Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Penjelasan Detail Tentang Cara Penerapan SEO Pada Situs E-Commerce
Bagi Anda yang memiliki situs E-Commerce kemudian ingin menerapkan SEO di dalamnya, hal ini akan sangat menguntungkan karena dapat meningkatkan kualitas situs E-Commerce Anda. Agar Anda dapat memahami penerapan SEO pada situs E-Commerce dengan baik, simak penjelasan ini selengkapnya.
20747
post-template-default,single,single-post,postid-20747,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
e-commerce-seo

Penerapan SEO pada Situs E-Commerce

Jika sebelumnya sudah membahas mengenai pengertian SEO hingga peran penting SEO untuk meningkatkan kualitas tulisan, pada artikel ini kami menyajikan penerapan SEO pada situs E-Commerce untuk Anda. Bagi Anda yang memiliki situs E-Commerce kemudian ingin menerapkan SEO di dalamnya, hal ini akan sangat menguntungkan karena dapat meningkatkan kualitas situs E-Commerce Anda. Agar Anda dapat memahami penerapan SEO pada situs E-Commerce dengan baik, simak penjelasan ini selengkapnya.

Artikel Terkait  Penanggulangan Backlink SEO: Pengenalan Pola Backlink yang Tidak Boleh Dilakukan

Penerapan SEO pada E-Commerce

 

seo-pada-ecommerce 

Dengan meluasnya penggunaan Internet, situs E-Commerce menjadi alat yang sangat diperlukan untuk menjual produk. Biasanya beberapa perusahaan akan mempromosikan produknya melalui iklan TV dan radio, untuk menarik pembeli/calon pembeli. Usaha ini akan meningkatkan jumlah akses ke situs E-Commerce milik anda dan secara otomatis anda akan mendapatkan lebih banyak pembeli. Namun biaya promosi dengan menggunakan 2 produk iklan tersebut terbilang mahal dan agak terkesan berlebihan, apabila perusahaan Anda masih tergolong baru dengan produk yang belum banyak diketahui publik. Oleh karena itu, disini kami akan mengangkat topik menarik untuk meningkatkan Brand Awareness calon pembeli atau konsumen tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Anda dapat meningkatkan Brand Awareness pembeli dengan mengoptimisasi E-Commerce Anda di mesin pencari alias melakukan teknik SEO. Untuk penjelasan mengenai SEO dapat Anda temukan di sini. Secara garis besar, SEO adalah sebuah praktik untuk meningkatkan traffic website baik dari segi kuantitas maupun kualitas melalui pencarian organik menggunakan mesin pencari.

Cara Meningkatkan Struktur Situs

 

seo-ecommerce 

Pada situs E-Commerce, tindakan SEO berbeda dengan situs umum yang berpusat pada artikel berbasis konten. Sangat sulit menampilkan situs E-Commerce Anda sebagai yang pertama muncul pada mesin pencarian. Hal ini dikarenakan menin pencari sulit untuk membedakan konten produk Anda dengan produk lainnya yang serupa. Namun, hal ini dapat ditanggulangi dengan meningkatkan kualitas situs Anda dengan meningkatkan struktur situs dan userability. Bagaimana caranya? Berikut adalah pembahasannya.

Menyadari Struktur Situs

 
Pertama-tama, buatlah agar struktur situs E-Commerce Anda mudah ditemukan pada mesin pencarian dengan melakukan Crawling. Crawling adalah proses penyusupan yang dilakukan oleh bot pada sebuah website, tujuannya adalah untuk mengetahui isi konten dalam website tersebut. Pada situs E-Commerce, ada banyak halaman bot yang secara dinamis menyortir URL (seperti perbaikan produk dan halaman dalam keranjang belanja). Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan membiarkan bot mengakses data pribadi perusahaan yang menyebabkan crawler berkeliling sembarangan dan membuat file pribadi perusahaan diretas atau terjadinya pencurian data.

Memperhatikan Kategori Halaman

 
Kategori Halaman merupakan kunci untuk membuat struktur situs E-Commerce lebih mudah ditemukan. Bagilah kategori halaman mulai dari kategori kecil, menengah sampai besar dan apabila pengaturan kata kunci (keyword) mempersulit kategorisasi, Prioritaskan user ability.

Perhatikan Konten Duplikat

 

Artikel Terkait  Apa Itu Page Rank? Tentang Algoritma Pagerank Google dan Efek SEO

Berhati-hatilah dengan konten duplikat yang disebabkan oleh pembuatan URL dinamis. Jika konten-konten yang sama terjadi di URL yang berbeda, normalisasi dengan menggunakan tag canonical perlu dilakukan (Red: suatu cara agar halaman url yang di indeks mesin pencari adalah benar-benar yang Anda inginkan.). Namun, dalam kasus URL dinamis Anda mungkin secara tidak sengaja menetapkan canonical, jadi pastikan bahwa URL tersebut benar.

Meningkatkan Kualitas Gambar

 
Situs E-Commerce erat kaitannya dengan produk yang Anda tawarkan, oleh karena itu Anda dapat meningkatkan kualitas konten dengan meningkatkan jumlah gambar dan bukan menambahkan teks. Namun, berhati-hatilah dengan ukuran file yang terlalu besar, karena situs E-Commerce akan dimuat lebih lamban jadi sebaiknya unggah gambar yang sudah kompresi. Anda bisa memanfaatkan beberapa software untuk mengompres gambar tanpa mengurangi kualitasnya, seperti Trimage, TinyPNG, ILoveIMG,Kraken.

Sampaikan Informasi Gambar ke Mesin Pencari Sebisa Mungkin

 
Kesulitan untuk membuat situs EC Anda sebagai yang pertama muncul pada mesin pencarian, namun dengan adanya pencarian gambar dapat meningkatkan kesempatan situs Anda. Oleh karena itu, Anda harus memberikan Google sebanyak mungkin informasi tentang gambar yang Anda upload. Untuk melakukannya, mari kita lakukan tiga poin berikut.

Sesuaikan Gambar dengan Produk

 
Pastikan gambar yang Anda upload ke situs E-Commerce nama filenya sudah sesuai dengan produk yang hendak diperdagangkan. Dengan begitu akan membantu mesin pencari untuk mengenali suatu gambar dengan nama file tersebut. Gunakan nama file yang focus terhadap kata kunci. Misal, “Sepatu-Gunung-Murah.jpg”. Bukannya “Inilah-sepatu-gunung-murah-cocok-untuk-mendaki.jpg” Usahakan jangan bertele-tele.

Set Alt

 
Mengatur Alt sesuai untuk setiap gambar yang berfungsi untuk mendeskripsikan topik yang identik dengan gambar. Contohnya gambar dibawah ini (tolong isikan gambar sepatu gunung) Anda dapat mengetikkan alt text seperti, “Sepatu khusus untuk mendaki gunung.” Ini akan mengarahkan SEO sesuai dengan kata kunci pada gambar sehingga menghindari hal-hal yang tidak berkaitan dengan gambar pada situs E-Commerce Anda.

Buat Sebuah Sitemap Gambar

 
Anda dapat menentukan URL gambar di peta situs. Hal ini mempermudah SEO untuk mengenali gambar tertentu. Selain itu, Anda juga dapat mengatur informasi lokasi gambar dan judul.

Tingkatkan Kecepatan Halaman Anda

 
Meningkatkan kecepatan halaman dapat berdampak signifikan pada tingkat pengguna meninggalkan situs. Menurut Google, 53% pengguna akan meninggalkan situs jika dibutuhkan lebih dari tiga detik untuk melihatnya, oleh karenanya Anda wajib meningkatkan kecepatan website Anda. Ada beberapa tools yang dapat and agunakan salah satunya adalah Google PageSpeed Insight, Google akan menilai kecepatan loading website Anda menggunakan skala persen. Nilai 0 sampai 49 persen memberi tanda bahwa website Anda lambat unntuk diakses. Nilai 50 sampai 89 persen artinya kecepatan website Anda sudah mencapai rata-rata. Kemudian pada nilai 90 sampai 100 persen artinya website Anda cepat. Google PageSpeed Insight kemudian akan memberi saran demi peningkatan kualitas pengalaman pengguna pada perangkat mobile.

Desain Situs E-Commerce Agar Mudah Dipahami dan Menjangkau Calon Pembeli

 
Buatlah desain E-Commerce agar mudah dipahami dan dijangkau oleh user. Contohnya, Menempatkan setiap menu “add to chart” di posisi dimana user mudah menjangkaunya , tidak hanya di satu halaman tapi dimanapun user mengunjungi halaman tersebut, sehingga usaha ini akan meningkatkan prospek pembelian produk. Selain itu Anda dapat menambahkan tombol share ke media social karena membantu Anda dalam menjangkau audiens baru. Jika dilihat dari penelitian APJII 2017, menyatakan bahwa 87 persen pengguna internet Indonesia telah menggunakan internet cenderung untuk membuka media sosial. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda menambahkan tombol share pada situs E-Commerce Anda sehingga calon pembeli bisa membagikan konten dengan mudah. Kemudian situs E-Commerce Anda akan mendapatkan banyak pengunjung, jadi lebih mudah diketahui oleh banyak orang.

Artikel Terkait  6 Alat Promosi untuk Pemasaran Konten yang Sukses

Kesimpulan

 
Penggunaan SEO pada situs E-Commerce ini, Anda akan mampu mendatangkan trafik yang potensial. Semakin baik situs E-Commerce Anda, maka peluang untuk mendapatkan trafik potensial juga akan semakin besar. Pengunjung inilah yang nantinya akan menjadi calon pembeli/penikmat produk Anda.