Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | 5 Cara Menghubungkan Pemasaran Email ke Penjualan
Pemasaran email menjadi sangat penting dalam dunia marketing. Hal ini sangat membantu dalam menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan. Selain itu, untuk memberi informasi kepada pelanggan terhadap produk baru. Berikut kami sajikan 5 cara membuat pemasaran email yang memengaruhi penjualan.
21405
post-template-default,single,single-post,postid-21405,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
email-marketing-dan-pemasaran

5 Cara Menghubungkan Pemasaran Email ke Penjualan

Ada banyak pengguna yang berlangganan majalah e-mail atau menjadi anggota. Apabila seorang pengunjung berlangganan majalah e-mail atau terdaftar sebagai anggota pada situs E-commerce artinya mereka tertarik dengan produk dan layanan suatu situs E-commerce tersebut sampai batas tertentu.

Pertama, saya ingin Anda memikirkan, kira-kira orang yang seperti apa yang tertarik untuk membeli produk yang Anda pasarkan?  Jawabannya adalah dari seseorang yang bisa Anda percayai. Bagaimana kemudian suatu perusahaan (merek) dapat membangun hubungan kepercayaan dengan konsumen yang tidak terlihat?

Artikel Terkait  Menentukan Alat Penelitian Kata Kunci Adalah Salah Satu Langkah SEO! Kumpulan Keyword Planner Tool beserta Fitur-Fiturnya

5 Metode Komunikasi dalam Email Marketing

 

metode-komunikasi-email 

Ini adalah sebuah komunikasi yang memanfaatkan e-mail. Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan 5 metode komunikasi yang benar-benar mengubah pendaftar buletin e-mail dan anggota terdaftar menjadi pelanggan.

Email Selamat Datang

 
“Welcome mail” adalah langkah pertama untuk menjalin hubungan dekat dengan pendaftar dan anggota pada majalah email. Welcome email ini merupakan sambutan selamat dating ketika seseorang pertama kali diterima oleh subscriber beberapa saat setelah mereka mendaftarkan alamat emailnya di form opt-in Anda.

Ini memang terkesan tidak terlalu penting, namun Anda jangan mengganpang Welcome mail sebagai hal yang remeh lalu membuatnya secara asal-asalan. Justru welcome mail yang baik akan membawa kesan yang baik juga kepada pembaca Anda. Buatlah kesan yang positif untuk pertama kalinya kepada pembaca Anda dan tahukah Anda bahwa sekitar 75% dari mereka menunggu email selamat datang?

Anda dapat mengatur untuk mengirim email selamat datang segera setelah pengguna mendaftar. Jika Anda tidak menerima email sambutan setelah satu jam atau lebih, 90% pendaftar tidak akan lagi tertarik pada produk atau layanan.

Email Pemberitahuan Otomatis yang Dapat Dibalas

 
Salah satu hal umum yang Anda lihat dalam pemberitahuan email otomatis di situs E-commerce adalah pesan “Tolong jangan balas email ini”. Pengaturan yang tidak dapat dibalas pengguna ini merupakan email mekanis.

Artikel Terkait  Lepaskan Panduan untuk “Klik”, “Tayangan”, dan “Posisi”, di Google Search Console

Email semacam ini yang membuat Anda jauh dari pengguna karena Anda tidak dapat membangun hubungan nyata di masa depan. Oleh karena itu, izinkan pengguna untuk membalas email pemberitahuan otomatis tertentu, seperti email sambutan.

Email Pribadi, Hangat, dan Penuh Perhatian

 
Email yang sedikit perhatian paling efektif untuk membangun hubungan intim. Anda dapat mengirim email dengan menggunakan nama email pengguna, hal ini akan membuat penguna Anda merasa dekat dengan Anda.

Selain itu berikan awalan yang menyenangkan dan membuat pengguna tertarik untuk membaca isi email selanjutnya dan gunakan Bahasa yang mudah dimengerti oleh pengguna dan tidak belibet. Selain itu, Anda juga menarik minat pengguna dengan memanfaatkan kupon CTA (Call to Action).

Misalnya, perusahaan mengirim e-mail dengan kalimat yang bagus menggunakan nama pembaca/ nama penerima saat ini, dan melampirkan tombol kupon CTA (Call to Action), dengan mengklik tombol pada kupon CTA, pengguna dapat segera menikmati diskon belanja di situs produk. Perhatian semacam ini akan menarik minat pembaca dan mendorong mereka untuk menggunakan situs E-commerce Anda lagi.

Penggunaan CTA yang Efektif

 

CTA-efektif 

Penggunaan CTA yang efektif adalah suatu hal yang penting untuk memiliki satu tujuan yang jelas untuk setiap email yang dikirim ke pendaftar. Tujuan perusahaan harus jelas, seperti mengunjungi situs perusahaan, membeli produk pada penjualan, atau menggunakan kupon.

Di situlah tombol CTA masuk dengan memasang CTA yang mudah dimengerti oleh pengguna probabilitas bahwa mereka akan menekan tombol akan sangat meningkat. Walau singkat, CTA dapat meningkatkan konversi hingga 121%. Ini terjadi apabila Anda membuat kinerja CTA bekerja dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Tanpa Basa-Basi

 
Jangan membuat kalimat yang berbeli-belit pada CTA. Beritahu secara singkat dan jelas pembaca Anda mengenai bisnis atau produk yang Anda tawarkan dan apa yang Anda ingin mereka lakukan. CTA yang anda buat harus sederhana namun tetap mampu memberikan dorongan kepada audiens.

Menjadi Unik

 
Penting untuk membedakan diri Anda dengan pesaing. Buat CTA Anda menjadi suatu yang istimewa dimata pembaca.

Gunakan Bahasa yang Dapat Ditindaklanjuti

 
Kata kerja dan frasa dapat lebih kuat memberikan dorongan daripada yang lain. Pakailah kata-kata yang dapat memaksa pembaca Anda untuk melakukan apa yang Anda inginkan. Misal, “telepon kami untuk sample” adalah salah satu CTA yang baik karena kalimat ini  dapat ditindaklanjuti oleh pembaca/pengguna.

Anda memberikan arahan yang jelas kepada kepada pembaca untuk menggunakan kata kerja “telepon kami”. Namun, sebaliknya apabila Anda membuat seperti ini “Telepon kami untuk free demo” merupakan CTA yang kurang baik karena tidak bisa memberikan dorongan kepada pembaca. Walau kata tersebut dapat ditindaklanjuti, kata ini mempunyai makna yang kabur.

 Ciptakan Kesan Mendesak

 
CTA Anda harus bisa menciptakan kesan mendesak agar bisa menghasilkan konversi yang lebih baik. Anda dapat melakukan ini dengan cara menyampaikan pesan bahwa pembaca Anda akan kehilangan kesempatan besar apabila melewatkan tawaran tersebut. Tunjukkan kepada pembaca bahwa waktu terus berjalan, dan menunda mengambil tindakan dapat menyebabkan mereka kehilangan kesempatan tersebut.

Gunakan Warna, Font, dan Ukuran Tombol yang Sesuai.

 

font-edit 

Anda juga harus memperhatikan penampilan CTA, karena bagian ini tidak kalah pentingnya. Gunakan kombinasi warna dan font yang mudah dibaca dan nyaman di mata pembaca. Selain warna, Anda juga perlu memperhatikan ukuran tombol CTA, jangan terlalu besar maupun terlalu kecil. Usahakan agar CTA tersebut terlihat secara natural menyatu dengan UI di halaman Anda.

Artikel Terkait  Apa Itu Metode Pengaturan Kata Kunci yang Efisien?

Tautkan CTA ke halaman arahan khusus

 
Pikirkan tentang halaman apa yang diharapkan pembaca Anda ketika mereka menekan CTA. Jika mereka tidak sampai ke lokasi yang diinginkan sekaligus, mereka dapat segera menutup halaman. Bahkan jika itu tidak terjadi, harap perhatikan hal berikut:

  • Gambar yang dilampirkan ke email juga digunakan untuk halaman arahan yang diulang. Dengan begitu, pembaca dapat mengonfirmasi bahwa mereka ada di halaman yang Anda inginkan.
  • Gunakan judul yang Anda gunakan dalam email untuk halaman arahan Anda dan tekankan tujuan halaman tersebut.
  • Letakkan logo merek Anda di halaman arahan Anda.
  • Laman landas hanya memiliki satu tujuan. Contohnya, bubuhi kalimat seperti: silakan lengkapi data diri Anda, Saya ingin Anda membeli produk di daftar penjualan, atau Saya ingin Anda menggunakan kupon, dll.

 
Saat membuat halaman arahan khusus CTA, selalu fokus pada apa yang Anda inginkan apabila Anda adalah seorang pembaca.

Kesimpulan

 
Ada 5 cara pemasaran email yang benar-benar dapat membantu Anda untuk terhubung ke penjualan, yakni:

  • Email selamat datang.
  • Email pemberitahuan otomatis yang dapat dibalas.
  • Email pribadi, hangat, dan penuh perhatian.
  • Penggunaan CTA yang efektif.
  • Tautkan CTA ke halaman arahan khusus.

 
Pahamilah masing-masing ke-5 point tersebut untuk meningkatkan konversi penjualan Anda. Ingatlah bahwa komunikasi yang baik dengan pelanggan sangatlah penting untuk diperhatikan.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami