Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | [Empat Elemen Buletin yang Bagus] Pemasaran Email untuk Memulai
Tahukah Anda jika pemasaran email saat ini menjadi kebutuhan pokok suatu bisnis? Ingin tahu tips pemasaran email yang tepat? Yuk, simak artikel berikut ini! Kami menyajikan tipsnya bagi Anda yang pemula.
21435
post-template-default,single,single-post,postid-21435,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
pemasaran-email-digital

[Empat Elemen Buletin yang Bagus] Pemasaran Email untuk Memulai

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan email. Pemasaran email bisa menjadi media pemasaran terkuat, namun itu tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Apakah Anda memiliki masalah atau masih bingung dengan bagaimana caranya membuat majalah email yang bagus atau email yang menarik perhatian pelanggan?

Pada artikel kali ini saya akan mengupas seputar pemasaran email, bagi Anda yang masih belum terlalu memahaminya maka Anda membaca artikel yang tepat. Yuk, langsung saja kita simak artikel berikut ini!

Empat Elemen Newsletter yang Baik

 

elemen-newsletter 

Elemen Buletin yang Baik

 
Terdapat beberapa unsur-unsur yang bisa dikategorikan sebagai majalah email yang bagus, yaitu terdiri dari:

Kualitas Konten

 
Perhatikan strukturnya. Pastikan majalah email Anda memiliki struktur yang jelas. Kemudian sampaikan dengan jelas apa yang ingin disampaikan oleh penulis, sehingga nanti pembaca mudah untuk memahaminya. Dan, aturlah tata letaknya agar mudah dilihat.

Keramahan, Kehangatan

 
Jika terdapat catatan tambahan di dalam majalah email Anda tentu suatu hal yang menarik dan menyenangkan. Anda juga bisa menambahkan penjelasan singkat tentang kepribadian penulis. Ini juga bisa menyampaikan rasa persatuan antara penulis dan pembaca.

Informasi

 
Jika di dalam majalah email Anda memiliki informasi yang kaya, tentu hal tersebut sangat bagus. Artinya majalah email Anda bisa sangat berguna bagi pembaca. Perlu juga untuk memasukkan informasi baru yang ada. Terlebih lagi jika di dalam majalah email Anda memuat informasi yang tidak dapat diperoleh di tempat lain.

Panggilan untuk Bertindak

 
Tak salah untuk memberikan kupon atau undian agar pelanggan bertindak. Selain itu, kuis dan ramalan juga menarik, terutama ramalan zodiak, banyak orang yang suka membaca ramalan zodiak mereka. Selain itu, tautan ekstensif ke web juga bisa Anda isikan di dalam majalah email Anda.

Jika berbicara mengenai majalah email, tentu semua elemen di dalamnya penting, tetapi terdapat beberapa bagian yang menjadi sangat penting.

Itu adalah subjek adalah hal yang sangat penting. Hanya dengan membaca subjek, pelanggan bisa langsung memutuskan apakah mereka akan membuka email tersebut atau tidak. Namun kenyataannya menulis naskah memanglah sulit, tetapi cobalah untuk melakukan yang terbaik.

Perangkat Itu Tidak Menguras Cerita

 
Memang tak salah jika di dalam buletin email Anda membahas tentang produk yang Anda jual, namun jangan keseluruhan. Majalah email yang memberikan hasil yang mengesankan tidak hanya tentang produk yang ingin mereka jual, tetapi juga tentang diri mereka sendiri, keluarga, penduduk setempat, dan banyak penggemar membacanya.

Jika Anda menggunakan metode pemasaran email, ada hal menarik yang dapat Anda dapatkan, yaitu Anda dapat melihat hasilnya dengan segera (rasio klik, rasio pembelian, dan lain-lain).

Kumpulkan Alamat Email

 
Ada tiga faktor keberhasilan pemasaran email, yaitu komunikasi, barang / layanan, pembaca (prospek).

Mereka yang baru mulai menggunakan email sering kali hanya melihat satu komunikasi saja. Misalnya, manajer toko online mengatakan bahwa ia bekerja keras untuk mengirim buletin email, tetapi hasilnya tidak begitu baik.

Pembaca menjadi subjek utama saat ini. Sejumlah besar pembaca yang membeli tinggi merupakan 33% dari kunci pemasaran email yang sukses. Berikut cara mengumpulkan alamat email (memperoleh pembaca).

Gunakan Iklan Internet dengan Bijak

 
Seringkali kita menemukan iklan online ketika kita membuka internet. Anda juga bisa menggunakan iklan internet ini untuk membantu Anda, namun tentu dengan penggunaan yang bijak.

Artikel Terkait  Cara Menggunakan Website Marketing Plan | Memenuhi Rencana Tahunan dengan Memasukkan Angka dan Target saat ini

Secara khusus, ada layanan seperti klik tindakan. Anda bisa mendapatkan untung dari iklan online ini. Anda juga bisa merujuk ke “Iklan Promosi Yahoo!” dan “Iklan Google Adwords”, ini merupakan layanan yang dijamin di klik.

Kumpulkan dengan Seksama di Lapangan

 
Untuk bisnis yang memiliki toko nyata, itu bisa menjadi tempat yang baik untuk mengumpulkan alamat email. Anda juga dapat mengisi formulir dengan garis lurus yang disebut “Registrasi pembaca majalah email” di sini, atau Anda dapat memasukkan alamat email Anda di samping kode pos, alamat, nomor telepon, dan lainnya pada saat pendaftaran anggota. Metode ini bersifat menyeluruh di lapangan yang bertujuan untuk memutuskan keberhasilan atau kegagalan.

Bentuk Aliansi

 
Ada batasan untuk mengumpulkan alamat email sendiri. Yang dibutuhkan adalah aliansi dengan perusahaan terkait yang tidak bersaing secara langsung. Contohnya perusahaan A meproduksi buletin anggur, perusahaan B memproduksi majalah keju.

Tapi kami akan memperkenalkan pembaca kami satu sama lain. Untuk majalah e-mail anggur, “Jika Anda membaca majalah e-mail keju perusahaan B? Daftarkan di sini!” Dan untuk majalah e-mail keju, “Jika Anda membaca majalah e-mail anggur perusahaan A? Daftarkan di sini!”

Viral Marketing Menunggu Kasus yang Sukses

 
Maksudnya adalah pembaca menyebarkan majalah yang menurutnya menarik ke teman-temannya yang lain agar mereka ikut membacanya. Sehingga akan menyebar dari orang ke orang.

Namun, tidak ada kisah sukses besar dari ide ini. Tentu saja, pengenalan sekitar 1% akan terjadi, tetapi itu sama sekali tidak sesuai dengan biaya membangun perangkat viral. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

Tiga Prinsip Pemasaran Email

 

iklan-di-internet 

Jika prinsip Anda adalah “Kami mengirimkan email untuk tujuan pemasaran. Ini adalah pemasaran email.” Karena saat ini cukup banyak perusahaan yang bekerja pada pemasaran email. Namun, ada perusahaan yang mencapai hasil besar dan perusahaan gagal karena biaya tinggi.

Ketika mengamati dua kelompok perusahaan ini, telah ditemukan bahwa ada banyak kasus di mana terdapat perbedaan antara perusahaan yang mematuhi ketiga prinsip yang akan dibicarakan dan yang tidak. Dengan kata lain, untuk mewujudkan pemasaran email yang benar, perlu mematuhi tiga poin berikut :

Pengiriman Terus Menerus

 
Seorang manajer toko online yang mengeluh, “Saya mencoba mengirim email, tetapi tidak membuahkan hasil,” adalah contoh khas yang tidak tahu prinsip ini.

Perusahaan yang berhasil dengan pemasaran email mengirimkan email hampir secara terus menerus. Beberapa majalah email terus teratur, sementara yang lain memiliki jumlah terbatas. Kuncinya adalah terus mencoba.

Dua Arah

 
Tentu saja, perangkat lunak email yang biasanya Anda gunakan untuk pekerjaan atau keperluan pribadi memiliki tombol balasan. Ini juga memiliki makna yang hebat ketika mengirimkan majalah surat secara massal. Artinya bahkan jika penerbit tidak berniat, balasan dari pembaca kemungkinan akan terjadi.

Artikel Terkait  Ada Berapa Alat Pemasaran? Bagaimana Memilih Alat yang Tepat untuk Strategi Anda

Tentu terdapat berbagai respon balasan mulai dari yang positif sampai yang negatif. Contoh positifnya seperti pertanyaan atau dorongan, dan untuk yang negatif seperti pendapat dan keluhan.

Ini adalah fitur unik dari e-mail yang tidak tersedia di media tradisional seperti iklan TV, iklan surat kabar, surat DM, dan faks.

Selain itu, jika kata kunci “dua arah” diambil dalam arti luas, penting juga untuk meminta pengguna menanggapi kuesioner dengan menggunakan web yang diinduksi melalui email.

Anda juga bisa meminta pembaca untuk menumpahkan pengalaman mereka, entah itu berupa laporan penggunaan produk, pendapat, dan lain-lain untuk dijadikan konten email di edisi berikutnya dan seterusnya.

Manajemen Krisis untuk Operasi Majalah Email

 
Penggunaan e-mail, yang dapat dicapai dengan biaya yang relatif rendah dan sangat efektif, sudah menjadi pengetahuan umum di kalangan pemasar. Namun terdapat risiko di dalamnya, yaitu:

Sejumlah Kecelakaan Tragis

 

  • Kesalahan uraian konten
  • Campur-campur daftar
  • Salah satu operasi salah
  • Kecelakaan sistem
  • Kebocoran informasi pribadi

 

Untuk Pencegahan Kecelakaan, Pembentukan Sistem dan Sikap Manajemen Puncak

 
Ada dua karakteristik umum bagi perusahaan yang menyebabkan kecelakaan. Yang pertama adalah bahwa hanya ada satu orang yang bertanggung jawab atas surat.

Setiap orang membuat kesalahan. Selain itu, karena manusia memiliki “kepercayaan”, mereka sering tidak melihat kesalahan di depan mereka. Satu-satunya cara untuk mencegah hal ini adalah dengan menetapkan beberapa personel email dan melakukan pemeriksaan ganda.

Tentu saja, beberapa perusahaan mungkin tidak mampu membeli dua kontak email khusus.

Yang kedua adalah kasus di mana top (manajer) sebenarnya kurang kompeten tentang operasi yang stabil.

Jangan takut gagal. Takut untuk tidak belajar dari kegagalan

 
Perusahaan-perusahaan akan membuat kesalahan, kemudian pembacanya akan merasa was-was, dan akhirnya menderita kerugian finansial yang sangat besar.

Jika Anda ingat tiga hal, “tingkatkan sistem dan periksa kembali”, “perlihatkan sendiri pentingnya operasi,” dan “belajar dari kegagalan”, tidak ada yang perlu ditakuti.

Mengukur Efek Newsletter

 
Ada banyak kekuatan e-mail, seperti jenis pengiriman yang memungkinkan Anda untuk melompat ke saku pihak lain, Anda dapat membuat dan mengirim dengan cepat, dan biaya yang relatif rendah. Tapi jangan lupa efeknya mudah diukur. Melalui email, banyak informasi pelanggan seperti log terbuka, cek respons (jumlah klik), dan konversi (pembelian) dapat diperoleh.

Artikel Terkait  Apa Itu MFI (Mobile First Index) | Periksa Langkah-Langkah dan Informasi Terbaru

Kekhawatiran DM Mail

 
Terdapat tiga kategori orang, yang pertama yaitu orang yang membuang tanpa membuka, kemudian yang membuka paket tetapi membuangnya tanpa membaca isinya, dan terakhir yang membukanya, membaca isisnya dengan hati-hati, tetapi ternyata tidak membelinya.

Dasar-Dasar Pengukuran Adalah : Buka – Klik – Pembelian (Konversi)

 
Pertama-tama, dimungkinkan untuk mengukur apakah surat yang dikirim dibuka, tetapi apakah itu surat HTML. Misalnya, Anda dapat mengetahui dari log terbuka apakah Anda mengirimnya atau langsung ke tempat sampah, atau setidaknya membukanya.

Selanjutnya, kami akan memandu Anda dari teks email ke WEB, tetapi ini dapat dipahami oleh mekanisme yang disebut respons cek (jumlah klik). Orang-orang yang mengklik adalah mereka yang tertarik pada teks email dan ingin melihat gambar produk seperti apa atau mereka ingin membeli produk tersebut. Dan orang-orang yang tidak tertarik adalah mereka yang tidak mengklik.

Orang yang berkorespondensi dengan “Seseorang yang melemparkannya tanpa membuka” dapat dihapus dari daftar distribusi. Jika A nampaknya merupakan persentase daftar yang tinggi, Anda mungkin perlu mengulangi langkah-langkah pengumpulan pemimpin dan menyegarkan daftar.

Tidak peduli berapa kali Anda mengirim email, tampaknya ada banyak orang yang berkorespondensi dengan “Orang yang membuka tetapi tidak mengklik”, mungkin ada masalah dengan teknik menyusun kalimat email Anda.

Setidaknya mereka membuka kotak dengan minat pada subjek, jadi cobalah Anda mendesain ulang konduktor yang mengarahkan mereka ke web dengan nyaman pada teks email. Namun, dalam dunia surat Anda dapat mengirim kembali push mail hanya ke orang yang mengklik untuk menjelajahi web tetapi tidak membeli.

Mengukur Efek Psikologis

 

mengukur-pemasaran 

Untuk mengukur efek psikologis ini Anda bisa menggunakan survei. Terdapat dua tips, yang pertama adalah melakukan survei setiap hari untuk majalah email. Kemudian masukkan “item pengamatan titik tetap” ke dalam kuesioner yang dilakukan setiap hari.

Ayo Memanfaatkan Email HTML

 
Ini adalah surat berwarna-warni dengan gambar dan ilustrasi. Baru-baru ini, lingkungan seperti kecepatan komunikasi dan perangkat lunak surat telah diatur, dan semakin banyak perusahaan yang menggunakan surat HTML.

Gandakan Efek Dengan Surat HTML

 
Kenyataannya, surat HTML dua kali bekerja lebih efektif. Berbeda dengan beberapa tahun lalu yang mana orang-orang membenci surat HTML. Tetapi saat ini malah sebaliknya, mereka memuji-muji surat HTML.

Tak hanya dalam pemasaran, Anda juga bisa menggunakan email dalam ruang lingkup komunitas, organisasi, dan banyak lagi.

Pengantar Penggunaan Email HTML Professional

 

Menggunakan Formulir

 
Pertama, Anda bisa memasukkan formulir di dalam email itu sendiri. Masuk akal bahwa email dan pembaca web kehilangan 80 hingga 90% setiap kali mereka mengklik. Oleh karena itu, sebaliknya, dimungkinkan untuk meningkatkan tingkat respons hampir 10 kali lipat dengan menggunakan formulir dalam surat HTML.

[Surat HTML Tanpa Gambar] Beberapa Surat HTML

 
Dengan kata lain, ini adalah gambar dokumen yang dibuat menggunakan pengolah kata. Anda bisa menambahkan ukuran font pada bagian-bagian penting dari teks, ubah warna, atau garis bawahi.

Banyak Tautan

 
Surat HTML juga efektif untuk banyak tautan. Tentu ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memperkenalkan banyak URL.

Apa Perbedaan Antara WEB Dan HTML Mail?

 
Jumlah perusahaan yang sudah mulai mengirim email HTML meningkat. Anda secara bertahap akan terbiasa dengan pembuatan email HTML, yang merupakan sesuatu hal yang besar pada awalnya. Pada saat itu, pertanyaan-pertanyaan berikut mulai muncul.

Apa perbedaan antara WEB dan HTML mail di tempat pertama? Sebenarnya keduanya ditulis dalam HTML, jadi pada prinsipnya harus sama.

Artikel Terkait  Apa Hubungan SEO dengan Jumlah Karakter dalam Konten? Perubahan Persepsi yang Diperlukan untuk Mendapatkan Hasil

Pemasaran Basis Data

 
Tanpa Anda sadari ini adalah pemasaran basis data utama. Database marketing adalah pemanfaatan database pelanggan agar dapat berkomunikasi secara tepat dengan setiap pelanggan dan menyimpan informasi yang diperoleh dari komunikasi dengan pelanggan dalam database pelanggan.

Namun, jumlah kasus sukses aktual sangat kecil. Meskipun banyak perusahaan menerapkan hingga mengumpulkan informasi pelanggan sampai batas tertentu, itu hanya digunakan untuk pemrosesan akuntansi.

Email dapat memecahkan dua masalah. Pertama adalah rintangan pada tahap pengumpulan informasi. Sebagai contoh, adalah hal biasa bagi tenaga penjualan untuk mendapatkan banyak informasi selama negosiasi bisnis dengan pelanggan. Kemudian permasalahan yang kedua adalah pada tahap pemanfaatan informasi.

Diasumsikan ada banyak informasi seperti hobi dan preferensi, gaya hidup, riwayat pembelian serta jenis kelamin, usia, dan komposisi keluarga. Awalnya, jika Anda membuat dan mengirim 1 juta email DM berbeda untuk 1 juta orang, Anda dapat mengharapkan efek yang luar biasa.

Namun, ini tidak mungkin dilakukan dengan teknologi pencetakan, penjilidan dan enkapsulasi saat ini. Akibatnya, basis data pelanggan yang kaya menjadi harta. Kedua masaah tersebut bisa Anda pecahkan hanya dengan email. Pemasaran basis data dapat dengan mudah diwujudkan dengan menggunakan email.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami