPI untuk media sosial saja nanti).

Dalam hal ini, tujuan bagaimana menggunakan media sosial adalah pengakuan dan minat pada aliran pembelian pertama. Oleh karena itu, konsep ini didasarkan pada jenis konten posting yang disebarkan. Tajam persis pola ini. (Meskipun tujuannya mungkin berbeda)

Temukan Tolak Ukur

 
Buatlah suatu tolok ukur yang jelas, misalnya ketika baru memulai operasi, tolak ukurnya adalah meningkatkan jumlah pengikut sekaligus dengan mengikuti atribut dan metode lainnya.

Tentukan Kelompok Target Mana yang Ingin Anda Peroleh

 
Jika tujuan, konsep, dan tolok ukur diputuskan, saya pikir bahwa kelompok sasaran “akun” dapat dicitrakan secara samar, seperti nama, usia, jenis kelamin, pekerjaan, gaji, hobi, gaya hidup, kepribadian, alas an mendaftar, akun social media, dll.

Tentukan Konten Apa yang akan Dikirim ke Persona

 
Ada tiga pola utama untuk konten yang diposting di SNS.

Mengirim Informasi yang Berguna

 
Ini adalah jenis pengiriman informasi yang berguna seperti penjualan dan diskon dan informasi yang berguna untuk pengguna berulang.

Diseminasi yang Menarik.

 
Ini adalah pola yang mengulangi posting yang menggelikan untuk mendapatkan buzz → pengikut untuk mendapatkan pengakuan luas.

Komunikasi Harian

 
Ini sangat cocok untuk apa yang disebut industri kaku yang ingin menunjukkan celah, tetapi dengan memaparkan kehidupan sehari-hari perusahaan Anda, Anda dapat meningkatkan kesukaan dari pengguna.

Tentu saja, fokus pada hal itu tidak begitu baik, tetapi yang paling penting adalah menyampaikan informasi yang diinginkan target. Di atas hanya yang utama. Jika Anda tidak tahu apa yang diinginkan pengguna, Anda mungkin ingin mencoba fungsi survei Twitter.

Artikel Terkait  Langkah Dasar Search Engine Optimization untuk Google

Operasi harian

 
Operasi harian terutama dibagi menjadi tiga bagian.

Posting Bagian

 

Postingan Real-Time

 
Mudah untuk melampirkan gambar ke tujuan. Di sinilah Anda memposting apa pun secara real time, seperti berita, lanskap perusahaan, acara mendatang atau kampanye khusus lainnya, saat itu juga.

Postingan Stok

 
Singkatnya ini adalah mekanisme untuk mengatur konten posting dan tanggal posting terlebih dahulu, sehingga akan diposting secara otomatis. Ada dua jenis posting saham: posting yang direservasi dan posting reguler.

Posting Reservasi

 
Ini merupakan posting otomatis satu kali pada tanggal dan waktu yang disediakan, dan posting reguler adalah mekanisme untuk secara otomatis mengirim sejumlah posting yang telah ditentukan secara berkala. Misalnya, jika Anda memposting sebuah blog, Anda dapat mempostingnya secara teratur sehingga orang-orang yang ketinggalan waktu dapat melakukan pemasaran ulang dan dilihat oleh lebih banyak orang.

Karena kami mengoperasikan SNS sebagai pemasaran di bidang bisnis, tanpa posting stok ini, kami tidak dapat berhasil 100%. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakannya. #Buat konten posting berdasarkan konten yang diposting di Excel, seperti berikut:

  • Posting tanggal
  • Waktu, posting media
  • Konten
  • Nama kampanye
  • Tautan (jika ada)
  • Reaksi
  • Arahan (tautan terlampir)
  • Harus dikelola minimal

 

Analisis

 
Analisis semuanya ketika Anda mengambil tindakan. Ini mungkin tidak begitu jelas terutama di industri yang jauh dari Internet, tetapi pemasaran media sosial didasarkan pada teknologi Internet. Anda mendapatkan persentase yang baik dari angka yang Anda inginkan, karena Statusbrew memiliki lebih dari 88 metrik.

Alat Analisis

 
Analitik Twitter, facebook insight dan Instagram insight. Dengan alat ini Anda bisa mendapatkan semua angka dari pertumbuhan bulanan hingga reaksi setiap postingan

Target Analisis

 
Pertama, kita akan melihat dua tipe angka. Yakni KPI dan KGI, periksa apakah KPI yang ditetapkan meningkat atau tercermin dalam KGI dengan tindakan harian. Karena, pemasaran SNS sangat beragam di bagian yang dapat diatur ke KPI dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya.

Oleh karena itu, sering terjadi bahwa setiap KPI naik, tetapi KGI turun. Karena itu, periksa dengan seksama dan tingkatkan KPI jika perlu. Minimal, itu adalah suatu keharusan jika Anda jatuh ke dalam salah satu situasi di atas. Angka-angka ini hanya dapat dikelola oleh manajer di perusahaan dengan banyak sumber daya yang didedikasikan untuk media sosial.

Kesimpulan

 

Artikel Terkait  [Empat Elemen Buletin yang Bagus] Pemasaran Email untuk Memulai

Social media management adalah teknik yang dilakukan untuk menganalisis hingga mengatur sebagaimana mestinya menggunakan media sosial dengan baik. Pemasaran media sosial diperlukan karena preferensi konsumen berubah. Setiap media sosial memiliki karakteristiknya sendiri, jadi harus hati- hati saat memilih. Langkah pertama adalah dengan merencanakan secara strategis, kemudian barulah melakukan peningkatan operasional berkecepatan tinggi yang merupakan kunci keberhasilan.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami