Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | 6 Rekomendasi Alat untuk Identifikasi Plagiat | Fitur & Cara Penggunaannya
Seperti yang telah diketahui bahwa dampak plagiarisme sangat fatal bagi SEO. Berikut kami sajikan 6 rekomendasi alat untuk mengidentifikasi plagiat selengkapnya!
20940
post-template-default,single,single-post,postid-20940,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
alat-cek-plagiat

6 Rekomendasi Alat untuk Mengidentifikasi Artikel Plagiat

Hal paling penting yang wajib Anda perhatikan dalam menulis konten di situs Web adalah memastikan konten yang Anda sajikan untuk pembaca bebas dari plagiat. Plagiat atau duplikasi konten merupakan kegiatan mengutip sebagian atau keseluruhan konten dari satu sumber dan diterbitkan ke media lain tanpa menyertakan sumber aslinya.

Ada beberapa dampak negatif jika situs website Anda melakukan plagiat, Anda bisa mendapatkan teguran dari sumber asli untuk menurunkan artikel yang sudah dirilis, bahkan dampak yang paling buruk adalah diperkarakan melalui jalur hukum karena terbukti melakukan copy-paste tanpa ijin pemilik/sumber asli.

Artikel Terkait  [Versi Terbaru Tahun 2020] 20 Alat SEO yang Direkomendasikan Terbuka Untuk Umum!

Selain itu, Google Search Engine juga sudah memiliki fitur untuk mematikan konten plagiat. Mereka mampu melihat siapa yang sebenarnya memiliki konten tersebut untuk pertama kali dan siapa juga yang telah melakukan plagiat terhadap konten tersebut dan yang paling buruk situs website Anda juga akan di cap buruk oleh netizen dan dinilai tidak orisinil. Oleh karena itu, saya akan membantu Anda agar dijauhi dari dampak negatif plagiat diatas dengan menjelaskan 6 rekomendasi alat untuk mengidentifikasi plagiat.

Mengapa Anda Harus Memeriksa Konten Plagiat?

 

cek-plagiat

Di tempat pertama, konten plagiat seharusnya tidak ada di internet. Konten asli harus tetap ada dan itu sudah cukup untuk dibaca saja. Selain itu, Google ingin mengatur data yang dimilikinya dan data yang akan dihasilkan dalam hasil pencarian, ada kasus dimana kalimat dengan banyak salinan tidak muncul dalam hasil pencarian. Oleh karena itu, menyalin konten alias melakukan plagiat bukanlah hal yang baik bagi mereka yang ingin melakukan SEO yang tegas. Orang yang menulis artikel sendiri tidak perlu terlalu banyak melakukan pengecekan cek, tapi pastikan untuk melakukan cek ketika outsourcing.

Alat Periksa Konten Salinan yang Disarankan

Dari sekian banyak salinan alat cek konten, kami akan terlebih dahulu memperkenalkan apa yang dapat saya rekomendasikan.

Plagiarism Checker dari SmallSEOtools

 

smartseotools 

Plagiarism Checker adalah Tools yang paling sering digunakan oleh beberapa orang karena gratis dan Anda dapat dengan mudah memeriksa artikel setelah rilis. Cara menggunakannya juga sangat mudah yakni,

  • Kunjungi situs https://smallseotools.com/plagiarism-checker/
  • Copy dan paste tulisan yang ingin Anda cek keasliannya, pastikan tidak lebih ari 5000 kata.
  • Lalu klik check plagiarism, dan dapatkan hasilnya. Akan terdapat presentase kemiripan tulisan Artikel dengan artikel lain yang ada di Internet.

Tools ini sangat terkenal di kalangan blogger, mereka biasanya dituntut untuk menyajikan konten yang berkuaitas dan bebas dari plagiat.

Unicheck

 

unicheck 

Sama halnya dengan plagiarism checker, menggunakan tool ini juga cukup mudah.  Anda cukup mengunjungin situsnya unicheck.com lalu lakukan hal serupa seperti penjelasan saya di atas. Sesuai dengan namanya, unicheck yang berarti “periksa banyak”, alat ini mampu menscanning 16 juta halaman dan dokumen di mesin pencarian. Persentase dan link menuju sumber aslinya juga akan disajikan kepada Anda setiap kali selesai memindai dan yang paling dari keren dari tool ini adalah dia mampu memindai teks-teks dari format yang berbeda secara bersamaan dengan hanya membutuhkan waktu 4 detik per teks, tanpa adanya penurunan kecepatan. Unicheck mampu melampui layanan gratis yang diberikan plagiarism checker karena tools ini berbayar. Jika profesi Anda mengharuskan untuk melakukan pengecekan konten secara terus menerus tidak ada salahnya Anda mencoba tools ini, karena disediakan juga versi trial dengan melakukan pengecekan 275 kata per pindai. Jika tertarik, Anda bisa langsung berlangganan, harganya juga tidak terlalu mahal yakni sekitar $5. Kunjungi situsnya pada https://unicheck.com/

Viper Anti-Plagiarism Scanner

 

Viper-Anti-Plagiarism-Scanner 

Berbeda dengan 2 tools di atas, Viper anti-plagiarism scanner mengharuskan Anda mendownload softwarenya pada link www.scanmyessay.com, install pada PC Anda dan lakukan registrasi. Setelah itu Anda dapat menggunakannya seperti cara diatas. Software ini mampu membandingkan tulisan yang Anda cek dengan jutaan sumber yang tersedia di Internet. Fitur ini akan sangat membantu Anda dalam pengecekan plagiasi tulisan secara mendalam.

Artikel Terkait  Perbandingan Alat Penanggulangan Google SEO Berbayar dan Gratis yang Direkomendasikan

Baru setelahnya Anda dapat memeriksa presentase plagiat artikel yang akan Anda cek. Namun, software ini tidak gratis, Anda perlu membayar sekian dollar untuk menikmati layanan yang tersedia. Anda dapat mengunggah file dari berbagai macam sumber, termasuk juga Google Drive. Proses pengecekan juga terbilang cepat sekitar 30 detik dan tidak ada delay. Software ini memiliki fitur yang mendukung lebih dari 50 bahasa dan juga dapat digunakan dengan berbagai tipe file.

DupliChecker

 

duplichecker 

Mirip seperti unicheck dan viper, tool ini juga berbayar. Namun tenang saja ada layanan gratis tanpa mengharuskan Anda membayar maupun melakukan registrasi. Versi gratis ini dapat Anda gunakan sekali saja dalam sehari dan terbatas 1.500 kata. Proses pengecekannya juga terbilang mudah dan cepat. Anda hanya perlu bisa copy paste tulisan dalam kotak yang telah disediakan, atau bisa juga dengan meletakkan URL nya. Kemudian hanya dengan satu klik, akan nampak hasil berupa link menuju kontan yang diplagiasi jika memang terdeteksi plagiat. Silahkan kunjungi link www.duplichecker.com

WriteCheck

 

writecheck 

Tool ini menyediakan layanan untuk melakukan pengecekan pada konten, kutipan, dan juga grammar. Anda bisa mendapatkan instan feed back mengenai tata bahasa, ejaan, dan penggunaan kata di dalam konten Anda. Fitur ini turut disertai oleh buku panduan untuk penulis yang secara otomatis sudah terintegrasi. Selain itu, writecheck memberikan layanan manual berupa pemberian masukan secara kritis mengenai konten yang akan dicek oleh beberapa mentor professional. Namun, setiap kali Anda menggunakan layanan ini, Anda harus membayar sekitar $7.95 agar bisa mendapatkan layanannya yang keren ini. Kunjungi pada link http://en.writecheck.com/

Copyscape

 

copyscape 

Terakhir ada tool untuk mengecek plagiarisme yang bernama copyscape. Tool ini menyediakan layanan gratis yang kurang lebih sama dengan plagiarism checker dan tersedia juga versi yang berbayar dengan serangkaian layanan premium yang lebih kompleks. Anda bisa mengunjungi websitenya di www.copyscape.com dan mengecek seberapa besar presentase tulisan Anda yang terdeteksi plagiat. Software ini dapat membantu Anda memantau situs lain yang memiliki konten yang mirip dengan yang Anda, dan jika terbukti benar-benar mirip maka Anda pun dapat mengirimkan email peringatan.

Apa yang Terjadi Ketika Artikel yang Diperiksa Merupakan Konten Plagiat?

 

dampak-plagiat 

Akan ada banyak tools akan menampilkan hasil ini ketika Anda menemukan konten plagiat. Inilah fungsi dari melakukan pengecekan orisinalitas artikel sebelum dirilis, Anda dapat memperbaikinya sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anda bisa melakukan evaluasi bersama tim Anda mengenai hal ini, dan berikan sanksi tegas apabila hal serupa terjadi berulang kali. Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, misalnya konten Anda yang dicuri oleh orang lain atau media lain, Anda dapat segera menghubungi oknum tersebut untuk segera menurunkan konten hasil curiannya.

Artikel Terkait  Penerapan SEO yang Berlebihan Beresiko Mendapat Penalti dari Google dan Cara Mengatasi Resiko-Resikonya

Memang tidak mudah untuk membuat konten dengan mengerahkan seluruh ide tersendiri, namun hal ini menjadi salah satu faktor penting untuk menilai kualitas konten yang Anda publikasikan. Jadi, mau tidak mau, jangan sampai konten yang Anda bagikan mengandung unsur plagiarisme yang dapat memberikan kerugian besar terhadap Anda maupun tim Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: