Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Konten Duplikat Apa yang Tidak Disukai Google? Cara Menjalankan Situs Tanpa Duplikasi
Ketika berbicara mengenai konten, maka mungkin saja akan terjadi konten duplikasi. Lalu konten duplikasi bagaimana yang tidak disukai Google? Berikut cara menjalankan situs tanpa duplikasi!
21161
post-template-default,single,single-post,postid-21161,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
duplikat

Konten Duplikat Apa yang Tidak Disukai Google? Cara Menjalankan Situs Tanpa Duplikasi

Pembaruan Panda, yang berlangsung pada Juli 2012, merupakan pembaruan mesin pencari untuk Google yang menurunkan peringkat konten yang berkualitas rendah. Salah satu hal yang dinilai Google sebagai “konten berkualitas rendah” adalah “konten duplikat”.

Google tidak menyukai konten duplikat karena memiliki beberapa halaman dengan konten yang sama membuatnya sulit untuk menentukan halaman mana yang paling cocok dengan maksud permintaan pencarian. Pada artikel kali ini, saya akan memperkenalkan metode manajemen situs yang menghindari “konten duplikat”.

Apa Itu Konten Duplikat?

 

Konten-Duplikat
 

Konten duplikat mengacu pada situasi di mana konten serupa diposting di dalam dan di luar situs. Ada dua tipe berikut.

• Ada Konten Serupa di Dalam Situs

Duplikat dapat terjadi karena masalah spesifikasi (penyatuan dengan atau tanpa www, halaman yang secara otomatis dihasilkan karena alasan sistem) dan frasa tetap yang diulang.

• Konten Serupa Diposting di Situs Lain

Ini mungkin disebabkan oleh plagiarisme teks di suatu situs web perusahaan atau menyalin konten lainnya.

Mengapa Konten Duplikat Buruk?

 

Terdapat 3 alasan mengapa membuat konten duplikat adalah hal yang buruk:

Tidak Ditampilkan dalam Hasil Pencarian

 

Bot Google cenderung mencoba menyeimbangkan berbagai halaman. Jadi, jika Anda memiliki banyak halaman yang sama (mirip), mereka cenderung tidak dijelajahi.

Selain itu, Google berusaha meningkatkan kenyamanan pencarian dengan menghindari kebingungan pengguna dan menampilkan halaman dengan konten yang berbeda sebanyak mungkin.

Jadi Google menyesuaikan agar halaman yang serupa tidak muncul dalam hasil pencarian. Ini berarti bahwa halaman dengan konten yang serupa tidak akan muncul di hasil pencarian.

Evaluasi Backlink Tersebar karena Duplikat Halaman di Situs

 

Kehadiran halaman duplikat di dalam situs dapat menghasilkan backlink yang didistribusikan ke evaluasi. Misalnya, jika ada dua halaman duplikat A dan B, peringkat yang seharusnya 100 pada satu halaman adalah:

A: 50
B: 50

Peringkat Google dapat secara otomatis diproses sebagai satu, tetapi jika Anda tidak dapat menerima peringkat 100% dengan benar, itu dapat menghalangi tampilan peringkat tinggi.

Tunduk pada Penalty

 

Karena pembaruan panda yang diperkenalkan di awal, “konten yang disalin tanpa izin” akan dikenakan penalti. Mencuri konten situs web perusahaan lain untuk meningkatkan peringkat pencarian atau dengan sengaja menempatkan beberapa halaman dengan konten yang sama.

Artikel Terkait  Mengapa Saat Ini "Email Marketing" Lebih Baik daripada "Email Magazine"?

Diletakkan di dalam situs perusahaan lain untuk meningkatkan jumlah halaman dapat dianggap sebagai operasi situs berbahaya dan dapat dijatuhkan penalty oleh Google sehingga bukannya menaikkan peringkat situs Anda, malah situs Anda akan mengalami penurunan peringkat.

Cara Menemukan Konten Duplikat

 

konten
 

Saat meninjau konten dan menanganinya, Anda juga pasti perlu menilai apakah konten tersebut merupakan duplikat dari situs lain atau bukan. Cara tercepat adalah dengan menggunakan mesin pencari untuk mencari beberapa konten Anda.

Periksa apakah ada konten yang sama di mesin pencari denga mengetikan Ctrl + F di halaman, dan jika ada konten duplikat, maka akan ditampilkan.

Selain itu, Anda juga bisa memverifikasi dengan metode yang lebih akurat, yakni dengan alat pemeriksaan konten salinan. Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada artikel sebelumnya https://marketing.appkey.co.id/blog/6-rekomendasi-alat-untuk-mengidentifikasi-artikel-plagiat/

Apa yang Diharapkan dan Bagaimana Menghadapi Konten Duplikat

 

Tujuh kasus yang akan kami uraikan di bawah ini dianggap sebagai konten rangkap. Anda harus berhati-hati tentang duplikasi, terutama jika Anda menambahkan halaman atau menyajikan konten ke situs lain.

Ketika URL Tidak Dinormalisasi

 

URL campuran dengan / tanpa indeks di akhir URL

URL campuran dengan dan tanpa www

Penyatuan https dan http

Domain asli dan domain awal

URL untuk PC dan URL untuk SP / Mobile dicampur

Solusi Pertama: 301 Redirect

 

Pengalihan 301 adalah metode yang digunakan oleh browser atau mesin pencari untuk menunjukkan bahwa URL telah ditransfer. Sebagai contoh:
www.example.id

contoh.id
www.example.id/index.html

example.id/index.html

Jika ada 4 URL dan Anda melakukan 301 redirect sebagai URL untuk menormalkan target “www.example.id”, itu akan ditransfer ke “www.example.id” dan dimungkinkan untuk menyatukan URL.

Solusi Kedua: Instal Tag Kanonik

 

Dimungkinkan untuk menormalkan URL dengan menempatkan tag kanonis URL yang seragam dihtml. Misalnya, jika “www.example.id” adalah URL yang ingin Anda satukan, letakkan yang berikut diuntuk memungkinkan Googlebot mengenali URL biasa.

Jika URL yang akan disatukan telah diputuskan, lebih mudah bagi pengguna untuk mengenali URL jika itu ditransfer, jadi 301 redirect direkomendasikan ketika menormalkan URL.

301 redirect adalah proses untuk mentransfer dari sisi server dengan file htaccess. Beberapa server tidak mendukung file htaccess. Jika pengalihan 301 tidak dimungkinkan karena faktor lingkungan, maka perlu ditangani dengan tag kanonik.

Artikel Terkait  Apa Itu Online Marketing? 10 Tips Online Marketing yang Andal

Solusi Ketiga: Tag Alternative

 

Jika URL untuk PC dan SP / mobile, ada metode untuk mengatur tag alternatif, dan kami akan menulis halaman untuk SP / mobile pada halaman untuk PC dan menginformasikan crawler.

Pada saat yang sama, jangan lupa untuk mengatur pengaturan kanonik untuk halaman PC ke halaman SP / mobile. Tag kanonik diperlukan untuk menormalkan halaman SP ke halaman PC.

Ketika URL Dihasilkan secara Otomatis pada Halaman Dinamis

 

Karena spesifikasi sistem, rute inflow berbeda ketika transisi dari halaman kategori dan ketika transisi dari tautan terkait di situs, sehingga URL yang berbeda dihasilkan meskipun mereka berada di halaman yang sama.

Saat menampilkan halaman dengan warna berbeda di situs EC, dll., Halaman dengan konten yang sama selain gambar dihasilkan secara otomatis.

Solusi Pertama: Normalisasi Menggunakan Kanonik

 

Dengan mengatur URL halaman yang akan dinormalisasi dengan tag kanonik, dimungkinkan untuk membakukan evaluasi.
Solusi Kedua: Pengaturan Parameter URL

Ada item yang disebut parameter URL dalam fungsi Google Search Console. Dengan mengatur parameter URL ini, Google dapat mengenali beberapa halaman URL.

Dengan mengatur apakah akan menjelajahi Google untuk setiap URL yang ditetapkan secara dinamis, Anda dapat menghindari duplikasi dengan mengecualikannya dari target evaluasi.

Ketika Frasa Tetap Diulang

 

Frasa
 

Letakkan kalimat yang sama di semua halaman untuk tujuan meningkatkan jumlah teks di dalam situs. Yang harus Anda perhatikan dalam hal ini agar Google tidak mendeteksi konten Anda sebagai konten duplikat Anda harus menyiapkan konten asli dan membandingkannya.

Penting untuk memeriksa tingkat tumpang tindih dengan alat survei konten duplikat dan mengatur konten unik pada setiap halaman.

Ketika Konten Terdeteksi di Situs Lain (Ketika Konten Dicuri oleh Situs Lain)

 

Solusi 1: Jangan Biarkan Evaluasi Situs Rangkap

 

Jika duplikat konten terjadi antara domain yang berbeda, ada solusi untuk meminta penyedia mengatur URL untuk merayapi penolakan di robots.txt atau mengatur URL penyedia. Tidak mengizinkan penyedia untuk mengevaluasi akan mengarah pada evaluasi yang benar dari konten asli.

Artikel Terkait  Peringkat Pencarian Tidak Naik? Cara Meningkatkan Ukuran SEO

Solusi 2: Permintaan Penghapusan

 

Dalam hal mengutip yang tidak disengaja, perlu untuk membuat permintaan penghapusan melalui email ke operator situs. Jika sulit untuk membuat mereka merespons dan arus masuk dihilangkan, Anda dapat mengajukan keluhan ke mesin pencari dari Google Search Console.

Jika Anda menggunakan formulir permintaan untuk penghapusan karena pelanggaran hak cipta, masukkan dan kirim informasi yang diperlukan, dan jika Google menentukan bahwa itu adalah pelanggaran hak cipta, indeks target akan dihapus.

Ketika Isi Halaman Daftar dan Halaman Detail Diduplikasi

 

Dalam kasus ini, halaman daftar kolom seperti daftar artikel dapat dikutip karena berasal dari bagian halaman detail dan berhati-hatilah karena ini akan dianggap sebagai duplikat oleh Google

Kesimpulan

 

Di atas, kami telah memperkenalkan konten duplikat yang tidak disukai Google. Konten duplikat dapat terjadi secara alami dalam pengoperasian situs, tetapi tergantung pada konten duplikat.

Jika Anda mengoperasikan situs dengan konten duplikat, kualitas situs secara alami akan menurun. Ambil tindakan yang tepat terhadap contoh konten duplikat yang dijelaskan di atas, dan cobalah untuk mempertahankan manajemen situs yang sangat unik!

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami