Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Apa Itu Digital Marketing? Memperkenalkan Perbedaan Web Marketing, Perencanaan Strategi, dan Metode
Apakah Anda tahu perbedaan pemasaran digital dengan penawaran web konvensional? Untuk memahami perbedaannya, kita hanya perlu melihat perbedaan nama dari keduanya. Yuk, simak selengkapnya!
21354
post-template-default,single,single-post,postid-21354,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
digital-marketing-adalah

Apa Itu Digital Marketing? Memperkenalkan Perbedaan Web Marketing, Perencanaan Strategi, dan Metode

Sering kita mendengar kata-kata pemasaran digital, beberapa tahun belakangan ini pemasaran digital mulai digandrungi oleh banyak pemilik usaha untuk memperkenalkan produk mereka. Namun apakah Anda tahu perbedaan pemasaran digital dengan penawaran web konvensional?

Untuk memahami perbedaannya, kita hanya perlu melihat perbedaan nama dari keduanya. Ya, pemasaran web dan pemasaran digital. Pemasaran web adalah pemasaran yang di lakukan atau hanya berfokus pada situs web, jadi ruang lingkupnya bisa dikatakan tertutup, hanya sebatas di dunia situs web.

Sedangkan di sisi lain digital marketing memiliki ruang lingkup yang lebih luas dibandingkan pemasaran web. Dengan digital marketing adalah Anda dapat memanfaatkan semua data dan platform yang diperoleh secara digital.

Artikel Terkait  Pemasaran Media Sosial dalam 5 Menit

Contohnya dengan pemasaran digital Anda bisa memilih memasarkan produk Anda di platform manapun, seperti Instagram, Facebook, e-mail, twitter, dan lain-lain. Dengan begitu tentu saja konsumen yang dapat Anda jangkau akan lebih banyak dibandingkan dengan pemasaran web.

Dalam pemasaran web, banyak orang yang berpikir tentang cara meningkatkan konten dan bagaimana caranya mendatangkan pelanggan, menggiring mereka, dan melakukan tindakan pembelian.

Pemasaran Digital adalah Ukuran yang Sangat Berhubungan dengan Pelanggan di Era Smartphone

 

pemasaran-digital 

Jika menggunakan pemasaran digital titik kontak dengan pelanggan akan sangat beragam. Seperti iklan yang ditampilkan di situs web, situs web itu sendiri, email, dan aplikasi. Tak hanya mencakup data yang berdekatan dengan situs web perusahaan seperti pemasaran web, tetapi juga dari mulut ke mulut, SNS, signage digital, informasi anggota titik digital, dan informasi lokasi seperti di mana Anda mengakses.

Selain itu, ini juga memungkinkan pendekatan melalui O2O (Online ke Offline), yang menautkan antara toko online dan toko nyata. Kita dapat membangun hubungan yang lebih dalam kepada pelanggan dengan mengirimkan pesan yang tepat pada waktu yang tepat.

Akselerasi yang cepat dari digital merketing adalah penyebaran perangkat pintar. Arus utama dari urutan di mana konsumen mendapatkan informasi, kemudian membeli layanan dan produk, lalu meminta dukungan, dan mengirimkan sendiri, terutama dilakukan dengan menggunakan perangkat pintar.

Terlebih khusus untuk generasi muda yang menggunakan smartphone, informasi yang lebih dekat dengan Anda, seperti SNS, atau informasi yang Anda percayai adalah kriteria yang utama dibandingkan informasi resmi yang seringkali tidak berkembang sesuai cerita yang diambil oleh perusahaan.

Hal ini bukan keadaan darurat bagi pemasar, sebaliknya ini malah peluang besar bagi pemasar digital untuk secara signifikan meningkatkan keterlibatan pelanggan dibandingkan pemasaran web. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memenangkan penggemar kuat merek dan produk perusahaan Anda.

Karena mudah untuk menghubungkan pengguna dan pengguna terminal, terdapat juga aspek yang memungkinkan pemasaran yang lebih akurat. Namun jika Anda tidak dapat menangani pemasaran digital dengan baik, maka sebaliknya, mungkin akan lebih sulit terhubung dengan pelanggan daripada sebelumnya.

Poin yang Perlu Dipertimbangkan dalam Merencanakan Strategi Pemasaran

 

strategi-pemasaran-digital 

Untuk mempromosikan digital marketing adalah perlu untuk menciptakan mekanisme yang menggabungkan komunikasi di semua saluran selain langkah-langkah yang ditutup di situs web. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Organisasi Kebijakan Situs Web yang Ada, SEO, Iklan Web, Dll

 
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah identifikasi langkah-langkah pemasaran web saat ini. Pikirkanlah tentang apa yang Anda lakukan dengan pemasaran web dan apa yang harus Anda lakukan untuk memperluas upaya Anda.

Contohnya adalah apakah situs web responsif? Apakah pertanyaan dan permintaan materi di situs web dilakukan dengan benar? Apakah Anda mencoba meningkatkan arus masuk situs web melalui pencarian dengan ukuran SEO? Dan Apakah iklan digital ditujukan untuk target?

Artikel Terkait  Ada Berapa Alat Pemasaran? Bagaimana Memilih Alat yang Tepat untuk Strategi Anda

Dengan operasi pemasaran digital yang yang sukses, nantinya akan dapat meningkatkan kunjungan ke situs web. Kemudian nanti diharapkan efeknya dapat ditingkatkan jika informasi dapat disampaikan dengan baik melalui pemasaran web yang ada.

Desain Pemasaran Konten

 
Pemasaran konten yang dimaksud di sini tidak berarti hanya media yang dimiliki oleh situs web perusahaan Anda, tetapi juga email, iklan web, konten yang Anda unduh seperti ebook, yang Anda posting ke media sosial (tak hanya artikel tetapi juga materi iklan untuk foto dan video).

Kuncinya di sini adalah bagaimana pelanggan dapat melihat informasi yang Anda bagikan. Banyak pelanggan yang cenderung lebih senang melihat konten video dibandingkan dengan artikel yang dilengkapi teks yang panjang. Mungkin Anda bisa memilih diantara kedua hal tersebut.

Namun tidak semua konten bisa dibuatkan dalam bentuk video, Anda harus melihatnya terlebih dahulu. Jika Anda ingin menyebarkan informasi di media sosial sekaligus, perlu untuk membuat konten foto Anda menjadi lebih menarik dan kreatif agar para pelanggan tertarik melihat konten Anda. Jangan lupa buatlah juga konten yang mudah dipahami dan dibagikan ke orang.

CRM (Manajemen Pelanggan) dan Pemasaran Email

 
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam hal pemasaran digital, ruang lingkup Anda tidak hanya sebatas situs website. Tetapi bisa mencakup seluruh platform digital untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Oleh karenanya, penting untuk mengelola secara terpusat informasi pelanggan yang diperoleh dan mempertimbangkan strategi CRM (manajemen pelangan) yang mengimplementasikan berupa langkah-langkah lintas saluran berdasarkan data. Salah satu inisiatif CRM yang termudah untuk memulai adalah pemasaran email.

Ya, mungkin sudah banyak perusahaan yang mengirimkan buletin e-mail mereka, tidak terbatas pada distribusi e-mail simultan teratur. Tetapi Anda juga harus mengoptimalkan informasi e-mail sesuai dengan situasi kunjungan ke situs web dan melakukan penawaran khusus.

Situasi Pasar Platform yang Mendukung Pemasaran Digital

 
Platform yang memainkan peran penting dalam era pemasaran web berpusat pada data web. Setelah melakukan analisis log akses yang diwakili oleh Adobe Analytics dan Google Analytics, kemudian berkembang menjadi analisis web mulai 2013 lalu.

Kemudian pada tahun 2015, Anda tidak hanya dapat menganalisis EC (perdagangan elektronik), sistem keanggotaan, aplikasi ponsel cerdas, dll. Tetapi Anda juga bisa mengintegrasikan strategi pemasaran dan pelaksanaan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyediakan pemasaran digital untuk satu atap.

Hasil analisis berasal dari sejumlah besar data yang disebut big data tidak terbatas pada data SNS dan Web, tetapi juga mencakup pergerakan orang di dunia nyata. Oleh karena itu, perlindungan terhadap informasi pribadi bisa menjadi suatu masalah, tetapi di Indonesia sendiri sudah terdapat Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi yang merupakan amanat dari Pasal 28G ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Artikel Terkait  【Dasar-Dasar Service Marketing】Apa Itu Marketing Mix 7p?

Dengan lebih fokus terhadp perilaku dan keinginan konsumen, pengembangan produk dan strategi pemasaran yang Anda terapkan perlahan akan berkembang. Karena banyak perusahaan yang mengerjakan personalisasi untuk setiap konsumen, sulit untuk mengharapkan efek dari metode konvensional dan seragam seperti pengiriman massal.

Upaya personalisasi biasanya akan memakan waktu lebih lama, dan terdapat masalah kurangnya sumber daya manusia dan kurang dalam ketepatan waktu. Dengan melihat efek tersebut, sangat penting untuk menggunakan platform seperti manajemen data dan otomatisasi pemasaran (MA).

Jika kita lihat ke masa depan, pemasar masa depan akan diminta untuk memberikan kontribusi lebih banyak lagi untuk branding. Caranya yakni dengan mengalokasikan waktu yang dibuat dengan membuat pelaksanaan seefisien mungkin untuk perencanaan strategis di bidang kreatif.

Pemasaran Digital Masa Depan

 

pemasaran-digital-masa-depan 

Apakah Anda senang untuk menebak akan seperti apakah pemasaran digital di masa depan? Pemasaran video berkembang pesat akhir-akhir ini. Banyak orang juga cenderung lebih senang melihat informasi yang disajikan berupa video dibandingkan teks panjang.

Facebook telah dianggap sebagai bisnis periklanan dalam bentuk SNS, tetapi fungsi video masih diperkuat. Selain panggilan video dan email, komunikasi menggunakan obrolan dari telepon pintar juga menjadi populer.

Namun yang paling mendapat perhatian di masa depan adalah kecerdasan buatan (AI) di area pemasaran. Ketika teknologi AI yang berpusat pada pembelajaran mendalam menjadi lebih populer, diharapkan nantinya analisis pelanggan dan penciptaan persona akan menjadi lebih otomatis dan canggih. Secara alami, pemasaran satu-satu akan semakin mendalam.

Pada awalnya, orang-orang dengan AI dapat menunjukkan keunggulannya, tetapi ketika pada akhirnya nanti AI dimasukkan sebagai fungsi MA dan siapapun dapat menanganinya. Tentu akan sulit untuk bersaing, maka dari itu cobalah untuk membedakan diri dari perusahaan lain dan tetap kompetitif.

Tentu ini akan menjadi sulit, Anda mungkin untuk perlu menanyakan kemampuan pasar untuk menggambar dan mengeksekusi apa yang mereka inginkan dari perusahaan Anda, dan seberapa dalam Anda telah terhubung dengan pelanggan Anda.

Peran dan Tuntutan Pemasar Digital

 
Pemasar harus membangun hubungan dengan pelanggan di semua saluran melalui langkah-langkah pemasaran digital, dan mungkin untuk melakukan upaya berkontirbusi pada keuntungan. Dengan menerapkan langkah-langkah pemasaran digital, peran dan konten pekerjaan tidak akan jauh berbeda dari apa yang sudah ditangani sejauh ini, tetapi cara berpikir dan ruang lingkup tanggung jawab akan berubah.

Anda juga bisa menggunakan alat dan teknologi terbaru untuk melakukan upaya perencanaan dan implementasi kebijakan yang efektif. Terdapat banyak alat tersedia di internet yang bisa Anda pilih.

Kemudian dalam mempromosikan digital marketing adalah perlu untuk mendefinisikan strategi pemasaran digital dan melibatkan banyak pemangku kepentingan. Tidak hanya setiap orang saja yang akan mencoba untuk mengoptimalkan tindakan mereka sendiri seperti sebelumnya, tetapi seluruh staf seperti staf web, staf email, staf SNS, dan lain lain juga akan memikirkan tindakan satu atap.

Artikel Terkait  Membuat Artikel SEO untuk Menarik Pelanggan! Menarik Pelanggan Tetap dengan Situs Perusahaan

Marketo Terlibat Fungsi yang Mendukung Pemasaran Digital

 
Platform digital marketing adalah membuat Anda dengan mudah mendukung langkah-langkah yang dikerjakan tetapi tidak mungkin dengan mudah mewujudkannya. Untuk pemasar yang mempraktikkan berbagai pemasaran digital, dengan adanya keberadaan alat akan sangat membantu Anda.

Fungsi Otomatisasi

 
Fungsi untuk merancang dan mengimplementasikan pengalaman pelanggan, ini memiliki fungsi seperti mempersempit pelanggan dalam berbagai kondisi dari basis data dan melakukan komunikasi berbasis skenario yang dipicu oleh tindakan pelanggan.

Misalnya, tindakan yang dioptimalkan secara individual seperti menampilkan video layanan produk hanya kepada mereka yang membuka email setiap hari, dan menunjukkan kupon hanya kepada mereka yang belum masuk untuk sementara waktu sebagai anggota aplikasi seluler.

Digital marketing adalah ukuran pemasaran untuk membangun hubungan terhadap pelanggan dengan cara memanfaatkan semua saluran online dan titik kontak, tidak terbatas hanya pada pemasaran di dalam situs web.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami