APPKEY | Apa Itu "Digital Marketing"? Ringkasan dan Metode Dalam 5 Menit
Digital marketing adalah lalu lintas untuk pengunjung yang menemukan halaman disitus web mereka dihasil pencarian. Digital marketing istilah umum untuk semua jenis pemasaran online, baik inbound atau outbound. Berikut penjelasan selengkapnya!
21214
post-template-default,single,single-post,postid-21214,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
digital-marketing

Apa Itu “Digital Marketing”? Ringkasan dan Metode Dalam 5 Menit

Pemasaran adalah istilah umum yang merujuk pada semua pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik dan internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, jejaring sosial, email, dan situs web sebagai cara untuk terhubung dengan pelanggan yang ada dan potensial.

Jumlah orang yang menggunakan internet setiap hari terus bertambah. Proporsi orang dewasa yang menggunakan internet meningkat sebesar 5% selama tiga tahun terakhir. Juga, cara orang berbelanja dan membeli sesuatu telah berubah, dan pemasaran offline tidak lagi seefektif dulu.

Tujuan pemasaran selalu untuk “terhubung dengan audience di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat”. Beberapa orang yang telah terlibat dalam pemasaran selama bertahun-tahun berpikir bahwa pemasaran inbound dan pemasaran digital secara efektif adalah hal yang sama, tetapi ada sedikit perbedaan antara keduanya.

Selain itu, saya mendengar dari pemasar dan pemilik bisnis di AS, Inggris, Asia, Australia, dan Selandia Baru perbedaan kecil yang terwujud disetiap wilayah.

Bagaimana Mendefinisikan Digital Marketing?

 

pengertian
 

Pemasaran didefinisikan sebagai memanfaatkan berbagai taktik dan saluran digital untuk terhubung dengan pelanggan online, dimana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Dari situs web itu sendiri hingga aset branding online seperti iklan digital, pemasaran email, dan katalog online, ada berbagai metode yang diklasifikasikan kedalam kategori pemasaran digital.

Teknik dan Contoh Pemasaran

 

Digital marketing yang ideal adalah aktivitas dimana kampanye pemasaran digital individu diatur dengan jelas untuk mencapai tujuan keseluruhannya. Bergantung pada tujuan dan kebutuhan strategi pemasaran Anda, Anda dapat menggabungkan sejumlah besar saluran gratis dan berbayar untuk menjalankan kampanye berskala besar.

Misalnya, pemasar konten membuat serangkaian postingan blog untuk membantu mereka menghasilkan arahan dari e-book terbaru mereka. Selain itu, pemasar media sosial akan memposting informasi yang mempromosikan posting blog dalam bentuk posting berbayar di media sosial dan posting alami pada akun mereka sendiri.

Kemudian, seorang pemasar email membuat kampanye email untuk membawa informasi lebih rinci tentang perusahaan kepada mereka yang telah mengunduh e-book. Penjelasan terperinci dari setiap pemasar digital diberikan dibawah ini.

Optimisasi Mesin Pencari (SEO)

 

Beberapa saluran yang mendapat manfaat dari SEO meliputi:

  • Situs web
  • Blog
  • Infografis

 

Pemasaran Konten

 

Pembuatan dan promosi konten yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap merk, pembuatan timbal (akuisisi calon pelanggan), dan akuisisi pelanggan. Beberapa saluran yang dapat Anda manfaatkan dalam strategi pemasaran konten Anda meliputi:

  • Artikel blog
  • eBuku dan kertas putih
  • Infografis
  • Katalog dan lookbook online

 

Pemasaran Media Social

 

Promosikan merek dan konten sosial media dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan memeroleh traffic. Beberapa saluran yang dapat Anda manfaatkan untuk pemasaran media sosial meliputi:

  • Facebook
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Pinterest

 

PPC (Klik untuk Membayar)

 

Cara meningkatkan lalu lintas kesitus web Anda dengan membayar media sesuai dengan jumlah klik iklan online. Google Ads , PPC paling umum, adalah layanan yang menampilkan tautan perusahaan Anda dibagian atas hasil pencarian Google dan membayar biaya sesuai dengan jumlah klik. Saluran lain yang dapat dimanfaatkan PPC meliputi:

  • Iklan berbayar di facebook
  • Tweet promosi Twitter
  • Pesan sponsor LinkedIn

 

Peran Digital Marketing

 

peran-digital
 

Menggabungkan saluran gratis dan berbayar sesuai dengan kebijakan mereka, sambil mempromosikan brand awareness disemua saluran digital. Saluran yang digunakan pun beragam seperti social media, situs web, peringkat hasil pencarian, email, iklan bergambar, blog kami, dan lainnya.

Biasanya, berfokus pada berbagai indikator kinerja utama sehingga kami dapat memahami kinerja kami sendiri untuk setiap saluran. Misalnya, pemasar digital SEO mengukur “traffic organik” dari situs web mereka.

Ini adalah lalu lintas untuk pengunjung yang menemukan halaman disitus web mereka dihasil pencarian. Saat ini, pemasaran digital digunakan dalam berbagai operasi pemasaran.

Dalam beberapa bisnis kecil, seorang generalis juga dapat bekerja untuk banyak pemasar digital. Ketika Anda menjadi perusahaan besar, setiap spesialis bertanggung jawab atas banyak tugas, dan setiap orang hanya bertanggung jawab atas satu atau dua saluran digital merek Anda sendiri.

Artikel Terkait  [Versi Terbaru Tahun 2020] 20 Alat SEO yang Direkomendasikan Terbuka Untuk Umum!

Perbedaan Antara Pemasaran Digital dan Pemasaran Masuk

 

Pada pandangan pertama, keduanya sangat mirip karena keduanya dilakukan melalui online dan bertujuan untuk membuat dan menyajikan konten digital kepada orang. Jadi apa perbedaan keduanya?

Pemasaran adalah istilah umum untuk semua jenis pemasaran online, baik inbound atau outbound. Sedangkan pemasaran masuk adalah metode menggunakan aset pemasaran digital untuk menarik, melibatkan, dan memuaskan pelanggan online.

Apakah Pemasaran Digital Efektif Untuk Bisnis Apa?

 

Pemasaran digital berfungsi diindustri apapun. Terlepas dari jenis produk, membangun persona pembeli untuk mengidentifikasi kebutuhan audience dan membuat konten online yang berharga adalah inti dari pemasaran digital. Tetapi tidak semua bisnis memiliki strategi pemasaran digital yang serupa. Contohnya sebagai berikut.

Pemasaran Digital B2B

 

B2B adalah melakukan kegiatan pemasaran yang berpusat pada generasi pemimpin online. Tujuannya disini adalah untuk meningkatkan jumlah pertanyaan ke departemen penjualan.

Oleh karena itu, strategi pemasaran diperlukan untuk menarik pelanggan potensial dengan kualitas terbaik dari situs web dan saluran digital sekunder, dan mengubahnya menjadi prospek yang menjanjikan.

Pemasaran Digital B2C

 

Meskipun tergantung pada kisaran harga produk, dalam kasus bisnis B2C, umumnya tujuan pemasaran digital adalah untuk menarik konsumen kesitus web dan melakukan pembelian tanpa campur tangan perwakilan penjualan. Untuk perusahaan B2C, saluran seperti Instagram dan Pinterest seringkali merupakan alat yang lebih baik daripada platform yang berfokus pada bisnis seperti LinkedIn.

Apa Manfaat Pemasaran

 

Tidak seperti aktivitas pemasaran offline biasa, pemasaran digital memungkinkan Anda untuk melihat hasil yang akurat secara real time. Jika Anda pernah beriklan di surat kabar, Anda tidak akan bisa memperkirakan jumlah pembaca yang fokus pada iklan Anda.

Sedangkan dengan pemasaran digital, Anda dapat menghitung ROI dari hampir semua elemen yang membentuk pemasaran. Berikut ini beberapa contohnya.

Lalu Lintas Situs Web

 

Untuk pemasaran digital, perangkat lunak analitik yang dibangun ke dalam suatu platform dapat digunakan untuk mendapatkan tampilan akurat dan aktual dari jumlah pengunjung situs web Anda. Anda juga dapat melihat berbagai data analitik, seperti jumlah halaman yang dikunjungi oleh pengunjung, jenis perangkat yang digunakan, dan situs tempat kunjungan dilakukan.

Informasi tersebut dapat membantu Anda memutuskan saluran mana yang menjadi fokus berdasarkan jumlah pengunjung situs web yang dihasilkan oleh setiap saluran pemasaran. Misalnya, jika lalu lintas pencarian organik Anda hanya 10% dari total, Anda dapat memutuskan untuk meningkatkan SEO dengan meningkatkan persentase ini.

Kinerja Konten dan Pembuatan Prospek

 

Pertimbangkan kasus dimana Anda ingin mencetak katalog produk dan mendistribusikannya melalui surat. Meskipun tidak online, katalog ini adalah jenis konten lain.

Masalahnya adalah saya tidak tahu berapa banyak orang yang telah membacanya dan berapa banyak orang yang membuangnya. Namun hal ini bisa Anda perhitungan apabila menerbitkan katalog Anda di situs web, bukan di media cetak.

Dalam hal ini, kami dapat secara akurat mengukur jumlah orang yang menelusuri halaman tempat katalog dihosting. Selain formulir dengan, Anda juga dapat mengumpulkan informasi kontak dari orang yang mengunduh katalog.

Anda tidak hanya dapat melihat berapa banyak orang yang merespons konten yang diposting, tetapi Anda juga bisa mendapatkan calon pelanggan melalui unduhan.

Analisis Atribusi

 

Analisis atribusi, memungkinkan orang untuk melihat produk merek dan mengidentifikasi tren dalam proses pembelian, yang membutuhkan peningkatan dalam bidang fokus atau siklus penjualan dalam strategi pemasaran. Ini akan menjadi sumber informasi yang berguna ketika memutuskan bagian penting.

Sangat penting untuk memiliki korelasi yang jelas antara pemasaran dan penjualan. Menurut Aberdeen Group , perusahaan dengan kolaborasi pemasaran dan penjualan yang lebih baik akan melihat 20% lebih banyak pendapatan pertahun, sementara perusahaan yang lebih lemah akan melihat penurunan 4%.

Jika teknologi digital dapat digunakan untuk meningkatkan perjalanan pelanggan dalam siklus penjualan, pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan.

Artikel Terkait  【Dasar-Dasar Service Marketing】Apa Itu Marketing Mix 7p?

Jenis Konten Digital yang Akan Diproduksi

 

konten
 

Jenis konten yang Anda hasilkan tergantung pada apa yang dibutuhkan audience Anda. Mulailah dengan membuat persona pembeli dan identifikasi sasaran dan tantangan audiens yang terkait dengan bisnis Anda.

Pada dasarnya, kami bertujuan untuk konten online yang dapat membantu mencapai tujuan ini dan mengatasi tantangan. Selanjutnya, petakan konten Anda agar sesuai dengan yang diharapkan audience. Pemetaan konten mengklarifikasi kondisi berikut sebagai target konten:

  • Karakteristik orang yang Anda gunakan ( persona pembeli dapat membantu di sini).
  • Jalan menuju pembelian orang ini (tahap siklus hidup).

Ada berbagai opsi mengenai format konten. Format yang disarankan untuk setiap tahap perjalanan pelanggan adalah:

Tahap Pengakuan

 

  • Infografis: Infografis yang mudah dibagikan meningkatkan peluang Anda mendapatkan audiens baru dengan berbagi konten di media sosial. (Jika Anda seorang pemula , silakan gunakan templat infografis gratis ini .)
  • Video pendek: Mudah dibagikan dan diposkan di platform seperti YouTube akan menarik pemirsa baru.

Tahap Pemeriksaan

 

  • eBuku: Lebih komprehensif daripada posting blog dan infografis, eBuku membantu memimpin generasi dengan membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan informasi kontak yang terdaftar untuk diunduh.
  • Laporan Penelitian: Konten penting yang juga efektif untuk pembuatan timbal. Laporan penelitian khusus industri dan data terbaru sering ditampilkan di media dan majalah industri dan efektif pada tahap pengakuan.
  • Webinar: Webinar , yang menyediakan konten yang lebih mendalam dan interaktif, lebih cocok untuk tahap eksplorasi karena mereka dapat memberikan konten yang lebih komprehensif daripada posting blog dan video pendek.

Tahap Pengambilan Keputusan

 

  • Studi Kasus: dirinci ke situs web studi kasus dan diterbitkan, akan menjadi konten yang efektif untuk mendorong keputusan untuk memperkenalkan prospek baru.
  • Review pelanggan: Sangat efektif untuk mengirim “review pelanggan” yang sederhana meskipun studi kasus tidak sesuai untuk bisnis..

Berapa Lama untuk Mencapai Hasil?

 

Karena mudah untuk mengevaluasi ROI dalam digital marketing, mudah untuk berpikir bahwa hasil akan dicapai dalam periode waktu yang lebih singkat daripada pemasaran offline.

Bangun persona pembeli yang komprehensif untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan audience Anda dan fokus pada hasil konten online berkualitas yang dapat mengubahnya menjadi prospek yang menjanjikan yang akan terbayar dalam enam bulan kedepan.

Jika Anda menggunakan iklan berbayar sebagai bagian dari strategi digital, Anda akan membayar lebih cepat. Tetapi untuk kesuksesan jangka panjang dan berkelanjutan, kami mendorong Anda untuk fokus pada peningkatan lalu lintas organic Anda dengan konten, SEO, dan media sosial .

Artikel Terkait  Apa Itu Bauran Pemasaran (4P)? Poin-Poin Penggunaan Praktis yang Dipelajari dari Kasus

Apakah Pemasaran Digital Membutuhkan Anggaran Besar?

 

Jawabannya adalah pada teknik apa yang ingin Anda gunakan dalam strategi digital marketing Anda. Jika Anda sudah memiliki situs web dan ingin fokus pada teknik masuk seperti SEO, jejaring sosial dan pembuatan konten, Anda tidak perlu banyak anggaran.

Fokus utama pemasaran inbound adalah memproduksi konten berkualitas yang ingin dilihat oleh audiens Anda. Kecuali Anda mengoutsourcekan, Anda hanya perlu waktu staf.

Ukuran anggaran Anda tergantung pada seberapa besar Anda ingin menonjol. Mengambil PPC Iklan Google sebagai contoh, agar mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian Google yang menggunakan kata kunci yang terkait dengan bisnis.

Anda harus bersaing dengan perusahaan lain dalam harga penawaran. Bergantung pada tingkat persaingan kata kunci, harganya relatif murah atau sangat mahal. Karena itu kami mendorong Anda untuk fokus mendapatkan lalu lintas organik.
 

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami