Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Cara Menggunakan Website Marketing Plan | Memenuhi Rencana Tahunan dengan Memasukkan Angka dan Target saat ini
Marketing plan adalah sebuah perencanaan aktivitas marketing yang telah Anda buat untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam jangka waktu tertentu. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masukkan angka aktual untuk setiap 6 bulan, agar Anda tahu nilai rata-rata selama setengah tahun terakhir. Artikel kali ini akan kami sajikan cara menggunakan rencana pemasaran web.
21321
post-template-default,single,single-post,postid-21321,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
marketing-plan

Cara Menggunakan Website Marketing Plan | Memenuhi Rencana Tahunan dengan Memasukkan Angka dan Target saat ini

Untuk mencapai tujuan pemasaran yang Anda inginkan tidak cukup hanya dengan produk yang bagus dan harga yang terjangkau. Sebelum mulai untuk memasarkan produk Anda, perlu untuk membuat marketing plan untuk bisnis Anda.

Mengapa? Karena marketing plan adalah sebuah perencanaan aktivitas marketing yang telah Anda buat untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam jangka waktu tertentu. Jadi, dengan adanya marketing plan adalah Anda bisa menjadikannya sebagai pedoman kedepannya.

Selain itu, langkah bisnis yang akan Anda ambil juga menjadi jelas, produk yang Anda tawarkan akan tepat sasaran, serta bisnis Anda juga dapat berkembang setiap harinya. Jangan sampai Anda lupa dengan marketing plan, karena marketing plan adalah hal penting.

Jika Anda bertanggung jawab atas pemasaran web dan direkomendasikan untuk Anda membuat rencana tahunan pemasaran web. Kemudian Anda punya situs web, tetapi Anda tidak mengukur efeknya dengan cara membiarkannya sendiri.

Anda mengoperasikan web atau iklan web, tetapi itu acak dan tidak efektif, penting untuk membuatkannya rencana tahunan. Jika Anda belum tahu dan tiba-tiba saja diberitahu untuk membuat rencana tahunan untuk pemasaran, pasti Anda akan merasa bingung dan berpikir, apa yang harus Anda lakukan.

Maka dari itu, diartikel kali ini akan menjelaskan lebih dalam mengenai cara menggunakan rencana pemasaran, untuk menetapkan tujuan dan merancang kebijakan dengan tepat.

Apa Itu Rencana Pemasaran?

 

Rencana-Pemasaran
 

Tidak seperti belanja barang, tidak peduli seberapa banyak Anda belanjakan untuk situs web dan iklan web, kita semua tahu bahwa sulit untuk mencapai hasil yang diinginkan, kecuali Anda menetapkan tujuan dan mengambil tindakan untuk mencapainya.

Sangat perlu untuk menentukan tujuan pemasaran website Anda saat belum memulai pemasaran. Apakah tujuan Anda ingin meningkatkan lalu lintas akses ke situs web Anda? Atau Anda hanya ingin menjual sebuah produk dan bertujuan untuk mencari untung dari penjualan produk tersebut? Atau untuk tujuan lain? Tentukan terlebih dahulu.

Setelah menetapkan apa tujuan dari pemasaran website Anda, selanjutnya tentukan target audiens Anda. Anda juga perlu untuk memperjelas siapa target audiens Anda.

Jika Anda masih bingung siapa target audiens Anda, lakukan analisis target berdasarkan kebutuhan atau layanan yang mereka butuhkan, kemudian siapa yang akan membeli atau menggunakan produk tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui siapa target audiens Anda dan penjualan Anda akan berjalan dengan baik. Biasanya terdapat beberapa faktor yang dijadikan petimbangan dalam menentukan target pemasaran, diantaranya umur, jenis kelamin, lokasi, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, hobi, pekerjaan, status, perilaku belanja, dan lainnya.

Artikel Terkait  Pemasaran Media Sosial dalam 5 Menit

Selanjutnya, langkah pemasaran yang akan Anda ambil setelah menentukan tujuan dan target audiens Anda. Bila Anda belum terbiasa dengan pemasaran online ini, tentu hal ini akan membutuhkan waktu yang lama karena akan banyak langkah dan cara dalam praktiknya.

Rencana pemasaran web didasari oleh keadaan atau kondisi saat ini dari indikator yang terkait dengan pemasaran web secara umum, seperti jumlah kunjungan dan konversi situs web, jumlah keterlibatan SNS, dan lainnya. Perlu juga untuk menerapkan tujuan jangka pendek Anda, contohnya seperti tujuan bulanan.

Kemudian Anda tidak hanya harus bertumpu pada satu strategi, terdapat beberapa strategi yang bisa Anda lakukan, seperti search engine optimization (SEO), content marketing, email marketing, social media marketing, dan masih banyak lagi. Dalam pemasaran online membutuhkan waktu dan uang.

Penting untuk memperkirakan jumlah anggaran sebelum memulai pemasaran. Kunci sukses lain untuk meraih kesuksesan dalam pemasaran online adalah Anda harus siap berkomitmen dengan jadwal yang ada.

Dengan adanya rencana pemasaran web, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan dan rencana pemasaran ini yang nantinya akan menjadi pedoman Anda dalam melakukan pemasaran. Anda juga bisa mempertimbangkan langkah spesifik tanpa mencapai tujuan yang jelas.

Hampir sama dengan fungsi dari marketing plan adalah sebagai pedoman untuk menjalankan bisnis. Kedua hal tersebut sama-sama penting untuk Anda siapkan terlebih dahulu.

Perlu diperhatikan juga apakah Anda sudah melakukan teknik penjualanan yang benar? Jika sudah, maka untuk mencapai sukses tidak hanya mimpi bagi Anda. Teknik penjualan yang benar didasari dengan rencana pemasaran web yang tepat.

Selain memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis, rencana pemasaran web juga berguna untuk mengevaluasi rencana pemasaran, apakah sudah berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan menerima respon yang positif atau malah sebaliknya.

Artikel Terkait  Contoh Kegagalan Pemasaran Email karena Kehilangan Minat Pelanggan

Cara Menggunakan Rencana Pemasaran Web

 

Cara-Menggunakan
 

Persiapan Lanjutan

 

Anda bisa menggunakan salah satu software yang dapat membantu Anda. Bagi Anda yang belum sama sekali pernah menggunakan sebuah alat atau software, mungkin akan terasa sedikti sulit. Namun jika Anda bisa menggunakan alat tersebut dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan Anda tentu ini akan sangat membantu pekerjaan Anda.

Masukkan Nilai Saat Ini

 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masukkan angka aktual untuk setiap 6 bulan, agar Anda tahu nilai rata-rata selama setengah tahun terakhir.

Dengan menggunakan microsoft excel, Anda hanya tinggal memasukkan angka, kemudian masukkan rumus untuk menghitung nilai rata-rata dan secara otomatis nilai rata-rata akan muncul.

Pegang Nilai Numerik Saat Ini yang Berfungsi Sebagai Indikator

 

Mengenai indikator, Anda bisa membuat rencana untuk perbaikan dimasa depan berdasarkan angka yang Anda hitung saat ini.

Mencapai Target Pesanan, Jumlah Sesi yang Dibutuhkan, dan Biaya Iklan

 

Target-Pesanan
 

Lalu Anda bisa memasukkan target pesanan bulanan. Kemudian jumlah sesi yang diperlukan akan dihitung secara otomatis berdasarkan nilai numerik saat ini.

Selain itu, biaya iklan akan dihitung secara ototmatis sesuai dengan jumlah penelusuran yang dimulai melalui iklan.

Buat Rencana Peningkatan di Masa Depan

 

Jika rata-rata nilai numerik yang digunakan sebagai indikator sudah keluar, Anda bisa memulai untk membuat rencana peningkatan di masa depan. Rencana peningkatan di masa depan sangat penting bagi Anda agar Anda memiliki bayangan.

Dengan cara diatas, Anda dapat menghitung tindakan yang Anda perlukan dan biaya dengan cara memutuskan kapan dan nomor mana yang akan ditingkatkan.

Artikel Terkait  Apa Itu "Digital Marketing"? Ringkasan dan Metode Dalam 5 Menit

Kesimpulan

 

Dengan membuat rencana pemasaran web tentu akan lebih memudahkan Anda dalam menjalankannya. Dengan begitu, ini juga akan membantu situs web Anda dalam mencapai tujuan.

Sementara itu ada hal penting juga yang akan lebih baik jika Anda persiapkan, yaitu marketing plan. Marketing plan adalah menjadi salah satu hal penting ketika akan melakukan pemasaran produk.

Karena dengan marketing plan adalah hal wajib dalam bisnis. Penting untuk membuat langkah yang realistis, memeriksa kemajuan apa yang sudah terjadi setiap bulan, serta melakukan perbaikan sesuai dengan perubahan.

Jika dari segi anggaran, perjelas berapa anggaran yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda dan gunakan sebagai pedoman Anda. Jangan takut untuk mengambil tindakan baru, asalkan tindakan tersebut sudah tepat untuk Anda lakukan.

Mungkin hampir semua bidang yang ada pasti memerlukan rencana diawal. Perlu menganalisa terlebih dahulu, jika mengambil tindakan A kira-kira apa yang Anda dapatkan atau feedback apa yang Anda dapatkan.

Kemudian apakah ada kerugian yang ditimbulkan dengan mengambil tindakan tersebut. Semua perlu kita pertimbangkan dan pikirkan secara matang.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami