Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Apa Itu Pemasaran Digital? Pengantar dari Metode Dasar ke Metode Konkret
Digital marketing adalah metode pemasaran yang dilakukan secara digital, baik itu melalui email ataupun web. Dengan melakukan digital marketing ada banyak manfaat yang diperoleh, salah satunya adalah jangkauan terhadap pelanggan menjadi lebih luas. Simak selengkapnya!
21360
post-template-default,single,single-post,postid-21360,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
teknik-marketing

Apa Itu Pemasaran Digital? Pengantar dari Metode Dasar ke Metode Konkret

“Digital marketing” kini semakin sering terdengar. Anda mungkin tertarik untuk mempelajari ini dan mulai mempertanyakan “apa itu digital marketing?” Digital marketing mengacu pada melakukan kegiatan pemasaran melalui media elektronik seperti signage digital dan perangkat digital seperti smartphone dan tablet, serta internet.

Penyebaran smartphone telah sangat meningkatkan peluang dan mempersingkat waktu bagi orang untuk mengakses informasi melalui internet. Dikatakan bahwa waktu rata-rata untuk menggunakan smartphone per hari adalah sekitar 3 jam per orang (menurut hasil survei Pusat Penelitian MMD 2018).

Bahkan dari era seperti itu, pemasaran digital telah menarik perhatian, dan jumlah perusahaan yang memasukkannya sebagai metode pemasaran yang penting semakin meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, selain mengulik mengenai apa itu digital marketing, kami juga akan memperkenalkan perbedaan dari pemasaran web, yang sering membingungkan, dan metode khusus.

Apa Itu Digital Marketing?

 

Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran untuk memperoleh pelanggan sambil mentransmisikan informasi ke kelompok sasaran yang ditargetkan secara strategis di semua lingkungan digital seperti email, SNS, dan iklan Web. Pemasaran mengacu pada pendekatan dan pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat konsumen membeli produk dan layanan, dan merupakan istilah yang menggabungkan kegiatan asli dengan digital.

Meningkatkan Akurasi Analisis dan Penargetan dengan Dua Sinyal Digital

 

analisis
 

Digital-Combination Pertama dengan Hasil Analisis Data

 

Dimasa lalu, data digunakan dalam pemasaran, tetapi sebagian besar waktu digunakan untuk memahami kecenderungan keseluruhan berdasarkan hasil survei kuesioner dan menggunakannya untuk pemasaran menuju keseluruhan.

Dengan perkembangan teknologi digital baru-baru ini, dimungkinkan untuk memperoleh data pribadi seperti data pembelian, informasi akses situs web, dan data perilaku seperti informasi lokasi. Sekarang, analisis data tidak hanya menangkap tren keseluruhan, tetapi juga memvisualisasikan perilaku konsumsi setiap konsumen.

Interaksi Digital Kedua dengan Media / Perangkat Digital

 

Sekarang Anda dapat melakukan pemasaran menggunakan media atau perangkat apa pun yang merupakan titik sentuh bagi bisnis dan konsumen. Sebagai contoh, dalam pemasaran web yang dijelaskan di bawah ini, situs web terbatas pada saluran.

Tetapi dalam pemasaran digital, SNS seperti Facebook dan Instagram dan E-Commerce(EC) juga ditambahkan sebagai media yang dapat didekati. Perangkat yang menggunakannya tidak terbatas pada PC, tetapi juga smartphone dan tablet.

Perbedaan antara Digital Marketing dan Pemasaran Web

 

Pemasaran-Web
 

Untuk mempelajari mengenai apa itu digital marketing, tentu Anda harus dapat membedakan antara digital marketing dan pemasaran web. Sebenarnya keduanya hampir sama, hanya saja perbedaan yang paling membuat keduanya menonjol adalah jenis saluran digital yang digunakan sebagai alat dan jumlah informasi yang tersedia.

Pemasaran web melakukan aktivitas pemasaran hanya di saluran situs web berdasarkan data perilaku di web. Secara khusus, itu termasuk SEO, daftar iklan, analisis akses, peningkatan situs web, dll. Secara alami, kami juga akan menggunakan metode ini dalam digital marketing, tetapi karena kami menggunakan saluran dengan cara yang lebih beragam, jumlah informasi yang dapat kami peroleh melebihi dari pemasaran web.

Dalam digital marketing, selain perilaku pengguna yang mengunjungi situs web, riwayat perilaku ponsel cerdas dan peramban tablet, dan aplikasi resmi, data terakumulasi melalui IoT, reaksi peristiwa nyata, dan mereka yang benar-benar mengunjungi toko. Data, data aktivitas offline seperti riwayat penjualan / pembelian juga dapat digunakan. Singkatnya, pemasaran web adalah bagian dari pemasaran digital.

Artikel Terkait  【Dasar-Dasar Service Marketing】Apa Itu Marketing Mix 7p?

Manfaat Pemasaran Digital

 

Ada dua manfaat digital marketing, yakni:

Cepat untuk Mengetahui Hasil dari Langkah-Langkah yang Diterapkan

 

Bayangkan iklan surat kabar. Tidak ada cara untuk mengetahui jumlah sebenarnya orang yang melihat iklan dan berapa banyak orang yang menyebabkan pembelian.

Namun, dalam digital marketing, hasilnya tidak hanya dapat dibuat jelas, tetapi tergantung pada konten, ada kasus di mana hasilnya dapat dipahami secara real time. Berdasarkan data ini, Anda dapat mengumpulkan tindakan apa yang akan diambil di masa mendatang, sehingga Anda dapat mempercepat siklus PDCA lebih cepat.

Lebih Banyak Menjangkau Audiens

 

Saluran digital apa yang Anda pilih untuk mendapatkan informasi yang tidak Anda ketahui? Beberapa orang menggunakan mesin pencari seperti Google dan Yahoo! atau menggunakan aplikasi berita di smartphone mereka sebagai pengganti surat kabar. Informasi terbaru dapat diperoleh dari Instagram.

Dengan adopsi smartphone yang tersebar luas, cara, waktu, dan frekuensi mengakses informasi akan sangat bervariasi dari orang ke orang. Oleh karena itu, dengan menggabungkan semua jenis media digital dan perangkat digital, suatu pendekatan yang secara langsung memengaruhi psikologi konsumen dan pola perilaku setiap orang menjadi mungkin, dan komunikasi dimulai dari saat reaksi diterima.

Artikel Terkait  Mengapa Pemasaran Email Penting Saat Ini? Komentar Beserta Tren Terbaru

Teknik Pemasaran Digital

 

teknik-pemasaran-digital
 

Sekarang mari kita lihat metode konkret digital Marketing. Kapan dan informasi seperti apa yang diinginkan konsumen target? Kami akan membuat hipotesis berdasarkan hasil analisis data dan menerapkan langkah-langkah dengan menggabungkan metode berikut.

Semakin banyak informasi yang dapat Anda analisis dan semakin banyak saluran yang Anda dekati, semakin mudah bagi Anda untuk mencapai hasil, sehingga penting untuk mengadopsi berbagai metode daripada hanya menggunakan satu metode saja.

Operasi Situs Web

 

Ini dapat secara luas dibagi menjadi tujuan “akuisisi pelanggan (menarik pelanggan)” dan “akuisisi konversi”.

Akuisisi Pelanggan

 

Menarik pelanggan tujuannya adalah untuk menarik lebih banyak pelanggan dengan meningkatkan peluang bagi lebih banyak konsumen untuk melihatnya melalui SEO dan iklan internet. SEO adalah optimasi mesin pencari, dan itu menciptakan konten yang kaya yang bermanfaat bagi pengguna sehingga akan ditampilkan lebih tinggi ketika dicari oleh beberapa kata kunci terutama menggunakan mesin pencari Google.

Anda dapat mengharapkan efek dengan melanjutkan. Iklan internet dapat dibuat dengan membuat daftar iklan (disebut iklan yang terhubung dengan pencarian, iklan yang menanggapi kata kunci) dan iklan video (memposting konten video ke YouTube dll. Dan membuatnya terlihat oleh pengguna terlepas dari keinginan mereka) dll, dapat digunakan dengan benar tergantung pada target.

Tujuan Akuisisi Konversi

 

Kami melakukan analisis akses dan peningkatan situs untuk tujuan akuisisi konversi. Kami menganalisis pengguna seperti apa yang datang dari mana dan mengapa tidak ada konversi (pembelian barang, permintaan bahan, pendaftaran keanggotaan, dll.) Dari sana, dan halaman di situs untuk menyelesaikan masalah. Kami akan terus meningkatkan konten dan arahan.

Pemasaran Konten

 

Sebagai strategi bagi perusahaan dan konsumen untuk terus membangun hubungan yang efektif. Metode pemasaran yang pada akhirnya memandu tujuan bisnis yang dibayangkan oleh perusahaan sambil terus memberikan informasi (konten) yang melayani pelanggan melalui web.

Dalam hal BtoC, kami akan mengembangkan eBuku dengan informasi terperinci yang tertulis di pintu masuk. Dalam kasus BtoC, berlaku untuk pengalaman dan sampel, dan menciptakan peluang untuk memperoleh informasi pelanggan.

Misalnya, seseorang yang tertarik dengan informasi alat rumah tangga terbaru dan mencari mencari artikel tentang itu, dan baru kemudian tertarik pada produk tersebut. Ini berguna ketika Anda ingin membuat aliran untuk pindah ke tindakan berikutnya, seperti mencari informasi produk di web atau mengunjungi pengecer massal elektronik rumah.

Dengan cara ini, di samping kondisi psikologis yang membuat pihak pengguna tertarik untuk mencari sejak awal, dengan secara alami menyentuh konten yang menarik efek dan daya tarik produk, pelanggan potensial dapat akan lebih mudah untuk menemukan produk. Keuntungan lain adalah membuatnya lebih mudah untuk mempromosikan pembelian karena Anda secara alami dapat melakukan kontak dengan informasi produk yang sebenarnya setelah memahami daya tarik produk.

Artikel Terkait  Apa Itu "Digital Marketing"? Ringkasan dan Metode Dalam 5 Menit

Pemasaran Media Sosial

 

Ini adalah metode pengiriman informasi melalui SNS (layanan jejaring sosial) seperti Twitter, Facebook, Instagram, LINE. Karena jumlah pengguna SNS meningkat di antara berbagai kelompok umur dan juga kaum muda, dan telah menjadi bagian dari kehidupan mereka, jumlah perusahaan yang memasukkan pemasaran sosial sebenarnya meningkat.

Selain digunakan sebagai media untuk mengirimkan informasi, SNS adalah perbedaan besar dari metode lain dalam hal informasi yang menurut pengguna baik dapat disebarkan ke jumlah orang lain yang tidak ditentukan. Tujuan lain adalah untuk secara aktif menciptakan (penggemar) dengan mengirimkan informasi sebagai sebuah perusahaan.

Pemasaran Aplikasi

 

Ini adalah metode bagi perusahaan untuk melakukan komunikasi real-time sesuai dengan siklus hidup dan informasi lokasi konsumen melalui aplikasi smartphone. Ini digunakan dalam berbagai situasi seperti mempertahankan pelanggan potensial, mempromosikan penjualan, dan menindaklanjuti suatu masalah.

Kesimpulan

 

Kami telah memperkenalkan dasar-dasar dan metode spesifik mengenai apa itu digital marketing. Karena perkembangan teknologi digital dan diversifikasi informasi yang berhubungan dengan konsumen, proses menuju pembelian konsumen menjadi lebih lama, dan pemasaran satu-ke-satu diperlukan.

Secara khusus, penyebaran smartphone memiliki efek memperpanjang fase pembelian, tetapi juga berfungsi sebagai tempat bagi perusahaan dan konsumen untuk bersentuhan satu sama lain, memperpendek jarak, dan mempercepat kebutuhan digital marketing.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami