Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Google Search Console Cara Menggunakan Search Analytics | Lihat Panduan Ini untuk Bisa Menggunakannya
Google search console bertujuan untuk membantu para pemilik website mengidentifikasi performa website mereka diranah organik. Lalu bagaimana panduan yang tepat untuk menggunakannya? Berikut kami sajikan!
21168
post-template-default,single,single-post,postid-21168,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
Search-Analytics

Google Search Console Cara Menggunakan Search Analytics | Lihat Panduan Ini untuk Bisa Menggunakannya

Mungkin selama ini banyak dari kalian yang sudah sering mendengar Google Search Console. Atau mungkin sudah ada yang pernah menggunakannya? Jadi di artikel ini akan dibahas mengenai salah satu fitur yang terdapat pada Google Search Console.

Jadi, Google Search Console sendiri adalah tool gratis yang disediakan oleh Google. Tujuannya untuk membantu para pemilik website mengidentifikasi performa website mereka di ranah organik.

Artikel Terkait  Cara Menemukan Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram

Selain itu, manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Google Search Console yaitu Anda bisa menemukan keyword yang populer untuk bisnis Anda, mengetahui darimana datangnya pengunjung, mengidentifikasi halaman yang populer, mencari tahu backlink ke website Anda, mengidentifikasi masalah keamanan website, dan tentunya masih banyak lagi.

Lalu fitur yang akan dibahas lebih mendalam di artikel kali ini adalah Seacrh Analytics. Fitur ini akan membantu Anda mencari tahu bagaimana pengguna mengunjungi website Anda. Berikut penjelasan lebih mendalam mengenai Search Analytics.

Apa Itu Search Analytics?

 

Analytics
 

Search analytics merupakan sebuah perangkat lunak (software) berbasis web yang dapat membantu Anda menganalisis kinerja website. Mulai dari melacak, melihat umur, sampai mengetahui jumlah pengunjung.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari Google Analytics. Namun manfaat utama dari Google Analytics ini adalah untuk mendapatkan informasi terkait dengan pengunjung dan aktivitas apa yang dilakukan oleh pengunjung di website.

Dengan mengetahui hasil analisis dari Google Analytics, Anda bisa meningkatkan kinerja website Anda secara maksimal. Hasil analisis tersebut bisa Anda jadikan bahan untuk membuat konten baru yang lebih baik lagi.

Tentunya Anda juga menjadi lebih peka mengenai apa yang dibutuhkan pengguna. Tak hanya itu, Google Analytics juga bisa membantu Anda mengamati atau mengumpulkan data SEO website Anda pada mesin pencari Google.

Item yang Dapat Diperiksa

 

Dapat-Diperiksa
 

Terdapat beberapa item yang bisa Anda periksa melalui Google Analytics, yaitu jumlah klik, berapa jumlah klik yang dihasilkan situs Anda pada hasil pencarian Google? Lalu jumlah tampilan, Rasio Klik Tayang (RKT), dan posisi atau peringkat dalam hasil pencarian.

Saring Item

 

Untuk memeriksa item diatas tadi terdapat tujuh jenis filter yang ada di Google Analytics. Filter-filter tersebut diantaranya:

Kueri

 

Dengan mengizinkan pengguna untuk mencari dan memfilter situs Anda berdasarkan kueri yang diakses atau ditampilkan di hasil pencarian. Biasanya saat melakukan pencarian dengan kata kata kunci tertentu, maka situs-situs yang muncul pada hasil pencarian akan berisi kata kunci yang Anda cari di dalam halaman tersebut.

Contohnya Anda melakukan pencarian dengan kata kunci “makan”. Maka situs yang muncul di layar hasil pencarian pasti di dalam halaman mereka terdapat kata “makan”.

Selain itu, situs yang di dalamnya memiliki topik yang masih berkaitan dengan “makan” juga akan muncul. Terdapat tiga kondisi untuk memfilter kueri yaitu termasuk, tidak termasuk, dan cocok.

Halaman

 

Sama seperti kueri, Anda bisa memfilter URL yang akan ditampilkan dan diakses pada halaman situs. Anda juga bisa membandingkan berbagai URL, menentukan direktori tertentu dan sebagainya.

Negara

 

Jika website Anda menargetkan pengguna dari negara tertentu, Anda bisa memerintahkan Google untuk memfilter pengguna dari negara yang Anda inginkan. Dengan menetapkan satu negara target pada website Anda, tentunya dapat membantu Google untuk memahami audiens utama website Anda.

Namun bukan berarti dengan menetapkan negara terget website Anda tidak akan muncul di negara yang tidak Anda targetkan. Jika website Anda dinilai masih relevan maka bisa saja website Anda ditampilkan oleh Google di negara lain.

Hanya saja Google lebih memprioritaskan website Anda di negara yang Anda targetkan. Misalnya Anda ingin pengguna Anda lebih banyak yang berasal dari Indonesia, maka Google lebih memprioritaskan website Anda untuk tampil di kalangan pengguna yang berasal dari Indonesia.

Artikel Terkait  5 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Meluncurkan Blog Sendiri dalam Penerapan SEO

Anda bisa mengaturnya dengan cara klik menu Search Traffic dan klik sub menu International Targeting, kemudian pilih tab Country dan tentukan negara mana yang ingin Anda targetkan.

Alat

 

Anda bisa mengetahui para pengguna menggunakan perangkat apa ketika berkunjung ke situs website Anda. Apakah menggunakan tablet, PC, atau smartphone.

Jenis Pencarian

 

Tanpa diketahui, Anda juga dapat memfilter apakah pengguna melakukan pencarian di website, gambar atau video.

Bagaimana Tampilannya dalam Pencarian

 

Selain pengunjung, Anda juga bisa melihat bagaimana tampilan situs Anda dalam pencarian.

Tanggal

 

Mengenai data pasti sangat penting bagi Anda pemilik website. Salah satu filter di Google Analytics yaitu tangal, maksudnya adalah Anda bisa melihat data per hari. Atau Anda bisa melihat data dari setiap tanggal.

Karena pasti Anda membutuhkan data ini untuk menentukan dan membandingkan periode saat ini dengan periode sebelumnya. Tentu bisa juga untuk membandingkan data yang sekarang dengan data bulan lalu.

Cara Melihat Analytics Pencarian

 

Analytics-Pencarian
 

Di Google Analytics terdapat beberapa faktor yang menentukan halaman mana yang harus diperbaiki, yaitu tinggi atau rendahnya jumlah tayangan dan data RKT menurut peringkat. Ketika berbicara mengenai jumlah tampilan sulit untuk mengatakan bahwa untuk mendapatkan banyak tampilan tidak perlu banyak syarat karena ini tergantung pada jenis dan ukuran situs.

Tetapi bisa dikatakan bahwa hal tersebut merupakan nilai rata-rata dan median dari seluruh situs yang sering digunakan. Untuk peringkat dan RKT, cobalah lihat data RKT untuk setiap peringkat.

Jika situs Anda berada di peringkat 11 atau lebih rendah, maka kemungkinan besar tidak akan ada klik atau tidak ada pengguna yang mengklik situs Anda. Tindakan pertama yang harus Anda lakukan ketika mengalami kondisi tersebut adalah naikkan peringkat situs Anda menjadi 10 besar. Karena dengan begitu, kemungkinan situs Anda tidak diklik oleh pengunjung secara bertahap akan menurun.

Analisis Pencarian Menggunakan Kasing

 

Jika halaman Anda dibuat untuk menyediakan layanan maka masukkan “layanan” ke dalam tag judul untuk meningkatkan RKT. Berhati-hatilah ketika menambahkan tag judul yang berbeda dari konten halaman hanya karena tag judul tidak mengandung permintaan.

Artikel Terkait  Apa Itu Page Rank? Tentang Algoritma Pagerank Google dan Efek SEO

Selain itu, dalam tag deskripsi meta juga menyertakan kueri, sehingga kueri ditampilkan pada cuplikan hasil pencarian yang akan meningkatkan RKT situs Anda. Setelah membaca tentu Anda sependapat bahwa Google Search Console mempunyai banyak manfaat untuk mengembangkan website Anda.

Salah satunya Anda bisa mendapatkan data akurat mengenai kemanan, kata kunci, sampai kinerja website Anda pada hasil pencarian. Anda dapat meningkatkan aliran masuk ke situs Anda dengan menggunakan Google Analytics.

Selain itu, Anda dapat meningkatkan jumlah kunjungan dengan menambah rasio klik dan bisa menaikkan peringkat situs Anda. Ditambah lagi Anda juga bisa mendapatkan perspektif baru mengenai konten dan kata kunci apa yang paling menghasilkan. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Google Search Console pada website Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami