APPKEY | Apa Dampak Plagiarisme pada SEO? Pengetahuan yang Tepat untuk Peringkat yang Lebih Tinggi
Plagiarisme merupakan salah satu hal yang paling dihindari oleh pembuat konten, karena dampaknya akan sangat merugikan. Salah satunya adalah sebagai bentuk pelanggaran hak cipta bahkan berdampak juga pada SEO. Berikut penjelasan selengkapnya!
20932
post-template-default,single,single-post,postid-20932,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
dampak-plagiarisme-pada-SEO

Apa Dampak Plagiarisme pada SEO? Pengetahuan yang Tepat untuk Peringkat yang Lebih Tinggi

Pernahkah Anda kesulitan ketika mencari informasi di mesin pencari, contohnya seperti Google, Yahoo, dan lain-lain? Mungkin beberapa dari kalian sering menemukan beberapa situs yang memuat konten serupa dengan yang Anda cari, terkadang hal tersebut membuat Anda bingung. Kemudian Anda akhirnya dapat menemukan informasi yang Anda butuhkan dengan menjelajahi banyak situs. Kurang efektif memang, padahal sebenarnya banyak dari pengguna yang menginginkan pencarian yang efektif, itulah mengapa mereka mecari informasi apapun di mesin pencari. Bila perlu hanya dengan mengunjungi satu klik saja Anda sudah menemukan jawaban yang Anda cari.

Plagiarisme sebenarnya menjadi salah satu hal yang paling dihindari oleh para pembuat konten. Bahkan menjadi momok yang bisa dibilang menakutkan. Tentu dilatar belakangi oleh konten yang dinilai sebagai plagiarisme akan menanggung dampak yang tidak menguntungkan. Salah satunya pelanggaran hak cipta. Selain itu, hal tersebut juga akan berdampak pada SEO. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada Anda, bukan?

Artikel Terkait  10 Poin Penting untuk Mengukur Kemampuan Crawler Situs Web

Lalu apa saja dampak dari konten yang mengandung plagiarisme? Yuk kita bahas satu persatu.

Dampak Plagiarisme pada SEO

 

plagiarisme-pada-SEO 

SEO Dapat Memiliki Efek Buruk pada Salin dan Tempel

 
Sebenarnya hal tersebut bergantung pada kata kunci, bahkan jika isi dari konten tersebut sama, mungkin peringkatnya akan ada di halaman teratas hasil pencarian. Ketika dihadapkan pada situasi tersebut, operator yang baru memulai SEO mungkin ingin menyalin teks dari situs lain dan menempelkannya di situs mereka untuk menambah jumlah halaman.

Tentu saja konten yang dibuat dengan menyalin dan menempelkan di situs sendiri akan berada di peringkat lebih tinggi hasil pencarian. Namun, kebanyakan kasus kenaikan peringkat tersebut hanya sementara, atau bahkan tidak naik sama sekali, tetap berada di peringkat sebelumnya. Kemudian lama-lama akan mengalami penurunan yang signifikan.

Jika ingin kenaikan peringkat situs Anda di hasil pencarian, maka buatlah konten yang asli secara konsisten. Memang tidak mudah, namun apa salahnya untuk mencoba.

Kualitas Konten Menjadi Rendah

 
Jika Google mencoba membuat daftar semua situs yang dibuat oleh banyak orang dalam hasil pencarian, kapasitasnya akan sangat besar dan akan sulit. Jika Anda membayangkan semua situs akan muncul dalam satu pencarian, maka tentu saja selain kapasitasnya yang terlalu besar, tentunya Anda akan sulit menemukan situs yang bisa menjawab pertanyaan Anda karena terlalu banyaknya pilihan yang ada.

Berawal dari konten yang disalin dan tidak diperbarui oleh operator, dan juga tidak ada yang menginginkannya. Jika konten semacam itu terakumulasi di Google, pemrosesan data akan menjadi terlalu besar, sehingga sulit untuk mengumpulkan data unik yang harus diproses.

Oleh karena itu, terdapat beberapa situs yang dikecualikan dari hasil pencarian jika konten tersebut terlalu banyak menyalin. Sejauh itu, Google mengulangi penelitiannya setiap hari untuk mengirimkan informasi unik.

Apa yang Harus Saya Lakukan untuk Menghindari Penyalinan?

 

menghindari-plagiat 

Jika Anda mencoba untuk tidak menyalin konten sebanyak mungkin tentu saja bukan termasuk hal yang mudah. Membuat konten yang unik di situs web tidak semudah Anda membalikkan telapak tangan. Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk menghindari teks salinan?

Bagikan Manual ke Sub Kontraktor dan Buat Mereka Melek Huruf

 

Artikel Terkait  Cara Membuat Catch Copy | Bagaimana Membuat Judul yang Menusuk

Ini adalah sesuatu yang harus Anda lakukan jika Anda outsourcing artikel. Di tempat pertama, mungkin Anda kurang pengetahuan mengenai SEO dan tidak mengetahui bahwa ada masalah dalam salin menyalin. Penting untuk mengembangkan manual outsourcing dan memberikan literasi sehingga bisa menjadi penulis yang dapat menulis artikel yang berkualitas, artikel yang original dan dengan biaya rendah.

Memanfaatkan Alat Pemeriksaan Teks Salin dan Tempel

 
Akan lebih baik jika Anda selalu memeriksa apakah suatu artikel mengandung unsur plagiarisme atau tidak, entah itu artikel yang dibuat oleh outsourcing ataupun yang Anda buat sendiri. Tentu saja ada alat pemeriksaan yang bisa Anda gunakan untuk mengecek teks salin dan tempel sebelum Anda mengunggahnya ke situs web. Anda dapat memodifikasi teks setelah situs dipublikasikan, tetapi sebaiknya lakukan sebelum diindeks.

Jangan Menyalinnya karena Ada Kemungkinan Pelanggaran Hak Cipta

 
Beberapa orang mungkin ingin mencobanya jika konten teks yang disalin berpeluang untuk meningkatkan peringkat situs mereka, tetapi akan ada bahaya bahwa hal itu akan bertentangan dengan pelanggaran hak cipta.

Selain artikel, gambar, foto, dan video juga bisa digunakan tanpa izin dan tentu saja bisa terkena pelanggaran hak cipta jika kita tidak izin kepada pemiliknya terlebih dahulu. Penting untuk mengetahui etika ketika menggunakan karya orang.

Gunakan Kutipan ketika Anda Menyalin dan Menempel Sesuatu

 

gunakan-kutipan 

Untuk meningkatkan kualitas situs, mungkin beberapa dari kalian akan menggunakan konten situs lain. Jika Anda perlu mengutip sesuatu, pastikan untuk menautkan URL sumber. Jika hal ini tidak Anda lakukan, akan berakibat tidak baik pada Anda.

Anda tidak perlu menyertakan informasi dalam tag “blockquote”, asalkan Anda menjelaskan bahwa itu adalah kutipan. Saat ini, crawler mengenali teks mana yang dikutip dan mana yang tidak. Namun, jangan konfigurasikan situs Anda dengan konten yang dikutip. Mari kita membuat artikel dengan mempertimbangkan keseimbangan antara konten asli dan kutipan.

Kesimpulan

 
Pada dasarnya, efek salin dan tempel pada SEO sebenarnya tidak baik. Namun, jika Anda mengutip bagian informasi saja, tidak keseluruhan, itu akan dievaluasi sebagai konten yang mengumpulkan informasi yang lebih rinci. Artinya adalah konten yang Anda buat bisa jadi memuat informasi yang lebih lengkap dari pada konten yang sebelumnya. Tentunya ini menjadi hal yang positif. Juga otomatis akan membantu Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Jangan lupa juga ketika Anda benar-benar harus mengambil suatu informasi dari situs lain, ubahlah kalimatnya tanpa mengubah maknanya. Cara ini sudah digunakan oleh banyak orang, hal ini masih diperbolehkan.

Jika Anda pernah mendengar singkatan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Cara ini juga bisa Anda adopsi. Amati terlebih dahulu, tentu Anda akan membaca artikel tersbut terlebih dahulu sebelum mengutipnya. Itu sudah termasuk kegiatan mengamati. Kira-kira informasi apa yang bisa Anda kutip. Kemudian Anda tiru, dan modifikasi. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ubah kalimatnya namun jangan mengubah makna atau arti dari kalimat tersebut.

Artikel Terkait  Tautan Internal dan Cara Memasukkan Tautan Internal Sesuai dengan Ketentuan SEO

Memang, ketika Anda mencoba untuk menyalin dan menempel suatu teks ke dalam artikel, Anda memerlukan kehati-hatian. Karena jika dilihat kembali, sudah banyak pelanggaran hak cipta yang terjadi. Memang belum semua orang peduli terhadap karya tiruan, namun mau tidak mau Anda harus mengetahui dan paham betul mengenai hal ini. Cobalah belajar untuk menulis dengan teks asli, yang berasal dari Anda sendiri tanpa menyalin dan menempel. Tentu akan menjadi hal yang lebih baik.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: