Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | 5 Langkah Merencanakan hingga Memenangkan Strategi Marketing
Marketing plan merupakan suatu perencanaan atau strategi agar bisa mencapai sasaran yang ingin dituju. Salah satu langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menetapkan tujuan dengan cara menentukan tujuan strategis. Selain itu buatlah ide untuk usaha yang sedang dilakukan, dengan menyesuaikan rencana sesuai dengan kebutuhkan usaha Anda. Berikut penjelasan selengkapnya!
21254
post-template-default,single,single-post,postid-21254,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
marketing-plan

5 Langkah Merencanakan hingga Memenangkan Strategi Marketing

Tentu istilah strategi marketing sudah tidak asing lagi bagi Anda. Sebelum itu, strategi marketing merupakam keseluruhan proses bisnis yang bertujuan untuk menjangkau orang agar mereka menjadi pelanggan perusahaan Anda.

Dengan membeli atau menggunakan produk dan layanan yang Anda sediakan. Dengan menggunakan strategi marketing yang tepat tentu akan membawa dampak positif bagi perusahaan Anda.

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan strategi marketing ini. Dengan menerapkan strategi marketing Anda akan tahu detail yang diperlukan, mulai dari siapa target pelanggan Anda dan kisaran harga yang Anda tawarkan.

Maka nantinya Anda bisa memutuskan kira-kira cara distribusi yang mana yang paling efektif. Tidak mudah untuk mendapatkan hasil yang baik dengan menggunakan strategi marketing ini, butuh persiapan atau perencanaan sebelumnya, atau biasa disebut marketing plan.

Marketing plan merupakan suatu perencanaan atau strategi bagaimana Anda bisa mencapai sasaran yang dituju. Marketing plan nantinya yang akan menjadi panduan atau pedoman kita dalam menjalankan marketing.

Apa Itu Strategi Marketing?

 

strategi-marketing 

Bagaimana orang bisa tahu produk Anda? Bagaimana mengubah orang tersebut menjadi pelanggan Anda? tentu beberapa hal tersebut perlu Anda pikirkan secara matang.

Terdapat beberapa elemen yang meliputi strategi marketing, yaitu:

  • Penyajian nilai produk atau layanan.
  • Keunggulan produk dan layanan dipasar yang kompetitif.
  • Analisis statistik target pelanggan.
  • Pesan pemasaran utama.
  • Pesan branding.

 
Strategi marketing akan tetap sama bahkan setelah marketing plan dibuat. Tentukan target pelanggan Anda. Perlu untuk menentukan target pelanggan bisnis Anda.

Hal tersebut selaras dengan bagaimana nantinya sikap atau cara Anda memperlakukan pelanggan. Anda harus mengetahui perilaku pelanggan, masalah yang mereka punya, tujuan, dan lainnya.

Pahami pelanggan Anda dan temukan cara untuk mengirimkan produk Anda. Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan yaitu buat strategi pemasaran, rencana pemasaran, kemudian eksekusi rencana yang telah Anda buat, dan terakhir periksa hasil, apakah berhasil atau tidak.

Artikel Terkait  Bagaimana Berhasil dalam Analisis Social Media? Kesalahan Dasar yang Masih Dilakukan oleh Perusahaan

Strategi Marketing | Apa Yang Harus Dilakukan | Pikirkan

 

Untuk menentukan strategi apa yang paling tepat bagi bisnis Anda coba lihat kembali apa tujuan bisnis Anda. Strategi Anda tergantung pada tujuan bisnis Anda. Raih gambaran besarnya, pesan apa yang ingin Anda sampaikan dalam bisnis? Ini merupakan rincian tujuan yang ingin Anda capai dalam kegiatan pemasaran Anda.

Marketing Plan | Cara | Tentukan Tindakan

 

Marketing plan adalah cara agar Anda mencapai tujuan yang diinginkan. Yang terpenting adalah bagaimana pesan tersebut bisa tersampaikan? Kemudian platform mana yang akan Anda gunakan? Apakah melalui media sosial atau dengan cara lain?

Dengan membuat perencanaan, ini nantinya yang akan menjadi pedoman Anda dalam menjalankan strategi marketing. Jadi Anda sudah ada gambaran apa yang akan dilakukan nantinya. Tentu hal ini sangat penting untuk menentukan strategi marketing yang tepat bagi bisnis Anda.

Mengapa Anda Memerlukan Strategi Marketing?

 

Mudah saja, dengan strategi marketing Anda akan memiliki peta jalan yang nantinya harus diikuti oleh Anda atau tim yang ada dalam bisnis Anda. Atau dalam kata lain Anda akan tahu kemana arah selanjutnya, karena sudah ada gambaran pada strategi marketing tersebut.

Dengan strategi marketing juga akan membantu Anda dalam mengevaluasi hasil terhadap sasaran, apakah Anda sudah menargetkan konsumen yang tepat?, kemudian bagaimana kampanye pamasaran yang Anda lakukan mempengaruhi merek Anda.

Artikel Terkait  [Edisi Terbaru 2020] Apa Peran Media Sosial dalam Industri Penerbitan dan Media?

Strategi Marketing Harus Mencakup Beberapa Unsur :

 

  • Jelaskan tujuan bisnis Anda dan bagaimana cara mencapainya.
  • Bentuk ide dan konsep.
  • Identifikasi target pasar.
  • Tentukan cara menggunakan produk dan layanan.
  • Konten yang memfasilitasi pembiayaan.
  • Periksa secara teratur bahwa Anda melanjutkan ke arah yang benar untuk branding.

 

Strategi Pemasaran yang Sukses Juga Meliputi :

 

  • Akuisisi pelanggan baru.
  • Tingkatkan penjualan.
  • Buat pelanggan yang sudah ada untuk mengkonsumsi lebih banyak lagi.
  • Mendukung peluncuran produk dan layanan baru.
  • Menetapkan merek dipasar dan meningkatkan pangsa pasar.
  • Konfirmasikan identitas merek Anda.
  • Kurangi churn pelanggan dan tingkatkan loyalitas pelanggan.
  • Mendukung dimulainya kampanye iklan.
  • Dijamin menjaga produk dan layanan popular.
  • Dapatkan kepemimpinan industri.

 

Untuk membangun strategi marketing yang efektif membutuhkan kedisiplinan, mulai dari waktu dan juga fokus. Proses tersebut bermanfaat, namun Anda tidak harus memulainya dengan halaman kosong atau memulainya dari 0.

Anda bisa menggunakan alat analisis SNS, disana Anda dapat membuat strategi marketing dalam waktu singkat. Tidak salah untuk mencobanya.

Kembangkan Strategi Marketing

 

kembangkan-strategi
Anda bisa terus memperbarui strategi marketing yang Anda miliki. Tidak harus terpaku dengan satu strategi marketing saja. Dengan strategi marketing yang komprehensif, strategi ini bersifat jangka panjang.

Ketika pesaing bergerak ke arah yang baru Anda bisa kapan saja memperbarui atau melakukan peningkatan dalam strategi Anda. Semuanya tergantung pada fleksibilitas. Jika Anda ingin menulis strategi marketing cobalah lihat beberapa poin dibawah ini.

Poin Strategi Marketing

 

  • Menganalisis bisnis. Anda harus mengetahui tujuan dalam bisnis Anda apa? kemudian bagaimana cara menjangkau target pasar? Selain itu, pikirkan juga kerugian bisnis, mulai dari tim, produk dan layanan.
  • Analisis pasar, seberapa besar keinginan pasar terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan. Pertumbuhannya bagaimana? Perilaku pelanggan dan daya beli mereka juga Anda perlu tahu.
  • Menganalisis persaingan. Hal ini juga penting, Anda harus mengetahui dimana letak kekurangan dan kelebihan pesaing Anda. Bandingkan harga, dukungan pelanggan, statistik pelanggan, pengiriman pesan, dan masih banyak lagi.
  • Identifikasi pelanggan. Pilah pelanggan yang lama dan pelanggan potensial yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Setelah itu, bandingkan posisi Anda dengan posisi pesaing Anda dalam hal dukungan pelanggan.
  • Menganalisis produk atau layanan. Apa poin penjualan untuk produk atau layanan Anda?
  • Metode apa yang Anda gunakan untuk membuat orang tahu produk dan layanan Anda? Tentu banyak metode yang bisa Anda gunakan. Anda bisa menggunakan situs web, iklan berbayar, membuat promosi atau penawaran, dan masih banyak lagi.

 

Sajikan Strategi Marketing Anda

 

Model strategi bisnis mendefinisikan tujuan bisnis. Strategi marketing adalah dasar untuk membangun rencana pemasaran dan kampanye dimasa depan. Ini juga akan Anda perlukan untuk memutuskan bagaimana menggunakan anggaran perusahaan.

Temukan kekuatan dan kelemahan bisnis Anda, proposisi nilai Anda, keunggulan pesaing Anda, dan target pasar. Dan ketika Anda membuat presentasi, Anda harus siap untuk menjawab pertanyaan yang akan diajukan.

Anda harus membuktikan bahwa Anda sendiri yang melakukan penyelidikan. Anda juga memahami pasar target, pelanggan, pesaing, anggaran, dan biaya Anda. Itu merupakan hal yang wajar untuk mengukur kinerja.

Strategi Marketing, Buat Rencana Pemasaran Dalam 5 Langkah

 

5-langkah 

Laporkan Rencana Pemasaran Tahun Lalu

 

Dengan menunjukkan laporan pemasaran tahun lalu, itu akan menunjukkan apakah sudah berhasil? Sudahkah tujuan Anda tercapai? Jadi, Anda bisa mengevaluasi kinerja pemasaran tahun lalu, kemudian bandingkan. Apa yang kira-kira bisa Anda perbaiki dan apa yang bisa Anda pertahankan?

Buat Ide

 

Didunia ini semua hal berubah begitu cepat. Jika Anda menggunakan cara pemasaran yang sukses tahun lalu, bisa saja pada saat ini Anda menggunakannya, cara tersebut sudah tidak efektif lagi. Maka, untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan ide baru, strategi yang baru.

Anda harus dapat menyesuaikan rencana Anda sesuai kebutuhan. Anda bisa mencoba cara brainstorming yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah, menghasilkan ide baru, mengidentifikasi keunggulan kompetitif, memperkuat tim, dan lainnya.

Anda juga dapat menggunakan interaksi dan obrolan grup untuk menghasilkan ide dan solusi kreatif baru. Undang semua orang yang terlibat langsung dalam mengelola dan mengimplementasikan kampanye pemasaran Anda.

Anda juga bisa bertanya kepada orang lain, seperti pelanggan, tim lain yang berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda. Terdapat banyak cara untuk mendapatkan ide baru.

Artikel Terkait  Tren Ecommerce 2020 | 3 Tips dan Panduan Lengkap untuk Facebook Shops yang Sukses

Strategi

 

Penting untuk menentukan waktu kapan Anda melakukan kampanye pemasaran untuk mencapai keuntungan dan keberlanjutan maksimum.

Tetapkan Tujuan

 

Langkah pertama dalam perencanaan untuk tujuan yang efektif dan dapat dicapai adalah menentukan tujuan strategis. Untuk itu, Anda harus smart yang dimaksud dengan smart adalah terukur, dapat dicapai, terkait dengan tujuan, dan tepat waktu.

Buat Rencana Pemasaran untuk Tahun Depan

 

Analisis strategi pemasaran tahun lalu dan memeriksa angka. Selanjutnya, Anda kumpulkan semuanya untuk mempersiapkan rencana pemasaran tahun depan.

Pastikan Anda telah mengalokasikan sumber daya yang cukup untuk mencapai tujuan Anda. Untuk anggaran yang dibutuhkan tergantung seberapa banyak Anda harus berinvestasi dan seberapa cepat Anda ingin melihat hasilnya.

Sajikan rencana pemasaran yang didukung oleh strategi pemasaran Anda. kategorikan berdasarkan bulan untuk menunjukkan apa yang dilakukan tim dan bagaimana mencapainya, agar semua terlihat jelas dan mudah dipahami.

Kesimpulan

 

Menciptakan strategi pemasaran tidak hanya satu kali, hal tersebut harus dikoordinasikan dan Anda perlu fleksibilitas. Pastikan Anda telah membuat perencanaan pemasaran yang tepat. Karena pemasaran produk akan berfungsi sebagai dasar untuk membangun strategi pemasaran Anda dan kampanye di masa depan.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami