Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Apa Itu Email Marketing? Kumpulan Kasus Sukses dan Metode Penetapan Tujuan
Email adalah adalah menggunakan pengguna untuk menggerakkan diri mereka sendiri untuk mencapai tujuan pemasaran menggunakan email. Berikut kami sajikan kumpulan kasus sukses dan metode penerapan tujuan dari email marketing. Simak selengkapnya!
21384
post-template-default,single,single-post,postid-21384,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
thumbnail-baru

Apa Itu Email Marketing? Kumpulan Kasus Sukses dan Metode Penetapan Tujuan

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak perusahaan yang menerapkan langkah-langkah pemasaran digital. Di antara mereka, salah satu langkah yang paling akrab adalah email marketing. Apa itu pemasaran email? Dari dasar-dasarnya, kami akan memperkenalkan aliran distribusi aktual, alat yang diperlukan, dan kasus yang berhasil.

Apa Itu Email Marketing?

 

pengertian
Email adalah adalah menggunakan pengguna untuk menggerakkan diri mereka sendiri untuk mencapai tujuan pemasaran menggunakan email. Dalam email marketing Anda membutuhkan informasi pribadi seperti nama dan alamat calon pelanggan.

Informasi pribadi tersebut diperoleh ketika pengguna mengambil tindakan (misalnya, pertanyaan atau pendaftaran keanggotaan), atau diperoleh dengan menukar kartu nama. Saat mengirim email, penting untuk mengirimkan konten yang sesuai dengan setiap pelanggan pada waktu yang tepat.

Menarik pengguna dengan mengirimkan konten yang disesuaikan untuk setiap prospek daripada mengirimkan satu konten ke semua orang. Dalam pemasaran email, metode untuk mengukur tingkat pembukaan email dan jumlah arus masuk dari URL yang dijelaskan dalam teks ke situs juga penting.

Artikel Terkait  [Empat Elemen Buletin yang Bagus] Pemasaran Email untuk Memulai

Mengapa Anda Perlu Melakukan Email Marketing Sekarang Juga?

 

Menurut “Survei 2016 tentang Waktu Penggunaan dan Perilaku Informasi dari Media Informasi dan Komunikasi,” yang diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi, Institut Nasional Kebijakan Informasi dan Komunikasi pada bulan Juli 2017, sistem komunikasi digunakan di semua generasi kecuali remaja dan 20-an.

Anda dapat melihat bahwa alat yang paling sering digunakan di media adalah email, bukan SNS. Jadi email masih merupakan alat yang paling akrab bagi generasi pekerja. Dan ini adalah salah satu alasan utama mengapa email marketing diperlukan.

Dengan menggunakan email, yang merupakan media yang paling akrab bagi target, kami dapat mengirimkan konten ke lebih banyak calon pelanggan, yang merupakan ukuran pemasaran yang efektif. Dari sini Anda dapat mengirim informasi ke calon pelanggan dan memiliki titik kontak terus menerus adalah salah satu dari beberapa alat yang digunakan untuk langkah pemasaran.

Perbedaan antara Email Marketing dan Email Magazine

 

Email-Magazine
Dalam pemasaran email aktual, jenis-jenis email yang valid bervariasi tergantung pada target dan tujuan pemasaran. Berikut adalah beberapa teknik yang digunakan untuk email marketing. Newsletter e-mail, yang secara teratur mengirimkan informasi kepada pengguna yang berlangganan, adalah metode email yang paling terkenal.

Isi termasuk informasi produk baru, informasi kampanye, berita tentang media perusahaan dan pembaruan situs web, dll. Tetapi karena konten yang sama didistribusikan kepada semua orang, sering kali bertujuan umum, sehingga Anda dapat langsung menghubungi kami. Dikatakan bahwa sulit untuk terhubung.

Kami merekomendasikan pengaturan tujuan majalah e-mail sebagai peningkatan keterlibatan daripada menarik pelanggan. Kami akan meningkatkan kepercayaan perusahaan kami dengan mengirimkan informasi yang bermanfaat bagi semua pengguna dan memiliki citra positif. Mari secara teratur mendistribusikan informasi dengan tujuan mengembangkan penggemar.

Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Email

 

Sejauh ini, saya telah menjelaskan garis besar email marketing. Kemudian, saya akan memperkenalkan kelebihan dan kekurangan pemasaran email yang diperlukan ketika mempertimbangkan apakah akan benar-benar memperkenalkan pemasaran email di rumah.

Apa Kelebihan Email Marketing?

 

Pemasaran email memiliki dua keunggulan utama berikut.

Mulai dengan Biaya Rendah

 

Keuntungan utama dari pemasaran email adalah dapat dimulai dengan biaya rendah, ini menjadikannya pendekatan hemat biaya untuk perusahaan kecil dan menengah dan pemilik tunggal.

ROI Tinggi Bisa Diharapkan

 

Sebagai premis untuk email marketing, pelanggan penerima telah menerima izin untuk mengirimkan email, jadi itu adalah pemasaran ke lapisan yang mudah dikonversi, dan seperti yang saya sebutkan sebelumnya, itu dapat diperkenalkan dengan biaya rendah, sehingga ROI tinggi (Pengembalian investasi) dapat diharapkan.

Selain itu, karena tautan ke SNS, situs web perusahaan, situs web layanan, dll. Dapat dimasukkan dalam email, itu akan menjadi keuntungan karena dapat digunakan dalam kerja sama dengan media operasi lain untuk mengarah pada efek sinergis.

Apa Kekurangan dari Email Marketing?

 

Di sisi lain, salah satu kelemahan pemasaran email adalah membutuhkan operasi jangka panjang, sehingga perlu untuk mengamankan sistem (personil). Untuk membuatnya lebih datar, untuk melanjutkan pemasaran email adalah merepotkan.

Distribusi itu sendiri dapat diotomatisasi sampai batas tertentu dengan menggunakan alat seperti yang akan kami perkenalkan nanti, tetapi tidak demikian halnya dengan pembuatan konten. Dibutuhkan waktu dan upaya untuk membuat judul surat, konten, dan jadwal pengiriman sesuai dengan tujuannya.

Artikel Terkait  Apa Itu Mesin Pencari? Memahami SEO ke Tingkat Lanjut

Jenis Pemasaran Email

 

surat-email
Bahkan jika itu sedikit seperti pemasaran email, metode yang akan diadopsi berbeda tergantung pada tujuan dan situasi. Berikut adalah tiga jenis tindakan pemasaran email utama:

Kirim Surat

 

Langkah email mengacu pada mekanisme yang secara otomatis mengirim banyak email dengan alur cerita yang disiapkan sebelumnya sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dan sesuai dengan tingkat pertimbangan dan tindakan masing-masing pengguna.

Email Penargetan (Surat Segmen)

 

Email penargetan, juga disebut email segmen, adalah ukuran untuk mengklasifikasikan calon pelanggan dengan “menetapkan kondisi” dan mengirimkan informasi yang dianggap perlu untuk setiap target (segmen) melalui email. Dengan jenis email ini Anda dapat mengkategorikan menurut tindakan pengguna, seperti “Orang yang telah mengunduh materi produk A”.

Urutkan berdasarkan informasi pengguna seperti “30-an”, “perempuan”, “industri manufaktur”, “Jakarta”, “51-100 karyawan”. Misalnya, kami akan mendistribusikan informasi tentang hal-hal yang telah dilakukan pengguna, atau konten yang mungkin diminati pengguna dalam kondisi tertentu.

Dengan mempersempit pengguna yang mengirimkan, dimungkinkan untuk mengirimkan informasi yang lebih menarik bagi pengguna, sehingga rasio buka dan rasio klik dari URL yang ditulis dalam email akan meningkat. Telah dilaporkan bahwa tindakan ini sendiri telah menggandakan tingkat buka email.

Untuk pengguna tingkat lanjut, Anda juga dapat mengirim email langkah per segmen. Jika Anda mengejar metode ini, Anda akan menemukan metode seperti pengiriman email 1to1 yang menggunakan alat otomatisasi pemasaran dan pengiriman skenario.

Email Penggalian yang Tidak Aktif

 

Email penggalian yang tidak aktif adalah metode untuk mendekati pelanggan yang tidak aktif selama periode waktu tertentu, melalui email. Untuk meningkatkan ini, perlu menemukan cara-cara seperti mengubah judul email dan notasi pengirim.

Jika Anda telah memasukkan nama perusahaan dalam subjek, cobalah menghapusnya dan menjadikannya subjek dengan rasa nilai. Jika Anda dapat menanggapi email, Anda dapat menghilangkan kondisi tidur dengan mengulangi email langkah dan menargetkan email (email segmen) dari sana kemudian menyambung ke negosiasi dan pertanyaan bisnis.

Artikel Terkait  Ada Berapa Alat Pemasaran? Bagaimana Memilih Alat yang Tepat untuk Strategi Anda

Daftar Istilah Pemasaran Email

 

Berikut adalah beberapa istilah yang perlu diketahui saat melakukan pemasaran email.

Tingkat Pembukaan

 

Merupakan persentase dari email yang dibuka yang dikirimkan. Cara menghitungnya adalah dengan membagi jumlah item yang dibuka dengan jumlah total item yang dikirim kemudian dikali 100.

Rasio Klik (RKT / Rasio Klik Tayang)

 

Menunjukkan persentase klik pada URL atau gambar yang dijelaskan dalam email. Itu dapat dihitung dengan membagi jumlah klik dengan jumlah total pengiriman kemudian dikali 100.

Memilih

 

Ini berarti menunjukkan niat untuk bergabung, berpartisipasi, mengizinkan, dan menyetujui pihak lain. Agar mudah dipahami, seringkali berarti prosedur bagi seseorang untuk mengirim pesan seperti email ke perusahaan, dan menyetujui pengumpulan dan penggunaan informasi pribadi.

Memilih Keluar

 

Ini adalah antonim dari opt-in dan mengacu pada prosedur untuk menghentikan penggunaan informasi pribadi setelah diizinkan. Ini termasuk menghentikan majalah e-mail.

Email Responsive

 

Ini adalah email yang dapat ditampilkan dengan satu sumber HTML sehingga tata letak secara otomatis dioptimalkan bahkan ketika dilihat pada beberapa perangkat seperti PC, smartphone dan tablet.

KGI (Indikator Sasaran Utama)

 

Ini diterjemahkan sebagai “Indeks Pencapaian Target Manajemen”. Ini adalah indeks yang mendefinisikan apa yang dianggap sebagai tujuan untuk mencapai strategi manajemen perusahaan atau strategi bisnis.

KPI (Indikator Kinerja Utama)

 

Ini adalah indikator kinerja utama untuk mengevaluasi pencapaian tujuan perusahaan.

Alur Distribusi Pemasaran Email

 

Bahkan, ketika datang ke pemasaran email, langkah-langkah umumnya adalah:

Pengaturan Sasaran

 

Pertama-tama, sangat penting untuk menetapkan dengan jelas apa yang ingin Anda capai dalam pemasaran email, dengan kata lain, masalah apa yang ingin Anda selesaikan. Mari kita menetapkan “KGI” yang merupakan tujuan akhir yang ingin kita capai dan “KPI” yang merupakan indeks untuk mencapai tujuan itu.

Menetapkan tujuan, Misalnya Anda menyetel KGI ke “Tingkatkan hingga 10 pertanyaan tentang produk A melalui email per bulan.” Kemudian, KPI dapat diatur ke tingkat kedatangan email, tarif terbuka, rasio klik, rasio konversi, dll.

Kemudian, atur target persona. Persona adalah “citra pengguna ideal untuk produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.” Semakin baik pengaturan persona saat ini, semakin konkret pola perilaku dan nilai-nilai pengguna fiktif dapat divisualisasikan.

Akuisisi Alamat Email (Persiapan Daftar Distribusi)

 

Selanjutnya adalah persiapan daftar yang akan dikirimi surat. Tidak peduli seberapa bagus konten email Anda, tidak masuk akal jika tidak ada pengguna yang mengirimnya.

Yang penting di sini adalah memeriksa dengan tepat kesenjangan antara jumlah distribusi yang ditetapkan oleh KPI dan KGI dan jumlah lead yang saat ini dimiliki oleh perusahaan. Dengan menggunakan contoh KGI di atas, hitung kembali dari setiap angka berapa distribusi yang diperlukan untuk mencapai tujuan 10 CV per bulan.

Jadi, untuk mencapai target 10 CV per bulan, kami harus mengirimkan 31.250 email. Jika Anda mengalami kesulitan mengeluarkan jumlah email ini dari jumlah lead Anda saat ini, pertama-tama cobalah untuk mendapatkan arahan untuk mencapai lebih banyak.

Selain menunggu permintaan dari pengguna, metode ini juga diadopsi di mana pengguna yang membuka email dan mengklik URL (atau log penelusuran web berikutnya) terdaftar dan panggilan tindak lanjut dibuat untuk menciptakan negosiasi bisnis. Jumlah perusahaan meningkat.

Buat Email

 

Atur konten email dan tujuan pengiriman. Ini adalah salah satu faktor terpenting dalam pemasaran email. Saat Anda melakukan pemasaran email dengan sungguh-sungguh, tetapkan perjalanan pelanggan berdasarkan persona yang Anda tetapkan.

Perjalanan pelanggan adalah istilah pemasaran yang menggambarkan proses yang dilalui pengguna sebelum mengambil tindakan yang diinginkan (seperti pembelian atau konversi produk). Bentuk ideal pemasaran email adalah memberikan informasi yang dibutuhkan pengguna dalam perjalanan pelanggan sebagai konten dan mengirimkannya melalui email untuk pemeliharaan.

Selain itu, untuk pengguna tingkat lanjut, dengan mengirimkan konten “apa” “kepada siapa” “kepada siapa” dan “berapa banyak”, dimungkinkan untuk secara strategis meningkatkan tingkat pertimbangan (status) ke tahap berikutnya. Juga disarankan untuk menjadwalkan dan mengelola.

Pengiriman Email

 

Karena pemasaran email harus mengirim dan mengelola sejumlah besar email, kami sarankan Anda memanfaatkan alat untuk mengirimkan email. Banyak alat otomasi pemasaran memiliki fungsi distribusi surat serta alat distribusi surat khusus. Pilih alat yang sesuai dengan tujuan pemasaran Anda.

Pengukuran Efek

 

Setelah pengiriman, ukur efek menggunakan fungsi analisis alat pengiriman email. Mari kita analisis secara numerik, seperti apakah tingkat kedatangan email, tarif terbuka, rasio klik, rasio konversi, dll. Yang ditetapkan untuk KPI / KGI tercapai dengan benar, dan apakah jumlah pengiriman telah menurun karena penolakan pengguna untuk menerima.

Mempertimbangkan Kembali dan Meningkatkan Setiap Elemen

 

Poin peningkatan diidentifikasi dari item yang dievaluasi oleh pengukuran efek. Jika kurs terbuka belum tercapai Dapat disimpulkan bahwa “Saya tidak tertarik pada judul, bukan isi email.” Oleh karena itu, perlu untuk meningkatkan judul sehingga mudah bagi pengguna untuk tertarik.

Selain itu, tarif pembukaan berubah tergantung pada hari dalam seminggu dan waktu, jadi penting untuk mengetahui kapan mudah bagi pengguna yang berlangganan majalah email Anda untuk membukanya. Mari kita pertimbangkan kembali apakah konten email dan perjalanan pelanggan sudah benar, atau apakah konten itu benar-benar yang dicari pengguna.

Namun, ini hanyalah sebuah contoh. Perlu untuk memikirkan mengapa himpunan KPI / KGI tidak dapat dicapai dan apa yang kurang, dan kemudian mempertimbangkan metode peningkatan dari sana. Kemudian, setelah melakukan perbaikan, kembali ke “Pengaturan Goal” dan ulangi. Dalam proses itu, kami akan membangun bentuk pemasaran email yang sesuai dengan perusahaan kami.

Kesimpulan

 

Seperti yang saya perkenalkan, email marketing adalah ukuran pemasaran yang mudah diimplementasikan dan sangat hemat biaya. Anda dapat memecahkan masalah untuk menarik pelanggan yang Anda miliki dengan selalu mengukur efek dan melakukan perbaikan, tanpa meninggalkan langkah-langkahnya. Silakan coba terus menerus.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami