APPKEY | Apa Itu MFI (Mobile First Index) | Periksa Langkah-Langkah dan Informasi Terbaru
Mobile first index adalah teknik pemeringkatan yang diterapkan oleh google, khusus untuk performa website melalui penjelajah website dalam versi mobile. Salah satu catatan tentang MFI yaitu menyatukan konten - konten yang berasal dari Smartphone akan menjadi standar evaluasi. Berikut penjelasan selengkapnya!
21110
post-template-default,single,single-post,postid-21110,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
mobile-first-index

Apa Itu MFI (Mobile First Index) | Periksa Langkah-Langkah dan Informasi Terbaru

Sebelum smartphone menjadi secanggih seperti sekarang, orang kebanyakan masih melakukan pencarian di internet dengan menggunakan PC, bahkan pencarian untuk hal yang paling sederhana. Namun, ketika kini kami melakukan pengecekan kunjungan situs web dengan perangkat, lebih dari 70% diakses melalui smartphone, jauh lebih tinggi daripada menggunakan PC.

Artikel Terkait  Cara Meningkatkan Kekuatan Domain yang Memengaruhi SEO | Mengecek Efektifitas dan Hubungannya dengan Menaikkan Peringkat Situs

Pengguna pencarian bergeser dari PC ke ponsel sekaligus. Tentu saja, rasionya bervariasi tergantung pada informasi dan produk yang ditangani di situs web, tetapi dapat dipastikan bahwa pencarian oleh pengguna smartphone meningkat.

Sementara itu, ada langkah besar untuk mengubah kriteria evaluasi SEO. Itu adalah “MFI (Mobile First Index)”. Apa itu mobile first index? Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang MFI dan LKM, yang merupakan titik balik penting untuk SEO.

Apa Itu MFI (Mobile First Index)

 

Mobile-First-Index 

Pemeringkatan hasil pencarian yang sebelumnya ditampilkan didasarkan pada PC sekarang berlaku sebaliknya, yakni acuannya adalah versi mobile atau Smartphone. Oleh karena itu, pada dasarnya hasil pencarian yang ditampilkan pada smartphone juga menentukan peringkat dengan melihat konten halaman untuk PC, tetapi evaluasi dibalik oleh pengenalan MFI.

MFI atau mobile first index adalah teknik pemeringkatan yang diterapkan oleh Google, khusus untuk performa website melalui penjelajah website dalam versi mobile. Dengan kata lain, kriteria evaluasi SEO akan berubah dari halaman PC ke halaman mobile.

Di balik perubahan besar oleh Google ini adalah fakta bahwa mayoritas pengguna saat ini alam melakukan pencarian telah pindah ke smartphone. Meskipun tampaknya perubahan dari dasar-dasar kriteria evaluasi akan memiliki dampak yang sangat besar, pada dasarnya kami bertujuan untuk kualitas netral (kualitas hasil pencarian saat ini tidak menurun).

Dengan kata lain, itu dapat dianggap berbeda dari pembaruan (pembaruan panda dan pembaruan penguin) yang meningkatkan kualitas hasil pencarian.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan di MFI

 

Jika Anda tidak mengambil tindakan pencegahan dengan benar, Anda dapat menurunkan peringkat secara signifikan, jadi mari kita memerika situs Web Anda mulai sekarang. Berikut ini adalah catatan tentang MFI:

Anotasi Diperlukan untuk Pengoperasian dengan URL Lain

 

url 

Saat mengoperasikan halaman untuk PC dan halaman untuk mobile dengan URL yang berbeda, pengaturan anotasi diperlukan. Anotasi berfungsi untuk memberi tahu crawler(penjelajah) bahwa konten yang dihasilkan oleh URL yang berbeda adalah sama.

Ini sesuai dengan pengaturan tag kanonik dan alternatif di setiap kepala halaman. Contoh pengaturan anotasi adalah sebagai berikut.

URL Halaman untuk PC: https:// example.com/

Tag ditempatkan di bagian atas halaman untuk PC:

URL Halaman Seluler: https://example.com/sp/

Tag untuk ditempatkan di kepala halaman seluler.

Seperti disebutkan di atas, harap tempatkan tag alternatif termasuk URL halaman seluler yang sesuai pada halaman untuk PC, dan tag kanonik termasuk URL halaman untuk PC pada halaman untuk Smartphone.

Mari kita atur tag ini tidak hanya di halaman atas, tetapi di semua halaman ponsel yang sesuai dengan halaman PC (setiap halaman memiliki URL yang berbeda). Juga, jika ada konten yang memiliki pagination, jumlah halaman mungkin berbeda antara halaman PC dan halaman mobile.

Dalam hal ini, mari kita buat jumlah halaman kedua perangkat menjadi seragam dan memasang tag anotasi. Jika tidak dapat dihindarkan bahwa Anda tidak dapat menyatukan jumlah halaman, kami sarankan pengaturan anotasi hanya pada halaman pertama atau tidak secara paksa mengaturnya.

Menyatukan Konten

 

Dengan diperkenalkannya MFI, konten-konten yang berasal dari Smartphone akan menjadi standar evaluasi. Apabila konten hanya ada di halaman PC tidak akan termasuk dalam target evaluasi.

Oleh karena itu, pastikan untuk menambahkan konten yang akan dinilai pada halaman PC ke halaman seluler. Juga, pastikan untuk memasukkan teks ke dalam alt halaman seluler, karena kriteria untuk mengevaluasi gambar akan berubah.

Pekerjaan untuk menyatukan konten berlaku tidak hanya ketika perangkat dipisahkan oleh URL yang berbeda tetapi juga ketika URL dipisahkan secara dinamis (URL dinamis). Periksa lagi apakah konten yang Anda butuhkan ada di halaman seluler.

Tidak Ada Masalah dengan Backlink

 

Dalam beberapa kasus, saya berpikir bahwa backlink sesuai dengan URL PC. Dengan diperkenalkannya MFI, saya pikir saya khawatir apakah tautan masuk harus menuju halaman seluler, tetapi jika anotasi diatur, tidak ada masalah. Karena itu, tidak perlu mengambil tindakan tambahan apa pun untuk mengumpulkan backlink di URL seluler.

Jika Anda Menggunakan Hreflang

 

Jika Anda mengatur bahasa lain dengan hreflang, mari atur hreflang di halaman seluler dan juga di PC. Contoh implementasi adalah sebagai berikut.

Artikel Terkait  Konten Duplikat Apa yang Tidak Disukai Google? Cara Menjalankan Situs Tanpa Duplikasi

Halaman untuk PC (Versi Bahasa Indonesia)

Halaman Seluler (Versi Bahasa Inggris)

Harap atur URL tidak hanya di halaman atas tetapi juga untuk setiap halaman di seluruh situs.

Direkomendasikan Desain yang Responsif

 

Jika Anda memahami tindakan pencegahan yang disebutkan di atas dan mengambil tindakan yang sesuai, Anda tidak akan mengalami penurunan peringkat secara signifikan karena pengenalan MFI. Namun, jika pengaturan anotasi salah atau konten yang diperlukan tidak ada, ada risiko terpengaruh.

Oleh karena itu, situs web yang terdiri dari desain responsif dapat menyelesaikan masalah ini. Desain responsif tidak membagi URL antara PC dan seluler, dan melainkan kontennya disatukan. Google secara resmi merekomendasikan operasi dengan desain responsif karena tidak perlu mempertimbangkan risiko memperkenalkan MFI.

Namun, tidak disarankan untuk mengubah ke desain responsif setelah memperkenalkan MFI, jadi jika Anda berpikir untuk mengubahnya, mari lengkapi sebelum memperkenalkan.

Kapan Memulai MFI

 

Desain-Responsif 

Mengenai pengenalan MFI, ada pengumuman resmi pada 4 November 2016, tetapi pengenalan skala penuh belum diputuskan pada saat ini. Alasannya adalah bahwa hasil pencarian akan berubah secara drastis jika dipasang dalam keadaan saat ini.

Diperlukan waktu untuk mencapai kualitas netral. Pada saat ini, kami telah mengumumkan bahwa kami akan secara bertahap memperkenalkan dari situs web yang tidak terpengaruh oleh pengenalan MFI. Selain itu, tampaknya beberapa situs web telah memiliki pengantar skala penuh dari operasi pengujian.

Kesimpulan: Memahami Dampak dari Pengenalan MFI dan Mengambil Tindakan Korektif

 

Artikel Terkait  [SEO Lokal / MEO] Cara Membidik Tampilan Teratas dalam Pencarian Regional

MFI atau mobile first index adalah Teknik pemeringkatan yang diterapkan oleh Google, khusus untuk performa website melalui penjelajah website dalam versi mobile. Dengan kata lain, kriteria evaluasi SEO akan berubah dari halaman PC ke halaman mobile.

Meskipun saya memperkenalkan MFI berdasarkan uji, tampaknya perlu waktu sampai pengenalan skala penuh. Jika memungkinkan, kami menyarankan Anda mengubah desain web yang responsif sebelum menerapkan MFI. Apabila Anda tidak dapat mengubahnya dengan segala cara, Anda dapat mengeksekusi konten yang disebutkan dalam catatan, itu tidak akan memiliki pengaruh besar pada peringkat.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami