Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Tren Ecommerce 2020 | 3 Tips dan Panduan Lengkap untuk Facebook Shops yang Sukses
Pada dasarnya langkah pemasaran akan berjalan sesuai keinginan jika kita melakukan langkah-langkah yang tepat. Maka, perlu bagi Anda untuk memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Terutama jika Anda ingin membuat Facebook Shops, simak tips selengkapnya!
21500
post-template-default,single,single-post,postid-21500,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
facebook-shops

Tren Ecommerce 2020 | 3 Tips dan Panduan Lengkap untuk Facebook Shops yang Sukses

E-commerce atau perdagangan elektronik akhir-akhir ini sedang melesat tinggi. Tak heran, karena e-commerce sendiri nyatanya jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan bisnis konvensional.

Selain itu, biaya yang dibutuhkan juga lebih sedikit, karena e-commerce tidak membutuhkan media cetak untuk memasarkan produk, melainkan hanya mengandalkan media sosial, website, atau email.

Salah satu media sosial yang telah menjadi pemasaran baru untuk e-commerce adalah Facebook yang telah menjadi tempat perdagangan sosial terbesar. Facebook ada di urutan ketiga sebagai platform yang paling banyak dikunjungi setelah Google dan YouTube.

Artikel Terkait  Definisi Media Milik Sendiri dan Apa Perbedaannya dengan Media Lain?

Ia juga dikenal sebagai tempat berkumpulnya pergaulan bisnis. Terdapat banyak cara untuk menggunakan Facebook sebagai bisnis.

Baru-baru ini Facebook memperkenalkan bagian “toko” di halaman Facebook mereka, yang akan memungkinkan pengguna membeli produk langsung di Facebook.

Apa yang Anda Lakukan dengan Bisnis Facebook

 

bisnis-facebook 

Di Facebook, Anda bisa memasarkan produk Anda melalui gambar atau video. Karena kedua format tersebut sudah didukung oleh Facebook. Selain itu, jika Anda ingin melakukan siaran langsung, seperti demo produk, Anda bisa menggunakan fitur siaran langsung yang ada di sana.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memasang iklan di Facebook, iklan dibuat oleh Ad Manager. Dengan beberapa cara tersebut, Facebook menyediakan platform bisnis dengan distribusi konten, periklanan, dan perdagangan sosial yang menjadi tiga hal utama.

Situasi E-Commerce 2020: Bagaimana Kami Bisa Berjualan di Facebook?

 
Jika Anda belum tertarik untuk menjadikan Facebook sebagai saluran penjualan Anda, nampaknya Anda harus berpikir ulang. Mengapa?

Karena 74% pengguna Facebook mengakses platform tersebut setiap harinya dan menghabiskan rata-rata lebih dari 38 menit per hari untuk berselancar di Facebook. Sebagian besar dari waktu tersebut juga didedikasikan untuk belanja di Facebook Shops.

Apa Itu Facebook Shops?

 
Facebook Shops sendiri adalah salah satu aplikasi yang ada pada halaman bisnis Facebook, aplikasi tersebut dapat diintegrasikan dengan halaman perusahaan Facebook yang Anda miliki sehingga nantinya berfungsi sebagai tempat promosi dan menjual produk Anda langsung ke pengguna.

Artikel Terkait  Mengapa Pemasaran Email Penting Saat Ini? Komentar Beserta Tren Terbaru

Ini dinilai efektif karena di Facebook Shops sendiri Anda sudah bisa langsung membelinya dengan mengklik tombol beli yang tertera di sana, kemudian tombol tersebut nantinya akan membawa Anda ke halaman pembelian online merek atau situs resmi penjual. Katalog merek tersebut juga tersedia di Facebook Shops.

Contohnya PUMA yang memiliki sejumlah besar pemasaran media sosial dan menambahkan bagian toko ke halaman Facebooknya guna mendorong penjualan mereka dari platform tersebut.

Tak hanya itu, ketika Anda mengklik detail produk, maka akan muncul penjelasan singkat mengenai ukuran, warna, dan deskripsi produk yang ditampilkan secara bersamaan melalui foto dan video dari produk tersebut.

Untuk sistem pembayaran, Facebook Shops memiliki dua metode pembayaran. Yaitu Check Out di Website dan Message to Buy. Anda bisa memilih dari kedua metode tersebut.

Jika Anda memilih Check Out di Website, Anda akan dialihkan ke layar e-commerce yang dioperasikan langsung, kemudian Anda akan dapat menyelesaikan pembayaran dengan memasukkan alamat pembayaran dan pengiriman.

Berbeda dengan Message to Buy, misalnya jika Anda tidak membayar secara online, seperti transfer bank atau pembayaran seluler, Anda bisa menggunakan fungsi pesan Facebook ini untuk berkomunikasi dengan pembeli dan memberi tahu mereka mengenai metode pembayaran yang akan Anda gunakan.

Tak hanya itu, jika Anda membuka toko di Facebook, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Menambahkan jumlah produk yang tidak terbatas untuk dipromosikan
  • Membuat berbagai koleksi dan kategori produk
  • Dapat melihat wawasan tentang statistik seperti tayangan, penjualan dan kunjungan
  • Pengguna dan halaman toko Anda dapat berinteraksi lebih langsung melalui komentar atau messenger

 
Anda dapat melakukan seluruh operasi melalui Facebook jika Anda mau. Facebook versi AS memiliki lebih banyak fitur yang dapat mempermudah penjual. Contohnya dimana Anda dapat memproses pesanan Anda di Facebook, seperti “dikirim”, “batalkan pesanan”, atau “pengembalian dana pesanan”.

Tak semudah yang dibayangkan, untuk menghasilkan lebih banyak uang melalui toko Facebook, Anda perlu untuk menumbuhkan audiens atau komunitas Facebook Anda sebagai sebagian dari strategi pemasaran bisnis secara keseluruhan.

Tentu untuk mengumpulkan audiens tidak mudah. Hal tersebut membutuhkan beberapa upaya agar tujuan pemasaran media sosial Anda tercapai. Tetapi dengan menggunakan Facebook akan membuat penargetan orang dengan minat tertentu jauh lebih mudah daripada berpegang pada satu platform.

Bagaimana Cara Membuka Toko di Facebook?

 
Jika Anda berminat untuk membuka toko di Facebook, tidak sulit. Metode dasarnya adalah membuat toko Facebook dan menghubungkan pembayaran langsung ke keranjang e-commerce Anda. hal ini akan membuat pengguna tidak perlu keluar dari Facebook untuk membeli produk atau menggunakan platform eksternal. Ini dinilai efektif bagi pengguna.

Namun masih ada cara lain. Anda juga dapat menggunakan platform e-commerce dan membuat toko online di sana. Jadi, Anda dapat menautkan platform e-commerce Anda ke halaman Facebook Shops yang telah Anda miliki.

Untuk cara yang ke dua cocok untuk bisnis yang sedang memperluas kehadiran online mereka dengan menggunakan dua platform. Namun perlu diketahui bahwa menggunakan akun pribadi untuk menjual produk nyatanya melanggar Persyaratan Layanan Facebook.

Artikel Terkait  Standar Influencer Marketing Terbaru dan Pekerjaan Sampingan dengan SNS

Membuat Facebook Shops

 

membuat-facebook-shops 

Cukup mudah untuk membuat toko di Facebook, hanya dengan 4 langkah berikut Anda sudah bisa membuat toko Facebook Anda sendiri.

Tambahkan Tab Toko

 
Ini adalah langkah yang harus Anda lakukan pertama kali. Pertama, buka Page Setup dan klik Templates & Tabs. Kemudian scroll halaman sampai pada bagian bawah kemudian Tambah Tab. Ini nantinya akan menambahkan tab toko ke halaman Facebook Anda.

Menyiapkan Toko Facebook

 
Setelah Anda menambahkan tab Toko, langkah selanjutnya adalah menyiapkan toko Anda. Caranya buka halaman Facebook Anda dan klik “Belanja”. Selanjutnya Anda harus menyetujui terlebih dahulu syarat dan ketentuan penjual Facebook.

Disarankan untuk membaca semua persyaratan sebelum mengklik Lanjutkan. Setelah mengklik Lanjutkan, Anda akan disuruh memilih metode pembayaran yang Anda sukai. Pilih juga mata uang yang Anda inginkan.

Tambahkan Produk ke Toko Facebook

 
Setelah toko Facebook Anda jadi, tambahkan produk ke dalamnya. Anda akan diberikan pilihan untuk mengupload foto atau video produk beserta detailnya seperti nama produk, harga dan deskripsi produk.

Kemudian klik Add Product dan masukkan detail produk. Mulai dari harga, nama produk serta deskripsi. Pastikan juga gambar atau video yang Anda upload sesuai dengan pedoman foto yang direkomendasikan Facebook.

Saat Anda menambahkan item ke toko untuk pertama kalinya, item tersebut ditampilkan sebagai “Dalam Peninjauan”. Jika item tersebut sesuai dengan kebijakan Facebook, itu akan disetujui dan ditampilkan di toko dalam waktu 24 jam.

Saat produk disetujui, notasi di atas akan muncul. Anda dapat mengulangi proses ini untuk menambahkan produk ke toko Facebook Anda sebanyak yang Anda suka.

Kelola Produk dan Pesanan

 
Setelah toko Facebook Anda aktif dan sudah berjalan, Anda perlu mengelola produk dan pesanan Anda. Untuk mengelola produk dan pesanan, klik pada tab Alat Posting di bagian atas halaman Facebook, kemudian klik toko dari menu sidebar, maka Anda dapat mengelola produk Anda.

Artikel Terkait  Apa yang Dimaksud dengan Pelanggan? Diferensiasi Pelanggan dengan Konsumen

Bagaimana Cara Menandai Produk di Kiriman Facebook?

 
Dengan menandai produk dengan cara memposting pada halaman facebook Anda merupakan salah satu cara bagus untuk meningkatkan kesadaran bisnis Anda serta dapat mendorong penjualan. Perlu untuk menandai produk di kiriman Anda.

Tips agar Facebook Shops Sukses

 

facebook-shops-sukses 

Seperti yang sudah dijelaskan, untuk mendapatkan lebih banyak konversi dari toko Facebook, Anda perlu meningkatkan audiens Facebook Anda. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk toko Facebook Anda:

Selalu Berikan Layanan Pelanggan yang Proaktif

 
Utamakan pelanggan, berikan layanan yang terbaik untuk pelanggan. Anda bisa memberikan respon yang cepat ketika ada pelanggan yang memberikan komentar. Perlu juga untuk mengelola komentar negatif, Anda bisa menyembunyikan atau menghapus komentar negatif tersebut.

Ukur Kinerja

 
Lacak kinerja posting produk Anda dan iklan berbayar untuk menyempurnakan strategi pemasaran Facebook Anda. Jika kinerja iklan Anda kurang efektif, gunakanlah cara lain yang bisa lebih mendapatkan perhatian audiens.

Pada dasarnya langkah pemasaran akan berjalan sesuai keinginan jika kita melakukan langkah-langkah yang tepat. Maka, perlu bagi Anda untuk memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan dan tidak dilakukan.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami