Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Langkah-Langkah SEO untuk Luar Negeri! Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan SEO Multibahasa
SEO memiliki karakteristik dan metode yang berbeda di setiap negara. Alasan mengapa terdapat perbedaan adalah karena mesin pencari yang menjadi arus utama di Indonesia dengan yang di luar negeri akan berbeda, konten yang populer pun tentunya berbeda. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan SEO mulibahasa.
20805
post-template-default,single,single-post,postid-20805,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
internet-marketing-strategy

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan SEO Multibahasa

Jika saat ini situs Anda sudah berkembang cukup baik di negara Anda, tidak ada salahnya untuk mengembangkan situs Anda ke negara lain. Dengan begitu Anda bisa menjangkau lebih banyak pengguna untuk berkunjung ke situs Anda.

Pengertian di atas biasa disebut dengan SEO multibahasa, yaitu situs yang memiliki konten lebih dari satu bahasa. Contohnya, saat ini Anda menyediakan konten dalam Bahasa Indonesia. Lalu Anda mempunyai keinginan agar konten Anda bisa menjangkau lebih banyak pengguna, misalkan Anda ingin konten Anda juga bisa dilihat oleh orang Thailand. Anda bisa menerjemahkan konten yang sudah ada ke dalam Bahasa Thailand.

Artikel Terkait  Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menerapkan SEO Setelah Mengatur SSL Situs

Tentu hal tersebut berpengaruh positif terhadap situs Anda. Selain bisa menaikkan reputasi website Anda, konten Anda juga berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak traffic, dan tentu saja menjangkau lebih banyak lagi pengguna. Tak hanya untuk sebuah situs saja, hal ini juga bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis yang ingin menembus pasar internasional. Maka produk Anda akan mendapatkan peluang lebih banyak pembeli. Namun, dengan menambah jangkauan lebih luas, tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk melakukan SEO multibahasa.

SEO Luar Negeri

 

seo-multibahasa 

SEO memiliki karakteristik dan metode yang berbeda di setiap negara. Alasan mengapa terdapat perbedaan adalah karena mesin pencari yang menjadi arus utama di Indonesia dengan yang di luar negeri akan berbeda, konten yang populer pun tentunya berbeda.

Termasuk rasa konten, contohnya di Indonesia memiliki lebih banyak pengunjung di jenis konten selebriti. Di luar negeri bisa saja konten jenis tersebut kurang populer. Dapat dikatakan  konten yang sedang populer di Indonesia pun belum tentu populer juga di luar negeri. Terdapat banyak hal yang mempengaruhi perbedaan tersebut. Satu hal yang dianggap baik di Indonesia pun belum tentu dianggap baik juga di luar negeri.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan SEO Multibahasa

 

Cek Minimum dan Poin yang Perlu Diperhatikan dalam SEO Luar Negeri

 
Ketika melakukan SEO luar negeri, akan ada perbedaan yang cukup besar dibandingkan dengan SEO di Indonesia. Maka sebelum itu, cobalah mengecek apakah situs Anda bisa digunakan dengan mesin pencari asing.

URL Unik untuk Setiap Bahasa

 
Agar mesin pencari mengenali situs Anda dan pengunjung bisa tahu mengenai situs Anda, buatlah konten yang sama dalam bahasa masing-masing negara. Hal ini harus dipersiapkan dengan baik. Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan ketika ingin menerjemahkan konten dalam bahasa yang berbeda :

Jangan Gunakan Bahasa Mesin

 
Mungkin beberapa dari kalian sering mengunakan bahasa mesin untuk menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya. Memang sangat membantu dan bisa dibilang sangat mudah untuk menggunakannya. Namun, ketika Anda ingin menerjemahkan konten Anda ke bahasa lainnya, usahakan jangan menggunakan bahasa mesin untuk membantu Anda. Karena seringkali hasil dari terjemahan bahasa mesin menjadi kalimat yang tidak masuk akal.

Hal tersebut bisa membuat konten yang Anda buat menjadi tidak dimengerti oleh pembaca kemudian dicap sebagai konten yang tidak baik dan tidak akan dinilai oleh mesin pencari.

Saat menerjemahkan, Anda harus melakukan terjemahan yang memiliki makna alami, bukan terjemahan mesin. Dan pastikan bahwa bahasa dalam konten tersebut jelas serta mudah dipahami oleh pembaca.

Hosting

 
Saat melakukan SEO di luar negeri, server juga penting. Pastikan server Anda bisa berjalan di negara yang Anda tuju.

Izinkan Pengguna Mengganti Bahasa Halaman

 
Anda juga bisa menambahkan hyperlink ke versi bahasa lain di halaman. Tidak harus, namun patut untuk dipertimbangkan. Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah merubah bahasa di halaman tersebut ke bahasa yang ia gunakan. Tentunya ini juga bisa memudahkan pengguna.

Domain Tingkat Atas Kode Negara

 
Merupakan kode dua huruf yang memberi tahu mesin pencari dan pengguna mengenai tempat situs web terdaftar. Untuk keperluan SEO, penggunaan domain tingkat atas kode negara merupakan cara yang paling efektif untuk membuat mesin pencari tahu bahwa konten Anda ditujukan kepada orang yang tinggal di area tertentu.

Artikel Terkait  [SEO Lokal / MEO] Cara Membidik Tampilan Teratas dalam Pencarian Regional

Gunakan Tag Hreflang

 
Google menyarankan agar website multibahasa menggunakan tag hreflang. Tag hreflang merupakan tag HTML yang membantu mesin pencari seperti Google untuk memahami berbagai bahasa di dalam situs Anda. Fungsinya untuk mengarahkan pengguna untuk mengakses halaman yang paling sesuai dengan bahasa yang digunakan pengguna.

Penargetan Geografis dengan Google Search Console

 
Jika domain yang diperoleh bukan domain tingkat atas kode negara tetapi domain tingkat atas generik (com, info, net, dll). Anda perlu melakukan penargetan geografis menggunakan Google Search Console. Anda dapat menggunakan “Alat Penargetan Negara” di Google Search Console untuk memberi tahu mesin pencari negara yang Anda targetkan.

Gunakan ini untuk menentukan negara mana yang ingin Anda targetkan untuk setiap halaman bahasa. Untuk menentukannya, pastikan dalam satu URL hanya ada satu negara, jangan sampai ada beberapa negara dalam satu URL.

Hati-Hati Dengan SEO Luar Negeri

 

hati-hati-dengan-seo-luar-negeri 

Ada banyak perbedaan antara SEO luar negeri dan SEO dalam negeri. Jangan menganggap remeh hal ini. Ketika Anda menganggap remeh hal ini, bisa saja hal yang tidak Anda inginkan akan terjadi pada situs Anda. Jadi, Anda harus berhati-hati ketika Anda menjalankan situs Anda sendiri di luar negeri.

Periksa Cepat dengan “Test My Site”

 
Banyak tempat di luar negeri yang memiliki lingkungan internet yang tidak sebaik di Indonesia. Jadi, lakukan pemeriksaan cepat pada “Uji Situs Saya” yang disediakan oleh Google, dan pastikan situs Anda selalu sempurna.

Saat ini, saluran 4G adalah yang utama di Indonesia karena hampir semua menggunakan saluran 4G. Tetapi pemeriksaan kecepatan di Test My Site dilakukan di lokasi saluran 3G. Di luar negeri, terdapat jalur 3G yang menjadi arus utama di sana, jadi dengan melakukan pemeriksaan cepat pada Test My Site, dimungkinkan akan meningkatkan pengalaman pengguna situs Anda di luar negeri, dan akan lebih mudah untuk meningkatkan evaluasi dari mesin pencari.

Periksa Konsol Pencarian Secara Teratur untuk Mencari Kesalahan

 
Tidak hanya di luar negeri, tetapi juga di Indonesia. Kesalahan pada situs seperti hilangnya halaman tertaut dapat secara langsung mempengaruhi peringkat. Terutama di luar negeri, bahkan kesalahan kecil dapat menyebabkan mesin pencari Anda menurunkan peringkat Anda.

Buka konsol pencarian situs Anda secara teratur dan sesering mungkin agar mengetahui jika terdapat kesalahan di situs Anda. Jika Anda menemukan kesalahan, perbaiki setiap kali dan pertahankan tampilan atas.

Kesimpulan

 

Artikel Terkait  [Empat Elemen Buletin yang Bagus] Pemasaran Email untuk Memulai

Anda harus memahami perbedaan demi perbedaan antara SEO dalam negeri dan SEO luar negeri. Konten yang sedang populer di Indonesia belum tentu populer juga di luar negeri. Terdapat banyak sekali perbedaan. Satu hal yang patut diingat, jangan lupa untuk selalu memikirkan pengguna saat membuat konten.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami