APPKEY | Apa Itu Mesin Pencari? Diperlukan Pemahaman untuk Mendekat ke SEO Tingkat Lanjut
Mesin pencari merupakan kumpulan website yang memuat berbagai konten yang mengandung berbagai macam informasi. Berikut kami sajikan ulasan lengkap untuk memahami SEO tingkat lanjut.
20798
post-template-default,single,single-post,postid-20798,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
mesin-pencari-fix

Apa Itu Mesin Pencari? Memahami SEO ke Tingkat Lanjut

Beberapa mungkin sudah tidak asing lagi dengan mesin pencari. Bahkan di era sekarang ini hampir semua orang sudah menggunakan mesin pencari untuk kepentingan yang berbeda-beda. Tanpa disadari, didalam kehidupan kita sudah sangat akrab dengan mesin pencari atau search engine. Bagi yang belum mengetahui apa itu mesin pencari sepertinya Anda tidak sadar akan hal tersebut.

Artikel Terkait  Cara Membuat Catch Copy | Bagaimana Membuat Judul yang Menusuk

Apa Itu Mesin Pencari?

 

apa-itu-mesin-pencari

Mesin pencari merupakan kumpulan website yang memuat berbagai konten yang mengandung berbagai macam informasi. Cara menggunakannya Anda cukup mengetikkan sesuatu hal yang Anda ingin ketahui, dan kemudian mesin pencari akan memberikan beberapa pilihan website/blog yang menyuguhkan informasi yang Anda cari. Sangat mudah bukan.

Tak jarang, mesin pencari sering mengubah algortima mereka. Hal itu bertujuan untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada pengguna. Mesin pencari akan terus berusaha menyuguhkan informasi selengkap mungkin bagi para pengunjungnya. Selain itu juga agar mesin pencari bisa memberikan informasi yang berkualitas tinggi.

Peran Mesin Pencari

Peran mesin pencari sebetulnya sangat banyak. Mesin pencari bisa memberikan informasi yang akurat kepada pengguna. Bayangkan saja jika sampai saat ini belum ada mesin pencari. Bisa di bilang kita akan sangat kesusahan dalam mencari informasi secara cepat dan tepat. Saat ini, informasi apapun itu semua ada di mesin pencari. Anda hanya tinggal mengetikkan apa yang Anda cari dan keluarlah informasi tersebut.

Tak hanya sebagai penyedia informasi saja, mesin pencari juga bisa sebagai tempat bisnis bagi Anda. Di jaman sekarang ini perlahan namun pasti hampir semua hal didunia mulai beralih ke dunia digital, semuanya serba online. Contohnya dalam dunia bisnis kita bisa menggunakan internet marketing strategy. Sering kita temukan internet marketing strategy ini ketika kita membuka suatu website. Internet marketing strategy merupakan sebuah strategi pemasaran online yang mengacu pada promosi dan iklan yang dipasarkan melalui media website atau media online lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan perdagangan elektronik (e-commerce).

Dapat kita lihat sudah banyak orang yang memanfaatkan internet marketing strategy ini. Bahkan sering kita temui iklan tersebut muncul beberapa kali dalam satu waktu. Tak heran, karena memang internet marketing strategy ini dirasa cukup menguntungkan bagi pemilik produk. Karena mengingat kebanyakan orang saat ini lebih aktif di dunia maya dibandingkan di dunia nyata.

Cara Kerja Mesin Pencari

 

cara-kerja-mesin-pencari

Beberapa mungkin belum tahu bagaimana cara kerja mesin pencari. Selama ini Anda hanya menggunakannya saja tanpa mengetahui bagaimana sih cara kerja mesin pencari? Berikut kami jelaskan bagaiamana cara kerjanya :

Crawling

Tahap yang pertama mesin pencari akan melakukan penjelajahan ke semua halaman dan dokumen yang ada di world wide web (www). Pertama-tama mesin pencari akan menjelajahi data-data dari website yang memiliki kualitas tinggi dan terpercaya. Kemudian dari website tersebut mesin pencari akan menemukan link yang mengarah ke website yang lain. Begitu seterusnya.

Crawl menjelajahi semua data dari satu website ke website lain dan kemudian data tersebut akan dimasukkan ke dalam index.

Pengindeksan

Daftar raksasa yang ditemukan oleh bot inilah yang dinamakan indeks. Dalam tahap ini terjadi tindakan menyimpan data yang dikumpulkan didalam list database mesin pencari. Gunakanlah algoritma yang mampu menyortir data yang diperlukan saja. Karena jika tidak, semua data akan tercampur dan tidak terorganisir dengan baik.

Setia pada orang yang mencari informasi di mesin pencari, maka data yang ditampilkan adalah data dari website yang ada di index saja yang disebut sebagai search result nanti.

Peringkat

Tahap ini yaitu proses meletakkan website yang telah diindeks. Memang, faktor-faktor yang menentukan peringkat tidak akan sama semua alias berbeda-beda. Cara mesin pencari menentukan peringkat untuk setiap halaman website bersifat rahasia. Mereka punya caranya sendiri. Contohnya Google, mesin pencari tersebut memiliki 200 kriteria evaluasi untuk menentukan peringkat halaman website.

Lakukan ini untuk membuat Google lebih sadar dengan situs Anda

  1. Perhatikan Struktur Situs Anda

Struktur situs yang rumit akan sulit untuk dijelajahi oleh mesin pencari. Akibat lainnya situs Anda akan lambat untuk dikenali oleh mesin pencari. Buatlah struktur situs yang mudah dipahami. Tidak hanya mudah dipahami oleh pengguna, juga mudah dipahami oleh mesin pencari.

Artikel Terkait  [Data Survei] Konversi Meningkat Ketika Google Bisnisku Menerima Peringkat 3,7 atau Lebih Tinggi
  1. Langkah-langkah SEO

Langkah ini sangat membantu untuk membuat halaman atau konten Anda mudah dipahami. Tindakan dasar seperti mengatur judul yang sesuai dengan isi, menambahkan kalimat ketika menambahkan gambar. Merupakan tindakan dasar yang dapat membantu Anda agar struktur situs Anda mudah dipahami.

  1. User Friendly

Aturlah supaya situs Anda nyaman bagi pengguna. Hal ini termasuk kecepatan loading halaman website. Serta bagaimana agar pengunjung tidak tersesat saat berkunjung ke situs Anda. Buatlah sesederhana mungkin dalam prosesnya. Mulai dari peletakan menu yang ada sampai tampilan di situs Anda.

  1. Kompatibel Dengan Smartphone

Tidak dapat dipungkiri bahwa di era sekarang ini lebih banyak pengguna smartphone dibandingkan dengan pengguna PC. Maka dari itu, selain situs yang friendly bagi pengguna PC, sangat penting untuk membuat situs Anda juga friendly terhadap pengguna smartphone.

Tak jarang kite temukan beberapa situs yang sangat friendly ketika kita membukanya melalui PC namun berbeda dnegan kita membuka situs tersebut melalui smartphone. Bahkan terkadang lebih susah ketika kita membukanya melalui smartphone.

Memahami Pembaruan Mesin Pencari

Sama seperti situs-situs yang lain, mesin pencari akan terus berusaha memeprbarui tampilan serta informasi yang ada. Maka dari itu mesin pencari sangat sering melakukan pembaruan. Dengan pembaruan tersebut peringkat hasil pencarian akan berubah-ubah.

Untuk mempertahankan peringkat hasil pencarian teruslah untuk membuat konten yang akan terus dicari. Contohnya seperti konten yang bertemakan kesehatan. Konten dengan tema tersebut akan terus dicari oleh pengunjung. Hal itu bisa dijadikan konten untuk mempertahankan peringkat hasil pencarian.

Teruslah Membuat Konten yang Diinginkan Pengguna

Anda bisa melihat konten mana yang banyak dikunjungi oleh pengunjung yang ada di situs Anda. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa membuat konten dengan tema yang sama. Dengan begitu, diperkirakan akan banyak pengunjung yang akan berkunjung ke situs Anda.

Selain pengguna, mesin pencari juga sangat ramah kepada pengguna. Berbagai pembaruan juga dibuat sedemikian rupa untuk memberikan informasi tersebut kepada pengguna. Jika Anda membuat konten yang disukai pengguna secara berkala, Anda akan mendapatkan evaluasi tinggi.

Jenis Mesin Pencari

 

jenis-mesin-pencari

Terdapat beberapa jenis mesin pencari didunia ini. Salah satunya yang sangat terkenal dan hampir semua orang tahu adalah Google.

Google

Mesin pencari ini merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan didunia. Google sendiri memiliki 123 bahasa. Sehingga sangat memudahkan pengguna dari kalangan manapun dan berbagai macam bahasa. Jadi kita tidak harus berpaku dengan satu bahasa saja.

Baidu

Beberapa dari Anda mungkin jarang mendengar mesin pencari ini atau bahkan belum pernah mendengar sebelumnya. Mesin pencari ini sangat popular di China dan hanya digunakan di China.

Biasanya pengguna Baidu adalah seorang pebisnis. Mereka yang ingin memasarkan produknya ke pasar online di China wajib menggunakan software ini. Karena untuk mendapatkan peringkat tinggi di konten Anda, konten tersebut harus berbahasa China dan menggunakan domain ‘.cn’.

Bing

Dilansir pada laman Statista, pada April 2018 mesin pencari online Bing telah dikunjungi oleh 6,45 persen pengguna dari pasar pencarian global. Yang membedakan Bing dari yang lainnya yaitu dari segi tampilannya. Bing lebih menampilkan hasil pencarian dengan visual yang lebih menarik.

Yahoo!

Yahoo bukanlah situs baru yang ada. Sudah lama kita mengenal Yahoo. Selain email Yahoo! juga sebagai mesin pencarian online.

Artikel Terkait  Apa Itu MFI (Mobile First Index) | Periksa Langkah-Langkah dan Informasi Terbaru

Yandex

Jika Baidu sangat popular di China, Yandex merupakan mesin pencarian yang paling popular di Rusia. Dinegaranya sendiri, Yandex memiliki pangsa pasar yang lebih daripada Google. Selain Rusia, mesin pencari ini juga hadir di negara Arab, seperti Ukrania, Kazakhstan, Belarusia, dan Turki.

Kesimpulan

Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah sangat akrab dengan mesin pencari. Terutama Google. Dari sekian banyak pertanyaan yang ada di pikiran Anda, banyak jawaban yang tersedia di mesin pencari. Apalagi dalam dunia bisnis, dengan menggunakan internet marketing strategy Anda tidak perlu lagi repot-repot menyebarkan selebaran kepada banyak orang. Cukup dengan memasang iklan di satu website saja banyak orang sudah melihat produk Anda. Sangat menguntungkan. Sebetulnya banyak sekali kemudahan yang ditawarkan oleh mesin pencari. Tergantung bagaimana cara kita menggunakannya saja.  Mesin pencari tidak hanya menyuguhkan text saja, namun ada banyak gambar dan video yang mungkin Anda butuhkan. Jadi, tapilannya tidak monoton yang berisi text saja. Contoh jenis mesin pencari yang sudah umum digunakan, diataranya Google, Bing, Baidu, Yandex, Yahoo, dan lain-lain.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami