Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Ada Berapa Alat Pemasaran? Bagaimana Memilih Alat yang Tepat untuk Strategi Anda
Alat yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, sehingga penting untuk memperjelas tujuan penggunaan agar mendapatkan hasil yang sesuai. Sebagai contoh, MA khusus dalam manajemen pelanggan tetapi tidak cocok untuk manajemen proses bisnis. Berikut penjelasan selengkapnya!
21282
post-template-default,single,single-post,postid-21282,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
Marketing-Automation

Ada Berapa Alat Pemasaran? Bagaimana Memilih Alat yang Tepat untuk Strategi Anda

Dengan perkembangan teknologi IT, berbagai alat untuk mengotomatisasi pekerjaan telah muncul dalam kegiatan pemasaran perusahaan. Dengan menggunakan alat ini, efisiensi dan produktivitas bisnis dapat ditingkatkan, dan laba dapat diharapkan meningkat.

Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan garis besar kegiatan pemasaran seperti MA, CRM, SFA, ABM, fitur alat yang berguna, dan poin saat menggunakannya.

Otomasi Pemasaran MA (Marketing Automation)

 

MA adalah sistem yang mengotomatisasi serangkaian kegiatan pemasaran perusahaan seperti daya tarik pelanggan, promosi penjualan, dan manajemen pelanggan untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Misalnya, dengan menganalisis pengguna yang mengunjungi situs, kami secara otomatis menemukan calon pengguna, dan mengambil pendekatan yang sesuai berdasarkan frekuensi akses dan riwayat halaman yang dikunjungi.

Selain itu, MA juga menyediakan fungsi untuk membantu penjualan. Ini juga mengotomatiskan proses “penumbuhan” calon pelanggan melalui komunikasi berkelanjutan berdasarkan hasil analisis.

Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Alat MA

 

• Mengumpulkan informasi.
• Membantu pelacakan perilaku pelanggan online.
• Otomatisasi pemasaran email.
• Optimalisasi konten secara otomatis.
• Kolaborasi dengan media social.
• Pengukuran efek seperti melihat konversi halaman kampanye.

CRM (Customer Relation ship Management)

 

CRM secara akurat menangkap “kebutuhan pelanggan” dan membangun “hubungan” jangka panjang dengan calon pelanggan serta mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Akibatnya, pengenalan alat CRM akan mengarah pada memaksimalkan jumlah pembelian perorang, meningkatkan retensi pelanggan, dan meningkatkan laba jangka panjang.

Alat yang membantu CRM mengelola informasi pelanggan seperti riwayat pendekatan tenaga penjualan setelah membeli produk dan riwayat pembelian produk lainnya.

Artikel Terkait  Pemasaran Media Sosial dalam 5 Menit

Apa yang Dapat Anda Lakukan Dengan Alat CRM

 

• Mengatur informasi perusahaan dan informasi kontak.
• Memvisualisasikan status negosiasi pada pipeline.
• Meningkatkan tingkat penutupan dan perpendek periode hingga penutupan.
• Meningkatan jumlah pembelian perorang.
• Meningkatkan tingkat retensi pelanggan.

SFA (Sales Force Automation)

 

SFA atau otomasi tenaga penjualan berfungsi mengelola proses penjualan dan kemajuan untuk mempersingkat kegiatan penjualan. Mirip dengan CRM, SFA yang mengelola informasi pelanggan.

Tetapi karena SFA adalah sistem yang mendukung kegiatan penjualan, dimungkinkan untuk mengelola data termasuk hal-hal dan sejarah yang terkait dengan penanggung jawab. Tool ini mengelola secara terpusat informasi yang diperlukan untuk kegiatan penjualan hingga penyelesaian negosiasi bisnis.

Apa yang Dapat Anda Lakukan Dengan Alat SFA

 

• Mengelola perilaku setiap tenaga penjualan.
• Mengatur konten dan proses negosiasi.
• Meningkatkan efisiensi dan laba penjualan dengan meningkatkan efisiensi penjualan.
• Memiliki fungsi pembuatan kutipan atau tautan.
• Memiliki fungsi penagihan.

ABM (Account Based Marketing)

 

ABM adalah sistem yang berfokus pada akun korporat. Berbeda dengan MA yang membantu untuk menemukan pelanggan potensial secara efisien dari sejumlah besar orang yang tidak ditentukan.

Sementara ABM dapat dikatakan sebagai kegiatan untuk membuat perusahaan dan pelanggan tertentu membeli. ABM menerapkan sistem B2B terutama untuk perusahaan besar dengan pelanggan besar.

Apa yang Dapat Anda Lakukan Dengan Alat ABM

 

• Penargetan akun.
• Keterlibatan multi-saluran yang dipersonalisasi.
• Analisis akun berbasis pendapatan.
• Fungsi memimpin manajemen.

Artikel Terkait  Apa Itu Bauran Pemasaran (4P)? Poin-Poin Penggunaan Praktis yang Dipelajari dari Kasus

Alat Pemasaran Akan Menghasilkan Dengan Mengklarifikasi Tujuan Penggunaan

 

Alat yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, sehingga penting untuk memperjelas tujuan penggunaan agar mendapatkan hasil yang sesuai. Sebagai contoh, MA khusus dalam manajemen pelanggan tetapi tidak cocok untuk manajemen proses bisnis. Penting untuk menggunakan alat yang ingin Anda gunakan sesuai dengan “proses pemasaran penjualan” tersebut.

Memimpin Tahap Akusisi

 

Untuk memulai penjualan, pertama Anda perlu meningkatkan jumlah calon pelanggan. Dalam kasus seperti itu, kami akan memperkenalkan MA.

Daripada menyerahkannya tugas ini dengan memanfaatkan SDM dengan waktu dan keterampilan terbatas, kami akan menganalisis alat MA untuk secara efektif menerapkan pendekatan yang sesuai dengan setiap pelanggan, dan mempromosikan akuisisi dan pelatihan pelanggan.

Tahap Negosiasi Dimulai

 

Kami akan memperkenalkan SFA pada tahap ketika negosiasi bisnis dimulai dan penjualan sedang berlangsung. Khususnya, ketika perwakilan penjualan bekerja sebagai tim, informasi dan jadwal akan dibagikan dan perincian setiap negosiasi akan dikelola dengan alat SFA sehingga mereka dapat bekerja sama secara efektif.

Menutup Kesepakatan

 

CRM diperkenalkan ketika negosiasi bisnis yang sukses dibuat dan pelanggan yang diperoleh digunakan sebagai pengulang untuk menggunakan produk atau layanan setelahnya, atau untuk mempromosikan produk.

CRM mendukung dalam mengarut rincian riwayat pembelian, tindak lanjut purna jual, dan lainnya. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendukung hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Kapan ABM Cocok?

 

Aliran diatas adalah kasus dimana MA dan setiap alat sistem dihubungkan, dan itu didasarkan pada kegiatan pemasaran kepada banyak pelanggan yang tidak ditentukan diberbagai industri. Jika pelanggan dapat dikelompokkan dengan karakteristik yang sama dan tujuannya adalah untuk menjual produk atau layanan dengan harga yang relatif tinggi, gunakan sistem ABM untuk memilih target pelanggan tertentu dari pelanggan yang sudah ada dan menerapkan pendekatan hal ini akan efektif.

Artikel Terkait  5 Langkah Merencanakan hingga Memenangkan Strategi Marketing

Alat yang Direkomendasikan

 

Marketo

 

marketo 

Marketo automation software untuk marketing direkomendasikan untuk digunakan dalam mengatur bisnis skala kecil hingga menengah tetapi dapat digunakan juga diperusahaan besar. Saat ini kebanyakan perusahaan telah memperbarui fitur produk secara teratur untuk meningkatkan efektivitas dari sebuah software.

Fungsi:

 

• Menyediakan platform email marketing berbasis web.
• Menawarkan serangkaian fitur seperti landing pages, web analytics, email marketing, social media, dan lainnya.
• Memiliki kemampuan untuk membuat kampanye secara otomatis dan mempersonalisasi proses customer engagement.

HubSpot

 

HubSpot 

Software ini dilengkapi dengan advanced marketing tools untuk berbagai proses dan tugas pemasaran online, seperti social media marketing, web analytics, pembuatan landing page yang menarik, content management, search engine optimization, dan lainnya. Anda dapat meluncurkan kampanye Anda dengan cepat dan efektif melalui software otomatis pemasaran saat ini.

Fungsi:

 

• Anda dapat mengedit konten dan mengubah desain dengan mudah.
• Tersedia dukungan 24/7.
• Dapat menyusun konten dan memastikan penerbitannya juga.
• Dapat menjadikan template email serta mengotomatiskan konten dan baris subjek kepada individu tertentu.
• Dapat mengoptimalkan konten dan landing page sesuai dengan keywords.

Ontraport

 

Ontraport 

Ontraport merupakan salah satu yang terbaik untuk pengusaha bisnis kecil karena merupakan software bisnis otomasi yang paling mudah digunakan. Layanan yang tersedia yaitu mencangkup email dan SMS marketing, content management, CRM, billing and online payments, dan lainnya.

Fungsi:

 

• Menggabungkan kampanye offline dan online untuk menyediakan strategi kampanye yang terintegrasi sepenuhnya dan Anda bisa mendapatkan hasil online dan offline menggunakan visual campaigning performance reporting tool.
• Campaign builder berguna untuk menggabungkan email, SMS, landing page, dan digital ads.
• Anda dapat mengirim email dan teks otomatis tanpa ada batasan.
• Dapat diintegrasikan melalui CRM, e-eommerce, dan alat otomatisasi pemasaran lainnya.
• Dapat melacak perilaku pelanggan dengan sangat terperinci.
• Tersedia dukungan secara online.

Pardot

 

Pardot 

Pardot layanan yang luar biasa, kemudahan penggunaan, dan ketersediaan panduan interface yang dapat membantu dalam pembuatan campaign yang menarik dengan mudah. Oleh karena itu, software yang satu ini menjadi sangat popular.

Pardot bekerja dengan sangat baik dari perusahaan kecil hingga menengah bagi yang sedang mencari software tools untuk meningkatkan efisiensi proses penjualan dan pemasaran.

Fungsi:

 

• Kompatibel dengan salesforce, sugarCRM, netsuite, microsoft dynamic CRM, dan lain sebagainya.
• Dashboard dapat disesuaikan untuk mengukur dan melacak hasil campaign.
• Efektif untuk meluncurkan email campaigns melalui fitur pengiriman email otomatis.
• Memiliki kemampuan untuk menemukan celah dan memperbaikinya sebelum campaign diluncurkan.

LeadSquared

 

LeadSquared 

Ini adalah software otomatisasi pemasaran untuk bisnis yang mencangkup dengan real estate, pendidikan, travel, kesehatan, dan keuangan. Software ini menawarkan layanan diarea model bisnis B2C dimana produk dan layanan dijual kepada konsumen akhir secara langsung.

Fungsi:

 

• Template email yang beragam ditawarkan untuk mendukung berbagai jenis perangkat.
• Software ini dianggap sebagai salah satu tools terbaik untuk dapat manajemen prospek.
• Dirancang untuk menangkap prospek dari email, campaign, panggilan telepon, dan lain sebagainya.
• Fitur dapat diakses melalui situs web serta aplikasi seluler.
• Dapat mengirimkan pemberitahuan penjualan secara otomatis kepada penjual.
• Anda dapat dengan mudah memprioritaskan prospek dan tugas dengan menggunakan leadsquared.

Ringkasan

 

Untuk memaksimalkan efek pemasaran, penting untuk menggunakan alat yang memiliki fungsi yang sesuai untuk proses pemasaran penjualan. Pertimbangkan bagian mana dari pendekatan pemasaran yang ingin Anda tingkatkan, anggaran, dan sumber daya manusia untuk memprioritaskan dan memilih alat yang dapat bekerja bersama.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami