Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Halaman Kategori untuk SEO | Hal-Hal yang Harus Diperhatikan hingga Pengaturan yang Diperlukan
Salah satu elemen penting dari struktur situs SEO-friendly adalah halaman kategori. Apakah Anda menyadarinya? Yuk, simak penjelasan terkait halaman kategori berikut ini!
21064
post-template-default,single,single-post,postid-21064,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
halaman-kategori

Halaman Kategori untuk SEO | Hal-Hal yang Harus Diperhatikan hingga Pengaturan yang Diperlukan

Jika sebelumnya saya sudah membahas bahwa konten yang baik adalah konten yang berkualitas baik, perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat pengguna untuk melihat konten yang telah dibagikan. Tentunya pembahasan terkait SEO belum berakhir sampai di sana saja, karena masih ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Artikel Terkait  Lepaskan Panduan untuk “Klik”, “Tayangan”, dan “Posisi”, di Google Search Console

Salah satu elemen penting dari struktur situs SEO-friendly adalah halaman kategori. Pertimbangan yang cermat harus diambil pada tahap desain situs, karena sifat pengguna yang dikumpulkan tergantung pada halaman kategorinya.

Mungkin masih belum banyak yang menyadari bahwa halaman kategori penting dalam menentukan konsep situs web Anda, selain meningkatkan kenyamanan pengguna tetapi juga meningkatkan efek SEO sehingga membantu perkembangan situ web Anda menjadi lebih maju. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai halaman kategori hingga pengaturan yang diperlukan.

Apakah SEO Memerlukan Halaman Kategori?

 

perlu-halaman-kategori
 

Seperti yang saya sebutkan di awal, bahwa halaman kategori diperlukan untuk SEO, dan ini berlaku untuk semua jenis situs. Khususnya pada situs komersial yang menawarkan suatu produk. Data penjualan pada masing-masing situs bisa saja mengalamani peningkatan jika Anda menggunakan halaman kategori dengan baik dan tepat. Namun sebelum itu, mari kita lihat contoh halaman kategori ini.

Misalnya, ketika situs web perusahaan Anda menjual kamera yang tentunya menyediakan berbagai jenis merk dan masing-masing merk memiliki tipe yang berbeda-beda. Tentu Anda sangat membutuhkan halaman kategori guna mempermudah pengguna dalam mencari jenis-jenis kamera yang mereka inginkan karena kebanyakan pengguna akan mencari dengan kata kunci Panjang (Long Tail Keyword) aturlah katergori seperti ini: “kamera digital” dan “kamera polaroid” di bawah kategori induk kamera.

Selain itu, jika Anda menambahkan kategori dengan “merk suatu kamera”, “nama seri”, dan “DSLR”, “kamera lensa tanpa cermin yang dapat diganti”, dan “tahan air” akan semakin mempermudah pengguna dalam mencari apa yang dibutuhkan pada mesin pencari. Selain itu agar mempermudah Anda melihat merk atau tipe kamera mana saja yang paling banyak dibeli oleh konsumen.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Halaman Kategori

 

hal-yang-harus-diperhatikan
 

Meskipun membagi kategori akan mengarah pada perolehan berbagai pengguna, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat kategori halaman.

Tambahkan Konten Asli Hanya ke Halaman Pertama Pagination

 

Anda dapat menambahkan teks asli dari konten yang terkait dengan kata kunci ke halaman kategori pada situs web Anda. Ini diperlukan untuk membedakannya dari halaman kategori situs yang bersaing. Namun, jika jumlah halaman kategori melebihi batas atas.

Halaman kedua dan selanjutnya sering dihasilkan, jadi dalam hal ini, jangan menampilkan teks asli pada halaman kedua dan selanjutnya. Pada dasarnya, jika Anda ingin membuat halaman pertama lebih tinggi, hindari memasukkan konten yang sama pada halaman kedua dan selanjutnya.

Tetapkan Judul yang Unik dan Akurat

 

Judul yang unik merupakan judul yang tidak sama dengan artikel lain, karena jika terdapat judul yang rangkap atau sangat mirip dengan konten di situs web lain maka akan memiliki efek negatif pada SEO. Selain itu tetapkanlah judul artikel yang singkat dan akurat, yakni sesuai dengan bahasan yang diangkat pada konten Anda.

Kemudian hindari membuat judul yang tidak ada kaitannya dengan konten Anda atau click bait, hal ini penting karena konten yang berkualitas selain memiliki isi yang baik dan juga harus mengandung kredibilitas agar situs web Anda memiliki citra yang baik dimata pengguna.

Manfaatkan Tag <title> Pada Judul Artikel atau Konten Anda

 

manfaatkan-tag-title
 

Selain harus memiliki citra yang baik dimata pengguna, Anda juga dapat menggunakan tag<title> pada setiap judul halaman artikel untuk memberitahu kepada pengguna. Dan mesin pencari mengenai topik dari sebuah halaman tertentu yang mengandung statement judul tersebut.

Seiring dengan kata kunci yang digunakan. Tag <title> harus ditempatkan dalam struktur tag <head> dari format dokumen HTML. Singkatnya, Anda diharuskan untuk merangkai judul yang unik pada setiap halaman di situs Anda tersebut. Tentunya ini akan menjadi tantangan tersendiri ya untuk diri Anda.

Artikel Terkait  Cara Membuat Konten yang Sudah Usang Tampil pada Peringkat Teratas

Apabila artikel Anda muncul pada hasil pencarian, isi tag judul biasanya akan muncul di baris pertama. Kata-kata yang bercetak tebal merupakan permintaan pencarian pengguna. Hal ini tentu saja dapat membantu pengguna untuk mengenali apakah halaman out relevan atau sesuai dengan yang dibutuhkannya.

Pada halaman beranda, judul dapat mencantumkan nama situs web atau bisnis yang Anda kelola dan juga dapat menyertakan informasi penting lainnya seperti kontak yang bisa dubungi, e-mail, whatsapp, sosial media serta lokasi bisnis tempat atau kantor Anda. Anda juga dapat menampilan beberapa penawaran utama Anda.

Jangan Membuat Halaman Kategori dengan Nama yang Mirip

 

Setelah tadi kita membicarakan mengenai halam judul yang harus unik, sekarang saya akan paparkan mengapa Anda harus menghindari halaman kategori yang memiliki kemiripan dengan yang lain. Dalam pertimbangan SEO, Anda mungkin ingin menggunakan kata kunci sebanyak mungkin untuk mempromosikannya, dan terkadang membuat beberapa halaman kategori dengan nama yang mirip.

Misalnya, jangan menetapkan kata kunci yang dapat dikelompokkan menjadi satu, seperti “aplikasi” dan “aplikasi” dalam kategori yang sama. Dengan mempersempit jumlah kata kunci yang ditargetkan untuk promosi, ada kecenderungan bagi SEO untuk bekerja dengan cara yang menguntungkan. Jadi buatlah konten di halaman situs web Anda tidak mirip dengan halaman kategori lain.

Atur Breadcrumber untuk Seluruh Situs

 

Tempatkan jejak breadcrumber di seluruh situs Anda, termasuk halaman kategori. Jejak breadcumber menggambarkan rute yang diambil oleh pengguna dan tidak hanya meningkatkan kegunaan, tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan tautan internal dengan efek SEO.

Anda juga dapat menampilkan breadcrumb dalam cuplikan yang kaya dalam hasil pencarian dengan menerapkan markup data terstruktur. Jadi cobalah untuk menggunakan breadcrumb secara maksimal untuk peningkatan tautan internal SEO.

Kesimpulan

 

Artikel Terkait  Mari Mempelajari Perubahan Domain dalam Menerapkan Langkah-Langkah SEO

Dengan memutuskan konten halaman kategori pada tahap mendesain situs, Anda dapat menyimpan kesulitan untuk memperbaikinya setelah menerbitkan situs. Salah satu elemen penting dari struktur situs SEO-friendly adalah halaman kategori.

Anda harus memilih judul halaman kategori yang relevan dengas situs web Anda, selain itu pastikan tidak ada judul yang mirip maupun rangkap agar tidak berefek buruk pada SEO. Halaman kategori penting dalam menentukan konsep situs web Anda, karena akan meningkatkan kenyamanan pengguna dan mempermudah mereka untuk mencari produk yang dibutuhkan.

Selain itu, sebagai catatatan, jika memungkinkan, hindari mengubah halaman kategori yang melibatkan pengubahan URL ketika situs telah berkembang sampai batas tertentu (jumlah tindakan SEO telah meningkat). Kategori penting untuk tema situs Anda dan mungkin bertanggung jawab atas sebagian besar kunjungan situs Anda. Dengan mengubah URL, Anda dapat sangat mengurangi peringkat. Untuk mencapai hasil dengan SEO, rancang halaman kategori menyeluruh terlebih dahulu.

 

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami