APPKEY | 【Dasar-Dasar Service Marketing】Apa Itu Marketing Mix 7p?
Marketing mix 7P adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran. Definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan. Berikut penjelasan selengkapnya!
21244
post-template-default,single,single-post,postid-21244,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
marketing-mix

【Dasar-Dasar Service Marketing】Apa Itu Marketing Mix 7p?

Penargetan pemasaran layanan tidak berwujud menjadi semakin penting dalam kegiatan pemasaran. Dalam artikel kali ini, saya ingin menjelaskan konsep pemasaran jasa dan kerangka dasar untuk menerapkannya, “7P”, bersama dengan contohnya.

Tinjauan Pemasaran Layanan

 

Tinjauan-Pemasaran
 

Sebelum berkembangnya marketing mix 7P dalam pembauran pemasaran (marketing mix) dulu istilah ini dikenal dengan istilah 4P (Product, Price, Placement, and Promotion) 4P diadvokasi pada 1960-an ketika pemasaran massal dikembangkan untuk barang berwujud seperti mobil dan peralatan rumah tangga.

Pada tahun 1970-an, 4P berguna sebagai strategi pemasaran di berbagai bidang seperti informasi, keuangan, perjalanan, dan makanan serta minuman. Lalu setelahnya berkembanglah 7P yang merupakan bauran pemasaran layanan di mana 4P McKersey ditambahkan oleh Philip Kotler dengan tiga elemen P lainnya.

Pemasaran layanan mengacu pada strategi pemasaran yang memperhitungkan karakteristik unik untuk industri jasa dan layanan sebagai fungsi aksesori produk.

Artikel Terkait  Apa Itu Bauran Pemasaran (4P)? Poin-Poin Penggunaan Praktis yang Dipelajari dari Kasus

Karakteristik Layanan

 

Mengenal-Marketing
 

7P, mencirikan karakteristik layanan sebagai berikut.

Tidak Berwujud (Intangibility)

 

Jasa tidak dapat dilihat, didengar, dirasa, atau dicium sebelum dibeli. Artinya jada adalah sesuatu yang tidak berwujud. Benda merupakan obyek, alat atau benda yang bisa dinilai dari bentuk dan fungsinya, sedangkan jasa adalah suatu perbuatan (pelayanan), kinerja (performance) atau usaha.

Misalnya, perusahaan usaha Anda bergerak di bidang kuliner. Orang tidak akan bisa mecicipi rasa keleszatan masakan Anda apabila belum menggunakan jasa Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memvisualisasikan layanan Anda, coba terbitkan beberapa testimoni dari client yang merasa puas terhadap layanan Anda melalui postingan abik gambar maupun video yang dapat Anda bagikan melalui social media.

Tidak Dapat Dipisahkan (Inseparability)

 

Layanan Anda dengan client menjadi penting dan tidak terpisahkan karena jasa harus dijual duhulu dan setelah nya diproduksi secara khusus dan dikonsumsi pada waktu yang bersamaan.

Maka yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas dan layanan dalam membangun hubungan saling percaya dengan client.

Selain itu, Anda sebagai penyedia layanan harus ada pada saat client membutuhkan, oleh karena itu Anda perlu membangun mekanisme untuk menangani banyak konsumen sekaligus agar lebih efesien.

Keragaman (Variability)

 

Jasa disebut beragam karena menghasilkan banyak variasi jenis dan kualitas yang dihasilkan tergantung pada siapa (who), kapan (when), dan di mana (where) jasa tersebut dihasilkan. Artinya kualitas layanan atau jasa bervariasi tergantung pada siapa yang menyediakannya dan kapan dapat menyediakannya, dan sulit untuk selalu memberikan kualitas yang sama ini disebut dengan nonstandardized out-put.

Contoh: Setiap penata rambut disebuah salon memiliki keterampilan yang berbeda-beda dan hasilnya pun tidak sama dengan penata yang lain. Hal ini juga berlaku pada juru masak/ chef disebuah rumah makan atau restoran.

Oleh karena itu, kelola lah usaha Anda untuk mempertahankan kualitas secara konstan walau tiap individu memiliki keterampilan yang berbeda.

Artikel Terkait  Definisi Media Milik Sendiri dan Apa Perbedaannya dengan Media Lain?

Tidak Tahan Lama (Perishability)

 

Tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan, hal ini dikarenakan sifatnya yang tidak berwujud. Misalnya, Anda tidak dapat membawa kamar hotel tempat Anda menginap kerumah Anda, melainkan Anda hanya diberikan kunci atau kartu sesuai lama waktu Anda menginap.

Oleh karena itu, manajemen permintaan dan manajemen persediaan diperlukan. Misalnya, dalam kasus hotel, diskon digunakan untuk merangsang permintaan selama jam non-puncak, dan karyawan paruh waktu diperkerjakan untuk membantu selama jam sibuk.

Namun karakteristik yang satu ini tidak berlaku pada beberapa jenis jasa. Contohnya seperti jasa menjahit baju, fotografi dan lainnya.

Mengenal Marketing Mix 7P

 

7P
 

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai marketing mix 7P, mari membahas mengenai marketing mix 7P terlebih dahulu. Pengertian bauran pemasaran (marketing mix) menurut kotler (2005:17) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan.

Marketing mix 7P merupakan gabungan dari 4P dan 3P yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran yang Anda lakukan dan berikut adalah variabel-variabel dan penjelasan secara rinci.

Product (Produk)

 

Produk merupakan segala bentuk hasil usaha  yang ditawarkan untuk dikonsumsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Jika Anda ingin sukses menjalankan strategi marketing mix, Anda harus dapat membuat dan menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas yang bersaing dan memiliki suatu keunikan. Dengan begitu, produk atau jasa Anda secara otomatis dapat meningkatkan daya saing di pasaran.

Price (Harga)

 

Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh pengguna Anda untuk dapat menikmati produk yang Anda tawarkan. Pelanggan akan membeli produk yang Anda tawarkan, jika pengorbanan yang dikeluarkan sesuai dengan manfaat yang ia ingin dapatkan dari produk yang Anda tawarkan.

Fokus Anda adalah bagaimana caranya agar dapat membuat pelanggan atau calon pembeli potensial merasa pengeluarannya sesuai dengan apa yang dia dapat.

Tempat (Place)

 

Tempat/ lokasi adalah tempat di mana perusahaan Anda berdiri. Semakin strategis tempat bisnis Anda, semakin besar juga keuntungan yang akan diperoleh. Dengan lokasi yang strategis, konsumen atau calon pelanggan dapat lebih mudah menemukan dan menjangkau bisnis Anda, sehingga transaksi penjualan lebih mudah terjadi.

Promosi (Promotions)

 

Strategi marketing mix ini berfokus pada masalah promosi bisnis, seperti bagaimana cara memasarkan produk, media apa yang digunakan,dan lainnya. Promosi merupakan salah satu strategi marketing yang memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru.
  • Mengomunikasikan produk baru.
  • Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas.
  • Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk.

 

People

 

People mengacu pada semua orang yang terlibat, baik yang memberikan layanan kepada pelanggan, termasuk karyawan, orang terkait, dan subkontraktor, di lingkungan bisnis mereka. Tidak masalah bagi pelanggan apakah penyedia layanan adalah karyawan perusahaan mereka atau karyawan perusahaan mitra. Semua harus memberikan layanan yang memuaskan pelanggan di bawah kendali mereka sendiri.

Proses (Proses Bisnis / Proses Penjualan)

 

Proses mengacu pada berbagai metode penyediaan layanan kepada pelanggan. Untuk memberikan layanan berkualitas tinggi, perlu untuk meningkatkan CRM dan meningkatkan efisiensi di pusat pelanggan, misalnya, dan perlu untuk meninjau proses penjualan untuk meningkatkan metode pembayaran.

Artikel Terkait  Apa Itu Metode Pengaturan Kata Kunci yang Efisien?

Physical Evidence (Bukti fisik)

 

Singkatnya, bukti fisik memberikan keamanan dan keamanan kepada pelanggan. Ini mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda sekaligus menghilangkan kecemasan pelanggan dan memvisualisasikan keamanan, seperti sertifikat dan kontrak, keterlacakan yang dengan jelas mengidentifikasi produsen makanan, dan lainnya.

Perusahaan perlu mempertimbangkan marketing mix 7P mana yang akan mereka perkuat untuk menghasilkan laba. Urutan bauran pemasaran 7P ini tidak terlalu penting untuk dipraktikkan, tetapi perlu mempertimbangkan keseimbangan, sinergi, dan konsistensi masing-masing.

Ini adalah kerangka kerja untuk merancang apa yang dapat dicapai dengan menggabungkan apa yang 7P diperkuat dan digabungkan untuk mencapai tujuan, untuk membedakan dari pesaing dan membangun keunggulan.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami