Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Mari Mempelajari Perubahan Domain dalam Menerapkan Langkah-Langkah SEO
Perubahan nama domain akan menyebabkan mesin pencari masih mengindex nama domain yang lama. Hal ini dikarenakan website dengan domain lama tersebut kemungkinan sudah memiliki banyak traffic. Mari mempelajari perubahan domain dalam menerapkan langkah-langkah SEO. Berikut penjelasannya!
20991
post-template-default,single,single-post,postid-20991,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
domain adalah

Mari Mempelajari Perubahan Domain dalam Menerapkan Langkah-Langkah SEO

Apakah Anda memiliki pengalaman mengubah domain? Perubahan nama domain akan menyebabkan mesin pencari masih mengindex nama domain yang lama. Hal ini dikarenakan website dengan domain lama tersebut kemungkinan sudah memiliki banyak traffic. Jadi usahakanlah perubahan domain ini dapat diselesaikan dengan lancar tanpa memunculkan masalah baru. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan menjelaskan cara yang benar untuk mengubah domain jika Anda berencana mengubahnya untuk mencegah kerusakan situs web yang sedang Anda kembangkan sejak lama.

Kapan Anda Harus Mengubah Domain?

 

Ada beberapa pola yang memerlukan perubahan domain. Contoh khasnya adalah perubahan domain yang terkait dengan perubahan nama merek atau brand pada website Anda. Khusus untuk situs web yang ditangani oleh perusahaan dengan merek atau brand tertentu, sering kali nama domain dinamai dengan nama merek.

Contoh Penggunaaan Nama Merek sebagai Nama Domain

 

Artikel Terkait  10 Poin Penting untuk Mengukur Kemampuan Crawler Situs Web
Nama MerekNama Domain
Mylovemylove.jp
Itsokayitsokay.com

Jika Anda mengubah nama merek atau brand Anda, hal ini juga akan memengaruhi nama domain Anda. Selain itu, situs yang beroperasi dalam domain berkualitas rendah juga dapat mengalami perubahan domain dan sekalipun Anda memiliki situs website dengan konten yang baik dan kaya informasi, namun kualitas domain asli Anda buruk dan memiliki tingkat pencarian yang rendah Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk mengubah nama domain situs Anda. Saat menggunakan domain lama, pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu konten yang digunakan dimasa lalu, kualitas backlink yang Anda terima, dan ada tindakan manual.

Yang Perlu Anda Ketahui Ketika Memutuskan untuk Mengubah Domain

 

Untuk mendapatkan domain yang berkualitas tentu ada yang harus Anda korbankan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahuinya.
・ Kekuatan domain yang terakumulasi sejauh ini akan hilang.
・ Tautan eksternal yang terakumulasi sejauh ini juga akan hilang.
Kekuatan Domain yang Terakumulasi Sejauh Ini Hilang.

domain 

Kekuatan domain secara bertahap meningkat ketika situs dioperasikan dengan mantap, dan konten yang baik akan dievaluasi dengan benar. Kekuatan domain seperti itu menjadi aset yang sangat berharga untuk mengoperasikan situs website Anda. Jika Anda mengubah domain, kekuatan domain akan hilang, jadi Anda harus memulai dari awal. Bahkan jika Anda berpikir untuk mencoba lagi, Anda harus berpikir dengan hati-hati apakah Anda perlu mengubah domain atau tidak.

Tautan Eksternal yang Terakumulasi Sejauh Ini Juga akan Hilang

 

Tautan eksternal secara bertahap meningkat saat Anda mengoperasikan situs. Meningkatkan jumlah tautan eksternal akan berdampak positif pada evaluasi dari mesin pencari. Namun, mengubah domain berarti mengubah URL, sehingga evaluasi situs karena tautan eksternal juga akan diatur ulang. Namun, perbedaan dari kekuatan domain diatas adalah Anda dapat mengambil tindakan, jika domain berubah Anda dapat mengarahkan ulang ke URL baru dengan mengatur pengalihan untuk tautan eksternal, meskipun URL tautan eksternal berbeda.

Dampak Perubahan Domain pada SEO

 

Untuk situs yang belum menerima evaluasi SEO sampai saat itu (karena jumlah akses yang sedikit), namun kualitas kontennya bagus, itu dapat ditingkatkan dengan mengubah domain. Disisi lain, dalam kasus situs yang telah dapat memperoleh peringkat tinggi dalam hasil pencarian, ada kemungkinan bahwa peringkat akan berkurang secara signifikan karena domain yang berubah.

domain3 

Pada dasarnya, pembaruan situs yang disertai dengan perubahan URL tidak disarankan dari sudut pandang SEO. Oleh karena itu Anda perlu memikirkan dengan matang saat Anda memutuskan untuk mengubah nama domain, pilihlah yang paling pas menurut Anda dan agar tidak perlu diubah kembali.

Kasus Kegagalan Perubahan Domain Umum

 

Apabila Anda mengubah domain dengan cara yang salah, ada kemungkinan hal itu akan menyebabkan kerusakan pada kelangsungan situs website Anda, jadi berhati-hatilah. Pahami secara baik kegagalan perubahan domain untuk menghindari membuat kesalahan fatal.

Contoh Kegagalan 1: Meluncurkan Situs Baru Saat Meninggalkan Situs Sebelum Perubahan Domain

 

Artikel Terkait  Apa Itu Metode Pengaturan Kata Kunci yang Efisien?

Jika Anda meninggalkan situs sebelum perubahan domain dan meluncurkan situs dengan konten yang sama pada domain yang baru, ini akan dianggap sebagai situs salinan oleh mesin pencari, dan kemungkinan peringkat SEO pada situs baru Anda tidak akan mengalami kenaikan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menutup situs dan mulai yang baru.

Namun, jika Anda hanya menghapus konten yang ada pada situs dengan domain yang lama mesin pencari akan terus mengindeks situs lama. Pastikan indeks Anda benar-benar hilang dari hasil pencarian google sebelum Anda mulai beroperasi dengan domain baru Anda.

Contoh Kegagalan 2: Semua Pengalihan Diatur ke Halaman Atas

 
 

Untuk mengambil alih pengguna dan efek SEO dari domain yang lama kesitus baru, diperlukan 301 pengaturan redirect. Pada saat itu, jika Anda mengarahkan semua halaman dari domain lama kehalaman atas, peringkat halaman yang dievaluasi dimasa lalu dapat menurun. Saat mengatur 301 redirect, pastikan bahwa halaman sebelum dan sesudah redirect memiliki konten yang sama.

Cara Mengubah Domain dengan Mempertimbangkan Langkah-Langkah SEO

 

Hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika mengubah domain adalah apakah Anda dapat memindahkan situs sambil memaksimalkan efek SEO? Untuk tujuan itu, perlu diingat prosedur perubahan domain dengan mempertimbangkan langkah-langkah SEO berikut ini:

Prosedur Transfer Situs: Menyiapkan Situs Domain Baru

 

Artikel Terkait  Cara Membuat Konten yang Sudah Usang Tampil pada Peringkat Teratas

Pertama, persiapkan situs relokasi. Satu hal yang perlu diingat adalah untuk tidak mengindeks situs baru. Blokir seluruh situs dari penjelajahan dengan robots.txt dan jangan mengindeksnya. Daftarkan google search console terlebih dahulu dan periksa apakah ada masalah dengan domain yang baru. Anda juga dapat melakukannya secara manual yakni dengan mengirimkan permintaan pemeriksaan ulang dan berhenti berlangganan, atau gunakan domain yang lain.

Prosedur Transfer Situs: Konfirmasikan URL Dari Domain Lama dan Baru

 

domain2 

Pastikan URL sebelum dan sesudah pengalihan benar. Saat melakukan pengalihan, atur ke 301, yang mewakili pengalihan permanen, bukan 302 pengalihan sementara. Anda juga perlu mengkonfirmasi bahwa tautan didalam situs yang dipindahkan bukan URL dari domain lama. Jika Anda menggunakan jalur absolut, Anda harus mengubah semua tautan internal kedomain baru Anda.

Prosedur transfer situs: Memindahkan situs

 

Ketika point 1 dan 2 sudah siap, domain akan dialihkan kedomain baru. Jangan lupa untuk membuka blokir seluruh situs robots.txt yang ditetapkan untuk situs yang baru. Jika Anda tidak membatalkan pengaturan, situs baru Anda tidak akan diindeks dan bahkan tidak akan dievaluasi SEO, jadi berhati-hati dan tetap selalu teliti dalam melakukannya.

Periksa juga apakah tidak ada deskripsi indeks pada halaman-halaman penting. Setelah mengonfirmasi bahwa domain baru diindeks dengan benar, ubah alamat domain lama di google search console. Perubahan alamat dimungkinkan karena 301 redirect bekerja secara normal. Untuk detail tentang setiap item, silahkan lihat halaman bantuan google search console.

Catatan Tentang Mengubah Domain

 

Jika Anda mengikuti prosedur transfer situs diatas, Anda dapat mentransfer situs dengan dampak minimal pada hasil pencarian. Ada tiga poin penting yang perlu diingat.
• Jangan membuat keadaan dimana dua situs sama.
• Redirect didukung untuk setiap halaman.
• Izinkan situs diindeks setelah pengalihan selesai.
Jika Anda memahami ketiga poin ini, domain baru akan diindeks sementara saat SEO mengambil alih domain lama.

Kesimpulan

 

Mari kita tinjau bagaimana SEO tidak akan gagal sebelum membuat perubahan domain! Prosedur untuk mengubah domain berbeda tergantung pada apakah Anda memulai situs dari awal atau mengambil alih domain lama. Dalam kedua kasus tersebut, langkah yang tidak tepat dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak dapat diubah. Agar tidak gagal dengan SEO, coba kita tinjau metode yang benar sebelum membuat perubahan domain.

 

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami