APPKEY | Cara Mengoptimalkan Google Bisnisku dan Mempercepat Penjualan
Google merupakan mesin pencarian yang paling mendominasi di dunia saat ini, sekitar 80% dari semua pencarian dilakukan di google. Lalu pernahkah ada berpikir bagaimana cara mengoptimalkan google bisnis bagi usaha Anda? Berikut kami sajikan!
21127
post-template-default,single,single-post,postid-21127,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
google

Cara Mengoptimalkan Google Bisnisku dan Mempercepat Penjualan

Google merupakan mesin pencarian yang paling mendominasi di dunia saat ini. Menurut Net Marketshare, sekitar 80% dari semua pencarian dilakukan di Google. Ini berarti ada sekitar 3,5 miliar pencarian dilakukan setiap harinya. Selain itu google juga dimanfaatkan sebagai internet marketing tools yang masih eksis hingga saat ini.

Namun, ada beberapa jebakan yang tidak terduga. Halaman pertama hasil pencarian Google yang dilihat pengguna berbeda dari sebelumnya. Survei tingkat klik pada Pencarian Google menunjukkan bahwa tingkat klik pada halaman kedua menurun secara eksponensial. Dengan kata lain, pengguna mendapatkan apa yang mereka butuhkan di halaman pertama hasil pencarian.

Artikel Terkait  Apa Itu Konten SEO? | Tingkatkan Kualitas Konten dan Tampilkan Pencarian Teratas!

Itu sebabnya Google Bisnisku sebagai salah satu internet marketing tools menjadi sangat penting. Sebenarnya ada cara lain untuk menunjukkan bisnis Anda di halaman pertama Google selain menggunakan Google Bisnisku, namun internet marketing tools inilah yang paling mudah digunakan dan memiliki efek yang paling besar.

Keuntungan Menggunakan Google Bisnisku

 

ulasan-untuk-google
Keuntungan menggunakan Google Bisnisku sangat besar, dan membuka akunnya pun cukup mudah.

  • Pertama, akses halaman Google Bisnisku.
  • Selanjutnya, masukkan beberapa informasi dasar tentang bisnis Anda (nama bisnis, alamat, nomor telepon, situs web).
  • Setelah itu, kartu pos akan tiba di alamat Anda. Dengan memasukkan kode yang ditulis di sana, otentikasi akun selesai. Ini diperlukan untuk menggunakan fungsi Google Bisnisku.
  • Setelah menambahkan informasi perusahaan, Anda dapat mengakses dasbor dan memasukkan informasi lainnya.

Tetapi langkah di atas belum lengkap jika Anda hanya memasukkan beberapa informasi sederhana lalu membiarkannya saja tanpa melalukan optimasi pada internet marketing tools yang satu ini. Membuka akun hanyalah awal. Ada banyak cara untuk menggunakan Google Bisnisku.

Jika Anda menggunakannya dengan benar, Google Bisnisku akan membantu meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas pengguna Anda. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan pentingnya Google Bisnisku dan bagaimana hal itu dapat dioptimalkan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan.

Langkah-Langkah Mengoptimalkan Google Bisnisku

 

langkah

1. Informasi di Google Bisnisku Harus Akurat, Komprehensif, dan Terbaru

 

Ada beberapa jenis informasi yang dapat dimasukkan dalam Google Bisnisku. Pertama, mari kita gambarkan informasi inti.

  • Nama Bisnis
  • Alamat Jalan
  • Nomor Telepon
  • Situs Web
  • Teks Penjelasan
  • Kategori
  • Atribut

Google Bisnisku mengharuskan Anda memasukkan nama bisnis, alamat, dan nomor telepon Anda (disebut NAP=Name, Address, Phone). Informasi ini diindeks oleh Pencarian Google, Google Maps, dan Google+ dan merupakan dasar untuk SEO lokal.

Informasi yang disediakan di sini harus sesuai dengan informasi yang disediakan di situs web Anda. Anda harus memastikan bahwa informasi tersebut cocok dan tepat. Jika informasi di situs web tidak sesuai dengan informasi di Google Bisnisku, itu akan mempengaruhi peringkat pencarian Anda.

Saat memasukkan alamat Anda, pastikan itu cocok dengan koordinat yang tepat di Google Maps dan kode pos di situs web Anda. Setelah memasukkan NAP Anda (nama, lokasi, nomor telepon), mari mulai dua informasi yang sangat penting yakni kategori dan atribut. Dengan memasukkan informasi ini, Anda dan Google dapat mengidentifikasi jenis bisnis apa yang Anda geluti.

Anda juga harus mempertimbangkan strategi kata kunci saat memasukkan kategori dan atribut. Namun, ada sesuatu yang harus diperhatikan. Kami tidak menyarankan mengemas kata kunci dalam informasi yang akan dimasukkan. Google Bisnisku melarang pengemasan kata kunci.

Sebelumnya, google telah menghapus kemampuan bagi pengguna untuk mengedit deskripsi Google Bisnisku di tahun 2016. Dan untuk memberikan informasi yang lebih akurat, kami memperkenalkan fungsi atribut.

Kategori mengidentifikasi area bisnis Anda, dan atribut membuat bisnis Anda dan pengalaman yang Anda berikan menjadi lebih jelas. Penting untuk mengidentifikasi kategori dan atribut. Misalnya, jika Anda menjalankan salon kecantikan yang khusus dalam perawatan kuku, Anda tidak boleh memilih kosmetik.

Atribut adalah fungsi yang dapat menggambarkan secara lebih rinci konten bisnis yang tidak dapat diungkapkan dalam kategori yang dipilih oleh masing-masing bisnis.

“Apakah ada halaman atau counter kursi untuk restoran?”, “Apakah ada masalah dengan anak-anak?”, “Apakah menyediakan tempat bersantai atau kolam renang?”, “Apakah menawarkan Wifi gratis?” “Bagaimana dengan toilet umumnya? Apakah bersih?” Menyediakan atribut yang lengkap adalah jawaban untuk pertanyaan pengguna. Akibatnya, pengguna dapat lebih memahami apa yang ditawarkan bisnis Anda.

Setelah Anda memasukkan informasi dasar, lalu mulailah dengan menarik daya tarik visual pengguna dengan gambar profil bisnis Anda. Menurut survei oleh Synup, “Profil dengan foto telah menggandakan reputasinya dan memiliki tingkat klik 35% lebih tinggi. Google Bisnisku merekomendasikan mengunggah gambar profil, gambar sampul, dan video. Masing-masing akan ditampilkan untuk tujuan berikut:

  • Selain konten berkualitas tinggi yang Anda buat, Anda juga dapat menggunakan konten yang dibuat pengguna. Misalkan seseorang mengambil foto yang bagus dari pintu masuk toko Anda.
  • Foto juga dapat digunakan sebagai gambar profil. Gunakanlah foto yang ditandai untuk bisnis Anda. Jika pengguna menambahkan foto tentang bisnis Anda, Anda akan dapat membangun galeri kaya konten yang dibuat pengguna. Tetapi fotografi bukan satu-satunya cara bagi pengguna untuk berbagi pengalaman mereka. Pengguna bahkan dapat menulis cerita mereka sendiri.

2. Minta Ulasan untuk Google Bisnisku (dan Menanggapi Ulasan Itu)

 

ulasan-untuk-google
Ulasan adalah sumber kehidupan pencarian lokal. Ulasan bagus meningkat = penjualan meningkat. Lebih banyak ulasan bagus = lebih banyak penjualan. Hampir semua orang menyukai pendapat pihak ketiga. Itu sebabnya 90% orang membaca ulasan/review sebelum membeli.

Frekuensi pencarian terhadap ulasan/review meningkat. Menurut survei pada tahun 2016, “53% pengguna melakukan pencarian bisnis lokal sebulan sekali. Jumlah ini naik 10% dibandingkan tahun 2015.

Apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan ulasan dari pengguna Anda? Jawabannya sederhana. Mintalah ulasan dari pengguna. Beberapa situs enggan meminta ulasan, tetapi Google Bisnisku secara aktif merekomendasikannya. Anda juga dapat mengirimkan tautan kepada pengguna ke halaman untuk menulis ulasan dalam beberapa langkah sederhana. Caranya adalah sebagai berikut:

  1.  Akses Google Maps di tab browser baru.
    Cari perusahaan Anda di kotak pencarian di kiri atas. Pada saat yang sama, pastikan itu cocok dengan alamat di dasbor Google Bisnisku Anda.
  2.  Setelah mengklik bisnis Anda, buka opsi menu di kiri atas
  3.  Pilih “Bagikan atau embed peta”.
  4. Klik “Salin tautan”. Bagikan tautan ini melalui email atau pesan teks dengan seseorang yang pernah mengunjungi sebelumnya.

Setelah Anda mulai mendapatkan ulasan, saatnya untuk mempersiapkannya. Semua ulasan dibahas dari yang bagus, netral sampai yang terburuk. Luangkan waktu untuk menanggapi setiap ulasan menggunakan dasbor Google Bisnisku. Mengapa Anda harus melakukan ini? Karena 44,6% orang mengatakan mereka ingin mengunjungi jika mereka menanggapi ulasan yang mereka posting.

Jika Anda mendapatkan ulasan bintang lima, Anda memiliki kesempatan untuk mengubah pengguna itu menjadi pendukung bisnis Anda yang antusias. Sekecil apapun skala usaha Anda, sangat penting bagi pengguna untuk memahami pengalaman yang mereka dapatkan dari bekerja dengan merek Anda.

Jika mendapat ulasan negatif, Anda diberi kesempatan untuk memperbaikinya dan jika Anda mendapatkan peringkat bintang 3 netral, mari fokus pada “bagaimana kita mengubah bintang 3 menjadi bintang 5”.

3. Berbicara Langsung dengan Pengguna yang Menggunakan Pesan Google Bisnisku

 

Bagaimana perasaan pengguna jika konten di Google Bisnisku atau situs web mereka tidak mendapatkan informasi yang mereka inginkan? Yang pasti, mereka akan menghubungi Anda. Bagaimana cara untuk melakukan itu?

Beberapa orang mungkin berpikir, “Anda dapat memanggil nomor yang terdaftar di Google Bisnisku.” Tetapi pengguna mungkin tidak suka menelepon. Bahkan, satu studi menemukan bahwa “90% lebih suka pesan teks daripada telepon.” Itu sebabnya olahpesan ke ponsel sangat efektif dalam strategi pemasaran Anda. Pesan meningkatkan keterlibatan pengguna dan berkontribusi pada penjualan.

Melihat latar belakangnya, Internet marketing tools yang satu ini telah memperkenalkan fungsi pesan ke Google Bisnisku. Gunakan fungsi pesan untuk berkomunikasi satu-satu dengan pengguna. Jawab pertanyaan, tanggapi komentar, dan tingkatkan loyalitas pengguna. Untuk menggunakan fungsi pesan Google Bisnisku, kamu harus bisa mengirim pesan teks langsung dari Google Bisnisku kepadamu. Caranya adalah sebagai berikut:

Artikel Terkait  5 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Meluncurkan Blog Sendiri dalam Penerapan SEO
  • Klik tombol “Izinkan pesan” di dasbor Google Bisnisku.
  •  Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon yang akan digunakan. Ingat bahwa nomor telepon yang dimasukkan di sini bukan untuk umum, karena pengguna hanya mengklik tombol “pesan”. Jika Anda tidak ingin menggunakan nomor telepon pribadi Anda, ada beberapa alternatif, seperti menggunakan Google Allo. Jika Anda memasukkan nomor telepon, kode tersebut akan dikirim dan Anda akan diminta untuk memverifikasi nomor itu.

Google juga akan menghitung waktu respons Anda. Waktu respons ini adalah waktu rata-rata yang diperlukan untuk mengirim pertanyaan dan Anda menanggapinya. Akhirnya, mari kita tambahkan “pesan selamat datang”. Ketika seorang pengguna mengirim pesan kepada Anda, itu adalah isi dari pesan yang mereka terima. Pesan sampel terlihat seperti “Terima kasih telah menghubungi kami. Kami akan segera mencoba menanggapi permintaan pelanggan.”

Fungsi pesan sudah siap. Di masa mendatang, pengguna akan ditanyai pertanyaan melalui tombol pesan Google Bisnisku. Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan itu secara langsung dalam pesan teks. Fitur ini akan membawa bisnis Anda lebih dekat ke pengguna Anda.

4. Manfaatkan Fungsi Posting untuk Berbagi Informasi Terbaru

 

Cara mengelola konten yang dibuat pengguna di Google Bisnisku dijelaskan di atas. Sekarang mari kita fokus pada konten yang Anda buat. Di sinilah fitur posting masuk. Pada 2017, Google membuat fitur posting ini tersedia untuk semua bisnis. Dengan menggunakan fungsi ini, Anda dapat berbagi informasi tentang bisnis Anda dengan berbagai cara. Mari kita beri contoh di bawah ini.

  • Promosikan acara mendatang yang saat ini sedang dalam promosi
  • Gunakan GIF untuk menghidupkan kembali home run
  • Bagikan prestasi terbaru perusahaan dalam bentuk teks

Setelah akun Google Bisnisku diautentikasi, Anda dapat menggunakan fungsi posting. Setelah dikonfirmasi, opsi “Posting” akan muncul di menu di sebelah kiri. Klik “Buat Posting” untuk menambahkan teks dan gambar. Saat membuat posting, perhatikan hal berikut.

  • Anda dapat memasukkan 300 kata per posting. Namun, saat menampilkan tombol ajakan bertindak, 60-70 kata ditampilkan di desktop dan seluler.
  • Jika tombol ajakan untuk bertindak tidak ditampilkan, semua teks ditampilkan di ponsel.
  • Gambar harus berkualitas tinggi. Google menggunakan rasio 4: 3, dengan ukuran minimum “400px x 300px”. * Sebenarnya sepertinya “720px x 720px”

Google akan memberikan indeks untuk setiap posting, yang akan dibahas lebih detail di bawah ini. Tetapi menempatkan parameter UTM pada tautan adalah ide yang bagus.

Klik “Terbitkan” untuk melihat apa yang diposting ke Google Bisnisku. Saat Anda siap, tunggu orang yang mencari bisnis Anda untuk melihat pos. Tapi ini bukan hanya masalah menunggu. Jika Anda tidak menetapkan periode yang lebih pendek, kiriman akan hilang 7 hari setelah dipublikasikan.

Maka saat membuat posting, penting untuk membuat konten yang spesifik dengan pengaturan waktu. Buat strategi yang sesuai dan buat jadwal untuk mengedit konten yang akan diposting. Dengan melakukan itu, Anda akan dapat memasukkan ukuran fitur pos ke dalam rencana pemasaran Anda dan mengukur dampak bisnisnya.

5. Ukur Rute Pelanggan dari Wawasan Google Bisnisku

 

Seperti halnya ukuran pemasaran, mengukur dampak fitur posting sangat penting. Google Bisnisku memiliki fungsi pengukuran. Anda dapat memeriksa konten berikut di fungsi wawasan Google Bisnisku.

  • Bagaimana pengguna menemukan bisnis Anda (pencarian langsung atau pencarian penemuan)
  • Di mana di Google pengguna menemukan bisnis Anda (pencarian atau peta)?
  • Tindakan yang diambil oleh pengguna pada konten Google Bisnisku (kunjungi situs web, klik rute, jelajahi galeri foto, lakukan panggilan telepon)
  • Lokasi tempat tinggal pengguna (dihitung berdasarkan permintaan rute)
  • Total jumlah dan waktu panggilan yang dilakukan oleh pengguna
Artikel Terkait  Konten Duplikat Apa yang Tidak Disukai Google? Cara Menjalankan Situs Tanpa Duplikasi

Mari kita mulai dengan pertanyaan paling penting. Bagaimana cara pengguna menemukan bisnis Anda? Mereka melakukan dua jenis pencarian. Pencarian langsung atau pencarian penemuan. Pencarian langsung adalah pencarian nominal sedangkan pencarian penemuan merupakan pencarian tidak langsung yang menggunakan kata-kata abstrak. Orang yang melakukan pencarian langsung berarti mereka sudah tahu tentang perusahaan Anda. Mereka telah tiba di bisnis Anda, seperti dengan mencari orang.

Dalam kasus pencarian penemuan, pencarian jenis dan kategori bisnis juga termasuk, dan pencarian tidak terbatas pada nama bisnis. Metode pencarian yang digunakan ketika pengguna tidak terbiasa dengan bisnis Anda. Sekarang Anda tahu bagaimana pengguna dapat menemukan bisnis Anda. Kedua, pengguna harus memahami apa yang ingin mereka lakukan.

Menempatkan parameter UTM pada tautan itu penting, tetapi Google Bisnisku juga memiliki laporan tentang perilaku pengguna. Dasbor memungkinkan Anda mengukur tindakan yang telah dilakukan pengguna. Selain itu, ia memiliki kemampuan untuk membandingkan konten yang dibuat pengguna (terutama galeri foto) dengan pesaing Anda.

Anda dapat memeriksa jumlah tampilan di galeri foto Anda dan membandingkannya dengan pesaing Anda. Semua informasi ini dapat digunakan untuk mengukur jalur konversi Anda dan akan menjadi cara untuk memahami apa yang dilakukan pengguna sebelum Anda mengunjungi situs web Anda.

Kesimpulan

 

Ada beberapa cara pengguna dapat menemukan bisnis Anda. Tetapi tidak ada keraguan bahwa Google Search sebagai internet marketing tools yang menjadi pintu masuk yang kuat ke situs web Anda. Google Bisnisku menyajikan informasi tentang bisnis Anda di depan calon pengguna yang mencari produk, layanan, atau pengalaman yang Anda tawarkan.

Ini juga memengaruhi SEO lokal, memberi Anda peluang untuk terlibat dengan pengguna melalui ulasan dan foto, dan juga memberikan informasi berharga tentang jalur konversi Anda. Yang terbaik dari semuanya, Google Bisnisku adalah alat yang gratis, mudah digunakan dan memiliki efek yang ebsar bagi usaha Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami