Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Apa Itu Bauran Pemasaran (4P)? Poin-Poin Penggunaan Praktis yang Dipelajari dari Kasus
Marketing Mix 4P adalah strategi pemasaran dan merupakan alat untuk melakukan tindakan konkret untuk bekerja dengan sesuai target. Poin penting yang perlu di pelajari adalah dengan mempelajari produk dan harga. Produk merupakan segala bentuk hasil usaha yang ditawarkan untuk dikomsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Berikut kami sajikan poin-poin penting yang perlu dipelajari!
21263
post-template-default,single,single-post,postid-21263,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
marketing-mix-4p

Apa Itu Bauran Pemasaran (4P)? Poin-Poin Penggunaan Praktis yang Dipelajari dari Kasus

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang pemasaran dari dasar dan menjelaskan bagaimana strategi dari setiap variable dan pemanfaatannya.

Apa Itu Marketing Mix (4P)?

 

pengertian
 

Marketing mix 4P adalah strategi pemasaran dan merupakan alat untuk memikirkan tindakan konkret untuk bekerja sesuai dengan target. Strategi pemasaran disisi lain, adalah tentang menentukan siapa dan nilai apa yang harus diberikan dan bagaimana menerapkannya. Bagian dari marketing mix 4P adalah sebagai berikut:

Product (Produk)

 

Produk merupakan segala bentuk hasil usaha yang ditawarkan untuk dikonsumsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Jika Anda ingin sukses menjalankan strategi marketing mix, Anda harus dapat membuat dan menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas yang bersaing dan memiliki suatu keunikan.

Dengan begitu, produk atau jasa Anda secara otomatis dapat meningkatkan daya saing dipasaran. Dan yang harus menjadi perhatian adalah:

• Functionality.
• Brand.
• Packaging.
• Services.

Artikel Terkait  Pemasaran Media Sosial dalam 5 Menit

Price (Harga)

 

Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh pengguna Anda untuk dapat menikmati produk yang Anda tawarkan. Pelanggan akan membeli produk yang Anda tawarkan, jika pengorbanan yang dikeluarkan sesuai dengan manfaat yang ia ingin dapatkan dari produk yang Anda tawarkan.
Fokus Anda adalah bagaimana caranya agar dapat membuat pelanggan atau calon pembeli potensial merasa pengeluarannya sesuai dengan apa yang dia dapat. Untuk melakukan permainan harga, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

• List Price.
• Discount.
• Bundling.
• Credit Term.

Tempat (Place)

 

Tempat atau lokasi adalah tempat dimana perusahaan Anda berdiri. Semakin strategis tempat bisnis Anda, semakin besar juga keuntungan yang akan diperoleh.

Dengan lokasi yang strategis, konsumen atau calon pelanggan dapat lebih mudah menemukan dan menjangkau bisnis Anda, sehingga transaksi penjualan lebih mudah terjadi. Yang harus menjadi perhatian adalah:

• Advertising.
• Sales Force.
• Publicity.
• Sales Promotion.

Promosi (Promotions)

 

Strategi marketing mix ini berfokus pada masalah promosi bisnis, seperti bagaimana cara memasarkan produk, media apa yang digunakan,dan lainnya. Promosi merupakan salah satu strategi marketing yang mempunyai tujuan, yaitu:

• Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru.
• Mengomunikasikan produk baru.
• Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas.
• Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk.

Penerapan Strategi Marketing Mix 4P

 

mix-4P
 

Apabila Anda masih mempunyai kebingungan terhada penjelasan diatas, berikut akan kami jabarkan mengenai 4 variable yang sudah saya jelaskan diatas.

Product Strategy

 

Product strategy adalah strategi dalam menentukan produk yang tepat untuk ditawarkan pada pengguna. Pertanyaan berikut ini harus Anda jawab untuk memaksimalkan product strategy pada bisnis Anda.

• Barang atau jasa apa yang saat ini sedang dibutuhkan pasar untuk menyelesaikan masalahnya?
• Barang atau jasa apa yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan Anda?
• Apa yang membuat pelanggan Anda terpuaskan dari produk Anda?
• Kelebihan apa saja yang harus ada diproduk Anda? Lalu fitur apa saja yang sudah ada dibarang atau jasa Anda, tapi tidak memuaskan pelanggan atau jarang digunakan?
• Apa keunikan yang Anda jual dengan yang kompetitor Anda jual?

Price Strategy

 

Price strategy atau strategi harga adalah strategi Anda dalam mengkalkulasi harga yang tepat untuk produk Anda. Menentukan harga dari suatu produk, penting juga untuk mempertimbangkan nilai (value) dari produk tersebut.

Pastikan produk barang atau jasa yang Anda jual, memiliki nilai yang berharga untuk pelanggan. Oleh karena itu, perhatikanlah pertanyaan berikut sebagai strategi kalkulasi harga Anda.

• Sebandingkah nilai dari produk Anda dengan harga yang Anda tentukan?
• Apakah diskon atau promo dapat menambah transaksi pelanggan Anda?
• Apakah tersedia pilihan pembayaran yang memudahkan pelanggan Anda?

Artikel Terkait  Teknik SEO Tingkat Lanjut yang Memberikan Hasil dalam Waktu Kurang dari 30 Menit

Promotion Strategy

 

Promotion strategy atau strategi promosi adalah strategi Anda memilih bagaimana cara Anda mempromosikan produk. Lewat saluran mana promosi tersebut dilakukan. Juga siapa yang mempromosikan.

Place Strategy

 

Place strategy atau strategi penempatan. Strategi yang memaksa Anda untuk memastikan “keterlihatan produk Anda”. “kemudahan akses pelanggan keproduk Anda”. Simak pertanyaan strategis berikut. Perhatikan pertanyaan berikut ini:

• Dimana pelanggan bisa melihat produk Anda?
• Ditoko seperti apa, Anda ingin menjual produk Anda? Apakah disupermarket, minimarket, atau di butik? Atau mungkin ketiganya?
• Apakah Anda ingin menjual produk Anda langsung atau menggunakan katalog atau pre order?
• Apakah perlu memasarkan produk Anda secara online atau hanya dengan melakukan direct selling seperti menggunakan tenaga sales?

Anda perlu menjawab semua pertanyaan itu, bila perlu mengembangkan lebih banyak pertanyaan untuk menganalisis keadaan dan membuka peluang. Ingat, kunci kesuksesan bisnis terletak pada ketajaman Anda membaca pergerakan pasar.

Penting untuk diketahui bahwa keempat variabel dari strategi marketing mix 4P ini saling berkaitan antara satu sama lain. Anda tidak bisa hanya mengandalkan satu aspek saja.

Artikel Terkait  Strategi Dasar Pemasaran SNS (Media Sosial), Ingat 4 Langkah Ini!

3 Poin Pemanfaatan Marketing Mix 4P

 

strategi
 

Selesaikan Masalah Apabila Terjadi Ketidakkonsistenan 4P

 

Periksa apakah ada ketidakkonsistenan antara elemen 4P dan selesaikan. produk menjadi harga lokal kualitas tinggi menjadi harga tinggi menjadi lokasi menjadi promosi toko ritel lokal menjadi ulasan pelanggan local.

Tawarkan produk yang sesuai dengan tempat lokasi Anda berjualan. Contoh, jika Anda membangun restoran elite nan mewah ditengah lingkungan sekolahan atau kampus, restoran Anda akan sepi karena target pasar Anda bukan anak kuliahan dan anak sekolah, melainkan Anda seharusnya mencari lokasi yang sesuai, misal lokasinya didekat tempat wisata atau berada ditengah perkotaan yang memiliki akses yang mudah.

Harus ada konsistensi antara 4P. Ini adalah situasi dimana (place) tidak konsisten dengan langkah untuk yang elemen lain. Jika Anda memeriksa dengan cara ini dan belum menemukan ketidakkonsistenan maka silahkan lanjut ke langkah berikutnya.

Seimbangkan 4P

 

Setelah Anda menyelesaikan ketidakonsistensi utama, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa setiap elemen seimbang. Jika 4P tidak seimbang, hal berikut akan terjadi.

Jika Anda tidak dapat memperhitungkan antara biaya iklan yang dikeluarkan lebih besar dengan harga produk yang rendah itu akan berimbas pada laba perusahaan Anda. Ini adalah situasi dimana langkah bagian promosi tidak selaras dengan langkah elemen lainnya.

Pendekatan ini akan menjadi pilihan, apabila harga produk yang Anda tawarkan lebih tinggi daripada biaya iklannya. Jika mereka koheren dan harmonis, tujuan selanjutnya adalah sinergis.

Sadarilah Efek Sinergis

 

Jika marketing mix 4P pada perusahaan Anda sudah mencapai efek sinergis, maka bisnis Anda akan berjalan dengan sangat baik. Karena setiap elemen tidak bersinggungan antara satu dan yang lain. Keempat elemen tersebut berjalan beriringan dalam membangun tujuan perusahaan.

Kesimpulan

 

Dalam banyak kasus, perusahaan memiliki departemen terpisah yang menerapkan masing-masing tindakan 4P. Oleh karena itu, perlu untuk menetapkan dengan tegas “masing-masing P dapat memberikan nilai seperti apa”, dan untuk mempertimbangkan langkah spesifik dengan memanfaatkan 4P tanpa mengabaikan hal ini. Terdapat kesulitan untuk mencapai keseimbangan dan mencapai efek sinergis seperti pada poin 2 dan 3, oleh karena itu setiap departemen perlu bekerja sama untuk mempromosikan pemasaran.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami