Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Pengetahuan Dasar Email Marketing dan Kasus-Kasusnya
Kasus sukses memanfaatkan pemasaran email yaitu sebuah perusahaan yang mengoperasikan bisnis sistem medis dengan menyelesaikan tiga masalah yang dimiliki dengan pemasaran email. Ingin tahu apa sajakah itu? Yuk simak informasi berikut ini!
21406
post-template-default,single,single-post,postid-21406,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
email-marketing

Pengetahuan Dasar Email Marketing dan Kasus-Kasusnya

Anda pasti sudah ada yang pernah mendengar kata email marketing, dan apa saja yang dilakukan dalam email marketing tersebut. Namun, bagi Anda yang masih awam dengan hal ini, kami akan mengajak Anda berkenalan dengan email marketing sekaligus menyimak kisah sukses didalamnya.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai “apa itu pemasaran email? hingga metode dan prosedur pemasaran email, dan kasus yang berhasil, kami akan menjelaskan dengan cara yang mudah dipahami.

Tinjauan Pemasaran Email

 

tinjauan
 

Untuk mempertimbangkan perencanaan dan pengoperasian pemasaran email, ingatlah dasar dan tujuan pemasaran email dengan baik.

Apa Itu Pemasaran Email?

 

Pemasaran email adalah metode komunikasi yang disebut email.

  • Biarkan calon pelanggan menjadi penggemar perusahaan Anda dan produk mereka.
  • Kembangkan mekanisme bagi pelanggan untuk membeli produk mereka sendiri.

 

Ini adalah sebuah ukuran dari marketing. Pemasaran email memiliki keuntungan karena lebih hemat biaya daripada metode pemasaran lainnya, dan Anda dapat menjangkau lebih banyak prospek. Oleh karena itu, pemasaran email sering digunakan dalam pemasaran BtoB dan BtoC.

Perbedaan antara Newsletter Email dan Pemasaran Email

 

Majalah email adalah metode pemasaran email yang paling terkenal diantara banyak metode pemasaran email. Oleh karena itu, beberapa orang berpikir bahwa “pemasaran email adalah majalah surat.”

Namun, majalah email hanyalah salah satu metode pemasaran email. Majalah email adalah ukuran pemasaran email yang secara teratur berkomunikasi dengan daftar pelanggan Anda sendiri melalui email.

Artikel Terkait  Penerapan SEO yang Berlebihan Beresiko Mendapat Penalti dari Google dan Cara Mengatasi Resiko-Resikonya

Bisnis yang Cocok untuk Pemasaran Email

 

Pemasaran email digunakan oleh banyak perusahaan karena menekan biaya dan kontak dengan banyak pelanggan. Namun, ada beberapa bisnis dimana pemasaran email sangat cocok yang disebut bisnis BtoB.

Menurut survei oleh super office, yang menyelidiki tingkat klik majalah email berdasarkan perangkat, PC memiliki tingkat klik yang jauh lebih tinggi daripada tablet dan ponsel.

Karena majalah email BtoB sering dibuka pada PC perusahaan, dapat disimpulkan bahwa rasio klik pada PC cenderung meningkat.

Untuk mendukung ekspektasi itu, sebuah studi kemunculan menemukan bahwa majalah email BtoB memiliki tingkat klik 1,5 kali lebih tinggi daripada majalah email BtoC. RKT berdampak besar pada konversi.

Oleh karena itu, dibandingkan dengan BtoC, majalah e-mail adalah ukuran yang sangat direkomendasikan untuk BtoB.

3 Alasan Mengapa Pemasaran Email Mendapatkan Perhatian

 

3-Alasan-Mengapa
 

Pemasaran Email Memiliki Kinerja Biaya Tinggi

 

Biaya pemasaran email adalah biaya untuk menggunakan alat pengiriman email. Anda dapat melakukan pemasaran email tanpa menggunakan alat pengiriman email.

Namun, kami sangat menyarankan menggunakan alat pengiriman surat dari sudut pandang perlindungan informasi pribadi dan efisiensi kerja.

Pemasaran Email Dapat Dimulai dengan Relatif Mudah

 

Email adalah salah satu alat komunikasi utama dalam bisnis. Banyak orang sudah tahu cara kerja email dan cara mengoperasikannya.

Dalam melakukan pemasaran email, yang harus Anda persiapkan yaitu:

  • Persiapan informasi pelanggan.
  • Persiapan alat pengiriman surat.
  • Keputusan operasional.

 

Peningkatan Alat untuk Manajemen Pelanggan Digital

 

Mempersiapkan informasi pelanggan sangat penting untuk pemasaran email. Dengan penyebaran alat manajemen kartu bisnis dan CRM, digitalisasi informasi pelanggan membuatnya lebih mudah untuk menerapkan langkah pemasaran email.

Dengan penyebaran alat untuk mengelola informasi pelanggan, semakin banyak perusahaan yang memperkenalkan alat pengiriman surat dan otomatisasi pemasaran yang dapat memanfaatkan informasi pelanggan.

Alat pengiriman surat relatif murah dan dapat menyederhanakan manajemen daftar dan mengatur pengiriman email.

Otomatisasi pemasaran dapat digunakan untuk memperoleh tidak hanya informasi atribut pelanggan (nama, usia, jenis kelamin, dan lainya.) Tetapi juga informasi perilaku (riwayat buka email, riwayat klik, riwayat aktivitas web, dll.) Apakah Anda tertarik dengan tema tertentu?”

Metode Pemasaran untuk Menggantikan Pemasaran Email

 

Pemasaran Sosial Media

 

Pemasaran lewat social media adalah teknik pemasaran yang telah menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir menggunakan media sosial seperti twitter dan facebook.

Pemasaran social media ditandai dengan kemudahan berbagi dan komunikasi aktif dengan target.

Dengan memposting terus menerus, pemasaran Sosial media dapat mempromosikan fanisasi target serta pemasaran email. Perbedaan besar antara pemasaran sosial media dan pemasaran email adalah metode perolehan timbal (lead generation) dan difusi informasi yang tinggi.

Dalam pemasaran sosial media, mulai dari generasi memimpin hingga fanisasi pelanggan, seperti “melihat posting, mengikuti mereka, dan menjadi penggemar” selesai di dalam konten.

Untuk pemasaran email, perlu mengadakan seminar, mengoperasikan media yang dimiliki, dan mengatur formulir pendaftaran untuk mendapatkan prospek.

Dengan SNS, pengguna dapat dengan bebas menyebarkan konten dengan “retweet” dan “tombol bagikan” sehingga informasi dapat disebarkan dengan mudah dan jika digunakan dengan benar, ini dapat meningkatkan kesadaran perusahaan Anda sekaligus.

Pemasaran Acara

 

Keuntungan dari pemasaran acara adalah bahwa Anda secara alami dapat memimpin kualifikasi. Kualifikasi timbal mengacu pada proses pemilihan prospek yang memiliki potensi tinggi untuk dikonversi menjadi prospek.

Pelanggan yang datang keacara dengan semua waktu dan uang mereka cenderung tertarik dengan produk dan layanan perusahaan Anda sejak awal. Pemasaran acara dapat secara luas dibagi menjadi lima metode.

Jika Anda seorang pemasar yang ingin mengetahui garis besar dari setiap metode dan metode perencanaan secara rinci, silakan baca artikel terpisah “apa itu event marketing?

Pemasaran acara akan lebih efektif bila diterapkan bersamaan dengan pemasaran email. Ini karena jika Anda berhasil menggabungkan pemasaran acara dan pemasaran email, Anda dapat terus melatih pelanggan Anda dengan kemungkinan besar menggunakan email.

Artikel Terkait  Lima Langkah untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Kinerja Pemasaran Email

Enam Metode Utama Pemasaran Email

 

Enam-Metode-Utama
 

Metode pemasaran email dapat secara kasar diklasifikasikan kedalam enam yang diperkenalkan dalam bab ini.

Pemasar yang melakukan pemasaran email harus memilih metode yang sesuai dengan langkah yang mereka ambil. Dalam bab ini, kami akan memperkenalkan 6 metode dan metode seleksi.

Majalah Surat

 

Perwakilan pemasaran email adalah majalah email. Majalah email adalah metode pemasaran email yang mengirimkan email kedaftar pelanggan Anda secara teratur dan simultan untuk tujuan mempromosikan penjualan layanan Anda sendiri dan membuat pelanggan lebih banyak penggemar.

Majalah email adalah metode khas pemasaran email. Pemasar yang baru mengenal pemasaran email didorong untuk memulai dengan majalah email yang dapat dieksekusi tanpa membuat pengaturan terperinci.

Step Mail

 

Step mail adalah mekanisme untuk mengirimkan “pada jadwal yang telah ditetapkan, email yang disiapkan, dan secara otomatis dari tindakan tertentu (meminta materi, melamar seminar, melakukan uji coba gratis, membeli produk).

Untuk mengirim step mail, Anda memerlukan alat pengiriman email dan otomatisasi pemasaran yang mendukung step mail.

Waktu dimana pelanggan mengambil tindakan adalah waktu dimana mereka tertarik pada perusahaan Anda. Step mail membantu untuk meningkatkan minat pelanggan (lead nurturing).

Step mail direkomendasikan untuk pemasar yang khawatir sulit menghubungkan dari perolehan timah ke pembelian dan penutupan produk.

Iklan / Email Bisnis

 

Pemasaran email dapat mengirimkan email untuk tujuan pemasaran. Iklan dan email penjualan digunakan untuk memperkenalkan produk baru dan informasi kampanye khusus.

Waktu pengiriman iklan dan email penjualan seringkali diawal pengumuman dan kampanye produk baru. Iklan dan email penjualan adalah langkah yang disarankan untuk pemasar yang ingin pelanggan mereka tahu tentang produk dan layanan baru.

Panduan Acara / Email Pemberitahuan Acara

 

Informasi tentang pameran dan seminar internal juga merupakan pendekatan yang sering Anda lihat dalam pemasaran email. Informasi dan email pemberitahuan acara dimaksudkan untuk menarik pelanggan kepameran dan seminar internal.

Jika Anda seorang pemasar yang memiliki masalah dengan menarik pelanggan keacara tersebut, atau berpikir untuk mengadakan suatu acara, kami sarankan untuk menggunakan informasi acara atau email pemberitahuan acara.

Email Laporan Acara

 

Email laporan acara adalah email yang melaporkan konten dan tayangan setelah mengadakan acara seperti pameran dan seminar internal. Jika Anda ingin memandu Anda keacara yang menarik bagi penerima Anda, kami sarankan Anda mengirim email laporan acara Anda.

Ini karena beberapa pelanggan kami tidak dapat hadir walaupun mereka ingin berpartisipasi dalam acara tersebut. Email laporan acara adalah ukuran yang disarankan untuk pemasar yang memiliki masalah dengan mengembangkan calon pelanggan (lead nurturing) setelah acara.

Jika Anda mengirim email laporan acara, peserta acara dapat meninjau konten dan meninjau.

Selain itu, pelanggan yang tidak dapat menghadiri acara tersebut akan dapat mengingat perusahaan Anda dengan kesan positif ketika mereka menerima informasi yang ingin mereka ketahui.

Artikel Terkait  Memvalidasi Kasus Sukses Internet Marketing dan Tantangan Masa Depan

Email Balasan Otomatis

 

Email balasan otomatis adalah email yang secara otomatis menjawab pertanyaan dari situs web perusahaan. Bukankah balasan otomatis Anda mengirim email konten sederhana seperti orang yang bertanggung jawab akan menghubungi Anda dalam beberapa hari kerja?

Email balasan otomatis ditandai oleh tarif terbuka yang sangat tinggi. Menurut beberapa survei, tingkat pembukaan email balasan otomatis adalah 82%.

Mengapa Anda tidak memanfaatkan fitur itu dan mengirim informasi untuk iklan dan promosi penjualan secara bersamaan?

Email balasan otomatis adalah teknik yang saya rekomendasikan kepada siapa pun yang memiliki formulir kontak. Dengan menerima email balasan otomatis, pelanggan dapat diyakinkan bahwa mereka telah menerima pertanyaan mereka dengan benar.

Kasus Pemasaran Email yang Berhasil: Meningkatkan Tingkat Peluang Bisnis

 

Kami akan memperkenalkan kasus-kasus sukses memanfaatkan pemasaran email. Sebuah perusahaan yang mengoperasikan bisnis sistem medis menyelesaikan tiga masalah yang dimilikinya dengan pemasaran email.

Tiga masalah tersebut adalah:

  • Beberapa prospek tidak mengikuti Anda.
  • Ada beberapa titik kontak dengan pengguna.
  • Akuisisi proyek baru yang tidak efisien.

 

Perusahaan ini memiliki beberapa tenaga penjualan dan melakukan segalanya mulai dari akuisisi proyek baru hingga dukungan pengguna.

Karenanya, kami tidak dapat mengikuti semua daftar, dan ada banyak calon pelanggan dan pengguna yang tidak memiliki titik kontak. Ini adalah kehilangan peluang yang sangat besar.

Juga, mereka memanggil satu persatu dari daftar penjualan untuk mendapatkan penjualan baru. Karena mereka menjawab panggilan tanpa mengetahui minat calon pelanggan, sulit untuk membuat janji, dan ada ruang untuk peningkatan efisiensi penjualan.

“Majalah email” telah memecahkan masalah diatas. Majalah email adalah metode pemasaran email yang memungkinkan Anda untuk terhubung secara efisien dan efektif dengan banyak pelanggan.

Dengan meluncurkan majalah email, mereka telah dapat berkomunikasi secara teratur dengan prospek dan pengguna. Mereka juga menggunakan otomatisasi pemasaran untuk melakukan pemasaran email, bukan alat pengiriman email.

Otomatisasi pemasaran adalah alat yang, selain pengiriman email, memungkinkan Anda untuk mendapatkan riwayat perilaku diweb setelah membuka email.

Dengan memasukkan tautan kemajalah e-mail mereka, mereka telah menarik aktivitas online seperti menjelajahi halaman web dan mengunduh materi. Otomatisasi pemasaran dapat menangkap sejarah perilaku prospek, sehingga Anda dapat melihat siapa, kapan, dan apa yang mereka lakukan.

Berdasarkan riwayat perilaku pada web setelah membuka majalah e-mail, kami mengekstrak calon pelanggan yang sangat tertarik dengan layanan ini,

“Apakah prospek ini mencari layanan?”

” Apakah ada kebutuhan untuk ini?”

Ini adalah contoh pemasaran email yang sukses, dimana kami mulai menggunakan pemasaran email untuk menghubungi banyak pelanggan dan meningkatkan efisiensi penjualan kami.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami