Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | 10 Poin Penting untuk Mengukur Kemampuan Crawler Situs Web
Dalam dunia SEO kita cenderung selalu memikirkan bagaimana cara meningkatkan peringkat situs web. Di sisi lain kita juga harus memahami bagaimana cara kerja mesin pencari. Berikut adalah 10 poin penting untuk mengukur kemampuan crawler. SImak selengkapnya!
20964
post-template-default,single,single-post,postid-20964,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
10-poin-penting

10 Poin Penting untuk Mengukur Kemampuan Crawler Situs Web

Dalam dunia SEO kita cenderung selalu memikirkan bagaimana cara meningkatkan peringkat situs web. Segala cara akan kita coba untuk mencapai tujuan tersebut. Mulai dari membuat konten berkualitas, menambahkan backlink, dan lainnya. Namun, disisi lain banyak yang belum mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari. Secara sederhana, cara kerja mesin pencari dibagi menjadi tiga, yaitu penjelajah, peringkat dan indeks.

Dari ketiga poin tersebut kebanyakan dari kita terlalu fokus terhadap peringkat. Anda akan selalu mencari cara bagaimana situs berada di peringkat teratas, apa yang harus dihindari agar peringkat situs tidak turun, selalu mengenai peringkat. Padalah masih ada dua poin yang juga harus diperhatikan, yaitu penjelajah (crawl) dan indeks. Crawling atau penjelajah adalah kegiatan menemukan halaman baru secara terus menerus dan menambahkannya kedalam daftar halaman yang dikenal. Setelah menemukan halaman tersebut, kemudian google akan menganalisis berbagai elemen yang ada didalam halaman tersebut, mulai dari isi konten, gambar yang disematkan, video yang ditampilkan dan lainnya. Informasi tersebut nantinya akan ditambahkan ke dalam database besar google.  Lalu apakah situs web Anda mudah dipahami oleh google? Anda perlu mencari tahu hal tersebut.

Artikel Terkait  Perencanaan Kata Kunci SEO | Penjelasan dari Cara Pemilihan hingga Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Pada dasarnya situs Anda mendapat sedikit sekali perhatian dari google dalam jumlah terbatas penjelajah. Sering sekali tidak teratur, untuk menganalisis seberapa baik situs Anda dioptimalkan penjelajah sepertinya akan terasa sulit. Mengapa demikian? Karena kemana harus mencari, itulah pertanyaannya.

10 Poin Penting untuk Mengukur Kemampuan Crawler Situs Web

 

mengukur-crawler-web 

Berikut kami sajikan 10 poin penting untuk mengukur kemampuan crawler situs web:

Jumlah Halaman yang Diindeks dan yang Dapat Diindeks Di situs Anda

 
Terdapat tiga poin yang seharusnya Anda ketahui pada situs web. Pertama, jumlah halaman yang dapat diindeks oleh google. Tidak semua halaman akan diindeks oleh google. Meskipun mereka mengindeks milyaran halaman dan terus berupaya untuk meningkatkan jumlahnya, google sendiri tidak menjamin seluruh halaman yang berada disitus web tertentu akan terindeks. Kedua, jumlah halaman yang sebenarnya ditemukan oleh google, tanpa disadari bisa saja beberapa halaman didalam situs web Anda tidak ditemukan oleh google sehingga tidak muncul dimesin pencari. Ketiga, jumlah halaman yang ditentukan layak untuk diindeks, tentu ini sangat berpengaruh untuk eksistensi situs web Anda. Penguna tidak akan mengetahui halaman Anda jika google tidak mengindeks halaman Anda.

Jumlah Halaman yang Dijelajahi Seluruh Situs Web

 
Anda bisa membandingkan aktifitas penjelah google di halaman Anda dengan jumlah halaman yang ada dari keseluruhan website Anda. Dengan begitu Anda akan lebih paham seberapa banyak halaman yang tidak dapat diakses oleh google atau belum memutuskan jadwal penjelajahan secara teratur dan untuk memperbaikinya Anda juga bisa meninjau kembali mengapa halaman tersebut tidak bisa diakses oleh google.

Jumlah Halaman yang Tidak Dapat Diindeks

 
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, halaman yang tidak dapat diindeks oleh google tentu saja tidak akan muncul didalam hasil pencarian. Otomatis pengguna tidak akan tahu halaman Anda. Ini akan berdampak buruk bagi situs Anda.

Jika menemukan halaman yang tidak dapat diindeks, segera tinjau kembali. Apa yang membuat halaman tersebut tidak dapat diindeks oleh google.

Jumlah Halaman yang Diblokir Penjelajah

 

jumlah-halaman 

Penting untuk mengetahui seberapa banyak halaman yang diblokir oleh penjelajah. Dengan begitu Anda juga bisa mengetahui jumlah halaman yang tidak diizinkan untuk dijelajahi oleh google. Tinjau kembali apakah benar halaman tersebut penting untuk diindeks.

Jumlah Indeks Halaman Bernilai Rendah

 
Anda dapat melihat didalam situs Anda area mana yang bisa diakses oleh google dengan melihat halaman yang sudah diindeks oleh google. Contohnya halaman yang sengaja tidak Anda masukkan kedalam peta situs karena kualitasnya buruk dapat diakses dan diindeks oleh google karena alasan lain.

404 Jumlah Penjelajahan Kehalaman

 
Mungkin beberapa dari kalian pernah menemukan suatu halaman situs web yang eror dan muncul angka 404. Hal tersebut terjadi karena browser Anda tidak menemukan halaman yang ingin Anda akses.

Sangat penting untuk memperhatikan anggaran penjelajahan. Jangan sampai digunakan untuk menjelajahi halaman yang salah, bukan kehalaman yang menginginkan indeks. Google juga teratur menjelajahi 404 halaman untuk memeriksa kembali apakah halaman tersebut sudah dimuat ulang atau belum.

Jumlah Penjelajahan Redirect Internal

 

Artikel Terkait  Membuat Artikel SEO untuk Menarik Pelanggan! Menarik Pelanggan Tetap dengan Situs Perusahaan

Mengingat banyaknya halaman yang dijelajahi oleh google, Anda bisa membantu google untuk menjelajah secara efisien dan juga mencegah konsumsi anggaran penjelajah Anda. Untuk membantu google, Anda perlu melakukan tautan disitus Anda hanya boleh arahkan kehalaman yang menghasilkan 200, dan tidak mengajukan permintaan apapun selain URL tujuan akhir.

Jumlah Halaman Dimana Kanonik Dipasang dan Jumlah Halaman yang Diarahkan Kanonik

 
Sebelumnya, kanonik atau tag kanonik adalah tag yang berfungsi untuk memberitahu mesin pencari bahwa URL yang diberikan adalah salinan master untuk suatu konten. Google memilih halaman mana yang akan diindeks dari halaman yang berisi tag kanonik. Tetapi juga perlu menjelajahi seluruh halaman untuk menentukan mana halaman yang utama untuk diindeks. Penting untuk menambahkan tag kanonik dihalaman situs Anda.

Jumlah Halaman Penjelajah

 

jumlah-penjelajah 

Pada dasarnya google hanya perlu untuk menjelajah halaman yang belum diketahui atau ditautkan. Namun dalam beberapa kasus terdapat beberapa hal yang menyebabkan halaman duplikat. Jadi pastikan halaman Anda tidak memiliki konten khusus untuk dijelajahi. Optimalkan tautan internal untuk membantu menemukan halaman tertentu.

Apakah Ada Ketidakcocokan antara Data Penjelajah dan Status Penemuan Halaman?

 
Terkadang ada situasi dimana google analytics diakses oleh pengguna, tetapi data file log tidak dijelajahi oleh mesin pencari. Ini terjadi karena beberapa pengguna telah menemukannya, tetapi bukan google. Dengan mengintegrasikan banyak data dari data penjelajahan, mesin pencari akan fokus kepada keberadaan halaman yang sulit ditemukan.

Terdapat dua jenis informasi utama mengenai penemuan URL untuk google, yang pertama adalah tautan eksternal dan yang kedua adalah peta situs XML. Jika google memiliki penghalang dalam menemukan halaman Anda dan google sudah menyadarinya dan tidak mendapatkan tautan apapun untuk dijelajahi secara teratur, maka halaman tersebut masuk ke sitemap dan cobalah periksa apa itu termasuk dari 10 poin penting yang sudah dijelaskan diatas, hal tersebut akan membantu Anda mengetahui penjelajahan google serta bagaimana teknis atau cara kerja google. Jika Anda menemukan halaman yang menghabiskan anggaran penjelajah Anda terbuang sia-sia, Anda bisa memberitahu google untuk berhenti melakukan penjelajahan kepada halaman tersebut. Seperti memberitahu Anda dalam teks robot.

Artikel Terkait  Cara Meningkatkan Kekuatan Domain yang Memengaruhi SEO | Mengecek Efektifitas dan Hubungannya dengan Menaikkan Peringkat Situs

Selain itu, dengan mengoptimalkan struktur situs dan tautan internal Anda akan membantu menjelajahi beberapa halaman penting dan meningkatkan kepentingan dan menemukan kemampuan mereka.

Jadi, dalam menentukan kemampuan crawler situs web jumlah halaman dan jumlah penjelajahan menjadi poin penting yang harus diperhatikan.

Apakah Anda membutuhkan jasa internet marketing? | PT APPKEY
Kami menggunakan teknologi digital terbaru dan strategi pemasaran terdepan untuk mendukung bisnis Anda. Selain menawarkan jasa SEO, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: