APPKEY | Bagaimana Menaikkan Peringkat Konten yang Sudah Usang Agar Bisa Tampil pada Peringkat Teratas
Jika website Anda mengalami penurunan kunjungan akhir-akhir ini mungkin salah satu penyebabnya adalah konten Anda sudah tidak menarik dan “ketinggalan jaman”. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa jalan keluar bagi Anda yang ingin menaikkan peringkat konten Anda agar kembali tampil pada peringkat teratas.
20753
post-template-default,single,single-post,postid-20753,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
peringkat-teratas

Cara Membuat Konten yang Sudah Usang Tampil pada Peringkat Teratas

Jika website Anda mengalami penurunan kunjungan akhir-akhir ini mungkin salah satu penyebabnya adalah konten Anda sudah tidak menarik dan “ketinggalan jaman”. Tapi tenang tidak usah panik. Kami disini akan memberikan beberapa jalan keluar bagi Anda untuk menaikkan peringkat konten Anda kembali agar bisa tampil pada peringkat teratas.

Artikel Terkait  Menjawab Melalui Q&A | Dasar-Dasar Langkah SEO dan Apakah Itu Benar?

Membuat Konten Usang Tampil pada Peringkat Teratas

 

menaikkan-peringkat 

Jika menemukan konten yang sudah usang dan tidak menarik lagi jangan buru-buru untuk langsung menghapusnya. Anda bisa memperbarui konten tersebut agar menarik dibaca oleh pengunjung situs.

Evaluasi Isi Konten

 
Pertama, buka kembali konten lama yang sudah using dan coba evaluasi kembali dengan cara membaca kembali artikel tersebut. Namun cobalah untuk memposisikan diri Anda sebagai pembaca di luar sana. Bagaiamana rasanya ketika membaca konten tersebut? Jika dirasa kurang dan terlalu bosan untuk dibaca, Anda bisa memperbaikinya. Mana yang menurut Anda kurang, coba perbaiki. Setelah itu, cobalah untuk membacanya sekali lagi agar kita benar-benar yakin bahwa konten yang sudah Anda perbaiki sudah tepat.

Evaluasi Tampilan Konten

 
Selanjutnya, hampir sama dengan cara yang sebelumnya, namun berbeda konteks. Cobalah untuk melihat kembali tampilan dari konten Anda. Seiring perkembangan teknologi, semua cepat sekali berubah. Bahkan tampilan konten Anda beberapa waktu lalu yang dianggap menarik, jika dilihat kembali hari ini bisa dirasa kurang. Maka dari itu, coba lihat kembali tampilan konten Anda. Jika dirasa membosankan dan terlalu flat, maka Anda bisa menambahkan sentuhan desain disana. Entah itu manmbah/merubah warna, atau Anda ingin menambahkan bagan dan gambar. Hal itu dinilai efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs Anda. Dengan begitu, para pengunjung betah berlama-lama membaca konten Anda karena dinilai menarik.

Lakukan Riset

 
Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset kecil-kecilan, dengan cara mencari konten yang berada di peringkat teratas. Jika sudah menemukannya, kemudian cobalah untuk membacanya. Dari situ Anda bisa mengetahui kira-kira artikel seperti apa sih yang bagus saat ini. Mulai dari  pemilihan kata, penjelasan yang bisa dimengerti pembaca, dan lain-lain. Selain dari segi penulisan, Anda juga bisa mempelajari bagaimana tampilan yang bagus saat ini. Tampilan yang menarik, namun tidak lebay, enak dialihat dan bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di situs Anda. Banyak sekali hal baru yang bisa kita dapat. Usahakan lebih dari satu konten yang Anda amati agar lebih mengerti bagaimana gaya konten jaman sekarang yang bisa menaikkan konten lama Anda.

Kembangkan Keywords

 
Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mengembangkan keywords secara konsisten. Ya, dalam suatu konten, keberadaan keywords sangatlah penting. Keywords merupakan jembatan pengunjung agar bisa melihat situs Anda. Ketika Anda berhasil mengantarkan konten Anda di peringkat teratas saat pertama kali mengunggahnya, jangan langsung berpuas diri. Dalam kurun waktu tertentu, bisa saja konten tersebut tergeserkan oleh konten-konten lain. Maka dari itu, cobalah untuk mengembangkan keywords secara konsisten. Anda bisa memanfaatkan Short Tail dan Long Tail keyword.

Artikel Terkait  17 Langkah SEO Terbaru (versi 2020) | Pencarian Keywords - Penentuan Tautan

Short tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri dari satu atau dua kata yang mudah untuk diingat. Sementara long tail keyword adalah kata kunci yang panjang, terdiri dari lebih dari dua kata. Anda bisa memanfaatkan dua metode ini. Dalam beberapa kesempatan, long tail keyword dinilai efektif dalam menaikkan jumlah pengunjung. Namun, bukan berarti short tail keyword tidak efektif. Tidak ada salahnya ketika memperbarui keyword yang dirasa sudah usang dengan melakukan dua metode ini secara bergantian. Jika diawal Anda menggunakan short tail keyword, kemudian seiring berjalannya waktu, konten Anda mulai merosot, cobalah ganti dengan menggunakan long tail keyword. Kita tidak harus berpaku pada satu metode saja.

Memproduksi Konten secara Konsisten

 

produksi-konten-konsisten 

Jika konten lama Anda sudah Anda perbarui, jangan langsung tidak membuat konten baru lagi. Usahakan tetap membuat konten secara konsisten. Memproduksi konten secara konsisten juga bisa menjadi cara alternatif untuk menaikkan jumlah pengunjung ke situs Anda. Namun tentu saja diiringi dengan konten yang menarik dan berkualitas. Jangan hanya ingin mengunggah konten setiap hari, buat saja sekadarnya. Tidak seperti itu konsepnya jika Anda ingin menaikkan jumlah pengunjung ke situs Anda. Buatlah konten yang menarik dan memang berkualitas. Muali dari isinya, informatif atau tidak. Tampilan juga jangan lupa, buatlah agar pembaca betah berlama-lama membaca konten Anda. Tentunya hal ini berat, bahkan sangat berat. Namun, jika ingin mencapai sesuatu yang tinggi bukankah kita memang harus bekerja lebih keras?

Evaluasi Kecepatan Website

 
Konten sudah bagus dan informatif tapi kenapa masih sepi pengunjung? Jika Anda merasakan keadaan seperti ini coba cek kembali kecepatan website Anda. Kebanyakan orang jaman sekarang suka dengan sesuatu yang bersifat cepat. Semua serba instan, tidak ribet dan lama. Kecepatan website lama bisa menjadi salah satu faktor mengapa kunjungan di website Anda menurun walaupun konten yang ditampilkan sudah mumpuni. Menurut Google, sebanyak 53% pengguna internet meninggalkan halaman website ketika loading website tersebut lebih dari 3 detik. Lebih parahnya lagi, sebanyak 79% orang kecewa dengan website yang memiliki loading lama dan mengaku tidak akan kembali lagi ke halaman website tersebut. Walaupun sering dianggap sepele, ternyata kecepatan website menjadi salah satu hal yang penting. Kecepatan website bisa mempengaruhi kunjungan dan juga pendapatan.

Lalu bagaimana caranya untuk menaikkan performa website? Anda bisa menggunakan Google PageSpeed. Ini merupakan kumpulan beberapa tool yang berguna untuk mengoptimalkan performa website. Didalamnya terdapat 4 jenis tools, yaitu PageSpeed Module, PageSpeed Insight, PageSpeed Service, dan PageSpeed ChromeDevTools.

Gunakan Internal Link

 
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan internal link untuk menaikkan peringkat konten menjadi yang teratas. Internal link merupakan tautan yang mengarah dari satu halaman ke halaman lainnya didalam website yang sama. Dengan menggunakan internal link didalam website, pengunjung bisa dengan mudah berpindah halaman tanpa memakan waktu lebih. Jadi pengunjung bisa langsung klik link tersebut untuk menuju halaman selanjutnya tanpa harus kembali dulu. Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang menaikkan peringkat konten Anda menjadi yang teratas.

Gunakan Google Analytics

 
Terakhir, Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk mengetahui pergerakan pengunjung. Kita juga bisa tahu di halaman website mana pengunjung pertama kali berkunjung dan di halaman website mana pengunjung mengakhir kunjungannya. Selain itu, kita juga bisa tahu didalam website, halaman mana yang kurang pengunjung. Dan halaman mana yang sangat digemari oleh pengunjung. Kita bisa lihat semua di Google Analytics.Selain Google Analytics, ada juga Google Search Console. FUngsi Google Search Console berfungsi untuk memonitor bagaimana kerja website dalm ranah organik google.

Artikel Terkait  [SEO Lokal / MEO] Cara Membidik Tampilan Teratas dalam Pencarian Regional

Kesimpulan

 
Anda tidak harus membuat konten baru yang bisa menaikkan jumlah pengunjung. Namun juga bisa dengan memodifikasi konten lama menjadi baru untuk menaikkan jumlah pengunjung ke situs Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset, mengembangkan keyword Anda secara konsisten, memroduksi konten secara konsisten, dan masih banyak cara lain. Semoga apa yang sudah dijelaskan dalam artikel ini bsa bermanfaat bagi Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami