Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Penerapan SEO yang Berlebihan Beresiko Mendapat Penalti dari Google. Bagaimana Cara Mengatasi Resiko-Resikonya?
Apabila Anda menerapkan SEO dengan tidak cermat seperti menambah terlalu banyak keyword (kata kunci) kemungkinan situs website Anda akan mendapat penalti dari Google karena ini termasuk pelanggaran SEO. Berikut cara mengatasi resiko-resikonya.
20813
post-template-default,single,single-post,postid-20813,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
seo-penalty

Penerapan SEO yang Berlebihan Beresiko Mendapat Penalti dari Google dan Cara Mengatasi Resiko-Resikonya

Seperti yang sudah saya jelaskan sedikit dari artikel sebelumnya. Apabila Anda menerapkan SEO tetapi tidak secara cermat seperti menambah terlalu banyak keyword (kata kunci) kemungkinan situs website Anda akan mendapat penalti dari Google karena ini termasuk pelanggaran SEO. Saya akui memang sangat penting menggunakan kata kunci untuk meningkatkan volume pencarian, namun apabila keyword yang Anda pasang terlalu banyak, maka akan memunculkan permasalahan. Masalah yang ditimbulkan berdampak terhadap trafik pencarian organik yang dapat terhapus hanya dalam waktu satu malam. Hal ini merupakan masalah serius karena google merupakan Search Engine yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di dunia. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai penalti SEO dan cara mengatasi resiko penalti terhadap tindakan SEO yang berlebihan.

Artikel Terkait  Perencanaan Kata Kunci SEO | Penjelasan dari Cara Pemilihan hingga Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Apa Itu Penalti SEO?

 

penalti-seo 

Apabila penerapan SEO pada situs website Anda menyalahi aturan, maka website Anda akan menerima penalti dari google. Tindakan SEO yang salah adalah tindakan yang melanggar “Pedoman kualitas untuk Webmaster” yang disediakan oleh Google. Jika suatu situs ada yang melakukan pelanggaran dan tidak dikenakan penalti oleh google, maka sebagai gantinya akan mendapat “penurunan peringkat signifikan” dan “penghapusan indeks”, tentunya akan sangat mempengaruhi arus masuk dari pencarian organik. Hal ini dilakukan oleh google untuk mencegah tindakan penipuan. Selain itu, kualitas “konten” dan “tautan” adalah penyebab penalti dalam SEO. Konten yang bertahan adalah konten yang bagus sedangkan konten yang tidak bagus akan berkemungkinan besar membawa situs website Anda mendapatkan penalti dari Google. Konten berkualitas buruk adalah konten yang tidak diminta oleh pengguna, seperti konten salinan dan kualitas tautan yang buruk dipengaruhi oleh banyaknya backlink yang tidak wajar serta kualitas halaman yang ditautkan buruk. Situs Anda dapat menerima penalti dari Google karena beberapa alasan tersebut.

Jenis Hukuman

 
Ada dua jenis hukuman: “tindakan manual” dan “tindakan otomatis”.

Tindakan manual adalah tindakan yang dilakukan secara manual oleh staff google yang bertanggung jawab secara visual untuk memeriksa situs dan menentukan bahwa itu melanggar pedoman atau tidak. Apabila ditemukan pelanggaran maka situs Anda akan dikenakan penalti. Namun kabar baiknya dengan tindakan manual Anda akan diberikan informasi yang tranparan oleh google mengenai apa saja yang hal-hal yang menyebabkan situs Anda menyalahi aturan SEO, Ini dapat Anda periksa lewat Google Search Console. Ada dua jenis tindakan pencegahan manual, “mencocokkan seluruh situs” dan “mencocokkan sebagian”, dan yang pertama mempengaruhi seluruh situs, sehingga hukumannya menjadi lebih berat. Tindakan yang tunduk pada penanggulangan manual adalah sebagai berikut.

  • Situs yang diretas
  • Spam yang dibuat pengguna
  • Host gratis dengan spamming
  • Markup terstruktur dengan spamming
  • Tautan tidak wajar ke situs
  • Layak, konten berkualitas buruk
  • Cloaking, redirect berbahaya
  • Tautan tidak wajar dari situs
  • Spam berbahaya
  • Penyalahgunaan teks dan kata kunci tersembunyi

Di sisi lain, tindakan otomatis dilakukan oleh algoritma google. Anda tidak akan menerim pesan apapun dari Google Search Console, pada kasus ini Anda harus mencari tahu sendiri penyebab  dikenakannya pinalti pada situs Anda. Pada dasarnya, Google membuat algoritma yang berbeda-beda untuk mendeteksi spam dan berbagai pelanggaran lain, lalu memberikan penalti pada situs tersebut. Seperti tindakan manual, tindakan otomatis juga akan mengurangi peringkat pencarian yang lebih rendah. Selama tidak ada pemberitahuan, perlu untuk memeriksa tren peringkat dan jumlah kunjungan setiap hari secara detail, dan untuk mendeteksi kejanggalan situs sesegera mungkin.

Artikel Terkait  Apa Itu Konten SEO? | Tingkatkan Kualitas Konten dan Tampilkan Pencarian Teratas!

Apa yang Harus Anda Lakukan jika Mendapat Penalti?

 

tips-penalti-seo 

Jika Anda mendapat penalti tindakan manual, Anda dapat membatalkan penalti dengan mengirim “permintaan pemeriksaan ulang” pada Google Search Console. Namun, Anda perlu memperbaiki bagian yang dicakup oleh langkah manual dan kemudian mengirim permintaan pemeriksaan ulang.

Untuk perincian tentang cara meningkatkan masing-masing hukuman, silakan merujuk ke “Laporan Penanggulangan Manual”. Setelah mengirim permintaan pemeriksaan ulang, jika pemeriksaan lulus, penalti akan dicabut, tetapi harap dicatat bahwa itu tidak menjamin pemulihan peringkat setelah mengalamai penurunan yang cukup signifikan. Selain itu, tergantung pada tingkat penipuan, pembatalan hukuman akan meningkat dalam kesulitan, dan dalam beberapa kasus itu mungkin tidak dibatalkan bahkan jika permintaan pemeriksaan diulang beberapa kali. Mengenai penghapusan pinalti manual, relatif mudah karena target peningkatannya jelas, tetapi itu tidak terjadi dalam kasus tindakan otomatis. Kami akan memperbaiki setiap bagian yang tampaknya menjadi penyebab penalti, dan terus meningkatkan hingga pangkat naik. Untuk penalti manual dan otomatis, jika sulit untuk membatalkannya, mungkin lebih cepat untuk memulai situs baru di domain lain, jadi ingatlah.

Mengidentifikasi Penyebab Penalti

 
Jika Anda menerima penalti, cobalah untuk mengidentifikasi penyebabnya segera dan mengambil tindakan untuk membatalkannya. Hal yang perlu untuk diperhatikan, jangan menerapkanSEO yang berlebihan agar Anda tidak membuat kesalahan yang sama lagi setelah dibatalkan.

Alih-alih terlalu berfokus pada SEO, pikirkan tentang memberikan informasi yang bermanfaat kepada pengguna Anda atau meningkatkan kenyamanan pembaca menggunakan situs Anda. Perlu diketahui, apabila Anda hanya fokus pada peningkatan pencarian yang lebih tinggi, Anda mungkin secara tidak sengaja mengambil tindakan SEO yang salah tanpa menyadarinya.

Tindakan Pencegahan Hukuman

 
Meskipun langkah-langkah tindakan manual telah diambil oleh google, peringkat situs website Anda mungkin tidak turun secara signifikan dalam waktu yang singkat. Namun jangan sampai Anda mengabaikan hal tersebut, karena hal ini akan sangat membahayakan untuk keberlangsungn situs website Anda karena setelah periode waktu tertentu, peringkat situs website Anda akan turun secara bertahap atau kemungkinan yang paling buruknya adalah langsung turun secara tiba-tiba. Namun, jangan khawatir, Anda bisa mencegahnya dengan mengambil langkah-langkah manual, dan mulai memperbaiki bagian-bagian yang melanggar ketentuan SEO atau mulai mencari tahu penyebab mengapa situ website Anda dikenakan pinalti oleh google, apabila Anda sudah melakukan tindakan pencegahan pinalti peringkat situs website Anda tidak akan banyak berubah, jadi mari kita batalkan penalti sementara menunggu peringkat situs website Anda membaik.

Kesimpulan

 

Artikel Terkait  Masa Depan SEO dan Memahami Perubahan dalam Hasil Pencarian Google

Jika Anda mendapat penalti karena melanggar aturan SEO, maka lakukan tindakan awal dengan mencari tahu terlebih dahulu jenis penalti yang google kenakan pada situ website Anda. Karena jenis penalti membutuhkan tindakan perbaikan yang berbeda. Namun jika Anda ingin melakukan tindakan pencegahan agar tidak menerima penalti dari google lakukanlah pencegahan, seperti memeriksa Google Search Console dengan rutin untuk mengetahui ada pemberitahuan pelanggaran atau tidak, namun jika Anda tidak menerima pesan apapun rutinlah untuk memeriksa peringkat situs Website Anda, pastikan kata kunci pada situs Anda agar tidak terlalu banyak. Jika Anda mengetahui adanya penalti, identifikasi penyebabnya dan perbaiki segera, kemudian cobalah untuk menghilangkannya. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang SEO, Anda dapat membaca artikel sebelumnya.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: