Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Pernahkah Anda Berpikir Tentang Relevansi Tagar? Memperkenalkan Analisis Tagar!
Hastag menjadi salah satu elemen penting yang perlu diisi ketika melakukan pemasaran di media sosial. Hastag ini akan membantu postingan Anda agar dapat dijangkau oleh lebih banyak orang. Berikut penjelasannya!
21483
post-template-default,single,single-post,postid-21483,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
hastag-ig

Pernahkah Anda Berpikir Tentang Relevansi Tagar? Memperkenalkan Analisis Tagar!

Istilah hashtag sendiri tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Terutama jika Anda adalah orang yang sering berselancar di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain.

Hastag ig seringkali digunakan bagi mereka yang sedang melakukan promosi sebuah produk danlayanan, atau hanya untuk menyebarkan postingan kepada lebih banyak orang. Karena postingan yang menggunakan hastag ig cenderung bisa lebih banyak menjangkau orang daripada postingan yang tidak menggunakan hashtag sama sekali.

Maka dari itu seringkali promosi yang mereka lakukan berhasil. Karena hashtag sendiri sifatnya mudah menyebar, terutama di media sosial.

Artikel Terkait  Cara Mengoptimalkan Google Bisnisku dan Mempercepat Penjualan

Dilihat dari sejarahnya, hashtag sendiri diciptakan Twitter pada tahun 2007 silam yang memiliki fungsi untuk menjadikan satu atau mengelompokkan pembicaraan yang memiliki topik yang sama di media sosial.

Mengapa hashtag ini perlu dibahas lebih mendalam? Karena hashtag sendiri merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk Anda gunakan yang nantinya dapat menjangkau dan melibatkan konten media sosial Anda dengan cara yang efektif, tetapi Anda perlu melacaknya untuk memaksimalkan kinerja.

Karena tidak semua hashtag memiliki kinerja yang baik, malah bisa sebaliknya, tidak bekerja dengan masksimal. Di Instagram sendiri, postingan yang berisi hastag ig akan berpeluang untuk ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya yang bukan merupakan follower kita, jadi postingan kita akan menyebar lebih luas, jangkauannya tidak hanya sebatas follower kita.

Sehingga nantinya Anda bisa berinteraksi dengan mereka, dan bisa saja mereka menjadi followers baru Anda. Berikut beberapa tips untuk efektivitas dan pemilihan tagar yang tepat dan sesuai.

Warna Hashtag! Keterlibatan Adalah Hidup

 

warna-hastag 

Di Instagram sendiri tentu banyak sekali hashtag yang bertebaran. Jika Anda mencari hastag ig di kolom pencari, maka postingan yang menggunakan tag tersebut akan ditampilkan dalam daftar.

Urutan tampilan postingan bergantung kepada seberapa besar popularitas konten tersebut. Tidak sembarangan, jika konten Anda berada di sembilan besar, Anda memiliki peluang untuk bisa meloncat ke tampilan pertama saat pengguna membuka aplikasi Instagram di smartphone.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa postingan yang ditampilkan pada urutan pertama di layar pencarian bergantung pada popularitas. Hal ini juga diperkenalkan di artikel algoritma.

Selain itu, jumlah keterlibatan seperti komentar juga memiliki pengaruh yang besar. Jika sebuah konten memiliki komentar dan like yang banyak berarti konten tersebut sudah mampu menjangkau banyak pengguna lainnya.

Jumlah arus masuk dari pengguna (jangkauan) sangat berbeda tergantung pada cara mendapatkan jumlah keterlibatan dalam penelusuran hashtag. Namun perlu diingat, untuk meningkatkan tingkat keterlibatan postingan Anda di media sosial, 30 tagar yang awalnya populer harus dibariskan.

Hashtag Relevan

 

hastag-relevan 

Mungkin dari kalian ada yang bertanya-tanya apa alasan hashtag menjadi salah satu hal yang penting dalam pemasaran online dan apakah hashtag sepenting itu? Jawabannya adalah karena hashtag sendiri bersifat begitu cepat menyebar dari “mulut ke mulut”.

Sebagai contoh ketika Anda memposting konten dengan sebuah hashtag yang berkaitan langsung dengan promosi, pengikut Anda yang melihat akan ikut menggunakan hashtag yang sama dan pengguna lain akan mencari produk atau layanan Anda dengan hashtag tersebut.

Tentu ini memberikan feedback yang positif terhadap bisnis Anda. Kemudian hashtag nantinya akan menghasilkan visibilitas yang bagus ke dalam kampanye Anda dan dapat membantu Anda menjangkau audiens target dengan hashtag terkait yang Anda tahu sudah diikuti oleh audiens Anda.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dengan menggunakan hashtag yang sesuai dengan volume postingan, namun pada tahun 2020 Anda tidak bisa lagi mendapatkan engagement yang tinggi. Alasannya adalah hubungan antara hashtag.

Artikel Terkait  Penting Dalam SEO! Pengaturan Redirect yang harus Diperhatikan saat Memperbarui Website

Selain itu, dirasa perlu untuk melakukan riset kecil tentang apakah hashtag yang akan Anda gunakan ada di media sosial, seperti Instagram contohnya. Namun sebelumnya Anda juga harus mencari kata kunci yang sesuai dengan postingan Anda.

Jangan sampai isi postingan dengan hashtag yang Anda gunakan tidak selaras. Juga tidak ada salahnya untuk memeriksa hashtag yang di follow oleh selebgram yang tentunya memiliki banyak followers.

Mengapa begitu? Karena jika sebuah hashtag di follow oleh seorang selebgram, kita asumsikan saja bahwa hashtag tersebut menarik dan sesuai dengan topik yang ia minati. Dengan begitu, postingan Anda akan berpeluang untuk masuk dalam “zona” selebgram dan di like olehnya.

Selain hashtag yang di follow oleh selebgram, Anda juga bisa melihat kira-kira hastag ig apa saja yang digunakan oleh postingan yang masuk ke dalam daftar top. Di Instagram, biasanya ketika melakukan pencarian sebuah hastag ig, akan muncul dua jenis, yaitu jenis top dan recent.

Recent sendiri adalah postingan baru yang menggunakan hastag ig, dan top sendiri merupakan postingan yang sudah dipilih oleh sistem Instagram yang dinilai menarik dan berkualitas. Tentu sangat penting untuk mempertimbangkan tagar mana yang tidak relevan.

Karena jika tidak ini bisa berakibat fatal jika dari sekumpulan hashtag yang Anda gunakan namun terdapat dua yang tidak relevan, maka nantinya dua tag yang tidak relevan ini akan menurunkan kinerja dengan tag lainnya. Ini dikarenakan algoritma Instagram yang terlibat.

Menyediakan konten yang bermanfaat bagi pengguna akan menghilangkan ketidaknyamanan dan ketidakpuasan yang disebabkan oleh menampilkan postingan yang tidak sesuai dengan niat pengguna untuk mencari moto Instagram. Maka dari itu, diperlukan untuk melakukan riset terlebih dahulu.

Aktifkan Hashtag

 

aktifkan-hastag 

Jika Anda masih bingung untuk menentukan hashtag mana yang paling banyak diklik, dikomentari, dibagikan, dan dijangkau, Anda bisa mengurutkan daftar berdasarkan metrik yang Anda pilih dan dapatkan tampilan terperinci dari setiap kata kunci. Kemudian Anda juga dapat memeriksa analisisnya.

Jadi, memvisualisasikan efek akan mendapatkan banyak keterlibatan, dengan begitu ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui apa yang paling diminati oleh audiens Anda daripada menggunakan tagar yang banyak digunakan dan tidak ada hubungannya dengan merek atau audiens Anda.

Kesimpulan

 
Walaupun tidak terlihat sederhana, melakukan pemasaran menggunakan media sosial tentu memberikan banyak manfaat terhadap bisnis Anda dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

Anda bisa memangkas biaya untuk mencetak brosur, pamflet, dan lain-lain. Karena pemasaran online sendiri tidak memerlukan itu.

Mengenai hashtag, pastikan Anda memilih hashtag yang benar-benar memiliki kinerja yang baik, hastag ig yang banyak dicari, disukai oleh banyak orang sehingga nantinya postingan Anda lebih bisa menjangkau banyak orang.

Artikel Terkait  Apa yang Dimaksud dengan Pelanggan? Diferensiasi Pelanggan dengan Konsumen

Jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap hashtag yang akan Anda gunakan. Terdengar mudah memang, namun pada kenyataannya tidak semudah itu. Perlu kesabaran dan ketelitian tersendiri.

Jika Anda salah langkah sekali saja, maka sudah dapat dipastikan tujuan Anda cenderung susah dicapai. Kuncinya adalah bagaimana Anda menjaga agar pintu tetap harus terbuka sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan konten yang mereka cari.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami