APPKEY | Mengetahui Arti Sebenarnya dari Google dan Memberikan Konten yang Berkualitas Tinggi untuk Pengguna
Apa itu Google? Bagaimana cara kerjanya? Apakah kualitas konten berpengaruh terhadap peringkat pencarian pada Google? Temukan jawabannya pada artikel ini! Berikut ulasannya.
21143
post-template-default,single,single-post,postid-21143,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
google-dan-konten-yang-berkualitas

Mengetahui Arti Sebenarnya dari Google dan Memberikan Konten yang Berkualitas Tinggi untuk Pengguna

Ketika berbicara mengenai konten, maka tidak akan jauh dari pembahasan minat pengguna. Ya, bagaimana tidak? Konten dan minat pengguna seolah-olah sudah menjadi 2 hal yang sangat terikat. Konten tidak akan dibuat tanpa memiliki tujuan untuk dilirik pengguna, sedangkan pengguna tidak akan mampu menemukan apapun tanpa adanya konten.

Konten berarti “isi informasi”. Google memiliki tujuan untuk menampilkan konten (informasi) yang diinginkan pengguna pencarian pada bagian atas halaman hasil pencarian. Karena itu, penting untuk membuat konten yang diinginkan pengguna untuk menampilkan situs perusahaan Anda di hasil teratas pencarian atau pada halaman pertama Google.

Artikel Terkait  Google Search Console Cara Menggunakan Search Analytics | Lihat Panduan Ini untuk Bisa Menggunakannya

Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan kepada Anda mengenai konten yang berkualitas dan ramah akan SEO serta beberapa pembaharuan yang rutin dilakukan oleh Google untuk menyaring informasi yang berkualitas dan relevan terhadap kondisi terbaru.

Mengapa Google Mengulangi Pembaruan

 

pembaruan-google 

Google dikatakan memperbarui algoritma pencarian sekitar 500 hingga 600 kali setahun. Sebagian besar pembaruan ini dilakukan tanpa pemberitahuan dan diyakini memiliki sedikit pengaruh pada hasil pencarian.

Di sisi lain, jika Anda seorang pengguna web, Anda telah mendengar tentang pembaruan untuk algoritma utama seperti “Pembaruan Panda” dan “Pembaruan Penguin” yang diumumkan di blog webmaster resmi Google. Ini akan sangat memengaruhi hasil pencarian.

Pembaruan algoritma cenderung dilakukan terutama ketika jumlah pengguna meningkat atau ketika metode pencarian berubah karena tren zaman. Mengapa Google membuat perubahan algoritma berulang? Karena sesuai dengan gagasan Google “kenyamanan bagi pengguna adalah prioritas utama”.

Daftar di bawah ini menunjukkan misi Google yang diperkenalkan sebagai 10 fakta Google:

  • Jika Anda fokus pada pengguna, yang lainnya akan mengikuti.
  • Yang terbaik adalah melakukan satu hal dengan sangat baik.
  • Lebih baik lebih cepat daripada lebih lambat.
  • Demokrasi berfungsi di Web.
  • Tidak hanya ketika Anda berada di depan computer Anda ingin mencari informasi.
  • Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan hal-hal buruk.
  • Informasi masih meluap di dunia.
  • Kebutuhan informasi melintasi semua perbatasan.
  • Anda dapat bekerja dengan serius tanpa setelan jas.
  • “Hebat” tidak cukup.

Jika Anda merespons gagasan pertama bahwa jika Anda fokus pada pengguna, semua yang lain akan mengikuti nanti, penting untuk membuat konten menyertakan elemen yang cenderung menarik bagi pengguna. Misalnya, konten mencakup “elemen penemuan yang memberi Anda perhatian,” “elemen pembelajaran yang memberi Anda pengetahuan,” “elemen hiburan yang memberi Anda tawa dan penyembuhan,” dan “elemen kesan yang membuat Anda bersemangat.”

Google akan terus berusaha meng-upgrade algoritmanya demi meningkatkan kenyamanan dan memberikan pengalaman yang lebih hebat untuk penggunanya. Akibatnya, informasi yang mengandung salah satu (atau semua) dari keempat elemen di atas sekarang dianggap bermanfaat bagi pengguna.

Pembaruan Algoritma Google di Masa Covid-19

 
Melalui akun salah satu akun twitter resmi Google yakni @searchliaison pada tanggal 5 Mei 2020 resmi mengumumkan update algoritma yang diberi nama dengan “The May 2020 Core Update”.

Pembaruan terakhir diluncurkan pada minggu kedua bulan Januari 2020 lalu. Pada saat itu, Covid-19 masih jarang karena belum menjadi pandemik. Namun sangat tidak disangka ternyata perubahan begitu cepat terjadi ketika Covid-19 diumumkan secara resmi sebagai pandemi dengan perubahan signifikan dalam perilaku pencarian pengguna.

Dapat Anda lihat bahwa sebelumnya Google Search tidak pernah mendapatkan begitu banyak pencarian untuk satu topik seperti Covid-19. Pandemi ini telah mengubah apa yang dibutuhkan orang dari hasil pencarian Google. Baik itu mencari informasi tentang virus Covid-19, tempat-tempat yang menawarkan layanan jarak jauh, atau tempat untuk membeli produk yang sangat dibutuhkan secara online.

Artikel Terkait  Ada Berapa Alat Pemasaran? Bagaimana Memilih Alat yang Tepat untuk Strategi Anda

Lalu apa dampak yang terjadi pada perubahan algoritma ini? Google menyampaikan bahwa tidak ada yang perlu di benahi secara besar-besaran jika terkena dampak penurunan peringkat pasca update algoritma pada bulan Mei 2020. Hal ini wajar terjadi karena search engine No.1 di dunia mengalami perubahan perilaku pengguna.

Dari yang awalnya memiliki pencarian yang bervariasi, kini semua berkaitan dengan covid-19. Para pengelola situs web diminta untuk memperbaiki konten yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas dari yang sebelumnya. Artinya, segala perubahan yang terjadi pada pembaharuan algoritma Mei 2020 yang memengaruhi adalah seputar konten.

Konten Berkualitas yang Ramah SEO

 

konten-ramah-SEO 

Pada dasarnya setiap pencarian adalah sebuah masalah dan konten Anda buat berguna untuk memecahkan permasalahan tersebut. Jadi dapat dikatakan bahwa konten yang berkualitas adalah konten yang mampu memecahkan permasalahan yang dialami pengguna, maka dari itu pastikan “apakah konten Anda sudah menjawab kebutuhan pengguna?”.

Konten yang berkualitas biasanya memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Panjang artikel minimal 400 kata. Idealnya >1000 kata selama tidak diisi dengan informasi yang tidak relevan, repetisi, dan hal lain yang membuat artikel Anda terkesan super membosankan.
  • Panjang setiap paragraph ideal berisi antara 6-70 kata. JIka kurang atau lebih, pastikan tidak terlampau jauh.
  • Bagian introduksi berisi maksimal 50 kata.
  • Sisipkan 1 link internal yang relevan pada konten Anda.
  • Konsisten dalam memperbaharui konten dan minim typo.

Pastikan pula konten yang Anda sajikan detail, terstruktur dan tidak bertele-tele. Hindari penggunaan informasi yang tidak relevan dengan konten Anda dan jangan lupa menambahkan gambar atau video untuk mendukung konten Anda secara visual selain itu hal ini berguna untuk menarik perhatian pembaca konten Anda sehingga mereka bisa membacanya sampai akhir artikel.

Pada bagian akhir artikel Anda dapat memetik kesimpulan atau penegasan terhadap beberapa poin yang terdapat pada artikel Anda. Lalu hal yang tidak kalah pentingnya adalah Anda bisa mengajak pembaca dengan berbelanja, share, komen, like, menuju link berikutnya, dan lain sebagainya. Pastikan arahan yang Anda berikan sudah tepat dan jelas guna memudahkan peningkatkan engagement.

Google senantiasa melakukan update pada SERP (Search Engine Results Page) dan memiliki kecenderungan memberikan prioritas tak hanya kepada yang punya kualitas baik, tetapi juga yang fresh.Maka dari itu, Anda harus mamu meningkatkan konten yang berkualitas ke dalam situs website Anda secara berkala.

Kesimpulan

 
Google mempunyai tujuan untuk menampilkan konten (informasi) yang diinginkan pengguna pencarian pada bagian atas halaman hasil pencarian. Karena itu, penting untuk membuat konten yang diinginkan pengguna untuk menampilkan situs perusahaan Anda di hasil teratas pencarian atau pada halaman pertama Google.

Pada awal bulan Mei, Google mengumumkan secara resmi bahwa algoritma Google kini mengalami pembaharuan, hal ini di karenakan adanya perubahan perlilaku pencarian pengguna ke hanya satu topik saja. Sebelumnya, Google juga sudah melakukan beberapa perubahan algoritma Google demi memuaskan para penggunanya. Hal ini sesuai dengan gagasan Google yakni “kenyamanan bagi pengguna adalah prioritas pertama.”

Artikel Terkait  Cara Mengoptimalkan Google Bisnisku dan Mempercepat Penjualan

Buatlah konten yang berkualitas dengan memperhatikan beberapa aspek, dari mulai cara penulisan artikel yang jelas dan tidak bertele serta berikan informasi yang relevan, perhatikan pula niat pencarian pengguna, segala teknis SEO yang akan memengaruhi dan engangement dari artikel di situs web Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami