Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Apa Itu Page Rank? Tentang Algoritma Pagerank Google dan Efek SEO
Page rank adalah indeks di mana mesin pencari Google mengukur pentingnya sebuah halaman web, dan ditentukan oleh jumlah backlink dan kualitasnya. Page Rank dibagi menjadi 11 level dari 0 hingga 10, dan semakin tinggi angkanya, semakin tinggi peringkat dari mesin pencari.
21555
post-template-default,single,single-post,postid-21555,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
page-rank

Apa Itu Page Rank? Tentang Algoritma Pagerank Google dan Efek SEO

Page rank adalah indeks di mana mesin pencari Google mengukur pentingnya sebuah halaman web, dan ditentukan oleh jumlah backlink dan kualitasnya. Page Rank dibagi menjadi 11 level dari 0 hingga 10, dan semakin tinggi angkanya, semakin tinggi peringkat dari mesin pencari.

Sebelumnya, Anda dapat memeriksa peringkat halaman setiap halaman web menggunakan Google Toolbar, dll, Tetapi Google mengumumkan peringkat halaman tersebut pada bulan April 2016. Namun, juru bicara Google mengatakan itu digunakan sebagai bagian dari algoritma internal di Google.

Indeks ini adalah salah satu indeks yang menunjukkan pentingnya halaman web, yang dikembangkan oleh Google berdasarkan gagasan bahwa “halaman web dengan lebih banyak link lebih penting”. Google memandang link sebagai “suara yang mendukung”.

Artikel Terkait  Hal-Hal yang Menyebabkan Situs Anda Melambat

Ada kriteria bahwa semakin populer situs, semakin populer dan penting situs tersebut, dan metrik halaman adalah indikator numerik. Ini juga salah satu algoritme karakteristik Google, tetapi sekarang peringkat laman memiliki dampak “langsung” yang tidak terlalu langsung pada peringkat.

Dengan memasang Google Toolbar di browser, kami dapat mengetahui peringkat halaman beranda kami. “Toolbar Page Rank (TBPR)” yang ditampilkan di toolbar ini ditampilkan sebagai nilai integer dari 0 hingga 10 dan diperbarui hanya sekali setiap beberapa bulan, tetapi sebenarnya berubah setiap hari secara real time. Kredibilitas nomor pada toolbar tidak terlalu tinggi, jadi tingkat referensi sudah cukup.

Sejarah Singkat Google PageRank

 

sejarah-google-rank 

The paten PageRank pertama diajukan pada tanggal 1 September 1998, dan menjadi algoritma asli yang Google gunakan untuk menghitung pentingnya sebuah halaman web dan peringkat ini.  Singkatnya, Google secara harfiah dibentuk berdasarkan gagasan Sergey Brin bahwa informasi di web dapat diberi peringkat berdasarkan popularitas tautan halaman.

Bahwa semakin banyak tautan mengarah ke suatu halaman, semakin tinggi peringkatnya dan jika kita melihat makalah yang memperkenalkan Google, kita dapat dengan jelas melihat Page Rank direferensikan saat menjelaskan fitur mesin pencari:

Mesin pencari Google memiliki dua fitur penting yang membantunya menghasilkan hasil presisi tinggi. Pertama, ini memanfaatkan struktur tautan Web untuk menghitung peringkat kualitas untuk setiap halaman web.

Pengenalan dari Google Toolbar

 
Pada tahun 2000, Google memperkenalkan toolbar yang sekarang kita semua ingat sebagai cara kita dapat melihat skor PageRank situs kita (dan pesaing kita). Akibatnya, SEO mulai terpaku hanya pada peningkatan PageRank sebagai metrik untuk meningkatkan peringkat, sebagian besar didorong oleh pemahaman algoritma yang disederhanakan yang menyarankan bahwa halaman web dengan jumlah tautan tertinggi harus mendapat peringkat tertinggi.

Penjelasan sederhana tentang pendekatan ini oleh banyak orang di awal tahun 2000-an adalah bahwa tujuan mereka adalah mendapatkan link sebanyak mungkin dari halaman web dengan PageRank setinggi mungkin. Ini, tentu saja membuat Page Rank dimanipulasi, dengan uang berpindah tangan untuk tautan serta apa yang banyak dari kita akan ingat sebagai kumpulan tautan.

Jalur cepat hampir 15 tahun, dan Google akan berhenti memperbarui bilah alat yang dapat dilihat oleh publik ini pada tahun 2014 (dengan pembaruan terkonfirmasi terakhir pada Desember 2013) dan menghentikannya sepenuhnya pada tahun 2016.  Tentu saja, ini tidak berarti bahwa Google berhenti menggunakan PageRank sebagai bagian dari algoritme, hanya saja Google berhenti menjadi metrik yang dihadapi publik.

Apa Perbedaan antara Page Rank dan Toolbar Page Rank?

 

google-page-rank-dan-toolbar 

Seobook- toolbar- page rank adalah kebingungan utama tentang Page Rank. Sebagaimana diukur oleh Google dalam menilai popularitas link halaman web Anda, dan kemudian Page Rank Toolbar. Page Rank, seperti yang digunakan dalam algoritma Google, adalah nilai yang mengukur popularitas link dan ekuitas halaman web Anda secara real time.

Artikel Terkait  Penerapan SEO pada Situs E-Commerce

Tidak mungkin untuk mengetahui nilai sebenarnya dari ekuitas tautan Peringkat Halaman Anda menurut Google (meskipun Anda dapat menggunakan alat lain seperti OpenSiteExplorer.org  yang menunjukkan Domain relatif dan Otoritas Halaman).

Toolbar Page Rank, di sisi lain, adalah toolbar yang dapat Anda pasang di browser Anda yang dianggap menampilkan snapshot dari Page Rank Anda (jumlah link ke situs Anda) dari update Toolbar Page Rank terakhir. Umumnya, Google hanya memperbarui Peringkat Halaman Toolbar 2-3 kali per tahun. Google sangat enggan tentang cara penghitungan Peringkat Halaman Toolbar.

Cara Kerja Algoritma Page Rank Google dalam Praktek

 
Prosesnya dimulai dengan “Bot Google” yang merayapi seluruh web dan menghitung tautan ke setiap laman web. Google kemudian mengunduh semua informasi ini ke server besar mereka, memproses informasi di komputer mereka, dan kemudian menggunakan algoritma mesin pencari untuk memberi peringkat halaman web dalam indeks mesin pencari mereka.

Daripada hanya menghitung jumlah backlink langsung ke setiap halaman web, Page Rank juga menggunakan rumus ekuitas tautan tentang bagaimana nilai lulus tautan. Misalnya, jika halaman web memiliki X jumlah backlink tetapi kemudian link keluar di halaman itu sendiri maka ekuitas link halaman itu akan diencerkan melalui link eksternal.

Ini karena Page Rank atau aliran tautan melewati setiap tautan. Beberapa tautan dari domain berbeda juga bernilai lebih dari jumlah tautan yang sama dari satu domain. Ini karena Google menggunakan faktor peredam untuk tautan dari domain yang sama.

Arsitektur tautan internal yang baik di situs web memastikan bahwa aliran Peringkat Halaman didistribusikan bahkan di seluruh situs Anda untuk membantu menentukan peringkat halaman individual.

Arti Peringkat Halaman dalam SEO

 

page-rank-dalam-seo 

Seperti yang saya tulis di awal, ini hanya salah satu dari lebih dari 200 algoritme peringkat, dan bukan hal yang mudah bahwa peringkat halaman naik karena peringkat halamannya tinggi. Ini adalah indeks yang menunjukkan “berapa banyak tautan yang dikumpulkan”.

Namun, meski tidak langsung ditautkan ke ranking, tentu bermakna ada banyak tautan , dan alangkah baiknya memiliki peringkat halaman yang tinggi . Namun, menaikkan peringkat halaman dan menaikkan peringkat dengan SEO tidak selalu cocok, jadi tidak perlu terlalu sadar atau terlalu memperhatikan.

Bagaimana Cara Memeriksa Peringkat Halaman di Luar Google?

 
Selain peringkat halaman Google, Anda dapat memeriksa indikator peringkat yang mirip dengan peringkat halaman dengan alat pihak ketiga seperti “Moz” dan “Ahrefs”.

Artikel Terkait  Penting Dalam SEO! Pengaturan Redirect yang harus Diperhatikan saat Memperbarui Website

Moz

 
Moz: https://moz.com/free-seo-tools

Alat SEO Gratis Moz dapat digunakan secara gratis. Dengan mencari domain situs yang ingin Anda periksa, Anda dapat memeriksa peringkat “otoritas domain” di unit domain dan peringkat “otoritas halaman” dari halaman yang lebih tinggi di situs.

Ahrefs

 
Ahrefs: https://ahrefs.com/

Ahrefs adalah alat berbayar. Anda juga dapat memeriksa peringkat berdasarkan domain dan halaman situs yang ingin Anda periksa. Peringkat unit domain adalah “peringkat domain (DR)” dan peringkat unit URL adalah “peringkat URL (UR)”. Menunjukkan “popularitas link” relatif dari situs / halaman dalam jumlah hingga 100 poin (semakin tinggi maka akan semakin kuat).

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami