Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Standar Influencer Marketing Terbaru dan Pekerjaan Sampingan dengan SNS
Media sosial akan menjadi sangat bermanfaat ketika bisa difungsikan sebagai media penghasil pendapatan, yups salah satunya adalah dengan menjadi influencer marketing. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berikut standar influencer marketing dan pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan.
21544
post-template-default,single,single-post,postid-21544,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
influencer-marketing

Standar Influencer Marketing Terbaru dan Pekerjaan Sampingan dengan SNS

Beberapa tahun belakangan ini tentu kita sudah tidak asing lagi dengan influencer. Anda tidak bisa meremehkan influencer, karena kenyataannya influencer sangat berpengaruh bagi banyak orang.

Tak sedikit dari mereka yang cenderung menganggap influencer sebagai panutan, orang yang patut untuk mereka ikuti atau dalam kata lain sebagai role model.

Bahkan di era sekarang ini influencer sudah menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan dilihat dari penghasilan. Perusahaan pun bisa memanfaatkan influencer untuk pemasaran produk mereka dengan menggunakan strategi influencer marketing.

Artikel Terkait  Email Marketing Adalah? Perbedaannya dengan Email Magazines, Kasus dan Efek Hingga Alat yang Direkomendasikan

Standar Influencer

 

influencer-marketing-2 

Bagaimana sih seseorang bisa dikatakan sebagai influencer? Mungkin banyak dari kita yang menjawab bahwa influencer adalah mereka yang memiliki followers atau pengikut yang banyak di media sosial.

Selain followers yang melimpah, influencer juga seseorang yang mampu memberikan pengaruh yang besar di masyarakat. Mengajak masyarakat untuk melakukan yang mereka gemakan. Influencer bisa juga selebritis, youtuber, blogger, dan lainnya.

Lalu berapa banyak pengikut yang harus dimiliki seorang influencer? Perlu diketahui bahwa nama-nama influencer bisa berubah sesuai dengan berapa banyak followers yang mereka miliki.

Sebagai contoh, nano atau mikro influencer yang diakui sebagai influencer jika mereka memiliki ribuan followers. Namun dalam hal ini tidak ada definisi yang tegas, dan terdapat banyak bagian yang belum memiliki arti yang jelas.

Oleh karena itu, kita cenderung memberikan gelar influencer kepada orang yang berpengaruh di suatu komunitas.

Kemudian, pada setiap platform tentu akan memiliki pengaruh yang berbeda-beda. Karena Instagram, Facebook, dan Twitter memiliki ciri khas mereka masing-masing. Karena orang yang memiliki banyak pengikut di Twitter, belum tentu memiliki banyak pengikut juga di Facebook atau Instagram, begitupun sebaliknya.

Contohnya Facebook, platform satu ini memiliki jumlah teman maksimum dan informasinya tidak terlalu tersebar dibandingkan dengan Twitter yang kebalikannya, memiliki jumlah pengikut yang tidak terbatas. Jadi bisa dikatakan Facebook merupakan salah satu platform yang sulit untuk meningkatkan jumlah pengikut Anda.

Dari hal-hal tersebut pula yang akan menjadi poin kunci untuk meningkatkan jumlah pengikut secara efisien dengan cara mengidentifikasi konten yang ingin Anda kirim dari karakteristik dan tren masing-masing platform.

Pengaruh Influncer

 
Jika melihat semua pengguna internet, tidak semua pengguna secara aktif mengirimkan informasi secara rutin. Lalu apakah influencer memiliki dampak terhadap pengikutnya?

Persentase orang yang melakukan pembelian melalui informasi yang diposting influencer sebesar 60% dari 144 populasi. Dari data ini menunjukkan bahwa pengaruh influencer tidak bisa dianggap remeh.

Mereka memang memiliki pengaruh yang besar, terutama bagi masyarakat yang memang menyukai mereka. Saat ini juga banyak perusahaan yang menggunakan strategi influencer marketing untuk meningkatkan pembelian mereka.

Tak heran lagi jika saat ini banyak orang yang membeli produk karena melihat postingan sebuah influencer, tentu ini bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis dengan menggunakan influencer sebagai cara pemasaran mereka, atau strategi influencer marketing.

Bahkan ini sudah menjadi hal lumrah. Terutama bagi kaum muda yang sering tergoda dengan penawaran produk spesial, apalagi jika influencer yang mereka eluk-elukkan mempromosikan produk tersebut.

Tidak akan berpikir dua kali untuk segera membelinya. Maka tidak ada salahnya untuk para pebisnis mencoba strategi influencer marketing.

Artikel Terkait  Apa Itu Mesin Pencari? Memahami SEO ke Tingkat Lanjut

Gunakan SNS sebagai Pekerjaan Sampingan

 

pekerjaan-sampingan 

Dengan menggunakan SNS untuk memasarkan produk Anda tentu akan ada banyak orang yang akan melihat produk Anda. Tentu ini merupakan hal yang sangat baik untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Namun ada beberapa orang yang mengoperasikan SNS dengan menggunakan akun anonim, atau tanpa identitas asli. Tetapi terlepas dari apakah itu anonim asli atau tidak, jika mereka tidak dikenali terlebih dahulu, jangan mengharapkan peningkatan akan dilakukan, tentu akan sulit.

Di Twitter sendiri, beberapa orang memberikan informasi yang berguna bagi banyak orang meskipun dengan menggunakan akun anonim, dan telah mendapatkan jumlah pengikut yang bisa dikatakan tidak sedikit.

Dapat diambil kesimpulan bahwa tidak semua orang harus menjadi influencer, tetapi dengan memiliki banyak pengikut, otomatis banyak pengguna yang cenderung percaya begitu saja kepada mereka hanya dengan memiliki jumlah followers yang banyak. Padahal kita tahu followers saat ini bisa dibeli.

Perlu diingat jika Anda ingin menggunakan SNS pastikan memilih platform yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Pastikan juga lokasi posting Anda sudah sesuai dengan produk Anda, karena ini sangat penting.

Sebagai contoh ketika Anda ingin mengembangkan hobi sebagai bisnis sampingan Anda, kira-kira platform apa yang akan menjadi pilihan Anda?

Jawabannya adalah situs web, ya situs web bisa menjadi pilihan yang tepat, namun jika Anda tidak memiliki situs web sendiri, Anda masih bisa menggunakan platform lain seperti media sosial Instagram.

Instagram adalah platform yang tepat untuk mengakumulasi portofolio Anda. Saat ini juga sudah banyak sekali yang berjualan di Instagram dengan membuat akun bisnis mereka sendiri ataupun menggunakan influencer marketing.

Dengan memilih platform yang tepat dan sesuai dengan postingan Anda, nantinya diharapkan postingan Anda akan dengan cepat menyebar dan mengikuti tren, serta dapat meningkatkan kesadaran pengguna.

Selanjutnya, di masing-masing platform pasti memiliki fitur yang berbeda-beda, dan tentu pada setiap fitur ada kegunaannya masing-masing. Contohnya seperti Twitter yang memiliki aplikasi klien resmi bernama TweetDeck.

Anda bisa mengoperasikan aplikasi ini di perangkat apa pun dengan versi WEB atau versi Chrome, dan tentu Anda dapat mengelola Twitter secara gratis. Tak hanya Twitter, Instagram juga sedang menguji Checkout, yang akan memungkinkan Anda untuk berbelanja langsung di Instagram.

Jika fitur ini sudah diluncurkan, mari kita lihat apakah akan efektif? Jika dilihat dari kegunaannya tentu ini akan memudahkan pengguna ketika ingin berbelanja. Mereka tidak perlu membuka halaman lain atau keluar dari Instagram hanya untuk berbelanja.

Maka sangat penting untuk Anda memahami fungsi di masing-masing platform. Karena pasti memiliki fungsi yang berbeda. Jangan sampai Anda menyamakan fungsi antara satu platform dengan platform lainnya.

Selain itu, perlu juga untuk mengetahui fungsi terbaru atau tren terbaru yang ada di platform tersebut supaya Anda tahu apa yang sedang digemari konsumen saat ini. Penting sekali untuk mengetahui keinginan pasar, karena terkadang keinginan pasar cepat sekali berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Apa Bisnis Sampingan yang Dilakukan oleh Influencer?

 
Saat ini di Indonesia sendiri tak sedikit influencer yang memiliki bisnis sampingan. Banyak yang membuka bisnis sampingan seperti makanan, kue, baju, make up dan banyak lagi.

Mengapa? Sebenarnya mereka memiliki peluang yang besar untuk membuka bisnis sampingan, karena pertama, mereka memiliki popularitas, otomatis dikenal oleh banyak orang.

Artikel Terkait  Memulai dengan Tujuan dan Metode Pengenalan Digital Marketing

Kedua, mereka mampu mempengaruhi banyak orang dengan cara mereka sendiri, tentu jika mereka mempromosikan bisnis mereka sendiri peluang produk mereka akan dibeli tentu relatif besar.

Ketiga, media sosial saat ini sangat terbuka bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis. Itulah yag menjadi kunci utama dan sekaligus mempermudah bisnis mereka dibandingkan dengan orang lain.

Tak hanya itu, para penggemar mereka juga pasti akan mendukung mereka sepenuhnya. Bisa saja penggemar mereka mempromosikan produk influencer tersebut atau bahkan membelinya langsung.

Tentu banyak kemudahan yang didapat bagi seorang influencer. Namun sebenarnya menjadi influencer tidak semudah yang terlihat.

Tentu mereka harus cakap dalam berbicara dan mampu menarik perhatian banyak orang. Jika tidak, perusahaan akan berpikir dua kali untuk menggunakan strategi influencer marketing.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami