Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Lima Langkah untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Kinerja Pemasaran Email
Pentingnya pemasaran email dalam hal marketing saat ini, sangat membutuhkan keahlian khusus dalam proses manajemennya. Berikut kami sajikan lima langkah untuk dapat meningkatkan kinerja pemasaran email. Simak selengkapnya!
21426
post-template-default,single,single-post,postid-21426,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
kinerja-email-marketing

Lima Langkah untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Kinerja Pemasaran Email

Apakah pemasaran email Anda selama ini kurang memiliki kinerja yang bagus, dan sekarang Anda sedang mencoba untuk menaikkan keterlibatan serta kinerja pemasaran email Anda, ini adalah artikel yang tepat. Jika Anda saat ini sedang mencoba untuk menautkan email dengan kinerja Key Performance Indikator (KPI) pemasaran secara keseluruhan.

Seperti meningkatkan ekuitas merek dan meningkatkan keuntungan dari pemasaran, Anda harus terlebih dahulu menentukan item dasar dari pemasaran email tersebut, seperti tujuan, sasaran, dan rencana untuk optimasi.

Jika Anda bisa melakukan hal tersebut, maka Anda dapat melakukan pemeliharaan, pemasaran siklus hidup, manajemen basis data, dan pandangan 360 dertajat dari keterlibatan pemasaran di seluruh merek.

Namun proses mengelola strategi keterlibatan dapat multi-faceted dan memakan waktu lebih, tetapi memahami dan merencanakan tujuan utama dari strategi Anda lebih mudah daripada yang Anda pikirkan.

Sebenarnya inti dari strategi email Anda adalah program buletin yang telah dipikirkan dengan matang. Format paling informatif adalah menyajikan ajakan bertindak (CTA) untuk kepemimpinan pemikiran, berita industri dan perusahaan, konten premium yang diikat untuk memimpin strategi pengasuhan, acara, webinar, dan program pemasaran khusus merek.

5 Langkah Penting Membawa Strategi Buletin Anda

 

langkah-strategi-buletin 

Sebelum Anda memulai langkah di bawah ini, pastikan tujuan buletin Anda sesuai dengan keputusan yang Anda ambil.

1. Kembangkan Strategi yang Terdokumentasi

 
Anda dapat memperhatikan empat poin berikut untuk menentukan pendekatan keseluruhan terhadap strategi buletin Anda.

  • Frekuensi mengirim email.
  • Jumlah artikel per buletin.
  • Tingkat pembukaan target.
  • Targetan klik / lalu lintas.

 
Dengan keempat poin di atas, memungkinkan Anda untuk membuat kerangka kerja yang dapat diperbandingkan dan ditingkatkan.

2. Tentukan Tata Letak dan Format

 
Dalam buletin, Anda perlu memikirkan tentang tampilan dan nuansa buletin Anda yang sesuai. Ini mencakup informasi yang Anda berikan, merek Anda, dan bagaimana desain buletin Anda memengaruhi sasaran kinerja Anda. Terdapat tiga pilihan untuk tata letak buletin secara umum, yaitu :

Format Buletin Sederhana

 
Format yang ini adalah tata letak minimal yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan biasanya digunakan untuk pengujian.

Format Buletin Kompleks

Berbeda dengan yang sebelumnya, untuk format yang ini adalah tata letak terperinci yang didalamnya terdapat beragam konten yang nantinya akan menarik perhatian pembaca. Pada saat Anda memilih format ini, fokuslah pada RKT.

Pilih Format Petualangan Anda Sendiri

Bisa dikatakan ini adalah format yang spesial dan paling beda dari yang lainnya, karena format ini membebaskan pelanggan memilih format yang mereka sukai. Fitur ini didukung oleh platform otomatisasi pemasaran. Anda juga bisa menggunakan templat buletin gratis milik Litmus, yang responsif dan terbukti bermanfaat.

3. Tetapkan KPI Buletin

 
Langkah ini menjadi kuncinya. Dengan mengembangkan rencana KPI secara efektif dapat mengukur keberhasilan program buletin Anda. Anda melakukannya dengan cara berikut :

  • Kembangkan kartu skor.
  • Buat kerangka kerja analitik.
  • Gunakan informasi lalu lintas saluran.
  • Setel parameter UTM.
  • Memahami tujuan tindakan.

 
Perlu untuk memiliki dasar untuk mengukur sudah sejauh mana tingkat kesuksesan Anda selama ini, dengan begitu Anda dapat mengoptimalkan program buletin Anda dan merencanakan untuk memastikan bahwa tujuan keterlibatan Anda terpenuhi.

4. Mengoptimalkan Kinerja Buletin

 
Dengan beberapa kriteria utama yang nantinya memandu strategi, keputusan mengenai tata letak, dan tolak ukur, Anda dapat meningkatkan kinerja keseluruhan buletin Anda dengan beberapa langkah berikut :

Buat Nama Bulletin

 
Buatlah buletin yang mudah diingat oleh banyak orang, misalkan dengan pemberian nama yang mudah diingat dan menjadikannya sebagai buletin yang mengesankan.

Ramah Seluler

 
Per September 2016, 56% tarif buka email adalah melalui perangkat seluler, menurut laporan analisis email Litmus.

Artikel Terkait  Apa Itu Mesin Pencari? Memahami SEO ke Tingkat Lanjut

Buatlah Menonjol di Kotak Masuk Anda

 
Buatlah sesuatu hal yang dapat menarik rasa penasaran audiens sehingga ketika mereka membuka email Anda, audiens merasa bahwa bulletin Anda menarik, dengan begitu maka akan terus bersinar di kotak masuk Anda.

5. Selalu Uji

 
Ini merupakan item terakhir dalam mengembangkan rencana buletin Anda, yaitu mengembangkan strategi pengujian dan kalender. Anda bisa memutuskan apa yang ingin Anda capai dengan rencana, durasi, dan data pengujian yang Anda miliki. Untuk membantu Anda, beberapa pertanyaan berikut bisa Anda ajukan:

  • Apa yang ingin Anda tingkatkan? Apakah tingkat pembukaan atau rasio klik?
  • Berapa lama waktu yang saya perlukan dalam menguji untuk mendapatkan data yang cukup untuk mendukung hipotesis saya?
  • Tes apa yang Anda lakukan berdasarkan fokus Anda?

 
Lebih berfokus pada tolak ukur dalam pengujian Anda, maka akan membantu Anda menemukan cara untuk meningkatkan buletin Anda dengan cara yang segar dan menarik.

Buat Seri Sambutan

 
Pelanggan baru tentu penting bagi Anda. Hal hebat dari pelanggan terbaru adalah bahwa mereka memiliki keterlibatan yang sangat tinggi. Berbeda halnya dengan pelanggan jangka panjang yang sudah memahami cerita Anda, pelanggan baru bisa dikatakan sebagai pendatang baru.

Anda juga dapat memprediksi tingkat keterlibatan dan pada saat yang sama meningkatkan kualitas daftar Anda.

Kesan pertama pelanggan baru terhadap Anda bisa dikatakan sangat penting, walaupun hanya sekadar ucapan selamat datang. Menurut tes yang dilakukan oleh Google, Yahoo, dan AOL, bahwa welcome series meningkatkan tingkat baca sebesar 42%.

Berdasarkan analisis MarketingLand mengungkapkan bahwa mereka menemukan pelanggan yang membaca pesan sambutan pertama jauh lebih mungkin membaca pesan yang dikirim oleh merek yang sama sesudahnya. Biasanya, pesan yang dibaca pelanggan adalah pesan pertama setelah email selamat datang.

Tujuan dari Seri Selamat Datang untuk pelanggan adalah untuk meningkatkan Anda menjadi anggota. Keduanya sebenarnya sama, namun jika dipikir kembali anggota memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi karena mereka menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk mendapatkan konten kami.

Poin utama di sini adalah Anda dapat menilai kualitas data Anda berdasarkan kinerja Seri Selamat Datang. Jika tingkat pembukaan seri sambutan rendah maka akan memengaruhi sisa email Anda dan akan menentukan di mana tingkat konversi Anda dikaitkan dengan pendapatan keseluruhan.

Personalisasi dan Segmentasikan Daftar Anda

 
Seperti yang disebutkan sebelumnya, NewsCred segera melakukan segmentasi daftar. Alasannya bukan hanya untuk melihat siapa pelanggan baru kami, tetapi untuk menentukan bagaimana mereka memilih.

Kebutuhan akan Personalisasi

 
Menurut survei yang dilakukan oleh Experian Marketing Service, tingkat transaksi email pribadi adalah enam kali lebih tinggi.

eMarketer dan Ipsos MORI juga melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa email yang dipersonalisasi telah meningkatkan tarif terbuka sebesar 82% dan tingkat klik sebesar 75%. Atau singkatnya, email yang dipersonalisasi lebih efektif.

Kebutuhan untuk Segmentasi Daftar

 
Apakah semua hal dapat disegmentasi? Sebetulnya sebagian besar hal dapat disegmentasi, tergantung pada keterlibatan email Anda dan sasaran pengoptimalan.

Kemudian saat segmentasi menjadi lebih canggih, Anda dapat membuat model dari banyak bagian data dan mengatur daftar Anda menjadi beberapa kelompok seperti : nilai seumur hidup pelanggan dan model tren.

Menyediakan Fungsi Pengaturan Berlangganan

 

fungsi-pengaturan-berlangganan 

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keterlibatan adalah dengan menanyakan prospek Anda, dan jenis email apa yang ingin mereka terima.

Halaman berhenti berlangganan tidak memungkinkan Anda untuk memilih apa yang ingin Anda terima, tetapi beberapa orang hanya ingin berhenti berlangganan, sementara yang lain hanya ingin mengubah apa yang mereka terima. Di situlah pusat berlangganan masuk.

Artikel Terkait  Apa Nilai Sebenarnya Dari Konten yang Menyediakan Informasi Dalam SEO Situs E-Commerce?

Untuk memberikan pengalaman yang sangat khusus sambil mengurangi peluang berhenti berlangganan, siapkan halaman pengaturan berlangganan sehingga pelanggan dapat memilih jenis email yang mereka terima.

1. Tentukan Bidang Basis Data dalam Perangkat Lunak Email Anda

 
Terdapat dua pilihan, Anda dapat menggunakan bidang yang sudah ada jika Anda menggunakan platform otomatisasi pemasaran, atau Anda juga bisa membuat bidang tambahan berdasarkan pilihan yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda.

Sebagai contoh, terdapat beberapa opsi yang bisa Anda pilih :

  • Frekuensi pengiriman.
  • Jenis email.
  • Tipe produk.
  • Oleh industri.
  • Berdasarkan pekerjaan.

 

2. Buat Daftar Pintar yang Cocok

 
Setelah Anda memiliki bidang spesifik yang ingin Anda gunakan atau buat, buat daftar pintar pada platform otomasi pemasaran Anda untuk menarik lead “opt-in” dan “opt-out”.

3. Buat Formulir, Halaman Arahan, Simpan Halaman Berlangganan Pengaturan

 
Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menciptakan aset utama untuk pusat langganan. Ini melibatkan pembuatan formulir dengan bidang yang sesuai dan pengaturan pengiriman formulir untuk diarahkan ke halaman penyimpanan pengaturan berlangganan.

Buatlah halaman penyimpanan pengaturan berlangganan, kemudian Anda bisa membuat halaman pendaratan dan tautkan formulir ke halaman pendaratan.

4. Buat Alur Kerja atau Kampanye

 
Langkah terakhir adalah memprogram logika aturan berlangganan. Ini dapat dilakukan dalam kampanye atau alur kerja. Sebetulnya ini merupakan langkah yang harus diperlukan.

Tetapi jika Anda telah menggunakan Marketo, HubSpot, dan Pardot, ini dapat meyakinkan bahwa ini adalah langkah yang sangat diperlukan dalam membangun logika opt-in dan opt-out dalam hitungan detik.

Reengage Lead yang Tidak Aktif

 
Jika Anda mendapatkan kesan yang positif dari pelanggan Anda pada hubungan awal, jangan senang terlalu lama. Karena bisa saja seiring dengan berjalannya waktu pelanggan lama kelamaan akan merasa bosan. Alasannya Anda mungkin telah menawarkan terlalu banyak diskon. Atau Anda mungkin telah mengirim panduan terbaru yang tidak membangkitkan minat pelanggan Anda.

Jangan terlalu sering mengirimkan infomasi kepada pelanggan Anda. Setelah kehilangan minat, tingkat aktivitas pelanggan akan menurun. Dan itu hanya setelah mereka diam selama berbulan-bulan.

Menurut wawancara dengan Campaign Monitor dan Sri Somanchi dari tim anti-spam Gmail, bahwa Gmail memutuskan apakah akan memasukkan pesan ke folder spam berdasarkan bukti yang disukai penerima atau paling tidak menginginkan pesan tersebut.

Langkah Mengucapkan Selamat Tinggal kepada Pelanggan yang Tidak Aktif

 

beri-sambutan-email 

1. Tentukan Apakah Pelanggan Tersebut Layak untuk Dilibatkan Kembali

 
Untuk mengembangkan strategi keterlibatan ulang, tentukan apa arti pelanggan yang tidak aktif bagi Anda. Anda bisa memeriksa untuk melihat apakah ada tindakan tertentu seperti membuka atau mengklik meskipun Anda tidak aktif, atau apakah alamat email Anda masih valid.

Anda juga dapat melihat seberapa sering email dikirimkan untuk menentukan tingkat aktivitas yang sesuai. Misalnya, jika Anda mengirim email setiap minggu, waktu yang tepat untuk mengukur email tersebut adalah 4-6 bulan. Jika Anda memiliki distribusi harian, akan lebih efektif jika Anda mengukurnya selama 2-3 bulan.

2. Kembangkan Program atau Kampanye untuk Menerapkan Strategi Keterlibatan Ulang Anda

 
Ini adalah langkah di mana Anda bisa kreatif. Email tunggal atau seri baik-baik saja, atau Anda dapat mempertimbangkan email yang lebih kompleks seperti microsites, diskon, kampanye multi-channel dengan kode promo untuk pelanggan yang tidak aktif tetapi berharga.

Intinya adalah membuat sesuatu yang Anda sukai, sederhana atau rumit. Itu semua tergantung pada seberapa besar Anda menghargai pelanggan yang tidak aktif. Untuk pelanggan bernilai tinggi, Anda mungkin ingin memanfaatkan microsite, itulah sebabnya mereka menjadi calon pelanggan.

3. Kembangkan Program atau Kampanye untuk Mengucapkan Selamat Tinggal kepada Pelanggan yang Tidak Aktif

Beberapa pelanggan yang tidak aktif mungkin tidak menginginkan konten Anda dan tidak akan bereaksi terhadap upaya keterlibatan kembali yang Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda harus memutuskan apakah akan menghapusnya dari database atau tetap mempertahankannya.

Artikel Terkait  Apa Itu Marketing Mix? Pelajari Dasar Pelaksanaan Strategi Marketing

Terdapat dua keputusan yang saling bersebrangan, yang pertama yaitu Anda dapat mempertahankan database yang bersih, mengurangi biaya dan menjaga kesehatan database secara keseluruhan. Ini juga mengurangi jumlah keseluruhan pekerjaan yang harus dilakukan untuk mempertahankan daftar pembersih.

Dan yang kedua adalah mungkin menyenangkan untuk menghapusnya dari daftar aktif, tetapi Anda tidak harus menghapusnya. Mungkin sudah waktunya bagi mereka untuk secara otomatis kembali ke daftar aktif dengan membuka email atau mengklik tautan.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah menjalankan serangkaian program pada platform otomasi pemasaran Anda untuk menandai pelanggan Anda dan menjalankan kampanye keterlibatan kembali.

Meletakkan Dasar untuk Manajemen Basis Data yang Baik

 
Manajemen basis data yang baik memainkan peran penting dalam keseluruhan keterlibatan kampanye email Anda. Sebelumnya telah membahas mengenai pengaturan pelanggan, segmentasi, dan strategi keterlibatan kembali.

Tetapi ini semua adalah bagian dari manajemen basis data yang baik. Bidang lain yang menjadi fokus adalah pelaporan ROI yang akurat berdasarkan kinerja pengaturan berlangganan, segmentasi, dan pelibatan kembali yang berhasil.

Kesimpulan

 
Saat ini Anda harus mempersiapkan apa yang Anda butuhkan untuk mengembangkan strategi pemasaran email yang solid dan memahami bagaimana keterlibatan email. Dengan itu, berarti Anda sudah memiliki apa yang Anda butuhkan untuk merencanakan kesuksesan dan melanjutkan pemasaran email Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami