Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Otomatisasi Pencahayaan! Memperkenalkan Cara Menggunakan Perangkat Lunak Input Suara
Perangkat lunak input suara, mungkin banyak dari kalian yang sudah pernah mendengar hal tersebut, atau bahkan sudah pernah mencobanya? Terutama bagi Anda yang sedang menyusun tugas akhir, mengerjakan makalah, jurnal atau apapun yang memerlukan banyak kalimat. Menggunakan alat input karakter suara ini akan membantu mengurangi beban pekerjaan Anda.
20825
post-template-default,single,single-post,postid-20825,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
input-suara

Otomatisasi Pencahayaan! Memperkenalkan Cara Menggunakan Perangkat Lunak Input Suara

Perangkat lunak input suara, mungkin banyak dari kalian yang sudah pernah mendengar hal tersebut, atau bahkan sudah pernah mencobanya? Jika dilihat, dunia teknologi saat ini sangat berkembang pesat, bahkan sudah dari beberapa tahun lalu.

Pada dasarnya manusia merupakan makhluk hidup yang paling sempurna di antara makhluk hidup yang lain. Maka dari itu, ketika manusia menemui suatu masalah ia akan berusaha untuk mencari jalan keluarnya. Contohnya seperti alat input karakter suara ini, fitur ini dapat membantu Anda untuk menulis tanpa harus memukul keyboard Anda. Caranya cukup hanya dengan mengatakan kalimat yang ingin ditulis, maka kalimat tersebut akan muncul di lembar kerja Anda. Sungguh mudah bukan?

Artikel Terkait  Sebelum Menulis! Raih Peringkat Teratas dengan Alat Analisis Kompetitif SEO

Terutama bagi Anda yang sedang menyusun tugas akhir, mengerjakan makalah, jurnal atau apapun yang memerlukan banyak kalimat. Sungguh, dengan menggunakan alat input karakter suara ini akan mengurangi beban pekerjaan Anda.

Apa Itu Perangkat Lunak Input Karakter Suara?

 

apa-itu-input-suara 

Perangkat lunak input karakter suara merupakan perangkat lunak yang mengenali input suara dari mikrofon dan menyalinnya sebagai teks. Ada berbagai jenis perangkat lunak input suara, dari yang berbayar seperti “Dragon Speech” dan “Amivoice” ke yang standar pada Windows dan Mac, dan yang gratis seperti Google Documents.

Fitur ini sebenarnya sangat cocok bagi kita, apalagi anak muda yang pada dasarnya tidak mau ribet. Inginnya serba instan dan tidak menghabiskan banyak waktu. Bayangkan saja ketika Anda mengetik manual menggunakan keyboard sampai beberapa halaman, pasti pundak dan jari Anda akan merasa pegal dan kaku. Hal tersebut bisa memicu stres pada diri Anda. Namun, jika Anda menggunakan alat input karakter suara, Anda tinggal katakana saja kalimat yang diinginkan tanpa harus mengetik.

Cara Menggunakan Input Suara Google Documents

 
Pertama, lihatlah terlebih dahulu lingkungan sekitar Anda. Pastikan lingkungan sekitar Anda memiliki suasana yang tidak terlalu bising dan usahakan tidak ada suara-suara lain yang berpotensi mengganggu.

Kemudian, buka Google Documents di Google Chrome. Google Documents hanya bisa digunakan di browser Google Chrome. Jika Anda menggunakan safari atau firefox, pasang terlebih dahulu Google Chrome dan kemudian buka. Selanjutnya, mendapatkan akun Google, Anda bisa menmbuat akun dengan menggunakan alamat email Anda. Lalu cek perangkat Anda, sebagian besar laptop modern memiliki mikrofon built-in dari awal, tetapi jika Anda tidak memiliki PC built-in, Anda memerlukan mikrofon untuk PC.

Langkah selanjutnya, buka Google Drive dan buka Google Documents. Pilih alat>input suara. Jika sudah, ikon mikrofon akan ditampilkan, jadi ketika Anda mengkliknya, input suara akan mulai dikenali. Harap dicatat bahwa jeda baris dan tanda baca tidak dikenali.

Tombol Pintas

 
Menggunakan alat input karakter suara memang mudah. Namun ada beberapa hal yang dirasa masih kurang dalam penggunaannya. Lebih mudah untuk mengeksekusi input suara dengan menggunakan tombol pintas, jadi pastikan untuk mempelajarinya.

Ctrl + Shift  + S: Input Karakter Suara ON/OFF

 
Anda harus sering menyalakan dan mematikannya, seperti ketika Anda memperbaiki konversi yang salah atau ketika input suara berhenti dikenali. Sangat disarankan untuk mempelajari tombol pintas ini supaya lebih memudahkan Anda dalam penggunaannya.

Kelebihan dan Kekurangan

 
Semua hal didunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Termasuk juga dengan alat input karakter suara ini. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui.

Kelebihan

 

Akurasi yang Sangat Baik dan Kecepatan Pengenalan Suara

 

Artikel Terkait  6 Rekomendasi Alat untuk Mengidentifikasi Artikel Plagiat

Akurasi dan kecepatan alat input karakter suara merupakan hal yang paling penting. Dikatakan bahwa input ponsel pintar dan suara dari iOS dan Android juga memiliki akurasi pengenalan yang tinggi, tetapi akurasi pengenalan Google Docs sangat tinggi.

Multi Platform

 
Google Documents menggunakan browser Chrome, tentu saja Anda dapat menggunakannya di Windows, Mac, atau Chromebook. Karena perangkat lunak input suara komersial seringkali hanya dapat digunakan pada platform tertentu, dapat dikatakan mudah digunakan untuk mengelola dokumen secara terpusat.

Kecepatan Input

 
Karakter dimasukkan dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan Anda berbicara, sehingga akan menghemat banyak waktu bagi orang yang tidak pandai mengetik. Kecepatan input yang sangat mengagumkan. Jadi Anda tidak perlu diam beberapa detik untuk menunggu input karakter suara selesai menyalin kalimat yang Anda katakana ke lembar kerja.

Pengurangan Kelelahan

 
Jika Anda duduk di depan PC dan memukul keyboard sepanjang hari, tangan dan pundak Anda akan pegal dan kaku. Seperti yang sudah dikatakan, dengan menggunakan alat input karakter suara ini Anda tidak perlu memukul keyboard. Dengan tidak menggunakan tangan Anda, Anda bisa duduk dengan posisi apa saja sehingga Anda tidak memiliki leher yang kaku. Juga meminimalisisr kesalahan huruf atau yang sering disebut dengan typo. Tingkat kelelahan per artikel rendah, sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada pemikiran.

Kekurangan

 
Tanda baca, putus baris, dan simbol tidak dapat dimasukkan dengan suara. Ya, tidak semua bisa dimasukkan dengan suara. Hanya kata-kata saja yang bisa dimasukkan dengan suara. Tanda baca “,” “.” dan jeda baris tidak dapat dimasukkan dengan suara, jadi itu adalah poin yang sulit. Mengingat, ketika mengetik pasti kita tidak akan pernah terlepas dari tanda baca dan simbol.

Niat awal ingin pekerjaan selesai lebih cepat malah sebaliknya, tehambat. Efisiensi sangat berbeda tergantung pada apakah tanda baca dan jeda baris dapat dimasukkan secara otomatis, sehingga titik ini diharapkan untuk pembaruan di masa mendatang.

Peringatan Saat Menggunakan Alat Input Karakter Suara

 

peringatan-input-suara 

Jarak yang dekat ke mikrofon penting untuk pengenalan yang tepat dengan input suara. Jangan sampai Anda menaruh mikrofon di tengah dengan banyak orang disekitarnya. Karena ketika mereka saling tabrak dalam berbicara, suara yang ditangkap oleh mikrofon tidak akan jelas. Dan kita sendiri pun akan kesusahan. Maka, letakkan mikrofon dengan jarak yang dekat dengan mulut kita, agar suara kita bisa tertangkap dengan jelas oleh mikforon.

Daftarkan Ekspresi yang Sering Digunakan dalam Kamus Suara Sebelumnya

 
Selain tanda baca, simbol juga tak luput dari penggunaan. Seringkali dalam menulis kita turut menyertakan simbol di dalamnya. Seringkali simbol tidak dibaca dengan baik dan sering salah dikenali. Jika pengakuan salah seperti itu terjadi berkali-kali, bahkan jika waktu diperpendek dengan input suara, waktu koreksi akan lama dan efisiensinya akan sangat berkurang.

Ada yang namanya metode pendaftaran dalam kamus suara. Hal ini sangat penting. Anda bisa mendaftarkan simbol dan ekspresi yang sering Anda gunakan ke dalam kamus tersebut.

Artikel Terkait  Temukan Influencer yang Bagus! Cara Menghitung Tingkat Keterlibatan Pemasaran pada Instagram

Bagi mereka yang ingin membuat kamus mereka sendiri dan meningkatkannya, perangkat lunak input suara komersial lebih baik, tetapi bagi mereka yang bermasalah dengan hal-hal seperti itu, input suara Google tampaknya cocok.

Menulis Catatan di Buku Catatan

 
Banyak orang yang belum terbiasa dengan alat input karakter suara ini. Mereka yang biasanya mengetik sambil berpikir apa kalimat selanjutnya yang akan diketik akan merasakan perbedaan yang jauh ketika menggunakan alat input tersebut.

Namun, mau tidak mau Anda harus terbiasa dnegan hal seperti itu. Tetapi jika Anda menuliskan informasi utama atau aliran kasar di buku catatan terlebih dahulu dan kemudian menggunakan input suara, itu akan berbeda. Dengan melakukan itu, bahkan orang yang tidak terbiasa dengan input suara akan dapat mengatur seperti keyboard.

Jadi, setelah membaca ulasan diatas apakah Anda berminat untuk mencoba alat input karakter suara?

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: