Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Contoh Kegagalan Pemasaran Email karena Kehilangan Minat Pelanggan
Selain kesuksesan yang diraih dari pemasaran email, ada juga contoh kegagalan dalam melakukan pemasaran email. Tentunya hal ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, agar penjualan dapat meningkat. Berikut kami sajikan contoh kegagalan email marketing yang dapat menjadi bekal pengetahuan Anda.
21443
post-template-default,single,single-post,postid-21443,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
contoh-kegagalan-email-marketing

Contoh Kegagalan Pemasaran Email karena Kehilangan Minat Pelanggan

Pemasaran email saat ini memang sudah bukan rahasia umum lagi. Semakin banyak perusahaan yang mulai menggunakan metode pemasaran yang satu ini. Karena jika dilihat kembali, pemasaran email memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Namun, tentu dengan langkah yang benar.

Sama dengan yang lainnya, jika langkah yang Anda lakukan benar dan tepat, maka timbal balik yang Anda dapatkan juga akan sesuai dengan tujuan atau harapan. Dan sebaliknya, jika langkah Anda kurang tepat, bisa saja timbal balik yang Anda dapatkan menjadi kurang baik, bahkan kemungkinan terburuknya bisa merugikan bisnis Anda.

Artikel Terkait  Ada Berapa Alat Pemasaran? Bagaimana Memilih Alat yang Tepat untuk Strategi Anda

Berikut Adalah Contoh Penyebab Gagalnya Email Marketing

 

contoh-penyebab-gagalnya-email 

Beli Segera

 
Ketika pelanggan Anda baru terdaftar dalam daftar distribusi dan buletin email dengan warna penjualan yang kuat atau terlalu ambisius, pelanggan Anda yang baru saja daftar bisa saja tiba-tiba langsung menarik diri. Anda perlu tahu sebenarnya terdapat tahapan sebelum pelanggan potensial melakukan pembelian produk.

Pada email pertama, cobalah untuk berhenti memotivasi diri sendiri dan mulailah untuk memberi tahu orang-orang tentang daya tarik produk atau layanan yang Anda punya. Ketika pelanggan Anda mulai lebih tertarik, hentikan penjualan dan Anda bisa membayangkan manfaat membelinya.

Tidak Fokus

 
Contoh kegagalan yang seringkali kita temui dalam majalah email, mereka seringkali memuat beragam jenis konten. Cenderung tidak fokus terhadap satu jenis konten saja. Padahal kenyataannya salah satu hal yang selalu dikatakan untuk membuat email Anda lebih efektif adalah cobalah untuk lebih memperjelas lagi apa yang ingin Anda sampaikan dalam media tersebut.

Usahakan majalah email yang Anda buat memiliki kejelasan terhadap apa yang ingin disampaikan, agar para pembaca juga mudah memahami. Tujuannya itu bukan? Membuat pembaca mengerti isi dari majalah email tersebut. Jika Anda fokus pada suatu hal yang benar-benar ingin Anda sampaikan, daya tarik majalah email akan meningkat secara berkala.

Tautan Rusak

 

tautan-rusak 

Anda perlu bersikap hati-hati dengan yang satu ini. Karena jika ini terjadi, tentu saja akan merusak citra perusahaan Anda. Kita semua tahu bahwa majalah email bisa dikatakan sebagai wajah perusahaan.

Karena dengan pembaca membaca majalah email sebuah perusahaan, karakter dari perusahaan tersebut bisa tergambar dengan jelas walaupun hanya dengan majalah email. Jika secara tidak sengaja Anda mengirim email disertai dengan tautan yang rusak, ini tidak hanya menyebabkan hilangnya peluang tetapi juga hilangnya citra merek dan perusahaan.

Maka dari itu, sebelum Anda melakukan distribusi utama buletin email, cobalah terlebih dahulu lakukan uji pendistribusian untuk memastikan apakah tautan yang akan dikirim rusak atau tidak.

Minta juga beberapa orang untuk memeriksa tautan tersebut. Selain itu, pastikan untuk memiliki informasi yang sesuai dengan yang diharapkan pelanggan Anda, untuk meminimalisir pengunjung meninggalkan halaman.

Tidak Berhenti Berlangganan

 
Sama seperti berlangganan koran setiap harinya, majalah email pun sama. Pasti ada saja pelanggan yang tiba-tiba saja berhenti berlangganan, ini adalah contoh kegagalan lain yang bisa dikatakan sering terjadi.

Ya, bukan berarti majalah email tidak ada yang seperti ini ya. Hal ini juga ditentukan oleh Undang-Undang Email Tertentu dan bagi perusahaan tidak perlu lagi untuk meninggalkan pelanggan dengan alasan memiliki motivasi rendah pada daftar distribusi selamanya.

Jika pelanggan Anda sudah mulai tidak tertarik lagi dengan buletin email Anda, siapkanlah mekanisme agar pelanggan Anda dapat dengan mudah berhenti berlangganan kapan saja. Juga Anda harus memastikan untuk menyertakan panduan opt-out dalam buletin email.

Artikel Terkait  Strategi Dasar Pemasaran SNS (Media Sosial), Ingat 4 Langkah Ini!

Hanya Teks

 
Seringkali terdapat beberapa pengguna yang memutuskan untuk mendaftar buletin email tertentu, dengan alasan mereka berharap akan menerima buletin email yang dilengkapi dengan desain yang canggih. Tetapi kenyataannya banyak pelanggan yang kecewa ketika mereka menerima email teks, tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

Untuk memenuhi ekspektasi pelanggan, Anda bisa mencoba email HTML yang cocok untuk majalah email yang berurusan dengan hal-hal seperti produk baru dan informasi penjualan suatu perusahaan. Dengan menggunakan email HTML, visual Anda akan terlihat lebih bagus, di sisi lain juga visual dinilai penting.

Jika Anda sedang melakukan branding, email HTML dinilai cocok untuk Anda gunakan, karena dengan menggunakan email HTML, Anda dapat konsisten dengan strategi gambar di situs web Anda, seperti menggunakan logo perusahaan atau layanan Anda.

Jika banyak pelanggan Anda yang mencari majalah email yang dirancang dengan baik dan dari segi visualisasi menarik, tak perlu ragu untuk memasukkan email HTML.

Terlalu Sering Mengirim

 

terlalu-sering-mengirim-email 

Dengan perusahaan email, sama saja berorientasi bahwa perusahaan secara cepat atau lambat akan dibenci oleh pelanggan. Contoh kegagalan yang bisa Anda hindari, misalnya Anda ingin menambah jumlah majalah email dengan alasan Anda ingin meningkatkan penjualan untuk bulan ini, tentu ini tindakan yang salah.

Tindakan tersebut hanya akan menyebabkan pelanggan pergi. Jangan sampai Anda yang membaca artikel ini melakukannya. Responden juga perlu berpikir tentang mengirim email seminimal mungkin, daripada meningkatkan jumlahnya dengan mudah, alih-alih membawa dampak positif, malah sebaliknya Anda kehilangan pelanggan. Anda bisa mengirim email tambahan hanya jika pelanggan dapat memberikan beberapa manfaat dari email.

Jangan Hanya Memikirkan Kebutuhan Anda

 
Setelah transaksi pertama dilakukan, jika Anda menerima email buletin dari perusahaan atau toko yang tidak Anda butuhkan, tentu Anda akan merasa kecewa. Tindakan yang akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan adalah tindakan jual-silang dan jual-atas.

Tetapi jika kebutuhan pelanggan Anda tidak terpenuhi, maka efek sebaliknya yang didapat, mereka akan segera dihapus atau tidak terkirim. Jika pelanggan menambahkan produk Anda ke kategori favorit atau produk Anda kehilangan keranjang mereka dikenal sebagai ukuran yang efektif. Anda juga bisa mengitim email terkait dengan menggunakan mesin komentar.

Tak heran di era sekarang ini semuanya serba digital. Pada dasarnya kita memang harus mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Layanan tatap muka saat ini dinilai jauh lebih unggul dalam hal komunikasi.

Tetapi email sendiri dapat secara efisien Anda gunakan untuk memberikan informasi kepada banyak orang serta bisa juga Anda gunakan untuk mempromosikan penjualan Anda.

Hal terpenting dalam pemasaran email adalah bagaimana membuat orang menyukai Anda terlebih dahulu, pada dasarnya strategi yang digunakan masih sama dengan yang Anda lakukan untuk layanan tatap muka.

Namun bedanya Anda memikirkan pelanggan yang tidak terlihat. Anda juga harus memahami bagaimana caranya agar Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka. dengan melakukan langkah yang benar dan tepat ini akan menjadi titik balik antara kesuksesan dan kegagalan.

Artikel Terkait  Mari Mempelajari Perubahan Domain dalam Menerapkan Langkah-Langkah SEO

Anda juga bisa belajar dari contoh kegagalan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tak ada salahnya belajar dari kegagalan orang lain, jadikan iu sebagai contoh kegagalan yang bisa Anda pahami.

Jika Anda merasa pelanggan Anda mulai kehilangan minat, atau untuk memastikan pemasaran email Anda tidak gagal, perlu untuk meninjau kembali apa fokus pelanggan Anda. Jika sudah tau, maka Anda bisa memenuhi kebutuhannya.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami