Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Tiga Tindakan untuk Menganalisis Maksud Pencarian Pengguna dan Mengoptimalkan Situs Web
Memahami maksud pencarian (intent) dalam SEO merupakan hal yang penting dalam internet marketing tips. Mengoptimalkan maksud pencarian pengguna adalah tantangan jangka panjang untuk Google dan situs web Anda. Artikel kali ini akan membahas salah satu internet marketing tips yang harus Anda ketahui yakni menganalisis maksud pencarian pengguna dan cara mengoptimalkan situs web.
20833
post-template-default,single,single-post,postid-20833,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
internet-marketing-tips

Tiga Tindakan untuk Menganalisis Maksud Pencarian Pengguna dan Mengoptimalkan Situs Web

Pada artikel kali ini, saya akan membahas salah satu internet marketing tips yang harus Anda ketahui yakni menganalisis maksud pencarian pengguna dan cara mengoptimalkan situs web. Memahami maksud pencarian (intent) dalam SEO merupakan hal yang penting dalam internet marketing tips. Mengoptimalkan maksud pencarian pengguna adalah tantangan jangka panjang untuk Google dan situs web Anda. Dalam hal pencarian, halaman yang cocok dengan maksud pencarian pengguna akan membuat kinerja menjadi lebih baik daripada halaman yang dioptimalkan untuk mesin pencari saja. Strategi SEO kali ini berfokus pada “membuat pengguna senang” daripada menggunakan grup kata kunci tertentu dalam kalimat atau menggunakan teks anchor yang cocok dengan kata kunci. Berikut adalah hal perlu Anda ketahui untuk membuat pengguna senang :

Artikel Terkait  Apa Dampak Plagiarisme pada SEO? Pengetahuan yang Tepat untuk Peringkat yang Lebih Tinggi

Bagaimana Google (Mesin Pencari) Mendefinisikan Tujuan Pencarian Pengguna?

 

google-pencarian 

Untuk Google, memahami maksud pencarian Anda adalah kunci untuk menghasilkan hasil pencarian yang bermanfaat. Hal ini akan membantu Anda mempertahankan dan menumbuhkan dominasi Anda di mesin pencarian, dan bahkan menjangkau lebih banyak pengguna melalui iklan Anda.

Niat pencarian pengguna dibagi menjadi tiga pola tergantung pada kueri, yakni:

Informasi

 
Kata kunci untuk mempelajari sesuatu (contoh: latihan maraton)

Transaksional

 
Kata kunci untuk membeli sesuatu (contoh: pesanan online sepatu marathon)

Navigasi

 
Kata kunci untuk mengunjungi situs web tertentu (Cotoh: rencana pelatihan pelari dunia)

Pedoman penilaian kualitas terbaru Google membagi tujuan pencarian menjadi 4 kategori, yaitu:

Saya Ingin Tahu (Tahu)

 
Maksud pencarian untuk kueri ini adalah untuk menemukan informasi tentang topik tertentu. Pengguna ingin tahu lebih banyak tentang sesuatu.

Saya Ingin (Melakukan)

 
Maksud pencarian ini adalah untuk mencapai tujuan atau untuk melakukan beberapa aktivitas melalui telepon. Tujuan dan aktivitas adalah unduhan, pembelian, akuisisi, hiburan, keterlibatan dengan situs web dan aplikasi, dll.

Situs Web Tertentu

 
Maksud permintaan situs web adalah untuk menjangkau situs web atau halaman web tertentu yang diinginkan pengguna.

Mengunjungi Langsung

 
Terdapat beberapa pertanyaan yang menanyakan informasi maupun hasil pencarian terkait, (contoh: usaha, perusahaan, atau lokasi terkait lainnya).

Bagaimana Jika Maksud Pencarian Pengguna Tidak Jelas?

 
Seiring waktu, Google telah menjadi lebih canggih dalam mengurai maksud pencarian pengguna. Bill Slawski memberikan contoh yang jelas dari permintaan dengan maksud pencarian yang ambigu. Jika seseorang memasukkan kata kunci “New York Pizza Sunnyvale” di mesin pencarian Google, Yahoo, dan Bing, sangat sulit untuk mengklarifikasi maksud mereka. Hasil pencariannya kemungkinan akan seperti ini:

  1. Restoran pizza di New York, dekat Sunnyvale.
  2. Restoran pizza bergaya New York di tempat bernama Sunnyvale.
  3. Tempat (toko) bernama New York Pizza di Sunnyvale.
  4. Lainnya.

“Kueri yang lebih panjang akan mengurangi keambiguan dalam penelusuran,” kata Kevin Indig. Dalam hal pencarian suara, ambiguitas cenderung menghilang. Karena pencarian suara cenderung lebih panjang daripada pencarian teks biasa. Juga, saat Anda mendekati penjualan, kueri yang cenderung lebih panjang akan mengurangi ambiguitas. Pada awalnya, kueri yang dimulai dengan “penggiling kopi” akan dicari dengan kueri seperti “review penggiling kopi kerucut.”

Informasi lokasi (alamat IP) menjadi salah satu petunjuk bagi mesin pencari untuk memahami maksud pencarian pengguna, seperti riwayat pencarian, tanggal, dan waktu. Pada hari pertandingan semifinal Liga Champions, hasil pertandingan, berita utama, dan komidi putar di twitter akan terdaftar sebagai jawaban atas pertanyaan “Liga Champions.” Namun, hasil pencarian tidak akan bertahan lama. Klasifikasi maksud penelusuran harus dipahami sebagai “probabilitas” karena beberapa kueri memiliki beberapa maksud penelusuran.

Artikel Terkait  Sebelum Menulis! Raih Peringkat Teratas dengan Alat Analisis Kompetitif SEO

Intensi Pencarian Independen dan Intensi Pencarian Pasif

 
Menurut A.J. Korn, “maksud pencarian subjektif diungkapkan secara eksplisit dalam teks kueri”, sedangkan maksud pencarian pasif tidak secara eksplisit dinyatakan dalam teks permintaan. Untuk mengidentifikasi maksud pencarian pasif, penting untuk bertanya pada diri sendiri, “Apa yang ingin Anda cari selanjutnya?”

Cara Mengevaluasi Kata Kunci Target Terhadap Maksud Pencarian

 

pencarian-intensif-pasif 

Ada sejumlah kata kunci dengan maksud pencarian yang jelas. Misalnya, maksud pencarian untuk kata kunci seperti “tinjauan pengisi daya telepon portabel”. Kueri yang berada di bagian bawah cenderung memberikan lebih banyak informasi, membuatnya lebih sulit untuk mengevaluasi maksud penelusuran pada tahap sebelumnya. Volume pencarian untuk permintaan informasi seperti itu umumnya tinggi. Untuk situs kecil, menilai maksud pencarian relatif mudah. Pekerjaan manual sudah cukup. Namun, penskalaan adalah masalah untuk situs besar. Penanggulangan untuk masing-masing dijelaskan di bawah ini.

Cara Mengevaluasi Maksud Pencarian Pengguna Secara Manual

 
Mari kita lihat halaman hasil pencarian . Apa yang ditampilkan di sana? Apakah semua hasil pencarian mencerminkan maksud pencarian yang sama? Atau apakah berbasis luas untuk memenuhi maksud pencarian potensial?

Pada layar hasil pencarian, Google mengungkapkan apa itu. Hasil pencarian berperingkat teratas memberikan banyak bukti bahwa mereka diminta oleh pengguna.

  • Jenis situs apa yang ditampilkan di bagian atas

Contoh: Situs pribadi, situs ringkasan, blog pribadi, situs pemerintah dan universitas

  • Jenis konten apa yang diposting di halaman peringkat teratas

Contoh: Konten format panjang, penjelasan singkat, gambar, video

  • Apa pertanyaan pertama yang dijawab di halaman itu?

Contoh: Teks apa yang disertakan atau tidak di header

Cara Mengukur Analisis Maksud Evaluasi dan Pekerjaan Evaluasi

 
Alat SEO seperti Ahrefs, Moz, dan SEMRush mengukur karakteristik hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Fitur-fitur ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengukur penangkapan maksud pencarian. Jika Anda sudah mengukur kata kunci dengan alat-alat ini, Anda dapat mengekspor hasil dan mengkategorikan maksud pencarian Anda berdasarkan jenis hasil pencarian.

Sebagai contoh: Jika hasil pencarian menunjukkan cuplikan yang disorot, kemungkinan itu adalah simple know query. Jika hasil pencarian memiliki BPK tinggi (Biaya / Klik), kemungkinan besar terletak di bagian bawah corong atau permintaan tipe transaksi. Jika hasil pencarian tidak menampilkan iklan, kemungkinan besar permintaan pencarian berada di bagian atas corong dan merupakan permintaan tipe informasi.

Hasil pencarian yang menampilkan peta memiliki kunjungan dalam maksud pencarian seseorang. Bergantung pada industrinya, setiap fitur akan memberi petunjuk tentang maksud pencarian yang berbeda. Mengambil sampel kata kunci, mengekstraksi karakteristik dari beberapa hasil pencarian, dan membaca maksud pencarian.

Pilihan lain yang bisa Anda lakukan adalah Anda bisa melakukan filter pengubah kata kunci dengan maksud pencarian. Menurut survei oleh STAT, sekarang bagian dari Moz, “Saran yang berisi pengubah tertentu milik setiap domain dari maksud pencarian.” Dengan mengelompokkan pengubah sesuai dengan niat pencarian, dimungkinkan untuk skala skrining maksud pencarian. Jika Anda memiliki daftar besar kata kunci, Anda dapat menggunakan alat N-gram untuk mengidentifikasi pengubah umum dari daftar itu. Frasa yang paling umum akan menjadi dasar untuk pengayakan (dan spreadsheet dapat secara otomatis ditandai). Mengkategorikan pengubah kata kunci sangat berguna untuk situs besar dengan besar konten yang serupa, seperti situs yang memiliki ulasan tentang konten di wilayah tertentu atau situs dengan ratusan produk serupa. Pengubah kata kunci juga berguna karena Anda meningkatkan jumlah kata kunci yang harus Anda lacak. Dengan kata lain, untuk tujuan menentukan maksud pencarian, penting tidak hanya untuk mencari tempat di mana kata kunci ditemui tetapi juga untuk memperluas konten sesuai dengan kata kunci. Artikel Moz memiliki contoh pengubah yang digunakan dalam pertanyaan informasi tentang produk.

“Nama produk”: X

Apa itu “Nama Produk”: apa itu X

Apa “nama produk” yang berguna untuk: bagaimana cara kerja X

Cara menggunakan “Nama Produk”: bagaimana cara menggunakan X

Hasil akhirnya, apakah manual atau otomatis, adalah daftar kata kunci yang diurutkan berdasarkan maksud pencarian. Anda bebas untuk mengadopsi salah satu dari empat model maksud pencarian yang disarankan oleh Google atau yang lainnya. Misalnya, Anda dapat mengategorikan kata kunci berdasarkan perjalanan pengguna Anda sendiri. Ini adalah salah satu tugas paling berharga yang dapat Anda lakukan dengan data maksud pencarian Anda.

Apa yang Harus Dilakukan dengan Data Maksud Pencarian Pengguna

 

data-pencarian-pengguna 

Berikan elemen fokus bisnis pada laporan untuk mendukung pekerjaan yang memengaruhi pemilihan konten, strategi konten, dan desain web.

Penempatan Konten di Sepanjang Perjalanan Pembeli

 
Pernyataan dari Think with Google berikut ini menarik. Pengguna menggunakan perangkat untuk mendapatkan jawaban langsung. Juga, ketika mereka melakukan pencarian, mereka menyatakan maksud pencarian mereka dan membangun kembali corong pemasaran tradisional. Pelanggan menggunakan mesin pencari, melewati tahap peninjauan, dan melakukan pembelian. Anda harus meletakkan maksud pencarian ini di saluran Anda. Hasilnya harus berupa kerangka kerja berbasis tujuan bisnis jangka panjang untuk mengevaluasi perilaku pencarian. Sebagai contoh, sementara semua posting blog di suatu situs mungkin memiliki maksud pencarian “infomational”, beberapa di antaranya mungkin tersedia untuk pengguna pada berbagai tahap kognisi. Dengan memasukkan kata kunci ke dalam perjalanan pelanggan, segmen maksud pencarian akan lebih baik. Kategorisasi maksud pencarian kata kunci berdasarkan perjalanan pelanggan berguna untuk survei kompetitif serta pengukuran dan pelaporan kata kunci.

Memahami Kesenjangan Konten Melalui Survei Kompetitif

 
Pada tahap apa perjalanan pengguna ada tantangan? Apa maksud pencarian yang memuaskan pesaing Anda dan mana yang tidak dilakukan perusahaan Anda? Alat-alat seperti SEMRush dan Ahrefs memungkinkan perbandingan bersaing berbasis kata kunci. Masukkan domain Anda dan domain beberapa situs yang bersaing. Kemudian, filter berdasarkan pengubah kata kunci yang telah Anda klasifikasi menurut maksud pencarian. Misalnya, Ahrefs dan Moz dapat melihat bahwa mereka membanjiri SEMRush dengan kueri “bagaimana”. Metode analisis ini memungkinkan Anda membandingkan kinerja pada berbagai tahapan saluran. Pada saat yang sama, Anda akan memiliki daftar untuk mengisi kesenjangan dengan pesaing Anda. Penelitian kompetitif juga akan membantu mengidentifikasi kata kunci mana yang harus berperingkat tinggi untuk situs Anda. Dengan melakukan survei kata kunci, “kata kunci yang ingin Anda peroleh peringkat tinggi” terbuka, tetapi Anda juga dapat memahami “Google berfokus pada maksud pencarian lainnya”. (Jika Anda adalah operator situs individual, Anda dapat memeriksa berapa banyak kata kunci target yang telah Anda peroleh, dan sebaliknya.)

Pelacakan Peringkat Berdasarkan Maksud

 
Anda harus mengukur kinerja berdasarkan corong pemasaran, daripada melaporkan kata kunci berdasarkan topik (misalnya, “Produk X baik, tetapi produk Y sedang berjuang”). Misalnya, dengan beberapa produk, “Kami memiliki peringkat yang baik untuk kata kunci di bagian bawah corong, tetapi kami mengalami kesulitan dengan pertanyaan jenis informasi di bagian atas corong.” Dengan mengukur berdasarkan pada maksud pencarian, dimungkinkan untuk memprioritaskan seperti “ekspansi konten, pembuatan halaman baru, penyesuaian desain halaman”. Gunakan data maksud penelusuran untuk desain dan pembuatan halaman

Artikel Terkait  Masa Depan SEO dan Memahami Perubahan dalam Hasil Pencarian Google

Tambahkan Konten yang Menjawab Maksud Pencarian yang Disengaja dan Pasif

 
Pertanyaan macam apa yang bisa dimiliki pengguna? Apa pertanyaan berikutnya yang mungkin mereka miliki? “Google’s knowledge card adalah contoh sempurna dari maksud pencarian agregat,” Korn berpendapat Knowledge cards memberikan jawaban atas pertanyaan dan juga konteks yang berharga. Misalnya, saat mencari nama restoran, Knowledge cards menjawab banyak pertanyaan.

Restoran seperti apa

Apakah harganya tinggi?

Dimana itu

Cara menuju ke toko

Nomor telepon

Apakah mungkin membuat reservasi

Menu macam apa

Apakah kualitas makanannya tinggi?

Apakah saat ini terbuka

Apakah ada restoran lain di dekat sini?

Dalam beberapa kasus, halaman yang ada dapat diperluas, dan dalam kasus lain halaman baru dapat dibuat untuk maksud pencarian yang belum terpenuhi. Volume pencarian juga bisa menjadi petunjuk untuk menentukan “perluas halaman yang sudah ada” atau “buat halaman baru”. Jika volume pencarian subtopik besar, lebih baik membuat halaman baru, dan jika lebih kecil, perluas halaman yang sudah ada.

Sesuaikan Konten untuk Mendapatkan Lebih Banyak Klik pada Layar Hasil Pencarian

 
Simple know query yang didefinisikan oleh Google menyembunyikan petunjuk tentang menyoroti cuplikan.

  • Panjang 1-2 kalimat
  • Daftar pendek
  • Respons “Akurat dan lengkap”
  • Cocok dengan rapi di layar ponsel Anda

Cuplikan penekanan meningkatkan eksposur Anda dalam hasil pencarian dan menghasilkan lebih banyak klik. Namun, keberadaan pencarian alami dan potongan penekanan secara simultan juga menciptakan situasi di mana mereka bersaing untuk arus masuk satu sama lain. Jika maksud pencarian pengguna adalah “Saya ingin mendapatkan jawaban dengan cepat,” dan tidak ada klik yang terjadi, maka pengoptimalan untuk cuplikan penekanan akan memuaskan pengguna (dan Google). Tetapi mengoptimalkan cuplikan penekanan pada akhirnya akan menghilangkan masuknya pencarian alami ke semua situs (Land Fishkin menyebutnya dilema tahanan).

Desain Halaman yang Memenuhi Maksud Pencarian

 
“Sangat penting untuk memahami prioritas maksud pencarian untuk memberikan pengalaman yang tepat, yang mungkin berbeda dari pencarian“ tradisional ”dalam konten dan desain. ”

Untuk SEO, desain halaman penting dalam dua cara.

  • Respons yang jelas dan langsung terhadap niat pencarian proaktif
  • Berikan prioritas informasi logis untuk maksud pencarian pasif

Contoh spesifik seperti UX dalam menangani permintaan Tahu adalah sebagai berikut.

  • Apakah Anda memberikan jawaban yang jelas dengan tag tajuk, font besar, atau blok menonjol?
  • Apakah subtopik dijawab untuk pertanyaan berikutnya yang mungkin dimiliki pengguna?
  • Untuk permintaan tipe transaksi, apakah mudah untuk mengklik dan menemukan tombol untuk melanjutkan (seperti tombol pembelian)?

Ini adalah prinsip dasar UX, tetapi ini juga mempengaruhi kinerja pencarian. Pengguna yang tidak dapat menemukan jawaban segera akan dikirim kembali ke layar hasil pencarian. Topik “UX adalah faktor peringkat” berisi fakta-fakta tertentu. Tentu saja, topik ini kontroversial. Misalnya, di situs resep, pengguna harus bertahan menggulir halaman untuk waktu yang lama hingga resep yang diinginkan tercapai. Karena informasi tekstual disediakan untuk mesin pencari di bagian atas halaman (dan seringkali hanya esai yang biasa-biasa saja tentang resep).

“Informasi teks hanya untuk SEO” efektif di situs vertikal seperti resep. Karena mesin pencari tidak dapat menentukan resep mana yang membuat kue chip cokelat yang lezat.

Namun, perdebatan tentang “berapa banyak yang harus diperhatikan mesin pencari” tidak ada habisnya. Strategi ini masih efektif yang harus Anda pelajari dari diskusi tentang SEO adalah “melihat hal-hal dalam jangka panjang”. Google tidak suka memberikan nilai jika teks tambahannya ekstra. Bahkan jika “teks hanya untuk SEO” berlaku hari ini, kebutuhannya akan secara bertahap berkurang. Anda mungkin juga ingin menguji penghapusan konten khusus SEO saja untuk mengukur bagaimana hal itu memengaruhi peringkat Anda dan perilaku pengguna.

Kesimpulan

 

Artikel Terkait  Cara Meningkatkan Kekuatan Domain yang Memengaruhi SEO | Mengecek Efektifitas dan Hubungannya dengan Menaikkan Peringkat Situs

Anda dapat mengembangakan situs website dengan memanfaatkan internet marketing tips ini selain itu SEO juga sangat dibutuhkan. Dalam internet marketing tips ini yang dibutuhkan hanyalah pemilihan kata kunci dan mengoptimalkan maksud pencarian Anda. Pepatah Korn dapat digambarkan sebagai ringkasan terbaik dari menempatkan maksud pencarian pengguna ke dalam inisiatif SEO. Memilih kata kunci masih merupakan titik awal untuk membuat halaman. Namun, mempertimbangkan maksud pencarian pengguna dapat menjadi faktor dalam menentukan apa halaman selanjutnya yang dicari oleh pengguna. Buatlah daftar kata kunci terkait dan kategorikan dengan maksud pencarian. Dengan mengelompokkan kata kunci berdasarkan maksud pencarian, dimungkinkan untuk mengonfirmasi “di mana dalam perjalanan pengguna, hasil diperoleh” dan “di mana hasil tidak diperoleh”. Demikan artikel ini yang dapat Anda jadikan panduan sebagai internet marketing tips, semoga bermanfaat.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: